🌙 Beerkah Ramadhan Disc. upto 20% dan Cashback 15%
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Apa itu Kwitansi Kosong? Cek Selengkapnya Disini!

Kwitansi kosong adalah kwitansi biasa yang tidak tertera produk dan harga yang dibeli, sehingga rawan disalahgunakan oleh oknum yang curang.
Penulis: Rininta Oktaviana
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Thursday, 22 September 2022

Apabila pernah menjadi bendahara dari suatu acara, mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah kwitansi kosong. Lantas, apa perbedaan kwitansi biasa dengan yang kosong?

Nah, pada artikel ini akan membahas seputar hal tersebut. Namun sebelum itu, yuk ketahui terlebih dahulu tentang pengertian dan fungsi kwitansi secara umum. 

Apa itu Kwitansi?

Apa itu Aplikasi Pembuat Kwitansi Online dan Kelebihannya scaled

Ilustrasi Kwitansi Kosong

Kwitansi adalah dokumen yang menjadi bukti transaksi penerimaan atau pembayaran uang yang dilakukan. Umumnya, kwitansi berisi informasi terkait jumlah uang (dalam angka dan nominal), identitas penjual & pembeli, serta materai atau tanda tangan untuk memperkuat legalitasnya. 

Perbedaan antara kwitansi biasa dengan yang kwitansi kosong yaitu pada adanya produk dan harga yang tertera.

Idealnya, kwitansi mencantumkan nama dan harga produk yang harus dibayarkan. Namun, hal tersebut tidak berlaku pada kwitansi kosong.

Kwitansi yang kosong memang terkadang dibutuhkan, tetapi jika penggunaannya tidak sesuai, justru akan merugikan banyak pihak, salah satunya adalah penjual.

Fungsi Kwitansi

Kwitansi tidak hanya selembar kertas biasa yang menjadi bukti transaksi, tetapi juga mempunyai fungsi lain yang sangat penting untuk kedua belah pihak.

Pada beberapa kondisi, kwitansi harus disimpan dan tidak boleh hilang karena saking pentingnya. Tidak hanya itu, berikut adalah fungsi-fungsi lain dari kwitansi:

  1. Sebagai tanda bukti pembeli bahwa pembeli telah menyerahkan dan memberikan sejumlah uang, baik secara tunai langsung atau cicilan, sesuai dengan nominal yang telah disepakati keduanya.
  2. Dapat digunakan sebagai bukti yang sah di persidangan, karena kwitansi mempunyai kekuatan hukum saat dibubuhi materai.
  3. Dapat digunakan untuk mengeklaim garansi produk, sehingga jika produk yang didapatkan tidak sesuai dengan yang dijanjikan atau terjadi kerusakan, Anda dapat membawa kwitansi untuk mengeklaim jaminan garansi.
  4. Untuk audit perusahaan. Biasanya, kwitansi memiliki salinan yang akan disimpan oleh penjual untuk mencocokkan antara nominal yang didapat dengan barang yang terjual.
  5. Mampu membuat catatan arus kas ke dalam pembukuan perusahaan menjadi mudah.

Baca Juga: Pengertian, Fungsi dan Cara Membuat Nota Kosong Manual

Penyalahgunaan Kwitansi Kosong

"Penyalahgunaan

Ilustrasi Penyalahgunaan Kwitansi (Sumber: Freepik.com)

Ternyata, kwitansi yang kosong dapat digunakan sebagai media untuk tindak kejahatan atau tindakan lainnya yang melanggar hukum. Salah satu tindakan yang dimaksud yaitu korupsi.

Kwitansi yang kosong dan sudah ditandatangani dapat menjadi kesempatan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab untuk melancarkan aksinya dan merugikan pihak lain.

Contohnya, oknum tersebut meminta kwitansi yang kosong dan sudah ditandatangani, kemudian mencantumkan harga yang tidak sebenarnya (biasanya menaikkan harga). Setelah itu, ia akan mengajukan klaim, seperti ke kantor, instansi, dan lain sebagainya.

Hal tersebut menyebabkan kerugian materi pada pihak yang memberi klaim dan membuat citra yang buruk pada penjual (karena dianggap menjual produk dengan harga yang mahal).

Sebenarnya, penggunaan kwitansi yang kosong tidak merugikan penjual jika tidak terdapat tanda tangan dan logo yang tercantum. Sayangnya, oknum yang tidak bertanggung jawab biasanya meminta penjual untuk memberi tanda tangannya.

Menaikkan harga (mark up) menggunakan kwitansi menjadi hal yang lazim. Namun, hal ini terus berulang karena menjadi peluang yang mudah untuk mendapatkan uang haram dan pengawasan yang lemah.

Cara Mencegah Penyalahgunaan Kwitansi Kosong

Ilustrasi Memeriksa Kwitansi (Sumber: Freepik.com)

Penggunaan kwitansi yang kosong untuk mendapatkan keuntungan dengan mudah memanglah menggiurkan. Namun, hal tersebut dikategorikan sebagai tindak pidana korupsi.

Meskipun nominalnya cenderung kecil, tindakan ini terus menerus terjadi dan tidak terdapat tindakan yang nyata. Selain itu, korupsi dengan nominal yang lebih besar lebih diprioritaskan daripada penyalahgunaan kwitansi yang kosong.

Padahal hal ini merugikan berbagai pihak, seperti penjual, pihak yang memberi klaim, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, bagaimana agar hal ini tidak terjadi secara terus menerus?

  • Tolak Permintaan Kwitansi yang Kosong

Apabila seorang pemilik usaha, Anda bisa menolak jika ada yang meminta kwitansi kosong. Selain itu, Anda bisa mengirimkan kwitansi atau tagihan online yang dibuat melalui Microsoft Word. Nantinya, tagihan itu akan dikirimkan melalui email.

  • Minta Validasi dengan Pihak Penjual

Sedangkan, jika Anda adalah pihak yang memberikan klaim, bisa mencegahnya dengan cara meminta validasi kepada pihak penjual terlebih dahulu. Dengan begitu, kemungkinan penyalahgunaan kwitansi yang kosong dapat diminimalisir.

Baca Juga: Aplikasi Kwitansi Digital untuk Usaha Online Shop

Kesimpulan

Yuk mari kita bersama-sama mengurangi penyalahgunaan kwitansi kosong, tentunya dengan menerapkan hal tersebut kepada diri sendiri terlebih dahulu.

Dalam membuat kwitansi digital untuk bisnis Anda, sangat penting untuk diperhatikan secara khusus agar dapat membantu dalam proses transaksi, dan utamanya agar tercapai kemajuan pada bisnis Anda.

Menggunakan kelima aplikasi pembuat kwitansi digital di atas, cukup baik jika diaplikasikan dalam bisnis kelas menengah.

Tetapi, Anda memerlukan software akuntansi lain seperti Beeaccounting, yang dapat membantu dalam aktivitas bisnis yang lebih besar.

Jika Anda tertarik untuk mencoba menggunakan software akuntansi dalam mencatat keuangan secara gratis, silakan klik di sini.

Selamat mencoba!

Beeaccounting Invoice Penjualan Download 02

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Kurva Penawaran: Perbedaannya dengan Kurva Permintaan
Istilah kurva penawaran dan kurva permintaan memang sangat identik dengan kegiatan bisnis. Kedua jenis kurva ini adalah bagian dari ilmu
Baca Juga
Neraca Perdagangan: Faktor Pengaruh & Dampaknya pada Bisnis
Dalam era globalisasi ini, ekonomi suatu negara tidak lagi beroperasi secara terisolasi. Salah satu aspek yang penting dalam menjaga keseimbangan
Baca Juga
Budget Adalah, Fungsi, Jenis, dan Budget Plan
Secara umum budget adalah daftar rencana mengenai perkiraan pendapatan dan pengeluaran dalam periode tertentu yang digunakan untuk keperluan bisnis. Budget
Baca Juga
Pengertian Cash/ Kas, Karakteristik, dan Contoh dalam Akuntansi
Jika diartikan kas adalah sebuah kelompok aset yang bersifat likuid/lancar. Jadi semakin besar nominal cash, maka akan semakin lancar sifatnya.
Baca Juga
Apa itu BMC? Simak 9 Elemen Business Model Canvas!
Di dunia bisnis dan marketing istilah BMC tentu sudah tidak asing lagi. BMC adalah model bisnis yang memiliki 9 elemen
Baca Juga
Royalti adalah Hak Pemilik Karya, Ini Penjelasannya!
Apa jawaban yang Anda berikan saat di tanya royalti adalah? Bagi Anda yang memiliki sebuah karya intelektual atau menggeluti dunia
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu