🌙 Beerkah Ramadhan Disc. upto 20% dan Cashback 15%
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Pengertian Manajemen Strategi, Fungsi, dan Langkah Menerapkan

Manajemen strategi adalah proses perencanaan, pengembangan, dan pelaksanaan strategi untuk mencapai tujuan jangka panjang. Simak selengkapnya!
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 6 April 2023

Manajemen strategis merupakan suatu pendekatan dalam mengelola bisnis yang mempertimbangkan tujuan jangka panjang, visi dan misi perusahaan, serta mengintegrasikan kegiatan-kegiatan operasional dan taktis dengan strategi jangka panjang.

Ini menjadi aspek penting dalam mengembangkan bisnis yang sukses dan berkelanjutan. Dalam konteks bisnis yang semakin kompleks dan persaingan ketat, pengelolaan strategi memungkinkan organisasi mengantisipasi dan merespons perubahan pasar secara efektif.

Dalam artikel ini, akan dibahas lebih lanjut tentang pengertian, konsep, hingga langkah-langkah dalam menerapkan manajemen untuk strategi. Mari simak hingga akhir untuk mendapatkan keseluruhan wawasannya!

Apa Pengertian Manajemen Strategi?

Manajemen strategi adalah proses perencanaan, pengembangan, dan pelaksanaan strategi untuk mencapai tujuan jangka panjang organisasi.

Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa organisasi memiliki sumber daya yang cukup dan dikelola dengan efektif untuk mencapai visi, misi, dan tujuan jangka panjang.

Manajemen ini melibatkan berbagai aktivitas, termasuk analisis lingkungan internal dan eksternal organisasi, penentuan visi, misi, dan tujuan, serta pengembangan strategi yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut.

Aspek ekonomi satu ini sangat penting bagi organisasi dalam menghadapi persaingan pasar yang semakin ketat dan perubahan lingkungan yang cepat.

Manajemen Strategi Berdasarkan Para Ahli

Manajemen Aset

Mnajemen Strategi Digunakan Untk Menentukan Kinerja Perusahaan Dimasa yang Akan Datang (Credit: Freepik.com)

Setelah mengetahui apa itu manajemen strategi secara umum, adapun di bawah ini adalah beberapa pengertian yang diutarakan oleh beberapa ahli, antara lain:

1. Fred R. David

Menyatakan bahwa manajemen ini adalah seni dan ilmu perumusan, penerapan, evaluasi, dan keputusan untuk bisa mencapai tujuan organisasi.

2. J. David Hunger dan Thomas L. Wheelen

Menuturkan manajemen atau pengelolaan strategi adalah serangkaian keputusan dan perbuatan manajerial guna menentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang.

3. John A. Pearce II dan Richard B. Robinson

Arti manajemen untuk strategi adalah perencanaan skala besar dan jangka panjang yang bertujuan agar organisasi dapat berinteraksi secara efektif dalam produksi serta memaksimalkan pencapaian, baik itu tujuan strategi maupun operasional.

4. Stephen P. Robins dan Mary Coulter

Berarti tugas penting yang dilakukan seorang manajer untuk mengembangkan strategi organisasi dan ini terdiri dari perencanaan, penggorganisasian, kepemimpinan, hingga pengendalian.

5. Wiliam F. Gluech

Manajemen atau pengelolaan strategi adalah keputusan yang mengarah pada perumusan strategi dan bertujuan untuk mencapai tujuan suatu organisasi maupun perusahaan.

Baca Juga: Manajemen Bisnis: Pengetian, Fungsi da Komponennya

Fungsi dan Tujuan Penggunaan Manajemen Strategi

Memahami konsep manajemen atau pengelolaan strategi penting untuk mengetahui fungsi dan tujuannya guna membantu organisasi dalam mencapai keunggulan kompetitif serta mempertahankan posisinya di pasar. Berikut adalah penjelasan lengkapnya, yaitu:

1. Fungsi Manajemen Strategi

Adapun berikut ini adalah penjelasan tentang apa saja fungsi-fungsinya, antara lain:

  • Merumuskan strategi sesuai dengan tujuan jangka panjang organisasi dan kondisi lingkungan yang dihadapi.
  • Mengidentifikasi peluang dan risiko di lingkungan internal dan eksternal organisasi, sehingga dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk memaksimalkan peluang dan meminimalkan risiko.
  • Mengalokasikan sumber daya dengan efektif sehingga dapat mencapai tujuan jangka panjang dengan menggunakan sumber daya yang ada secara optimal.
  • Membuat keputusan yang tepat dalam menghadapi perubahan lingkungan dan persaingan pasar yang semakin ketat.

2. Tujuan Manajemen Strategi

Berikut ini adalah penjelasan tentang apa saja tujuan dalam mengelola strategi, antara lain:

  • Meningkatkan keunggulan kompetitif organisasi dalam pasar agar dapat memenangkan persaingan dan mempertahankan posisinya sebagai pemimpin.
  • Meningkatkan kinerja organisasi dengan mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang di pasar, mengurangi risiko, dan mengalokasikan sumber daya secara efektif.
  • Meningkatkan keberlanjutan organisasi dengan merumuskan strategi jangka panjang yang tepat dan mengambil langkah-langkah untuk mencapainya.
  • Membantu organisasi dalam mengarahkan kegiatan operasionalnya ke arah mencapai tujuan jangka panjang yang telah ditentukan.

Konsep Manajemen Strategi

Fungsi Manajemen

Dalam Melakukan Manajemen Strategi Seorang Perlu Paham Mengenai Bagaimana Pengelolaan Bisnis itu Sendiri (Credit: Freepik.com)

Penjelasan di bawah ini adalah konsep untuk membantu memperluas pemahaman Anda tentang manajemen atau pengelolaan strategi untuk bisnis.

  • Berisi tentang perencanaan, analisis, dan penerapan strategi bisnis.
  • Ini melibatkan memutuskan apa yang penting untuk kesuksesan jangka panjang bisnis Anda dan berfokus padanya.
  • Inti dari manajemen ini adalah mencocokkan sumber daya bisnis dengan peluang pasar.
  • Manajemen yang paling efektif adalah ketika Anda bisa melangkah maju cukup jauh dan berkata atau berpikir bahwa semuanya mungkin terjadi.
  • Strategi bisnis adalah serangkaian keputusan yang mengarah pada pencapaian tujuan bisnis.
  • Manajemen strategi melibatkan pencarian hingga identifikasi peluang dan ancaman di pasar maupun industri serta dunia luar pada umumnya.
  • Lebih mengarah pada keadaan pikiran daripada proses yang kaku.
  • Lebih proaktif daripada reaktif.
  • Melibatkan antisipasi perubahan dan memanfaatkannya.
  • Melibatkan pandangan ke masa depan dibandingkan memikirkan masa lalu.
  • Melibatkan penilaian kekuatan dan kelemahan bisnis Anda.
  • Pemikiran strategis juga melibatkan penilaian bagaimana keputusan yang dibuat hari ini akan mempengaruhi bisnis di masa depan.
  • Saat menilai kekuatan dan kelemahan, keterampilan dan kemampuan pribadi cenderung lebih penting dibandingkan aset bisnis.
  • Konotasi militer dari manajemen strategi adalah "ia tidak memenangkan setiap perang, tetapi menghindari banyak penyergapan."
  • Perencanaan strategi lebih banyak kata dan angka daripada perencanaan bisnis.
  • Perencanaan strategi datang sebelum perencanaan bisnis yang mana perencanaan strategi digunakan untuk mengidentifikasi dan menilai strategi bisnis alternatif, sedangkan perencanaan bisnis digunakan untuk mengimplementasikan strategi bisnis.
  • Rencana strategi adalah dokumen "hidup" yang berubah seiring berkembangnya tujuan dan sumber daya Anda.

Langkah-Langkah dalam Menerapkan Manajamen Strategi

Menerapkan perencanaan atau pengelolaan strategi yang efektif membutuhkan beberapa langkah penting. Berikut adalah langkah-langkah yang wajib Anda pahami, antara lain:

1. Analisis Lingkungan

Langkah pertama dalam menerapkan manajemen ini adalah melakukan analisis lingkungan internal dan eksternal organisasi. Analisis lingkungan internal akan membantu organisasi dalam mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan internal yang dimiliki.

Sementara itu, analisis lingkungan eksternal akan membantu organisasi dalam mengidentifikasi peluang dan ancaman di pasar.

2. Menetapkan Tujuan dan Sasaran

Setelah melakukan analisis lingkungan, proses manajemen strategi selanjutnya adalah menetapkan tujuan dan sasaran jangka panjang organisasi. Tujuan dan sasaran harus sesuai dengan visi dan misi organisasi serta harus dapat diukur dan realistis.

Baca Juga: Strategi Menentukan Target Pasar yang Wajib Anda Ketahui

Strategi Menentukan Target Pasar yang Wajib Anda Ketahui

3. Mengembangkan Strategi

Kembangkan strategi untuk mencapai tujuan jangka panjang organisasi. Strategi harus didasarkan pada analisis lingkungan dan harus mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan internal organisasi, serta peluang dan ancaman di pasar.

Strategi yang baik adalah strategi yang harus memaksimalkan keunggulan kompetitif organisasi.

4. Implementasi Strategi

Setelah strategi dikembangkan, langkah yang harus dilakukan adalah mengimplementasikannya. Implementasi strategi melibatkan pengorganisasian sumber daya organisasi, pengembangan sistem dan proses, serta pengawasan dan evaluasi.

5. Evaluasi dan Penyesuaian

Jika sudah, evaluasi dan penyesuaian harus dilakukan secara teratur. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui apakah strategi yang diterapkan berhasil mencapai tujuan jangka panjang organisasi.

Jika strategi tidak berhasil, maka dilakukan penyesuaian strategi untuk mencapai tujuan jangka panjang organisasi.

6. Memperkuat Kepemimpinan

Manajemen strategi membutuhkan kepemimpinan yang kuat dan efektif. Kepemimpinan yang baik dapat membantu organisasi dalam merumuskan strategi yang tepat, mengambil keputusan, dan memotivasi karyawan untuk mencapai tujuan jangka panjang organisasi.

KESIMPULAN

Dunia bisnis semakin dinamis, sehingga pengelolaan strategi menjadi kunci keberhasilan sebuah organisasi. Menerapkan strategi secara efektif, perusahaan dapat mengoptimalkan sumber daya dan mengambil keputusan yang tepat dalam menghadapi perubahan.

Namun, manajemen ini bukanlah proses yang mudah dan sederhana, tetapi membutuhkan pemikiran kritis, analisis mendalam, serta kemampuan dalam merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi strategi bisnis.

Oleh karena itu, penting bagi organisasi untuk memiliki tim manajemen yang kompeten dan terampil. Begitu demikian, manajemen strategi dapat membantu perusahaan untuk mencapai tujuan jangka panjangnya dan tetap kompetitif di pasar yang semakin ketat.

Salah satu yang akan dijadikan sebagau bahan evaluasi dan manajemen bisnis adalah laporan keuangan, dimana dari data yang disampaikan laporan keuangan mencerminkan bagaimana kondisi perusahaan, dan dari sinilah pihak manajemen mulai melakukan peencanaan, implementasi lalu evaluasi.

21 Des Cta Ba

Dalam mmbuat laporan kauangan sendiri Anda bisa menggunakan software akuntansi Beeaccounting, Hanya perlu memasukkan data setiap transaksi lapoan laba lugi sampai laporan akuntansi langsung jadi, Beli sekali dapatkan akses seumur hidup dan panduan langsung dari tim profesioal bee bagi Anda pengguna pertama.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Tugas PPIC dan Skill yang Diperlukan di Bidang PPIC
PPIC adalah singkatan dari Production Planning and Inventory Control merupakan aktivitas yang dirancang untuk meningkatkan ketepatan dalam pelaksanaan proses produksi
Baca Juga
BCP (Business Continuity Plan) Strategi Menghadapi Krisis
Dalam menjalankan bisnis, maka menyusun BCP  adalah singkatan dari Business Continuity Plan sejak awal merupakan langkah yang penting. BCP berisi
Baca Juga
Merger dan Akuisisi, Apa Pengertian dan Contohnya?
Apabila Anda terjun ke dunia saham pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah merger dan akuisisi. Secara singkat adalah aksi
Baca Juga
20 Jenis Jenis Manajemen Beserta Fungsinya dalam Bisnis
Ternyata, ada banyak sekali jenis jenis manajemen yang mempunyai fungsi dan tanggung jawab masing-masing. Manajemen sendiri menjadi salah satu aspek
Baca Juga
Cara Menghitung Variabel Cost Mudah dan Contohnya
Cara menghitung variabel cost merupakan hal yang perlu diketahui dan dipahami pemilik usaha sebab sangat penting bagi profitabilitas usaha. Meski
Baca Juga
Contoh Surat Penawaran Kerjasama dan Strukturnya
Hampir semua individu, perusahaan, lembaga, dan instansi akan membutuhkan kerjasama dengan pihak lain. Dalam hal ini surat kerjasama menjadi bukti
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu