Logo Bee Web

Mengenal Aspek Manajemen Pada Aspek Kelayakan Bisnis

Aspek manajemen saat ini banyak sekali dimanfaatkan sebagai salah satu cara untuk memulai bisnis, simak informasinya!
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 2 May 2023

Aspek manajemen saat ini banyak sekali dimanfaatkan sebagai salah satu cara untuk memulai bisnis. Ada banyak sekali faktor yang perlu dipertimbangkan sehingga studi manfaat bisnis harus dilakukan.

Meskipun hal ini penting, namun banyak pengusaha sering mengabaikan pembuktian konsep ini. Akibatnya, beberapa upaya yang dilakukan terkadang tidak ada jalan keluarnya.

Pengertian Aspek Manajemen Adalah

Aspek Aspek Manajemen

Sebuah Bisnis Dapat Dinyatakan Layak jika Memenuhi Aspek Manajemen yang Tepat (Credit: Freepik.com/ @Pressfoto)

Manajemen aspek merupakan salah satu prosedur yang dapat dilakukan untuk mengetahui apakah usaha tersebut layak atau tidak. Kegiatan ini sebenarnya hanya berkaitan dengan untuk menetapkan tujuan, mengidentifikasi masalah dan peluang, serta mengevaluasi manfaat.

Jika dilihat dari segi bisnis, Aspek manajemen ini dapat digunakan untuk membantu pengusaha dalam membuat keputusan yang tepat. Bagi seorang pemula, mungkin manajeman ini sangat penting karena bisa mencegah kerugian.

Dalam manajemen ini, sudah ada lima bidang yang diteliti dan dianalisis. Kelima bidang akan dijelaskan di bawah ini agar lebih paham.

  • Deskripsi pasar,
  • Deskripsi Perusahaan,
  • Teknologi apa saja yang diperlukan
  • Informasi tentang struktur keuangan serta organisasi perusahaan,
  • Kesimpulan tentang mengenai bagaimana melanjutkan dengan memulai perusahaan.

Aspek-Aspek Manajemen dalam Studi Kelayakan Bisnis

Ada beberapa penjelasan yang berkaitan dengan Aspek manajemen. Berikut ini adalah penjelasan terkait manajemen aspek.

1. Aspek Studi Kelayakan Ekonomi

Sebagian besar aspek memang harus mempertimbangkan melakukan studi kelayakan bisnis. Pada umumnya aspek-aspek tersebut tentunya bersifat lebih fleksibel, sehingga bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

2. Aspek Hukum atau Legalitas

Salah satu aspek yang harus lebih diperhatikan dalam studi kelayakan yaitu aspek hukum. Hal ini sebenarnya berlaku untuk semua pertanyaan yang berkaitan dengan legalitas pendirian perusahaan atau peraturan hukum.

Adapun hal yang nantinya diperiksa legalitasnya seperti tanda daftar usaha,izin website, NPWP, akta notaris. Selain itu, juga sudah ada surat izin usaha (SIUP) dan lain-lain.

3. Aspek Ekonomi dan Budaya

Apabila dilihat dari sudut pandang ekonomi dan budaya, tentunya studi kelayakan akan menganalisis dampak yang ditimbulkan oleh perusahaan. Aspek manajemen akan menganalisis dari perspektif budaya bagaimana bisnis akan mempengaruhi kebiasaan lingkungan.

Sekaligus dapat dianalisis dari sudut pandang ekonominya agar lebih jelas. Kemudian, akan dilihat bagaimana pengaruh perusahaan terhadap pendapatan per kapita di lokasi perusahaan.

4. Aspek Pasar dan Pemasaran

Pasar dan pemasaran lebih dikenal sebagai salah satu aspek fundamental yang dikaji dalam manajemen aspek. Bahkan Analisis ini selalu berkaitan dengan menjawab pertanyaan apakah produk yang diproduksi oleh perusahaan memiliki peluang pasar.

Untuk bisa menjawab pertanyaan tersebut, ada beberapa hal harus diperhatikan, seperti jumlah konsumen, potensi pasar, daya beli masyarakat, segmentasi. Selain itu, juga situasi persaingan dalam industri dan lain-lain.

5. Aspek Administratif

Pada dasarnya, manajemen bisnis juga akan memasukkan aspek administrasi sebagai aspek fundamental yang harus dianalisis. Aspek ini selalu berkaitan erat dengan bisnis perusahaan, desain serta pengembangan.

Jika dilihat dari semua aspek yang akan dianalisis, tentunya aspek administrasi sangatlah luas. Dikarenakan segala sesuatu yang berkaitan dengan operasional perusahaan harus diatur, mulai dari sumber daya sampai keuangan perusahaan.

6. Aspek Finansial

Bagi sebagian perusahaan, tentunya modal menjadi salah satu hal yang paling penting sebelum memulai usaha. Oleh karena itu, aspek keuangan yang akan memutuskan apakah bisnis Anda nantinya akan berjalan dengan baik di masa mendatang atau tidak.

Proses finansial ini merupakan hal wajib jika Anda ingin membuat sebuah rencana bisnis yang menyeluruh. Agar bisa memudahkan penganggaran dan perencanaan keuangan bisnis secara umum, maka bisa mencoba software akuntansi.

Dimana fungsinya akan disesuaikan dengan proses bisnis yang direncanakan. Salah satu software akuntansi yang dapat menjadi solusi untuk pengelolaan anggaran dan perencanaan keuangan perusahaan bisa Anda dapatkan di internet.

Baca juga: Pengertian Studi Kelayakan Bisnis, Pebisnis Wajib Tahu

Contoh dari Aspek Manajemen Bisnis

Ada beberapa contoh Aspek manajemen yang perlu diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa aspek yang akan dijelaskan di bawah ini:

  • Kualifikasi Teknis, biasanya kualifikasi Teknis ini selalu berkaitan dengan peralatan dan perangkat lunak. Selain itu, juga teknologi yang digunakan, tenaga kerja, analisis lokasi, serta adanya transportasi.
  • Kelayakan finansial, dimana sarana untuk memperoleh modal dan pengembalian investasi.
  • Daya jual, seperti entri pasar, pertumbuhan pasar, pesaing, jenis industri, pelanggan potensial, serta perkiraan penjualan.
  • Kualifikasi Organisasi:
  • Struktur organisasi perusahaan, seperti struktur hukum, keterampilan serta pengalaman tim manajemen.

Selain penjelasan di atas, ada satu aspek manjemen bisnis lainnya yang menunjang sebuah bisnis dapat dintakan layak. Yakni, terkait aspek manajemen keuangan. Keuangan menjadi unsur penting yang harus dikelola dengan baik oleh perusahaan, dimana keuangan ini akan menjadi penentu bisnis berjalan lancar atau tidak.

Dari pentingnya urusan keuangan dalam bisnis ini menjadikan banyak pengusaha baik skala besar atau UMKM terpaku pada urusan keuangan mereka sehingga mengabaikan urusan lainnya yang juga tidak kalah penting dalam membangun pengelolaan bisnis.

Untuk itu, Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud, dengan beragam fitur yang membantu Anda dalam mengelola keuangan bisnis, dari laporan laba rugi, neraca dan laporan akuntansi lainnya. Selain itu, banyak fitur lain yang bisa Anda gunakan sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan.

Beecloud Untuk Semua Usaha Ukm Kelola Keuangan Akurat

Keuntungan dari Adanya Manajemen Aspek

Saat memulai usaha, tentunya para pengusaha akan langsung melakukan manajemen aspek untuk menjalankan usahanya agar berbeda dengan pengusaha lainnya. Dikarenakan jika melakukan manajemen bisnis akan memberikan banyak manfaat, seperti berikut ini:

1. Mampu Meminimalkan Resiko Kerugian

Pada dasarnya, akan ada banyak hal yang tidak terduga terjadi ketika menjalankan bisnis. Oleh sebab itu, Pengusaha harus bisa benar-benar mempersiapkan segala sesuatunya untuk bisa mengantisipasi kerugian yang terjadi kedepannya.

Jadi hanya dengan bantuan analisis laba operasional, tentunya perusahaan bisa langsung meminimalkan risiko yang muncul, baik yang bisa dikendalikan maupun tidak. Oleh sebab itu, jika perusahaan merugi maka kerugian yang akan dihasilkan tidak terlalu besar.

2. Perencanaan Bisnis yang Sederhana

Apabila melakukan analisis manajemen bisnis tentunya akan memberi pengusaha semua informasi yang berkaitan dengan bisnis yang akan dimulai. Khususnya, dalam hal pro dan kontra dari bisnis tersebut.

Jika dilihat dari hasil analisis ini, pemasar dapat lebih mudah merencanakan ke depan. Selain itu, berkat aspek ini tentunya para perusahaan bisa langsung merencanakan kegiatan yang lebih menguntungkan.

3. Pekerjaan yang Dilakukan Lebih Akurat

Pada dasarnya, hanya dengan bantuan analisis bisnis ekonomi, maka pekerjaan yang direncanakan sebelumnya bisa terlaksana dengan lebih mudah dan akurat. Jika dilihat hasil analisis, perusahaan bisa langsung menilai dan mengevaluasi program.

Selain bis menentukan kebijakan mana yang akan memberikan keuntungan dan kerugian bagi perusahaan. Alhasil, dengan begini pelaksanaan bisnis akan lebih mudah dilaksanakan dan semua program kerja juga sangat menguntungkan.

4. Memudahkan Pengawasan

Ada banyak sekali aspek yang dapat dianalisis saat melakukan manajemen ini,. Laporan yang nantinya akan dihasilkan dari hasil analisis ini akan mencakup berbagai aspek yang dapat digunakan untuk pemantauan perusahaan.

Selain bisa melakukan pengendalian internal, perusahaan juga akan mendapatkan pengendalian eksternal. Berkat adanya hasil analisis penyelidikan terdahulu, tentunya pihak yang berwenang lebih mudah melakukan pengawasan berdasarkan laporan analisis yang dilakukan.

5. Mengontrol Perusahaan

Dalam menjalankan suatu bisnis, sebenarnya tidak bisa dipungkiri bahwa para pedagang terkadang akan menghadapi masalah. Agar bisa mencegah masalah berkembang, maka perusahaan harus bisa mengatasi masalah dengan lebih cepat dan akurat.

Hal ini tentunya dapat dilakukan jika pemimpin telah melakukan Aspek manajemen pada operasional perusahaan. Informasi dan laporan dari hasil analisis ini tentunya dapat digunakan sebagai salah satu dasar untuk menentukan aspek mana yang bermasalah.

Baca Juga: Apa Itu Manajemen Operasional? Fungsi, Tujuan dan Peran Pentingnya

Setelah itu, perusahaan bisa langsung mengambil tindakan untuk dapat memecahkan masalah dengan tepat. Jadi masalah tersebut tidak terlihat berlarut-larut.

Kesimpulan

Pada umumnya, manajemen aspek merupakan salah satu hal paling penting ketika memulai suatu bisnis. Dengan adanya manajemen ini, para pebisnis akan langsung menghindari banyak peluang buruk bagi perusahaan.

Selain itu, manajemen ini juga bisa meningkatkan peluang perusahaan untuk lebih bertahan lama dan sukses. Oleh karena itu, para pengusaha tidak perlu lagi ragu jika ingin membuat Aspek manajemen untuk bisa mematangkan rencana bisnisnya.

Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Program Kasir Toko Ini Punya 4 Manfaat Yang Jarang Diketahui Pebisnis
Mengetahui 4 manfaat menggunakan program kasir toko adalah hal penting yang dijadikan pertimbangan sebelum memutuskan untuk berlangganan. Informasi tersebut bisa
Baca Juga
Apakah Leader Beda dengan Bos? Yuk, Simak Perbedaannya!
Leader adalah pemimpin yang mampu menginspirasi, mempengaruhi dan mengarahkan motivasi timnya untuk bekerja sama mencapai tujuan dan sasaran yang sudah
Baca Juga
Apa Itu Brand Positioning? Begini Penjelasan Lengkapnya
Salah satu strategi pemasaran yang efektif adalah melakukan brand positioning. Kegiatan ini berkaitan dengan upaya menempatkan brand, agar memiliki tempat
Baca Juga
Contoh Slip Gaji Karyawan: Komponen dan Format
Contoh slip gaji karyawan saat ini sebenarnya bisa dibuat secara online maupun offline. Slip gaji merupakan salah satu dokumen yang
Baca Juga
Perdagangan Bebas: Pengertian, Ciri dan Contohnya
Sebenarnya apa itu perdagangan bebas secara detail? Jenis perdagangan ini bukanlah pasar bebas ke arah negatif. Melainkan ada regulasi khusus
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu