Logo Bee Web

Download Kwitansi Kosong PDF dan Cara Mudah Membuatnya

Sedang mencari membuat template kwitansi? Download kwitansi kosong PDF dan contoh kwitansi kosong dalam berbagai format di artikel ini.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Saturday, 17 June 2023

Apakah Anda sedang mencari cara untuk membuat dan mengisi kwitansi dengan mudah? Anda berada di tempat yang tepat! Dalam artikel ini, kami akan membahas cara mendapatkan download kwitansi kosong PDF serta memberikan contoh kwitansi kosong yang dapat Anda gunakan sebagai referensi.

Kwitansi adalah dokumen penting dalam dunia bisnis yang digunakan untuk mencatat transaksi pembayaran. Dengan memiliki kwitansi yang benar, Anda dapat melacak dan memperoleh bukti pembayaran yang sah.

Format Kwitansi Kosong yang Benar

Sebelum kita membahas mengenai cara mendapatkan download kwitansi kosong PDF, penting untuk mengetahui format kwitansi yang benar. Berikut adalah beberapa format yang umum digunakan dalam pembuatan kwitansi:

1. Nama dan Alamat Penjual

Bagian ini mencakup informasi mengenai penjual, seperti nama usaha, alamat, nomor telepon, dan alamat email.

2. Nama dan Alamat Pembeli

Bagian ini mencantumkan informasi mengenai pembeli, seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email.

3. Nomor Kwitansi

Setiap kwitansi harus memiliki nomor unik yang dapat digunakan untuk referensi di masa depan. Nomor ini juga berguna untuk melacak pembayaran yang telah dilakukan.

4. Tanggal Pembayaran

Tanggal ketika pembayaran dilakukan harus dicatat dengan jelas pada kwitansi.

5. Deskripsi Barang atau Jasa

Bagian ini digunakan untuk menjelaskan barang atau jasa yang dibeli oleh pembeli. Jelaskan dengan detail mengenai barang atau jasa yang tercantum pada kwitansi.

6. Harga Barang atau Jasa

Cantumkan harga setiap barang atau jasa yang dibeli oleh pembeli.

7. Total Pembayaran

Jumlah total pembayaran harus tercantum dengan jelas pada kwitansi.

8. Metode Pembayaran

Jika pembayaran dilakukan dengan menggunakan metode tertentu, seperti transfer bank atau kartu kredit, cantumkan informasi mengenai metode pembayaran yang digunakan.

9. Tanda Tangan

Kwitansi harus ditandatangani oleh penjual dan pembeli sebagai bukti bahwa transaksi telah selesai.

Dengan mengikuti format kwitansi yang benar, Anda dapat membuat kwitansi yang profesional dan mudah dipahami oleh semua pihak yang terlibat dalam transaksi.

Download Kwitansi Kosong Berbagai Format

Jika Anda membutuhkan contoh kwitansi kosong dalam format PDF, Anda dapat menemukannya dengan mudah di internet. Berikut adalah beberapa sumber yang menyediakan download kwitansi kosong dalam berbagai format:

Contoh Kwitansi Pembayaran Credit Bee.id

Contoh Kwitansi Pembayaran

1. Download Kwitansi Kosong PDF

Apabila Anda membutuhkan format kwitansi yang dapat dicetak dengan mudah dan tampilan yang konsisten, Anda bisa mengunduh template kwitansi kosong dalam format PDF melalui link ini

Download template kwitansi kosong format PDF

Template PDF ini memungkinkan Anda untuk mengisi data secara manual atau menggunakan fitur pengisian otomatis.

2. Download Kwitansi Kosong Excel

Jika Anda lebih nyaman menggunakan Excel sebagai alat untuk mencatat transaksi, Anda dapat mengunduh template contoh kwitansi kosong dalam format Excel (xls) melalui link ini

Download template kwitansi kosong format excel

Template Excel ini akan memudahkan Anda dalam menghitung total pembayaran dan melakukan perhitungan lainnya secara otomatis.

Dengan adanya berbagai format contoh kwitansi kosong yang dapat Anda unduh, Anda dapat dengan mudah membuat kwitansi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Baca Juga: Fungsi Kwitansi Pembayaran, Contoh dan Cara Membuatnya

Cara Membuat Kwitansi

Jika Anda tertarik membuat kwitansi dari awal, tidak menggunakan template, Anda bisa ikuti panduan ini. Berikut ini adalah panduan langkah-demi-langkah tentang cara membuat kwitansi menggunakan Microsoft Word dan Excel:

1. Cara Membuat Kwitansi di Microsoft Word

Buka Microsoft Word dan buat dokumen baru.

  1. Buat header dokumen yang mencantumkan informasi perusahaan atau identitas Anda, seperti nama perusahaan, alamat, nomor telepon, dan alamat email.
  2. Buat tabel dengan kolom dan baris yang diperlukan untuk mencantumkan komponen-komponen kwitansi, seperti nomor kuitansi, tanggal, nama penerima dan pemberi uang, produk, nominal pembayaran, tujuan pembayaran, dan tanda tangan.
  3. Sesuaikan ukuran kolom dan baris tabel sesuai kebutuhan Anda.
  4. Berikan judul pada setiap kolom untuk memudahkan identifikasi informasi.
  5. Isi nomor kuitansi secara berurutan.
  6. Cantumkan tanggal pembuatan kwitansi.
  7. Tuliskan nama lengkap atau nama perusahaan dari penerima uang serta pemberi uang.
  8. Jika transaksi pembayaran terkait dengan pembelian produk, tuliskan informasi tentang produk yang dibeli, termasuk deskripsi, jumlah, dan harga.
  9. Catatkan informasi mengenai jumlah uang yang dibayarkan dengan jelas.
  10. Tuliskan tujuan pembayaran dengan jelas, misalnya pembelian barang atau pembayaran jasa.
  11. Sediakan kolom untuk tanda tangan penerima uang dan pemberi uang.
  12. Periksa kembali semua informasi yang tercantum untuk memastikan keakuratan dan kelengkapan data.
  13. Simpan kwitansi sebagai template untuk penggunaan berulang di masa mendatang.
  14. Cetak kwitansi atau simpan sebagai file elektronik sesuai kebutuhan Anda.

2. Cara Membuat Kwitansi di Microsoft Excel

Buka Microsoft Excel dan buat spreadsheet baru.

  1. Buat kolom dan baris yang sesuai untuk mencantumkan komponen-komponen kwitansi.
  2. Berikan nama pada setiap kolom untuk memudahkan identifikasi informasi.
  3. Gunakan formula dan format khusus dalam Excel untuk mengatur otomatis nomor kuitansi, menghitung total pembayaran, atau memperindah tampilan kwitansi.
  4. Cantumkan informasi seperti nomor kuitansi, tanggal, nama penerima dan pemberi uang, produk, nominal pembayaran, tujuan pembayaran, dan tanda tangan dalam sel yang sesuai.
  5. Sesuaikan ukuran kolom dan baris sesuai kebutuhan.
  6. Isi nomor kuitansi secara berurutan.
  7. Cantumkan tanggal pembuatan kwitansi.
  8. Tuliskan nama lengkap atau nama perusahaan dari penerima uang serta pemberi uang.
  9. Jika transaksi pembayaran terkait dengan pembelian produk, tuliskan informasi tentang produk yang dibeli, termasuk deskripsi, jumlah, dan harga.
  10. Catatkan informasi mengenai jumlah uang yang dibayarkan dengan jelas.
  11. Tuliskan tujuan pembayaran dengan jelas, misalnya pembelian barang atau pembayaran jasa.
  12. Sediakan kolom untuk tanda tangan penerima uang dan pemberi uang.
  13. Periksa kembali semua informasi yang tercantum untuk memastikan keakuratan dan kelengkapan data.
  14. Cetak kwitansi atau simpan sebagai file elektronik sesuai kebutuhan Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membuat kwitansi pembayaran menggunakan Microsoft Word atau Microsoft Excel.

Beecloud Untuk Memudahkan Membuat Kwitansi Pembayaran

Selain menggunakan Microsoft Word atau Excel, Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi pembukuan seperti Beecloud untuk membuat kwitansi pembayaran dengan lebih efisien dan terorganisir. Beecloud adalah salah satu aplikasi pembukuan yang dirancang khusus untuk usaha kecil dan menengah.

Apa Saja Jenis Kwitansi?

Selain kwitansi kosong, terdapat beberapa jenis kwitansi yang biasa digunakan dalam dunia bisnis. Berikut adalah beberapa jenis kwitansi yang sering digunakan:

1. Kwitansi Pembayaran

Jenis kwitansi ini digunakan untuk mencatat pembayaran yang dilakukan oleh pembeli kepada penjual. Biasanya mencakup informasi mengenai barang atau jasa yang dibeli, tanggal pembayaran, dan jumlah yang dibayarkan.

2. Kwitansi Penerimaan

Jenis kwitansi ini digunakan ketika penjual menerima pembayaran dari pembeli. Kwitansi penerimaan juga mencakup informasi mengenai barang atau jasa yang diterima oleh pembeli.

3. Kwitansi Pengeluaran

Jenis kwitansi ini digunakan untuk mencatat pengeluaran yang dilakukan oleh penjual. Biasanya digunakan untuk mencatat pengeluaran bisnis, seperti pembelian bahan baku atau pembayaran sewa.

4. Kwitansi Pengembalian

Jenis kwitansi ini digunakan ketika pembeli mengembalikan barang yang telah dibeli dan menerima pengembalian uang. Kwitansi pengembalian mencatat informasi mengenai barang yang dikembalikan, tanggal pengembalian, dan jumlah uang yang dikembalikan.

5. Kwitansi Donasi

Jenis kwitansi ini digunakan untuk mencatat donasi yang diberikan kepada organisasi nirlaba atau amal. Kwitansi donasi mencakup informasi mengenai jumlah donasi, nama donatur, dan tujuan donasi.

Dengan mengetahui berbagai jenis kwitansi yang ada, Anda dapat menggunakan kwitansi yang sesuai dengan jenis transaksi yang Anda lakukan.

Kesimpulan

Sekarang, Anda telah mengetahui cara mendapatkan download kwitansi kosong PDF serta format-format kwitansi yang benar. Dengan menggunakan kwitansi yang profesional, Anda dapat memberikan bukti pembayaran yang sah kepada para pelanggan Anda.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Apa Itu ROI dan Cara Mudah Menghitungnya
Dunia investasi memang tidak bisa dipandang sebelah mata, karena pada kenyataannya ada potensi keuntungan yang besar dan resiko kerugian. Kedua
Baca Juga
Apa Itu Aplikasi POS Web, Kelebihan Serta Kekurangannya?
Kemajuan teknologi memberikan dampak positif bagi para pelaku usaha, Umumnya, usaha ini menggunakan teknologi berupa aplikasi POS versi web. Tujuannya
Baca Juga
Anuitas Adalah Solusi Keuangan untuk Pensiun dan Investasi
Anda mungkin pernah mendengar istilah "anuitas adalah," terutama saat merencanakan masa pensiun atau mencari cara untuk mengelola keuangan dengan bijaksana.
Baca Juga
Memo Adalah Salah Satu Bukti Transaksi, Apa Saja Macamnya?
Dalam kaitannya dengan bisnis, memo adalah salah satu bukti transaksi yang menyatakan adanya transaksi yang terjadi secara resmi dan sah.
Baca Juga
Manajemen Keuangan Syariah: Pengertian, Prinsip, dan Perbedaan
Sistem manajemen keuangan syariah saat ini banyak dilirik oleh masyarakat sehingga pertumbuhannya cukup pesat. Hal ini tentu membuat semakin banyak
Baca Juga
Komponen Dasar Laporan Keuangan Perusahaan
Laporan keuangan adalah sumber informasi yang paling penting untuk membantu Anda sebagai pemilik bisnis membuat keputusan dalam menjalankan bisnis. Artinya,
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu