Logo Bee Web

Memahami Pengertian LKBB, Jenis, dan Fungsinya

Ada banyak sekali LKBB yang bergerak dalam bidang perbankan di Indonesia. Ketahui fungsi dan peranannya melalui penjelasan berikut ini.
Penulis: Al Faris
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Saturday, 29 April 2023

Institusi selain bank yang beroperasi dengan menjalan kegiatan financial disebut juga dengan LKBB. Peranan Lembaga Keuangan Bukan Bank cukup penting dalam hal menjaga stabilitas pengelolaan finansial sebuah negara. Pergerakan ekonomi bisa dioptimalkan melalui pola konsumsi masyarakat.

Dengan begitu perkembangan perekonomian Indonesia bisa berjalan baik sehingga mampu mendorong dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat secara efektif. Tidak hanya itu, lembaga ini juga dapat berperan dalam membantu pengusaha lokal untuk mengembangkan produk dan menjangkau pasar luas.

Apa itu LKBB?

LKBB adalah semua badan yang menjalankan kegiatan keuangan. Termasuk didalamnya yang melakukan kegiatan finansial secara langsung maupun tidak langsung.

Beberapa kegiatan yang umumnya dilakukan adalah menghimpun dana, memberikan investasi, menerbitkan surat berharga, menyalurkan dana, dan lainnya. Adanya aktivitas finansial yang dilakukan, dapat meningkatkan perekonomian negara.

Selain itu, Lembaga Keuangan Bukan Bank juga berperan penting dalam membantu usaha sehingga dapat meningkatkan jumlah produksi barang dan jasa. Hal ini tentu dapat memberikan manfaat yang besar, karena ketika produksi berjalan lancar maka usaha yang dikelola bisa terus berkembang.

Apa Itu Lkbb

LKBB memiliki wewenang dalam proses penghimpunan dana dan penyaluran (Credit: Freepik)

Peranannya dapat membantu para pengusaha lokal untuk naik kelas dengan mengembangkan produk sehingga mampu menjangkau pasar yang lebih luas. Dengan begitu cakupan distribusi usaha semakin luas sehingga mampu mendorong potensi terbukanya lapangan pekerjaan yang banyak.

Lembaga Keuangan Bukan Bank memiliki wewenang dalam proses penghimpunan dana hingga menyalurkannya kembali ke masyarakat melalui berbagai produk finansial.

Jenis Lembaga Keuangan Bukan Bank di Indonesia

Ada beberapa contoh lembaga keuangan bukan bank yang bisa ditemui di Indonesia. Fungsi dari setiap lembaga berbeda. Ketahui penjelasannya seperti di bawah ini.

1. Leasing

Perusahaan leasing menawarkan layanan sewa guna melalui program pembayaran kredit atau tunai untuk pembelian barang tertentu.

Untuk layanan produk kredit, nasabah nantinya bisa membayar biaya secara mencicil setiap bulan dalam kurun waktu yang telah disepakati. Besarnya jumlah iuran akan disesuaikan dengan lamanya angsuran yang dipilih.

2. Pegadaian

Lembaga ini menawarkan layanan pinjaman dana dengan memberikan jaminan berupa aset berharga yang dimiliki oleh nasabah. Besarnya jumlah pinjaman yang bisa didapatkan akan ditentukan berdasarkan nilai dari agunan atau aset yang menjadi jaminan.

3. Asuransi

Program layanan yang disediakan lembaga ini berupa penanggulangan resiko terhadap nasabah melalui premi. Nantinya nasabah bisa mendapatkan perlindungan berupa program yang dipilih, misalnya tanggungan kesehatan, pendidikan, dan lainnya.

4. Perusahaan Dana Pensiun

Jenis lembaga satu ini mengelola dana pensiun dari nasabah dengan sistem iuran. Layanan yang tersedia adalah pengelolaan dana pensiun untuk tenaga kerja baik yang bersifat profit maupun non profit.

Pembayaran iuran untuk dana pensiun akan dibayarkan setiap bulan selama nasabah dalam masa aktif bekerja.

Apabila nasabah sudah mencapai usia pensiun, lembaga dana pensiun akan memberikan sejumlah uang yang sesuai dengan tabungan nasabah. Ini merupakan program layanan jangka panjang yang bisa bermanfaat untuk menjamin masa pensiun.

5. Perusahaan Modal Ventura

Seperti namanya, lembaga ini bergerak dalam aktivitas pembiayaan modal. Dengan adanya tambahan modal, pihak penerima bisa mengembangkan bisnis ke arah yang positif guna menjangkau pasar yang lebih luas.

Umumnya, kegiatan lainnya yang dilakukan antara lain seperti obligasi, penyertaan saham, dan pembiayaan bagi hasil akan sebuah bisnis.

6. Pasar Modal

Produk yang ditawarkan oleh lembaga ini adalah layanan instrumen investasi bagi pemodal yang berniat untuk menanamkan modal jangka panjang. Beberapa produk investasi yang tersedia antara lain surat utang, saham, reksadana, obligasi, dan sejenisnya.

Fungsi LKBB (Lembaga Keuangan Bukan Bank)

Selain memahami tentang apa itu LKBB, Anda juga harus mengetahui apa saja fungsinya. Lembaga Keuangan Bukan Bank memiliki peranan yang sangat penting dalam pelaksanaan siklus perbankan dalam negara.

Fungsi LKBB

Ilustrasi penghimpunan keuangan oleh LKBB

Hal tersebut terjadi karena kegiatan yang dilakukan umumnya berkaitan dengan finansial. Apabila kegiatan tersebut bisa dikembangkan secara baik, maka dapat memberikan manfaat untuk berbagai bidang. Berikut diantaranya.

1. Pengajuan Pinjaman

Fungsi LKBB yaitu memberikan layanan produk pinjaman yang dilengkapi dengan jaminan. Dengan begitu nasabah bisa menjaminkan barang berharga yang dimiliki untuk dapat dinilai kemudian mendapatkan pinjaman dalam jumlah tertentu.

Namun sebelum memanfaat layanan tersebut, pastikan untuk memeriksa besar bunga yang akan dibebankan, denda, serta syarat dan ketentuannya. Hal ini perlu dipertimbangkan dengan baik agar bisa mengoptimalkan layanan untuk dapat memenuhi kebutuhan.

Baca dengan seksama perjanjian pinjaman apabila sudah disetujui. Pastikan memahami waktu bayar kembali dengan tepat agar tidak perlu membayar denda untuk keterlambatan.

Pahami juga syarat dan dokumen yang dibutuhkan untuk pengajuan pinjaman agar prosesnya dapat berjalan secara lancar.

2. Menyediakan Modal

Fungsi lain dari Lembaga Keuangan Bukan Bank adalah menyediakan modal bagi perusahaan untuk dapat mengembangkan bisnis. Seperti bank, lembaga ini juga menyediakan produk berupa pinjaman yang bisa dimanfaatkan sebagai modal.

Fasilitas produk penyediaan modal ini bisa digunakan oleh UMKM maupun perusahaan swasta yang lainnya.

Lembaga yang menyediakan produk pinjaman modal memiliki kebijakan, syarat, serta ketentuan yang berbeda. Hal tersebut tentu harus dipahami dengan baik sebelum memanfaatkan layanan produk yang diinginkan.

3. Pengadaan Kredit

Ada juga LKBB yang menawarkan jasa kredit dalam kegiatan membeli barang tertentu. Diantaranya seperti kredit kendaraan bermotor, laptop, smartphone, dan lain sebagainya.

Untuk dapat membeli barang, perjanjian kontrak harus dilakukan oleh lembaga dan nasabah terlebih dahulu. Saat pengajuan, detail informasi terkait kontrak akan tertulis.

Seperti berapa nominal harga barang, jumlah angsuran yang harus dibayarkan setiap bulan, jangka waktu cicilan, dan lainnya. Nasabah perlu memeriksa informasi tersebut secara mendetail saat proses pengajuan agar dapat melakukan pembayaran kembali dengan baik.

Nantinya akan ada petugas yang melakukan survey. Berbagai faktor bisa menjadi hal yang dapat mempengaruhi disetujuinya atau tidak pengajuan yang lakukan. Diantaranya seperti reputasi nasabah, jumlah tanggungan, dan lainnya.

4. Pelaksana Kegiatan Keuangan

LKBB juga berperan dalam pelaksanaan kegiatan keuangan. Sebelum melakukan kegiatan tersebut, harus ada persetujuan resmi yang dikeluarkan oleh Menteri Keuangan Indonesia.

Aktivitas finansial yang dilakukan diharapkan dapat memicu peningkatan pembangunan dalam bidang industri serta perekonomian di negara Indonesia.

Hal ini juga dapat secara mudah memberikan akses bagi masyarakat untuk bisa menikmati layanan yang berkaitan dengan pengelolaan uang.

5. Tempat Menyimpan Uang

Lembaga Keuangan Bukan Bank juga memiliki layanan yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan uang. Masyarakat dapat menghimpun dana melalui produk layanan secara aman. untuk masyarakat yang tidak ingin membuka rekening bank, bisa memanfaatkan produk yang ditawarkan LKBB untuk menyimpan uang yang dimiliki.

Kegiatan memisahkan uang untuk kebutuhan tertentu juga bisa dilakukan secara efektif melalui produk finansial yang tepat.

Adanya layanan dari lembaga tersebut memberikan opsi bagi masyarakat untuk dapat memiliki alternatif lain guna memenuhi kebutuhan menabung dan mengatur keuangan.

LKBB adalah bagian dari pilar penting dari perekonomian negara sehingga fungsinya harus diketahui dengan baik. Setiap jenis badan memiliki peranan yang berbeda. Agar bisa memanfaatkannya secara optimal, sistem kerjanya perlu dipahami dengan tepat.

Jadi, Dalam menghimpun  laporan keuangan tidak mudah dilakukan dan membutuhkan staff khusus yang mengetahui tentang ilmu akuntansi. Anda bisa merekrut staf akuntansi atau Anda bisa menyusun laporan keuangan sendiri menggunakan software akuntansi.

Bikin laporan keuangan lebih cepat dan mudah dengan software akuntansi Beecloud. Hanya sekali klik akan muncul informasi keuangan yang Anda butuhkan. Laporan laba rugi, neraca, arus kas, semua sudah tersaji secara otomatis dan data yang diberikan juga sangat akurat.

Beecloud Evaluasi Keuangan Lebih Mudah Efisien Dan Memudahkan Pengambilan Keputusan Bisnis

Analisa bisnis lebih mudah dengan fitur unggulan yang tidak dimiliki software akuntansi online lain analisa keuangan. Fitur ini memberikan segala keadaan keuangan bisnis Anda dalam bentuk angka yang akurat, sehingga memudahkan Anda dalam mengambil keputusan.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Prinsip Ekonomi Adalah: Jenis, Ciri dan Manfaatnya, Lengkap
Prinsip ekonomi adalah sebuah hal yang menjadi lumrah dan umum diterapkan pada kegiatan ekonomi. Baik dalam bisnis maupun kehidupan sehari-hari,
Baca Juga
UKM (Usaha Kecil Menengah): Pengertian, Jenis & Tips Suksesnya
Perkembangan ekonomi dalam suatu negara merupakan hal yang penting, karena memiliki peranan dalam meningkatkan kesejahteraan warganya. Salah satu jenis usaha
Baca Juga
Laporan Perubahan Modal: Pengertian, Tujuan dan Cara Membuat
Banyak Pebisnis pernah dengar tentang laporan perubahan modal saat mengatur pembukuan bisnis. Walaupun hal ini penting dalam bisnis, hanya beberapa
Baca Juga
Apa itu Supervisor, Tugas, Fungsi, dan Tanggung Jawabnya
Mungkin banyak yang sudah familiar dengan istilah apa itu supervisor? Secara umum tugasnya adalah menjembatani antara manajer atau pemilik perusahaan
Baca Juga
Brand Awareness adalah Kesadaran, Begini Penjelasannya
Brand Awareness adalah sebuah kesadaran merek seorang konsumen tentang sebuah merek yang mereka beli, biasanya mereka sudah tidak ragu lagi
Baca Juga
Fluktuasi Adalah Naik Turunnya Harga, Pahami Penyebabnya
Fluktuasi adalah ketidakpastian harga. Jika Anda mengamati akhir-akhir ini ada banyak perubahan harga bahan pokok yang terjadi di pasaran, maka
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu