Logo Bee Web

Software Bengkel Motor Untuk Mulai Usaha Bengkel Motor

Software bengkel motor, merupakan sebuah sistem yang banyak digunakan untuk memudahkan operasional usaha bengkel motor.
Penulis: Farhan Anggara
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Saturday, 25 June 2022

Software bengkel motor, merupakan sebuah sistem yang banyak digunakan untuk memudahkan operasional usaha bengkel motor.

Bisnis perbaikan sepeda motor dapat menjadi langkah yang tepat bagi Anda yang ingin memulai bisnis di bidang otomotif. Setiap tahun, populasi motorik di Jakarta terus mengalami pertumbuhan sekitar 12 persen.

Berdasarkan data dari Central Statistics Agency (BPS), jumlah sepeda motor di Jakarta mencapai 8.194.590 unit. Jumlah besar ini dapat menjadi peluang bagi Anda yang berniat membuka bisnis perbaikan sepeda motor.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai usaha bengkel motor, Anda bisa simak penjelasan berikut ini

Tips Memulai Usaha Bengkel Motor

Software Bengkel Motor Untuk Usaha Motor

Ilustrasi Usaha Bengkel Motor (Sumber: Pexels.com)

Untuk memulai bisnis bengkel motor, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Siapkan Modal Bisnis

Salah satu faktor penting dalam memulai bisnis adalah persiapan modal pertama, terutama jika Anda ingin meluncurkan toko fisik konvensional.

Terutama memulai bisnis bengkel sotor mungkin memerlukan modal yang agak besar karena Anda harus menyiapkan alat mekanik, suku cadang, tempat, dan mekanik yang andal.

Belum lagi biaya untuk operasi seperti listrik, air, dan kebutuhan karyawan. Buat perkiraan modal dengan spesifik, juga persiapkan biaya dadakan.

Berikut ini adalah perhitungan kasar modal bisnis bengkel motor di wilayah Jakarta yang lebih besar:

  • Sewa dan renovasi shophouse: ± 30 juta rupiah per tahun.
  • Peralatan perbaikan umum: ± 3,5 juta rupiah. Itu termasuk set peralatan bengkel seperti kunci, obeng, tang, palu, ragum, dll.
  • Peralatan bengkel khusus: ± 2,6 juta rupiah. Itu termasuk jenis penggilingan, bor tangan, dan kompresor udara.
  • Suku cadang dan pelumas: ± 6,5 juta rupiah.
  • Anggaran operasional: ± 7,5 juta rupiah per bulan.

Siapkan modal sekitar 50 juta dan biaya yang tidak terduga. Modal bisa lebih kecil jika Anda hanya membuka bengkel servis umum.

2. Pikirkan Konsep Bengkel Motor

Fasilitas bengkel motor apa yang akan Anda tawarkan?

  1. Bengkel umum yang melayani layanan ringan hingga berat untuk semua jenis sepeda motor.
  2. Bengkel Spesialis untuk Jenis Layanan Merek tertentu.
  3. Toko perbaikan sepeda motor khusus khusus untuk modifikasi motor.

Persiapkan konsep dan cara kerjanya sehingga Anda dapat mempertimbangkan modal, segmentasi pasar, target pelanggan, dan sistem lainnya.

3. Rekrut Mekanik Profesional

Mekanik Profesional Software Bengkel Motor

Ilustrasi Meknaik Profesional (Sumber: Pexels.com)

Anda memerlukan ahli untuk meluncurkan bisnis bengkel motor. Ahli mekanik adalah amunisi untuk keberhasilan bengkel yang Anda kelola.

Memiliki mekanik yang andal dan jujur ​​akan menjadi keuntungan dari bengkel motor Anda, juga untuk meningkatkan kepercayaan konsumen.

Jika ternyata Anda juga pandai otomotif, itu bahkan lebih baik sehingga Anda juga dapat membantu memberikan layanan kepada konsumen.

Jika Anda tidak bisa, sangat disarankan untuk belajar tentang dunia otomotif sehingga Anda akan semakin memahami pasar atau jika ada masalah dalam bengkel untuk kemudian menemukan solusi terbaik.

4. Cari Lokasi Strategis

Sewa tempat di lokasi strategis, umumnya di tepi jalan raya. Lokasi bisnis strategis dapat membuka peluang dan memaksimalkan keuntungan.

Konsumen akan menyadari keberadaan bengkel motor Anda jika mudah diakses terutama untuk pelanggan yang motornya tiba -tiba menyerang di jalan dan membutuhkan layanan bengkel motor terdekat.

Untuk pebisnis pemula dapat dibatasi oleh harga sewa yang lebih tinggi, tetapi harus disiapkan sejak awal.

5. Cari Vendor Suku Cadang

Dapatkan vendor suku cadang tepercaya untuk memudahkan Anda mendapatkan pasokan suku cadang asli dengan harga yang lebih murah.

Konsumen akan lebih nyaman membeli atau mengganti suku cadang di bengkel motor Anda karena produk berkualitas baik dan tidak ada permainan harga.

6. Menjalankan Strategi Promosi

tujuan strategi promosi

Ilustrasi Strategi Promosi

Salah satu tips keberhasilan untuk melakukan bisnis adalah memberikan promosi yang menguntungkan. Misalnya, berikan diskon untuk pelanggan jika sering melayani di bengkel motor Anda, layanan satu kali gratis setelah tujuh layanan, atau mungkin kupon lotere helm yang mahal.

Pemikiran kreatif untuk melakukan strategi promosi dan pemasaran untuk menarik perhatian konsumen dan membuat konsumen berlangganan bengkel motor Anda.

7. Pastikan Selalu Jujur

Ada banyak kisah bengkel motor dan mekanik yang tidak jujur. Mereka menipu konsumen dengan bertukar suku cadang dengan yang palsu, membongkar mesin tanpa izin, atau menaikkan harga sesuka hati.

Jangan menjadi bengkel motor curang seperti itu karena manfaat yang tidak Anda dapatkan, tetapi kerugian di masa depan akan lebih dan lebih berbahaya.

Anda dapat membuat sistem seperti menggunakan tanda terima asli dari setiap transaksi sehingga konsumen memahami apa yang dia bayar sesuai. Menanamkan sikap dan tanggung jawab yang jujur ​​kepada semua mekanik dan karyawan.

8. Tawarkan Harga Paket

Cobalah untuk membuat strategi pemasaran dengan sistem harga paket. Konsumen akan mendapatkan harga yang lebih rendah dan bengkel motor Anda juga akan tetap menguntungkan.

Misalnya, paket layanan lengkap bisa menjadi bonus. Paket ganti oli gratis. Paket ban ganti ban luar gratis ban dalem dan sebagainya.

9. Berikan Pelayanan Terbaik

Pastikan konsumen mendapatkan layanan terbaik dan harga yang sesuai. Misalnya, berikan edukasi kepada konsumen tentang kerusakan pada sepeda motor dengan jelas, suku cadang akan diganti dengan merek apa, dan memberikan layanan yang ramah.

Anda juga dapat memberi konsumen minuman atau kopi gratis saat dia menunggu sepeda motor untuk selesai diperbaiki. Gerakan seperti itu akan membuat konsumen nyaman dan puas dengan layanan.

10. Promosi Melalui Media Sosial

tips mempromosikan bisnis percetakan

Ilustrasi Mempromosikan Bisnis Lewat Social Media

Penanganan dan layanan dalam bengkel motor memang secara langsung, tetapi Anda dapat mengoptimalkan pemasaran melalui strategi branding di media sosial.

Anda bisa mencoba buat konten yang menarik tentang otomotif, kiat mengemudi, pendidikan tentang pemeliharaan sepeda motor, dan tentu saja mempersiapkan strategi promosi melalui media sosial.

Anda dapat menjangkau penggemar otomotif di area di sekitar bengkel Anda. Ide bagus juga untuk mengembangkan bisnis, misalnya, menjual suku cadang asli dengan harga murah dan helm online.

11. Menyusun Pembukuan yang Baik dan Benar dengan Software Bengkel Motor

Hal terakhir yang tak boleh dihiraukan dan dianggap remeh adalah mengenai pembukan. Pasalnya pembukuan adalah hal yang penting karena berhubungan dengan keuangan usaha.

Jika pembukuan dihiraukan, bisa saja manajemen usaha bengkel motor tidak akan bertahan lama karena Anda tidak bisa melacak keluar masuknya yang dalam bisnis Anda.

Perkembangan teknologi bisa Anda manfaatkan yaitu dengan memulai menggunakan software bengkel motor. Ini akan jauh lebih memudahkan Anda dalam mengelola pembukuan keuangan usaha.

Software bengkel motor seperti Beeaccounting menawarkan sebuah fitur pembukuan keuangan yang otomatis dan penyajiannya yang cepat dan lengkap. Kapanpun Anda butuhkan, maka laporan keuangan akan selalu siap menyajikan data yang dibutuhkan.

Selain itu, Beeaccounting juga memiliki fitur antrian yang dimana Anda tidak perlu kerepotan jika ada banyak kendaraan yang perlu diperbaiki dalam jam tertentu.

Karena melalui software, Anda dapat lebih mudah melihat langsung dan mengelola semua antrian itu. Sehingga tidak akan ada lagi pelanggan yang mengantri. Coba gratis sekarang!

Beeaccounting Bengkel Cc Web

Kesimpulan

Banyak orang memilih untuk menggunakan motor sebagai kendaraan sehari-hari. Inilah yang menjadi peluang usaha bengkel motor dapat berjalan dan bertahan lama. Karena akan selalu ada orang yang ingin memperbaiki motornya.

Tugas PPIC dan Skill yang Diperlukan di Bidang PPIC
PPIC adalah singkatan dari Production Planning and Inventory Control merupakan aktivitas yang dirancang untuk meningkatkan ketepatan dalam pelaksanaan proses produksi
Baca Juga
Aplikasi Kasir Toko Sepatu: Bagaimana Proses Checkout Berevolusi
Kemungkinan Anda telah melewati checkout otomatis pada aplikasi kasir toko sepatu. Anda memindai setiap barang, mengantonginya, dan membayar tanpa bantuan
Baca Juga
Accounting Software: Mengenal Pengertian dan Kegunaannya
Di zaman yang semakin modern ini, penggunaan accounting software merupakan hal yang lumrah dan justru harus digunakan. Selain penggunaannya yang
Baca Juga
Program Kasir Superindo, Bikin Sukses Bisnis Supermarket
Kasir Superindo setiap hari memang selalu menangani ratusan transaksi. Siapa yang tidah tahu Superindo? Salah satu supermarket yang memiliki jumlah
Baca Juga
Apa itu Bill Hotel? Contoh Bill Hotel Manual dan Simpel
Contoh bill hotel manual diperlukan untuk setiap hotel untuk proses pembayaran. Apa itu bill hotel? Saat Anda ingin check-in, hotel
Baca Juga
Software Akuntansi Surabaya untuk Usaha Kecil Menengah (UKM)
Meski sudah tersedia banyak pilihan software akuntansi Surabaya, Anda tidak boleh memilihnya secara sembarang. Ada sejumlah faktor yang harus Anda
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu