🌙 Beerkah Ramadhan Disc. upto 20% dan Cashback 15%
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Alasan Pentingnya Laporan Keuangan Perusahaan

Untuk saat ini tidak banyak orang memahami laporan keuangan perusahaan. Artikel ini akan membahas laporan keuangan secara rinci beserta contoh-contohnya
Penulis: Farhan Anggara
Dipublish Tgl: Saturday, 28 November 2020

Laporan Keuangan Perusahaan - Hingga saat ini, beberapa orang atau bahkan pengusaha belum mengerti betapa pentingnya laporan keuangan dalam usaha. Hal ini berdampak pada usaha yang dijalankan yakni kurangnya informasi keuangan sehingga mengakibatkan masalah pada perusahaan.

Laporan keuangan ini gunanya untuk hal yang bermacam-macam. Dalam sebuah perusahaan, informasi ini bertujuan untuk meninjau atau mengukur seberapa jauh performa dan kondisi keuangan perusahaan. Dengan melihat informasi laporan keuangan, adapun seorang investor juga dapat menentukan pilihan untuk melanjutkan investasi atau tidak.

Pada artikel ini, akan dijelaskan pengertian laporan keuangan, manfaat, tujuan, hinga laporan keuangan untuk usaha-usaha tertentu.

Pengertian Laporan Keuangan Perusahaan

laporan keuangan peursahaan

Pengertian Laporan Keuangan (Sumber: Freepik.com)

Laporan keuangan, adalah beberapa laporan yang digunakan untuk meninjau informasi mengenai kondisi keuangan. Pada sebuah perusahaan, informasi keuangan ini biasa disebut dengan laporan keuangan perusahaan, yang berarti beberapa laporan yang memberi laporan informasi keuangan suatu perusahaan.

Informasi ini biasanya dibuat oleh bagian atau seseorang yang ahli dalam bidang keuangan di sebuah perusahaan dalam sebuah periode waktu tertentu. Laporan ini begitu penting artinya, teruntuk bagi beberapa pihak yang memiliki hubungan langsung dengan perusahaan, salah satunya investor.

Seorang investor yang menanamkan investasi pada sebuah perusahaan mutlak guna mempelajari laporan keuangan dari perusahaan itu. Hal ini memiliki tujuan supaya investor tersebut dapat mengenal kondisi dan performa dari sebuah perusahaan, dilihat dari kacamata finansial.

Pada laporan tersebut ada sejumlah informasi mengenai kondisi keuangan yakni laba dan rugi hingga adanya informasi perubahan keuangan sebuah perusahaan. Informasi ini memang punya dampak yang sangat besar sehingga dapat membuat sang investor mau melakukan investasi atau sebaliknya menghentikan investasi pada perusahaan tersebut.

Baca Juga: Pengertian dan Cara Menghitung Biaya Overhead Pabrik

Manfaat Laporan Keuangan Perusahaan

manfaat-laporan-keuangan-perusahaa

Manfaat Laporan Keuangan (Sumber: Pexels.com)

Adapun manfaat dari laporan keuangan bagi sebuah perusahaan secara detailnya adalah sebagai berikut.

  • Menampilkan informasi dari kondisi dan perkembangan keuangan yang berkaitan dengan perseorangan atau sebuah organisasi/perusahaan yang bertujuan untuk menjadi bahan pertimbangan guna mengambil keputusan yang tepat dan akurat.
  • Memberikan informasi penting bagi manajemen perusahaan.
  • Menetapkan hak bagi setiap pihak yang memiliki wewenang penting dalam suatu perusahaan, baik itu pihak internal ataupun eksternal.
  • Mengawasi dan mempertahankan berbagai macam kegiatan yang terjadi pada sebuah perusahaan.
  • Membantu sebuah perusahaan dalam mencapai target yang telah ditetapkan.
  • Membantu sebuah perusahaan mengetahui laba/keuntungan yang diperoleh.
  • Mempermudah perusahaan dalam menghitung dan menentukan hak dari setiap pihak internal dan eksternal yang terlibat didalamnya.
  • Menyediakan informasi yang berguna bagi manajemen.
  • Mengelola dan mengawasi aktvitas dalam perusahaan.
  • Memberi kemudahan dalam pencapaian target yang telah ditetapkan.

Contoh dan Jenis-Jenis Laporan Keuangan Perusahaan

Membahas tentang laporan keuangan, tentu beberapa orang ada yang belum mengetahui jenis-jenis laporan keuangan. Dari berbagai jenis laporan keuangan ini, tentu masing-masing memiliki peran sendiri yang begitu penting bagi setiap perusahaan.

Adapun berikut ini adalah jenis laporan keuangan.

1. Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi atau yang bisa disebut dengan profit and loss statement merupakan sebuah salah satu laporan keuangan yang memiliki berperan penting yakni untuk memberikan informasi apakah perusahaan mengalami untuk ataupun rugi.

Dari laporan laba rugi, bisa melihat kinerja perusahaan serta sebagai evaluasi manajemen guna keputusan selanjutnya. Bukan hanya manajemen internal saja yang membutuhkan laporan ini, investor dan pihak bank juga membutuhkan informasi ini sebagai alat ukur dalam urusan keuangan.

laporan keuangan perusahaan

Contoh Laporan Keuangan (Sumber: Beeaccounting.com)

2. Laporan Arus Kas

Laporan arus kas atau yang biasa disebut cash flow merupakan laporan yang memiliki tujuan untuk menampilkan informasi keluar masuknya uang pada sebuah perusahaan. Laporan ini bisa menjadi indikasi untuk memperkirakan arus kas dimasa mendatang berdasarkan laporan saat ini.

Laporan Keuangan Perusahaan

Contoh Laporan Arus Kas (Sumber: Beeaccounting.com)

3. Perubahan Modal

Laporan perubahan modal menampilkan informasi perubahan dalam segi modal, baik berupa peningkatan maupun pengurangan jumlah modal masing-masing pemegang saham. Ketika awal perusahaan berdiri, investor yang selaku penanam modal di sebuah perusahaan pasti menyetor modal untuk usaha.

laporan keuangan Perusahaan

Contoh Laporan Perubahan Modal (Sumber: Google.com)

4. Laporan Neraca

Yang dianggap sebagai laporan penting adalah laporan neraca atau balance sheet, merupakan laporan keuangan untuk menampilkan informasi posisi dan informasi keuangan dalam satu periode. Melalui laporan keuangan neraca, semua informasi data yang berhubungan dengan aset perusahaan, kewajiban, dan modal dapat disajikan secara terinci.

laporan keuangan perusahaan

Contoh Laporan Neraca (Sumber: Beeaccounting.com)

Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Salah satu jenis kategori usaha yang dibilang mudah dijalankan adalah perusahaan dagang. Karena operasional yang dilakukan sebatas membeli barang dagangan kemudian menjualnya kembali tanpa mengubah bentung barang tersebut.

Dasarnya laporan perusahaan dagang sama seperti perusahaan pada umumnya. Namun yang membedakan adalah elemen-elemen atau jenis akun yang masuk dalam laporan keuangan tersebut.

Laporan Keuangan Perusahaan

Contoh Laporan Keuangan Usaha Dagang (Sumber: Beeaccounting.com)

Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur

Perusahaan manufaktur memiliki peran penting dalam kehidupan manusia sehari-hari. Produk yang berada di sekitar kita seperti smartphone, berasal dari perusahaan manufaktur. Bisa dibilang perusahaan ini cukup besar jika dibanding dengan perusahaan umumnya.

Untuk laporan perusahaan manufaktur, nilai yang penting adalah nilai persediaan dan pembelian barang berada pada beberapa komponen, yaitu persediaan bahan baku, bahan pendukung, pembelian, persediaan ketika proses produksi, persediaan barang jadi hingga harga pokok penjualan, serta akuntansi biaya.

Laporan keuangan perusahaan

Contoh Laporan Keuangan Manufaktur (Sumber: Beecloud.id)

Laporan Keuangan Perusahaan TBK

Perusahaan tbk (publik) merupakan perusahaan yang biasanya menjual sahamnya pada masyarakat yang memiliki tujuan yakni sebagai salah satu cara perusahaan guna memenuhi kebutuhan dana yang besar untuk peningkatan usahanya.

Laporan Keuangan Tbk (terbuka) ialah laporan keuangan yang disediakan oleh emiten atau perusahaan publik, baik itu laporan keuangan satu entitas maupun Laporan Keuangan Konsolidasian.

Terdapat dua contoh perusahaan tbk yang cukup besar, yaitu:

  • PT Astra Agro Lestari Tbk, industri yang bergerak dalam bidang bisnis utama yaitu segmen industri Agriculture dengan sub sektor industri Plantation.
  • PT Adaro Energy Tbk, kategori utama perusahaan ini adalah pada sektor industri pertambangan, dengan sub sektor industri Coal Mining.
Laporan keuangan perusahaan

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan PT Astra Agro Lestari Tbk (Sumber: Google.com)

Format Laporan Keuangan Perusahaan

Laporan keuangan biasanya dibagi menjadi beberapa jenis dan format. Adapun di antaranya adalah laporan laba rugi dengan format multi step dan single step, lalu laporan arus kas dengan format atau metode langsung dan tidak langsung.

Format Laporan Laba Rugi

  • Multiple step, merupakan proses pemisahan pendapatan operasional dengan pendapatan non-operasional, begitu juga dengan beban operasional dan beban non-operasional.
  • single step, dibuat dengan proses menggabungkan seluruh penjualan terlepas dari kategori operasional dan nonoperasional. Selain itu juga berlaku untuk akun beban yang mana perbedaan antara pendapatan dan beban akan menunjukkan total laba atau rugi perusahaan.

Format Laporan Neraca

Untuk laporan neraca, ada dua jenis format atau bentuk yang dapat digunakan oleh banyak perusahaan yaitu bentuk skontro dan bentuk vertikal.

Bentuk skontro atau juga bisa disebut dengan account form yakni bentuk neraca yang mengelompokkan akun-akun secara horizontal. Artinya, kelompok aktiva berada di sebelah kiri, sedangkan ekuitas dan hutang berada di kolom kanan. Namun untuk bentuk vertikal adalah kebalikan dari bentuk skontro.

Kesimpulan

Laporan keuangan sangat penting bagi perusahaan untuk menampilkan informasi dari kondisi dan perkembangan keuangan yang berkaitan dengan perseorangan atau sebuah organisasi/perusahaan yang bertujuan untuk menjadi bahan pertimbangan guna mengambil keputusan yang tepat dan akurat.

Sebaiknya dalam membuat laporan keuangan perusahaan, gunakan aplikasi laporan keuanagn yang memungkinkan Anda untuk melakukan pemantauan data secara real-time. Hal ini akan sangat penting mengingat sebagai seorang pebisnis, Anda harus memiliki kuasa penuh atas usaha yang dijalankan. Kapanpun dan dimanapun, situasi keuangan perusahaan harus tetap bisa dipantau. Termasuk laporan profit margin dan jumlah piutang agar perusahaan dapat merencanakan strategi bisnis dengan lebih efektif dan efisien.

Image Software Akuntansi Online Realtime

Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan aplikasi keuangan. Anda juga harus pintar dalam memilih aplikasi yang cocok untuk usaha Anda. Anda juga bisa memilih Beecloud karena fitur lengkap yang bisa Anda dapatkan.

Anda bisa coba dulu Software Akuntansi Online Beecloud untuk melihat bagaimana cara kerjanya secara gratis. Langsung saja klik disini untuk mendaftar. Beecloud sudah memiliki sistem online. Jadi Anda bisa mengecek semua aktivitas di perusahaan dengan sekali klik dari mana saja dan kapan saja. Selamat mencoba!

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Benchmarking adalah: Pengertian, Dampak, dan Penerapannya
Apakah Anda juga belum mengerti sebenarnya benchmarking adalah apa? Cakupan istilah dalam dunia bisnis ternyata sangat luas, ini misalnya. Apabila
Baca Juga
Royalti adalah Hak Pemilik Karya, Ini Penjelasannya!
Apa jawaban yang Anda berikan saat di tanya royalti adalah? Bagi Anda yang memiliki sebuah karya intelektual atau menggeluti dunia
Baca Juga
Sistem Akuntansi: Pengertian, Manfaat dan Contohnya
Sistem informasi akuntansi atau sering disebut sistem akuntansi adalah salah satu hal yang penting bagi suatu perusahaan. Akuntansi sebagai sistem
Baca Juga
Mengenal dan Mengetahui Sejarah Akuntansi
Sejarah Akuntansi - Pernahkah terbesit di pikiran Anda mengenai asal usul dari akuntansi? Saat ini hal yang menjadi patokan dalam
Baca Juga
Merchandise Adalah Strategi Promosi, Ini Penjelasannya
Apakah Anda pernah mendengar istilah business pitching sebelumnya? Bagi yang berkecimpung dalam dunia bisnis tentu sangat penting untuk mengetahui istilah
Baca Juga
Kurva Penawaran: Perbedaannya dengan Kurva Permintaan
Istilah kurva penawaran dan kurva permintaan memang sangat identik dengan kegiatan bisnis. Kedua jenis kurva ini adalah bagian dari ilmu
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu