Logo Bee Web

Budidaya Ikan Lele untuk Pemula, Lengkap!

Ingin memulai budidaya ikan lele tapi tidak tahu caranya? Yuk simak tiap tahapannya pada artikel di bawah ini.
Penulis: Al Faris
Dipublish Tgl: Monday, 24 April 2023

Siapa yang tidak tahu ikan lele, salah satu komoditas ikan yang paling digemari masyarakat Indonesia, sehingga banyak yang berniat melakukan budidaya ikan lele sebagai peluang bisnis yang menjanjikan.

Mulai dari dijual per ekor, per kilo sampai di ekspor keluar negeri dalam bentuk fillet. Semuanya cukup menguntungkan, karena ikan lele tidak hanya di gemari di Indonesia saja, Yuk, simak selengkapnya di bawah ini

10 Langkah Cara Budidaya Ikan Lele untuk Pemula dengan Baik

1.Mempelajari Hal Dasar tentang Budidaya Ikan Lele

Hal pertama yang harus dilakukan pemula sebelum melakukan budidaya ikan lele adalah belajar terlebih dahulu terkait hal dasar budidaya ikan lele. Dengan belajar Anda bisa mempersiapkan dengan lebih matang sehingga mengurangi potensi kegagalan.

Mempelajari Budidaya Lele

ilustrasi budidaya ikan lele (Credit: Freepik/homrak)

Media belajar kini banyak berkembang, Anda bisa melihat video dari Youtube, membaca buku atau paling mudah membaca artikel ini sampai selesai.

2. Memperhitungkan Modal

Jika sudah belajar, langkah selanjutnya adalah memperhitungkan modal biaya budidaya. Dari biaya pembuatan kolam, biaya pembelian bibit, biaya pembelian pakan, pemeliharaan dan lain sebagainya.

Berikut list perlengkapan yang disiapkan dalam pembuatan kolam, untuk biaya bisa disesuaikan dengan seberapa luas juga naik turunnya harga pasaran.

  • Pembuatan kolam (terpal, plastik, atau kolam)
  • Pengisian Air
  • Alat pengelolaan air kolam, seperti mesin pompa
  • Bibit ikan lele
  • Pakan Ikan lele
  • Pakan
  • Biaya listrik
  • Biaya kebutuhan air. dst

3. Menyiapkan Kolam Budidaya Ikan Lele

Berikutnya adalah membuat kolam ikan lele. Kini ada beragam model kolam yang bisa digunakan bisa dalam bentuk kolam besar atau terpal untuk budidaya dalam skala kecil. Masing-masing jenis kolam ini memiliki kekurangan dan keunggulan masing-masing.

Sebagai pertimbangan mana kolam yang cocok Anda perlu memperhatikan lingkungan, lokasi tempat budidaya, sumber daya manusia yang berkaitan dengan tenaga kerja, sumber dana dan beberapa hal lainnya.

4. Menyiapkan dan Memperhitungkan Pakan Ikan Lele

Pakan adalah komponen penting dan memakan biaya terbesar dalam budidaya ikan lele. Ada banyak merek dan jenis pakan di pasaran. Pakan lele yang baik adalah yang memiliki food conversion ratio (FCR) kurang dari satu.

FCR adalah rasio jumlah pakan terhadap pertumbuhan daging. Semakin kecil nilai FCR maka kualitas pakan semakin baik. Untuk hasil maksimal dengan biaya terendah, gunakan keseimbangan pakan utama dan tambahan.

Jika pakan pabrik terlihat mahal, cobalah membuat pakan lele alternatif sendiri. Berikut ini anjuran pakan lele yang disarankan oleh dinas perikanan kabupaten Pamekasan:

Masa Budidaya Ikan Lele

5. Memilih Bibit Ikan Lele

Langkah selanjutnya adalah pemilihan bibit ikan lele, tingkat keberhasilan budidaya ikan sangat ditentukan dengan bibit ikan yang akan digunakan. Oleh sebab itu, pemilihan bibit harus benar-benar dilakukan dengan hati-hati dan penuh pertimbangan.

Ada banyak sekali jenis ikan lele yang bisa dibudidayakan, mulai dari Lele Sangkuriang, Lele Dumbo, dan masih banyak lagi jenis lainya. Selain pemilihan jenis bibit unggul ikan lele juga ditentukan dengan beberapa ciri khusus, berikut diantaranya:

  • Benih memiliki gerakan yang lincah.
  • Tidak ada cacat fisik.
  • Tidak ada luka pada tubuh benih ikan lele.
  • Gaya renang ikan lele normal
  • Ukuran normal bibit ikan lele biasanya berkisar 5 – 7 cm.

Dalam pemilihan bibit ikan usahakan memiliki ukuran yang sama, agar pertumbuhan mereka serempak dan memudahkan proses pemanenan.

6. Mulai Menyebar Bibit

Berikutnya adalah melakukan penyebaran bibit ikan ke kolam yang sudah disiapkan. Namun, sebelum melakukan penyebaran bibit pastikan Anda sudah melakukan penyesuaian kolam. Dari suhu air sampai kebersihan kolam.

Dalam melakukan penyebaran bibit, Anda bisa mengikuti serangkaian metodenya di bawah ini:

  • Masukkan bibit ikan lele dari ember ke dalam kolam perlahan beserta wadahnya.
  • Biarkan selama 15 menit agar ikan bisa beradaptasi sekaligus menunggu penyesuaian ikan terhadap suhu air kolam.
  • Miringkan wadah dan biarkan ikan keluar dengan sendirinya .

Cara ini dilakukan untuk menghindari adanya stres pada ikan yang menyebabkan mereka cepat mati. Selain itu, Anda juga perlu mengatur kepadatan ikan dan tinggi air yang ada pada kolam.

Sebaiknya bibit disebar sejumlah 400/600 ekor per meter luas kolam dan tinggi air tidak lebih dari 40 cm ketika bibit disebarkan, guna memudahkan ikan untuk berenang ke permukaan dan mengambil pakan yang disebarkan.

7. Manajemen Pengelolaan Air

Selanjutnya adalah melakukan manajemen pengelolaan air, hal ini penting dilakukan karena jika pengelolaan air tidak dioptimalkan ikan akan mudah mati bahkan menimbulkan bau yang tidak sedap yang akan mengganggu lingkungan sekitar.

Untuk hasil yang maksimal, kualitas dan kuantitas air harus dijaga. Lakukan pengawasan kualitas air dari tumpukan sisa pakan yang tidak terpakai di dasar kolam secara berkala.

Pengelolaan Air Budidaya Lele

ilustrasi pengelolaan air untuk budidaya ikan lele (Credit: Freepik)

Penumpukan sisa pakan akan menghasilkan gas amonia atau hidrogen sulfida, yang ditandai dengan bau busuk. Jika tercium bau yang tidak sedap, tuangkan sepertiga bagian bawah air dan isi ulang dengan air baru.

8. Pengendalian Hama dan Penyakit

Hama yang sering dijumpai pada budidaya lele antara lain adalah hama predator seperti berang-berang, ular, sera, musang, dan burung. Hama yang bersaing termasuk nila. Untuk mencegah hal ini terjadi, pasang filter di saluran masuk dan keluar air atau pasang pagar di sekeliling kolam.

Penyakit atau hama pada budidaya lele dapat berasal dari protozoa, bakteri dan virus. Ketiga mikroba ini menyebabkan berbagai penyakit mematikan. Beberapa memiliki bintik-bintik putih, perut kembung dan luka di kepala dan ekor.

Untuk mencegah terjadinya penyakit infeksi terutama dengan menjaga kualitas air, mengontrol kelebihan pakan, menjaga kebersihan kolam, dan menjaga suhu kolam dalam 28 Derajat Celcius.

Selain itu Anda juga perlu waspada kepada penyakit menular pada lele, seperti penyakit kuning dan kekurangan vitamin. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang pengendalian penyakit, baca Pengendalian Hama Ikan Lele.

9. Mulai Memanen Ikan Lele

Selanjutnya adalah mulai Memanen ikan lele yang telah di budidaya sebelumnya. Langkah ini bisa menjadi langkah terakhir yang harus dilakukan pembudidaya sebelum dijual atau di oleh. Adapun rekomendasi pemanenan ikan lele sebaiknya dilakukan setelah 2,5 sampai 3,5 setelah penyebaran bibit. Dengan ukuran 5-7 cm.

10. Pengelolaan Pasca Panen

Tahapan terakhir dalam budidaya ikan lele, juga menjadi tahapan penting dalam proses budidaya, karena dalam tahap inilah peternak bisa menjual dan mendapatkan keuntungan dari aktivitas budidaya ikan lelenya selama ini.

Ada beragam variasi pengelolaan Pasca panen, seperti yang dijelaskan sebelumnya jika ikan lele bisa dijual per ekor, per kilo atau di fillet untuk di ekspor. Selain itu, pengolahan menjadi produk siap jual juga bisa dijadikan sebagai alternatif, contoh saja kerupuk ikan lele dan sejenisnya.

Nah, di atas adalah rincian tahapan dalam melakukan budidaya ikan lele untuk pemula, sukses atau tidaknya budidaya ini kembali kepada seberapa konsisten Anda dalam menjalankan juga bagaimana manajemen pengelolaan yang Anda terapkan.

Bagi Anda yang tertarik untuk membuka usaha di desa, selain ide dan persiapan yang matang Anda juga butuh mengetahui berapa modal yang Anda punya, perhitungan HPP, stok dan nantinya perhitungan laba-rugi.

Pada laporan laba rugi seperti jumlah laba/rugi, rincian pendapatan, rincian beban. Kemudian, hitunglah dan lakukan analisis rasio keuangan seperti profitabilitas, efisiensi, ROI (Return of Investment), laba per lembar saham dan lainnya.

Selain kinerja keuangan perusahaan, lewat laporan laba rugi Anda juga dapat menilai risiko dari bisnis Anda. Lihatlah laba yang memperoleh setiap bulan ataupun dari tahun ke tahun.

Untuk mengolah data dengan cepat dan melakukan pembukuan keuangan usaha Anda, perlu software akuntansi online seperti Beecloud. Laporan keuangan langsung jadi hanya dengan 1x klik. Lihat laporan laba rugi juga bisa kapan saja dan di mana saja.

Untung Pakai Beecloud Ambil Keputusan Cepat Laporan Keuangan Realtime

Coba gratis software akuntansi Beecloud sekarang dengan klik gambar di atas.

Contoh Neraca Keuangan Usaha, Lengkap Cara Membuatnya
Contoh neraca keuangan merupakan salah satu hal yang penting bagi perusahaan dalam memahami kondisi keuangan mereka secara keseluruhan. Dengan mengevaluasi
Baca Juga
Cara Menghitung Variabel Cost Mudah dan Contohnya
Cara menghitung variabel cost merupakan hal yang perlu diketahui dan dipahami pemilik usaha sebab sangat penting bagi profitabilitas usaha. Meski
Baca Juga
9 Rekomendasi Aplikasi Pembukuan Keuangan Usaha 2023
Bisnis mulai besar pencatatan keuangan semakin berantakan, sudah saatnya Anda upgrade dengan menggunakan bantuan aplikasi pembukuan usaha untuk manajemen keuangan
Baca Juga
Clickbait: Jenis, Alasan Pro dan Kontra serta Tips Penggunaannya
Clickbait adalah teknik pemasaran yang digunakan untuk menarik perhatian pembaca dengan judul yang menarik dan kontroversial, namun seringkali tidak sesuai
Baca Juga
4 Tahap dan Cara Menghitung Harga Pokok Produksi
Apakah Anda pernah bertanya-tanya bagaimana toko ritel favorit Anda bisa mendapatkan harga yang mereka tetapkan untuk produk mereka? Dalam bahasa
Baca Juga
Contoh Template Format Order Olshop
Saat hendak berbelanja online, seseorang mungkin pernah diminta oleh seller untuk mengisi format order olshop sebelum akhirnya melakukan pembelian. Mengisi
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu