🎉 Promo Khusus Pengguna Beeaccounting, Disc. upto se-Juta
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis

Contoh cash flow excel untuk mengonversi data akuntansi pada laporan laba rugi dan neraca menjadi informasi pergerakan keluar masuk kas
Penulis: Nindya Adityanti
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Monday, 7 March 2022

Contoh cash flow excel berfungsi untuk mengonversi data-data akuntansi pada laporan laba rugi dan neraca menjadi suatu informasi mengenai pergerakan keluar masuk kas perusahaan. Laporan cash flow menunjukkan dari mana kas masuk ke perusahaan dan juga untuk apa kas tersebut digunakan.

Laporan cash flow dibagi menjadi 3 elemen berdasarkan aktivitas bisnis perusahaan, yaitu arus kas dari kegiatan operasional, arus kas dari kegiatan investasi, dan arus kas dari kegiatan pembiayaan.

Arus kas dari kegiatan operasi adalah arus kas yang berasal dari transaksi yang berasal dari kegiatan itu sendiri. Kemudian arus kas dari kegiatan investasi adalah arus kas dalam bentuk pemasukan atau pengeluaran. Lalu, arus kas dari kegiatan pendanaan berasal dari transaksi yang mempengaruhi utang dan ekuitas perusahaan.

Pengertian Cash Flow

cash-flow-adalah

Memahami Definisi Cash Flow Photo by Tima Miroshnichenko from Pexels

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arus kas atau cash flow adalah pemasukan dan pengeluaran uang tunai perusahaan berdasarkan harian, mingguan, dan dalam rentang waktu tertentu. Arus kas merupakan satu kesatuan yang sangat penting dalam menjalankan aktivitas kerja operasional keuangan baik untuk perencanaan atau pelaksanaan audit maupun investasi baru sebagai salah satu tonggak berjalannya aktivitas operasional keuangan.

Pengertian Laporan Cash Flow

Laporan cash flow adalah laporan yang memperlihatkan secara rinci arus kas yang masuk (penerimaan) dan kas yang keluar (pengeluaran) dari suatu perusahaan.

Selain itu, menurut Sofyan Syafari Harahap (2006), laporan cash flow adalah suatu laporan yang memberikan informasi yang relevan tentang penerimaan dan pengeluaran suatu pembukuan pada suatu periode tertentu dengan mengklasifikasikan transaksi pada kegiatan operasional, pembiayaan dan investasi.

Manfaat Laporan Keuangan

laporan keuangan perusahaan

Contoh Laporan Keuangan (Sumber: Bee.id)

Manfaat laporan keuangan secara umum dapat membantu perusahaan dalam menentukan strategi bisnis di masa mendatang. Laporan keuangan bagi manajemen dan direksi perusahaan dapat digunakan sebagai sumber informasi untuk pengambilan keputusan, evaluasi usaha yang sedang berjalan, melakukan perencanaan anggaran, serta kontrol internal.

Bagi Investor, laporan keuangan dapat dijadikan sumber informasi yang berhubungan dengan risiko yang terkait dengan investasi modal. Informasi tersebut akan membantu mengambil keputusan apakah harus menambah modal, mengurangi atau menjual sahamnya. Selain itu, investor juga perlu menilai kemampuan perusahaan membayarkan dividen.

Tujuan Penyusunan Laporan Keuangan

Dari penjelasan di atas, maka bisa kita rangkum apa saja tujuan dari penyusunan laporan keuangan, berikut diantaranya:

1. Membantu Proses Pengambilan Keputusan

Dengan menggunakan hasil analisis dari laporan keuangan, Anda selaku pemilik bisnis atau pihak-pihak lain yang memiliki kepentingan dapat mengambil keputusan dalam menentukan strategi bisnis pada perusahaan tersebut.

2. Memprediksi dan menilai Pertumbuhan Bisnis

Laporan keuangan sudah lazim digunakan sebagai syarat kerja sama dengan berbagai pihak untuk meninjau prospek bisnis yang Anda miliki di masa depan. Sebagai pihak yang meminjamkan tambahan modal untuk membantu bisnis Anda tetap berjalan dengan baik, kreditor akan meminta laporan keuangan perusahaan.

Supplier juga berhak mengetahui laporan keuangan perusahaan Anda, terutama jika Anda membeli barang dengan sistem kredit. Dengan informasi yang disajikan pada laporan tersebut, supplier bisa mengambil keputusan apakah perusahaan Anda memiliki kemampuan membayar tagihan sesuai nominal yang tertera atau tidak.

3. Menilai Aktivitas Pendanaan dan Operasi Perusahaan

Laporan keuangan dapat menjadi bahan penilaian kemampuan pemilik bisnis untuk memenuhi seluruh kewajibannya. Hal tersebut mencakup kemampuan jangka pendek maupun jangka panjang, struktur modal perusahaan, pendistribusian aktiva, juga efektivitas penggunaan aktiva.

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Laporan Keuangan Perusahaan

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang (Sumber: Bee.id)

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Jasa

Contoh Jurnal Umum

Contoh Jurnal Umum Perusahaan Jasa (Sumber: Bee.id)

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur

Laporan keuangan perusahaan

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur (Sumber: Bee.id)

Cara Menyusun Laporan Cash Flow

Berikut adalah beberapa tahapan dalam menyusun laporan cash flow atau arus kas:

1. Persiapan Data

Sebelum mulai, pastikan Anda memiliki data yang dibutuhkan. Data ini umumnya berasal dari laporan laba rugi dan laporan neraca perusahaan.

2. Pemilihan Metode

Selanjutnya, tentukan metode yang ingin digunakan, dalam hal ini ada dua metode umum yang biasa digunakan yakni:

  • Direct Method (Metode Langsung): Metode ini mencatat arus kas berdasarkan penerimaan dan pengeluaran kas aktual.
  • Indirect Method (Metode Tidak Langsung): Metode ini menyesuaikan laba bersih dari laporan laba rugi dengan memasukkan dan mengeluarkan kas maupun non-kas.

3. Pembuatan Template

Selanjutnya, Anda bisa menyusun laporan cash flow menggunakan template, yang bisa Anda download di bawah, atau mebuatnya secara manual. Pastikan dalam penyusunananya Anda menyispkan tiga bagian utama, yakni:

  • Aktivitas Operasi: Mencatat penerimaan dan pengeluaran kas dari aktivitas bisnis utama.
  • Aktivitas Investasi: Mencatat penerimaan dan pengeluaran kas dari pembelian dan penjualan aset.
  • Aktivitas Pendanaan: Mencatat penerimaan dan pengeluaran kas dari pinjaman, modal, dan dividen.

4. Pengisian Arus Kas

Setelah penyusunan template selesai berikutnya isi masing-masing bagian yang Anda buat tadi, di isi dengan data berikut ini:

  • Aktivitas Operasi: Catat penerimaan kas (penjualan tunai, piutang) dan pengeluaran kas (biaya operasional, gaji, pajak) di kolom yang sesuai. Lakukan penyesuaian untuk biaya non-kas (penyusutan, piutang tak tertagih).
  • Aktivitas Investasi: Catat penerimaan (penjualan aset) dan pengeluaran (pembelian aset) kas di kolom yang sesuai.
  • Aktivitas Pendanaan: Catat penerimaan (pinjaman, modal) dan pengeluaran (pembayaran pinjaman, dividen) kas di kolom yang sesuai.

5. Perhitungan Arus Kas Bersih

Berikutnya, jumlahkan penerimaan dan pengeluaran kas di setiap aktivitas untuk mendapatkan arus kas bersih per aktivitas. Hitung total arus kas bersih dengan menjumlahkan arus kas bersih dari ketiga aktivitas.

6. Penyempurnaan Laporan

Jika sudah, maka Anda bisa menyempurnakan lapoan keuangan excel Anda, seperti dengan menggunakan rumus dan format Excel untuk mempermudah perhitungan dan tampilan laporan, menambahkan grafik dan tabel untuk visualisasi data yang lebih menarik dan juga penjelasan dan analisis singkat pada bagian akhir laporan.

7. Penyimpanan dan Pendistribusian

Terakhir adalh simpan laporan dalam format yang mudah diakses dan dibagikan, seperti .xlsx atau .pdf. Distribusikan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan, seperti manajemen, investor, dan kreditor.

Sebenarnya metode penyusunan laporan cash flow dengan menggunakan Excel sudah cukup usang untuk digunakan oleh suatu perusahaan. Akan tetapi, efektivitas Excel untuk membantu praktisi memahami alur penyusunan laporan keuangan sudah teruji, karena merupakan perangkat lunak yang sering dipakai di perkantoran.

Untuk memudahkan dalam membuat laporan cash flow, Anda juga bisa menggunakan software akuntansi Beeaccounting. Beeaccounting memiliki 47 Plugin sesuai bidang usaha Anda. Powerful & fleksibel seperti program custom dengan kestabilan software jadi.

Dilengkapi ratusan variasi laporan yang tersaji cepat & akurat. Laporan Laba/Rugi, Neraca, Kas/Bank, Stok, Piutang. Memudahkan manajemen mengambil keputusan bisnis

Komponen Template Cash Flow Excel

Seluruh data pada contoh cash flow excel bersumber dari laporan laba rugi dan laporan neraca. Dengan menggunakan template excel, maka harus diinput datanya satu per satu, yaitu:

  • Laba bersih
  • Beban penyusutan
  • Perubahan aset
  • Perubahan kewajiban
  • Arus kas bersih dari kegiatan operasional
  • Arus kas bersih dari kegiatan investasi
  • Perubahan kewajiban jangka panjang
  • Dividen yang dibayarkan
  • Verifikasi

Poin Penting Pembukuan Laporan Keuangan Bulanan Excel

template-excel-imporkas

Impor Kas Excel

Pertama-tama, Anda selaku pemilik bisnis perlu menentukan anggaran bulanan. Lalu, tahap selanjutnya adalah membuat laporan bulanan keuangan yang merupakan rangkuman pemasukan dan pengeluaran.Anda harus memiliki catatan transaksi pengeluaran harian sebelumnya, bisa dengan pencatatan manual, atau menggunakan aplikasi sofware akuntansi.

Tahapan Membuat Laporan Keuangan Bulanan Excel

Dalam menyusun laporan keuangan bulanan, ada dua tahapan penting

1. Melengkapi Data Anggaran Bulanan

Sebelum membuat laporan bulanan keuangan, Anda harus melengkapi data pemasukan dan pengeluaran pada file anggaran bulanan. Isilah data pemasukan dan pengeluaran selengkap mungkin dan jangan ada yang terlewat dalam menggunakan aplikasi Excel.

2. Mencatat Transaksi Pengeluaran Harian

Pastikan Anda menyimpan dan mencatat semua detail pengeluaran harian yang telah dilakukan selama sebulan terkahir. Data ini akan menjadi pelengkap dan memudahkan dalam analisis pengeluaran Anda.

3. Penyusunan Laporan Keuangan

Setelah memastikan bahwa data yang digunakan dalam laporan keuangan sudah lengkap dan akurat, susunlah laporan keuangan bulanan yang terdiri dari neraca saldo, laporan laba rugi, dan laporan arus kas. Pastikan laporan tersebut menggambarkan kondisi keuangan perusahaan secara jelas dan akurat.

5. Analisis Laporan Keuangan

Berikutnya, lakukanlah analisis terhadap laporan tersebut untuk memahami kinerja keuangan perusahaan. Identifikasi tren, pola, dan perbandingan dengan anggaran atau periode sebelumnya untuk mengevaluasi kinerja keuangan dan membuat keputusan yang tepat.

Kemudahan Membuat Laporan Keuangan dengan Excel

Excel Import Stock Opname

Excel Import Stock Opname

Microsoft Excel merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengolah sebuah data dengan otomatis melalui berbagai bentuk seperti rumus, perhitungan dasar, pengolahan data, pembuatan tabel, pembuatan grafik hingga manajemen data. Karena di dalam Excel sudah memiliki beragam fitur dan fungsi, maka sebenarnya pengolahan data keuangan dan cash flow menjadi suatu laporan bisa dilakukan oleh siapapun yang menguasai Excel.

Kekurangan Membuat Laporan Keuangan dengan Excel

Namun demikian, terdapat kekurangan dalam pembuatan laporan keuangan dengan menggunakan Excel. Menurut Ikatan Akuntan Indonesia, laporan keuangan merupakan bagian dari proses pelaporan keuangan yang lengkap, biasanya meliputi neraca, laporan laba rugi, laporan posisi keuangan (yang dapat disajikan dalam beberapa cara, laporan contoh cash flow excel dan laporan arus dana), catatan dan laporan lainnya.

Karena banyak sekali data yang harus dikumpulkan untuk menyusun laporan keuangan, proses input ke dalam Excel sangat memakan waktu dan cukup merepotkan karena diperlukan ketelitian tinggi agar tidak terjadi kesalahan.

Download 9 Template Excel Laporan Keuangan Gratis

Download 9 template excel laporan keuangan gratis dan contoh cash flow excel dengan klik tombol di bawah ini.

download-template-laporan-keuangan-excel-gratis

Klik Button untuk Download

Kesimpulan

Laporan keuangan memiliki peran penting dalam kemajuan perusahaan atau bisnis. Oleh karena itu, untuk para pemilik bisnis harus mampu menganalisis isi laporan keuangan. Penting bagi Anda sebagai pemilik bisnis untuk bisa menerjemahkan isi laporan keuangan perusahaan Anda tersebut menjadi sebuah solusi untuk bisnis ke depannya, sehingga Anda akan termudahkan dalam pengelolaan bisnis Anda.

Membuat laporan cash flow menggunakan excel memakan waktu dan cukup merepotkan karena diperlukan ketelitian tinggi agar tidak terjadi kesalahan. Dengan software akuntansi Beeaccounting dengan 1 klik laporan akan tersedia. Dilengkapi ratusan variasi laporan yang tersaji cepat & akurat. Laporan Laba/Rugi, Neraca, Kas/Bank, Stok, Piutang. Memudahkan manajemen mengambil keputusan bisnis

Beeaccounting Jual Beli Bayar Laporan Akuntansi Lengkap Jurnal Neraca Laba Rugi Cash Flow

Artikel Terkait

Cara Menghitung Rasio Likuiditas, Pengertian dan Manfaatnya
Rasio likuiditas merupakan rasio keuangan yang memiliki peran untuk membantu mengantisipasi pernyataan aset kas dan perusahaan di masa yang akan
Baca Juga
Mengenal Akuntansi Pembelian, Fungsi dan Sistem Kerjanya
Sistem akuntansi pembelian adalah hal yang tidak akan terlepas dari serangkaian kegiatan bisnis yang biasa digunakan perusahaan untuk menyediakan barang
Baca Juga
5 Kode Etik Akuntansi Publik dan Penjelasannya
Apakah Anda pernah mendengar profesi akuntansi publik? Profesi tersebut menyediakan jasa untuk melakukan kegiatan akuntansi yang berbentuk swasta dengan mematuhi
Baca Juga
Rekomendasi 3 Software Akuntansi Nirlaba Terbaik
Software akuntansi nirlaba merupakan inovasi teknologi yang berguna dalam membantu kelancaran bisnis Anda, karena software tersebut memberikan banyak kemudahan dan
Baca Juga
Macam-macam Software Akuntansi Produksi Bee.id
Perkembangan teknologi saat ini sudah sangat canggih. Ada banyak produk teknologi yang sengaja diciptakan demi mempermudah kehidupan manusia, khususnya dalam
Baca Juga
Apa itu Kartu Piutang? Cara Membuat Kartu Piutang
Bagi para pelaku usaha kecil menengah tentu banyak pelanggan atau konsumen yang menunda pembayaran. Pemberian piutang pada pelanggan adalah hal
Baca Juga

Artikel Populer

Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Sejarah awal akuntansi ini ada dengan seiring manusia mengenal hitungan uang serta cara pencatatanya. Oleh karena itu akuntansi juga dikenal
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Contoh cash flow excel berfungsi untuk mengonversi data-data akuntansi pada laporan laba rugi dan neraca menjadi suatu informasi mengenai pergerakan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu