⌛️ Besok Terakhir, Diskon 15% untuk Distributor!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Feedback Artinya: Jenis, Fungsi, beserta Cara Mendapatkannya

Feedback artinya dalam bahasa Indonesia yaitu umpan balik. Penjelasan secara mendalam ada di artikel ini. simak selengkapnya!
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 7 June 2023

Suatu istilah yang dipakai masyarakat untuk menilai aktivitas seseorang ialah umpan balik atau feedback artinya dalam bahasa Indonesia ialah umpan balik. Istilah ini dapat Anda temukan di situs sampai percakapan dengan teman kantor.

Di dalam bisnis, umpan balik memiliki peran yang sangat penting. Umpan balik bisa mencari tahu penilaian serta skala kepuasan konsumen terhadap produk atau layanan merek perusahan Anda.

Feedback Artinya?

Umpan balik menjadi salah satu unsur yang penting di dalam proses komunikasi, khususnya di masyarakat. Selain itu, umpan balik juga memiliki banyak arti menurut pendapat dari para ahli.

Feedback Adalah

Pentingnya feedback adalah memberikan efek positif jika penerima bisa mengambil sisi positif darinya (Credit: Freepik/rawpixel)

Ada 4 pengertian umpan balik menurut para ahli. Mulai dari menurut Bonaraja Purba, dkk, Suke Silverius, Suharsimi, serta Rusli Lutan.

1. Bonaraja Purba, dkk (2020)

Umpan balik di dalam proses komunikasi merupakan sebuah bentuk dari respons atau tanggapan. Selain itu, juga bisa artikan sebagai jawaban yang diberikan penerima atas pesan yang dikirim oleh komunikator.

Menurut Bonaraja Purba, dkk (2020), feedback artinya sebuah informasi yang diterima sebagai sebuah bentuk tanggapan terhadap pesan yang sudah dikirimkan sebelumnya. Hal ini bisa bermacam-macam.

Ada yang berbentuk verbal atau kata-kata. Lalu, ada juga yang berbentuk nonverbal atau gerak-gerik tubuh. Tidak hanya itu, umpan balik ini juga dapat berbentuk positif serta negatif.

2. Suke Silverius (1991)

Pendapat dari Suke Silverius berasal dari buku yang berjudul Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik. Buku ini berisi 195 halaman dengan menggunakan bahasa Indonesia. Penerbitnya yaitu Grasindo, Jakarta tahun 1991.

Menurut suke Siverius (1991), feedback artinya sebuah pemberian informasi. Hal ini bisa didapatkan dari tes atau alat ukur lain agar bisa memperbaiki atau meningkatkan capaian hasil belajar mengajar.

Oleh karena itu, pengertian umpan balik memiliki keterkaitan kuat dalam proses pembelajaran. Baik itu guru menggunakan alat tes untuk mengukur capaian belajar siswa, atau juga pembisnis yang melakukan survey untuk mengukur skala kepuasan pelanggan.

3. Suharsimi, Arikunto (2013)

Pendapat Suharsimi serta Arikunto ada dalam buku yang berjudul Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Menurut Suharsimi dan Arikunto (2013), umpan balik merupakan informasi yang memiliki keterkaitan erat dengan output serta tranformasi kegiatan.

4. Rusli Lutan (1988)

Tidak hanya Bonaraja Purba, dkk, Suke Silverius, Suharsimi, serta Arikunto, Rusli Lutan juga memiliki pendapat yang berbeda tentang umpan balik. Menurut Rusli Lutan (1988), umpan balik ialah sebuah respon yang muncul terhadap tes untuk mendapat wawasan.

Jenis-Jenis Feedback (Umpan Balik)

Umpan balik memiliki beragam jenis. Mulai dari umpan balik yang positif, netral, eksternal, zero, langsung, dan tidak langsung.

1. Positif, Negatif, serta Netral

Umpan balik positif berarti respon penerima yang menampilkan persetujuan atau mau mengikuti anjuran dari orang yang memberikan umpan balik tentang suatu topik. Sebaliknya, umpan balik negatif menunjukkan respon tidak setuju atau tidak mendukung.

Jenis Feedback

feedback artinya memiliki 3 jenis berdasarkan yang dialami secara jujur (Credit: Freepik)

Sedangkan, umpan balik berjenis netral ialah sebuah respon yang posisinya di tengah serta penyebabnya tidak dapat diterjemahkan sebagai umpan balik yang bersifat negatif atau positif. Tindakan yang ditunjukkan ialah diam atau tidak memberikan jawaban.

2. Internal serta Eksternal

Umpan balik internal merupakan sebuah respon yang bersumber dari diri Anda sendiri. Sedangkan jenis eksternal berarti sebuah tanggapan yang didaapt dari pihak komunikan.

3. Verbal serta Non Verbal

Umpan balik verbal merupakan sebuah respon yang diberikan oleh komunikan dalam bentuk sebuah ucapan. Diantaranya, komentar, tanggapan, interupsi, serta pertanyaan saat komunikator menyampaikan sebuah pesan dengan topik tertentu.

Sedangkan jenis non verbal berarti sebuah respon yang berbentuk isyarat, ekspresi wajah, kode, tulisan, serta sandi. Hal ini sangat berkebalikan dengan jenis verbal.

4. Zero Feedback

Tidak hanya umpan balik yang ada di atas, ada juga jenis umpan balik seperti zero. Zero jika diartikan ke bahasa Indonesia berarti nol, tidak ada. Tipe umpan balik ini berisi pesan yang tidak bisa dimengerti oleh komunikan.

Arti lain feedback adalah umpan balik yang terjadi tanpa mempunyai tujuan yang jelas. Tidak diketahui penyebab serta tidak informasi yang jelas. Contoh dari jenis ini seperti komunikator yang sedang membicarakan sesuatu yang sifatnya tidak lucu.

Namun, tanggapan yang muncul ialah tertawa hingga menangis. Akibatnya, komunikator tersebut tidak tahu apa tujuan serta arti dari umpan balik yang diterima.

5. Langsung dan Tidak Langsung

Jenis umpan balik langsung merupakan respon yang diberikan oleh komunikan secara langsung atau realtime. Sedangkan umpan balik tidak langsung ialah tanggapan yang diberikan oleh komunikan secara tidak langsung ketika proses komunikasi sedang terjadi.

Fungsi Feedback Bagi Bisnis

Fungsi dari umpan balik dalam bisnis ada beragam. Anda bisa memperbaiki kekurangan dari produk, meningkatkan kelebihan produk tersebut, hingga membangun komunikasi yang erat dengan konsumen.

1. Memperbaiki Kekurangan dari Produk

Umpan balik yang Anda berikan ke konsumen bertujuan untuk menemukan serta memperbaiki kekurangan yang ada di produk. Contohnya, konsumen yang tidak puas dengan produk Anda karena tidak praktis, Anda bisa langsung memperbaiki kualitas produk.

2. Meningkatkan Kelebihan Produk Anda

Umpan balik yang diberikan bisa sebagai sebuah bentuk penilaian kepuasan konsumen terhadap produk bisnis Anda.

Feedback Meningkatkan Kualitas Produk

Feedback sangat berguna pada sisi trust produk Anda (Credit: Freepik/zinkevych)

Umpan balik yang berisi kritikan bisa menjadi masukan Anda beserta tim untuk meningkatkan kualitas hingga bisa meningkatkan kelebihan produk.

3. Membangun Komunikasi Erat dengan Konsumen

Fungsi selanjutnya dari umpan balik ialah membangun komunikasi yang erat dengan konsumen dan calon konsumen. Jika Anda sering meminta umpan balik artinya, pelanggan akan merasa bahwa Anda penduli dengan kepuasan dan respon mereka.

Cara Mendapat Feedback dari Pelanggan Anda

Ada beberapa cara untuk mendapatkan umpan balik dari customer. Mulai dari tidak ragu bertanya, memberi angket, menawarkan reward, serta memberi sampel.

1. Tidak Ragu Bertanya

Jangan ragu untuk menanyakan kepada pelanggan tentang apakah pelayanan yang diberikan atau produk yang ditawarkan sudah seperti yang diinginkan atau belum. Ini dikarenakan isi pikiran Anda belum tentu sama dengan isi pikiran pelanggan Anda tersebut.

2. Memberi Angket

Anda bisa membuat angket dan minta pelanggan yang telah membeli produk atau layanan untuk mengisinya selengkap mungkin. Dari angket tersebut, Anda bisa beserta tim bisa membuat kesimpulan apa saja yang digemari atau diinginkan oleh para pelanggan.

3. Menawarkan Reward

Terkadang, pelanggan merasa malas untuk mengisi angket yang Anda berika karena kesibukan jam kerja. Oleh karena itu, Anda bisa menawarkan sebuah reward sebagai sebuah solusi alternatif agar mereka lebih semangat dalam mengisi angket tersebut.

4. Memberi Sampel

Salah satu strategi jitu agar Anda serta perusahaan bisa mendapatkan umpan balik ialah memberikan beberapa sampel. Nantinya, Anda memberikan sampel produk beserta beberapa form pertanyaan yang dimaksudkan untuk mengkaji saran serta kritik pelanggan.

Kesimpulan

Umpan balik artinya bisa berarti umpan balik di dalam bahasa Indonesia. Tindakan ini merupakan sebuah bentuk dari jawaban, tanggapan, atau respon yang diberikan pelanggan setelah komunikator memberikan pesan terkait topik tertentu di suatu situasi.

Tidak hanya menjelaskan tentang apa itu feedback, di artikel ini juga menjelaskan tentang jenis, fungsi, beserta cara mendapatkan umpan balik tersebut. Setelah menerima umpan balik artinya, Anda bisa meningkatkan kualitas produk dengan memperhatikan laporan keuangan.

Gunakan Beecloud Untuk Meningkatkan Pendapatan Dilengkapi Laporan Keuangan Realtime

Perhatian laporan keuangan penting agar terorganisir dengan baik. Anda bisa menggunakan Beecloud. Hanya sekali klik akan muncul informasi keuangan yang Anda butuhkan. Laporan laba rugi, neraca, arus kas, semua sudah tersaji secara otomatis dan data yang diberikan juga sangat akurat.

Coba gratis Beecloud, klik gambar di atas

Artikel Terkait

Apa itu Supplier, Jenis, dan Cara Mencari Supplier Terbaik
Seringkali supplier disamakan dengan distributor padahal keduanya dua hal yang berbeda. Apa itu supplier? Supplier adalah orang atau perusahaan yang
Baca Juga
9 Rekomendasi Franchise Murah Cocok Untuk Memulai Usaha
Membeli franchise murah termasuk pilihan paling tepat bagi Anda yang ingin terjun ke dalam dunia bisnis. Pasalnya modal yang dibutuhkan
Baca Juga
Cara Meningkatkan Omset Penjualan 79% dengan Matematika SD
Saya ingin cerita bagaimana cara meningkatkan omset penjualan dengan matematika sd saat meng-handle usaha distributor.  Usaha ini awalnya hanya memiliki
Baca Juga
Tingkatkan Bisnis Anda dengan Aplikasi UMKM Ini!
Kabar gembira untuk pemiliki usaha kecil, karena untuk saat ini Anda akan lebih mudah menjalankan bisnis dengan bantuan aplikasi umkm.
Baca Juga
Mengenal Konsep Win-Win Solution dan Penerapannya
Dunia bisnis terbilang cukup kompetitif oleh sebab itu perlu mencari solusi yang menguntungkan semua pihak adalah kunci keberhasilan jangka panjang.
Baca Juga
9 Cara Jualan Online Untuk Pemula (Lengkap)
Cara Jualan online di era serba digital ini menjadi trend dan sangat diminati berbagai kalangan pengusaha baik pemula ataupun yang
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu