🎉 Grand Launching SOM! Dapatkan Diskon 10%
Logo Bee Web

Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya

Matriks SWOT adalah alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, berikut contoh dan strategi penerapannya
Penulis: Lutfatul Malihah
Daftar Isi
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 18 October 2023

Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan bisa menentukan tindakan yang tepat untuk mengembangkan bisnisnya di masa yang akan datang.

Singkatan dari SWOT sendiri adalah Strengths (Kekuatan), Weaknesses (Kelemahan), Opportunities (Peluang), dan Threats (Ancaman),  ini memberikan pandangan komprehensif tentang faktor-faktor internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi kesuksesan suatu perusahaan atau proyek.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih dalam konsep matriks SWOT,  bagaimana cara menggunakannya untuk mengidentifikasi dan contoh dan manfaatnya dalam bisnis yang dinamis.

Matriks SWOT Adalah ...

Swot Analisis

SWOT: Strength, Weakness, Opportunities, Threats (Credit: Freepik.com)

Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf di atas matriks SWOT terdiri dari 4 komponen yang berfokus berfokus pada kekuatan (strengths), mengatasi kelemahan (weaknesses), memanfaatkan peluang (opportunities), dan menghadapi ancaman (threats) yang dihadapi perusahaan.

Pendekatan ini digunakan menjadi salah satu strategi yang berfungsi untuk meevaluasi perusahaan dalam praktek bisnisnya, baik terhadap faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi bisnis, serta mempertimbangkan potensi yang ada baik saat ini maupun di masa depan.

Dengan pendekatan ini, perusahaan dapat memperbaiki dan meningkatkan kinerja bisnisnya serta memanfaatkan peluang yang ada. Berikut gambaran 4 komponen SWOT dalam memaksimalkan proses analisis bisnis:

  • Strengths (Kekuatan), mencakup aset dan kemampuan internal yang menjadi keunggulan suatu organisasi. Fokus analisisnya adalah mengidentifikasi apa yang membuat organisasi kuat, seperti sumber daya unik, keahlian kunci, dan keunggulan kompetitif.
  • Weaknesses (Kelemahan), mencakup kelemahan internal yang dapat menjadi hambatan dalam mencapai tujuan. Fokus analisisnya adalah mengenali area di mana organisasi kurang efektif atau memiliki kekurangan, seperti kurangnya sumber daya, masalah dalam proses, atau kekurangan kompetensi.
  • Opportunities (Peluang), mencakup faktor-faktor eksternal yang dapat dimanfaatkan oleh organisasi untuk mencapai tujuan atau pertumbuhan. Fokus analisisnya adalah mengidentifikasi tren positif, perubahan di pasar, atau peluang lain yang dapat dimanfaatkan.
  • Threats (Ancaman), mencakup faktor-faktor eksternal yang dapat menghambat atau mengancam keberhasilan organisasi. Fokus analisisnya adalah mengenali risiko, kompetisi yang ketat, perubahan regulasi, atau tantangan lain yang dapat mengganggu operasi atau pertumbuhan organisasi.

Baca Juga: Memahami Analisis SWOT dalam Bisnis dan Contohnya Lengkap

Strategi Matriks Analisis SWOT

Tabel Analisis Matriks Swot

Matriks SWOT memiliki empat strategi utama yang dapat diterapkan, berikut diantaranya:

1. Strategi SO (Strength-Opportunity)

Pertama ada strategi SO, dimana perusahaan memanfaatkan kekuatan internal yang dimilikinya untuk mengambil peluang yang ada di lingkungan eksternal. Ini sering disebut sebagai strategi Maxi-Maxi karena memaksimalkan kekuatan dan peluang yang telah dikenali.

2. Strategi ST (Strength-Threat)

Matriks ini menggunakan kekuatan perusahaan sebagai tameng untuk melindungi diri dari ancaman eksternal yang mungkin datang. Ini disebut sebagai strategi Maxi-Mini karena mengandalkan kekuatan untuk meminimalkan dampak ancaman.

3. Strategi WO (Weakness-Opportunity)

Berikutnya, pada strategi ini dilakukan dengan mengambil peluang eksternal untuk mengatasi atau mengurangi kelemahan internal perusahaan. Ini sering disebut sebagai strategi Mini-Maxi karena berfokus pada meminimalkan kelemahan melalui pemanfaatan peluang.

4. Strategi WT (Weakness-Threat)

Keempat adalah Weakness-Threat, yang mana matriks ini digunakan untuk mengatasi kelemahan internal sekaligus menghindari ancaman eksternal. Ini merupakan strategi Mini-Mini karena mencoba untuk meminimalkan dampak buruk dari kelemahan dan ancaman. Ini adalah pilihan ketika perusahaan berada dalam situasi yang lemah dan menghadapi ancaman.

Matriks SWOT memberikan pandangan strategis yang kuat kepada perusahaan, membantu mereka mengidentifikasi jalur strategis yang paling sesuai dengan situasi mereka dalam lingkungan bisnis yang berubah-ubah.

Contoh Matriks SWOT Analisis Usaha

Untuk lebih memudahkan proses pemahaman dan penggunaan matriks SWOT, berikut gambaran dan contoh kasusnya pada beberapa usaha:

# Contoh Matriks Analisis SWOT Usaha Makanan

Pada contoh matriks SWOT makanan kali ini dicontohkan pada usaha toko roti, dengan gambaran situasi dan analisisnya pada tabel di bawah ini:

Contoh Matriks Swot Makanan

# Contoh Matriks SWOT Perusahaan Elektronik

Sedangkan pada contoh kedua untuk perusahaan elektronik, berikut tabel analisis matriks SWOT dan penjelasannya:

Contoh Matriks Swot PerusahaanDengan menganalisis Matriks SWOT ini, baik toko roti maupun perusahaan elektronik dapat merumuskan strategi yang lebih baik untuk memanfaatkan kekuatan mereka, mengatasi kelemahan, memanfaatkan peluang, dan menghadapi ancaman dalam bisnis roti yang kompetitif.

Baca Juga: 7 Contoh Analisa SWOT di Berbagai Bisnis

Manfaat Menggunakan Analisis SWOT

Berikut adalah lima manfaat utama menggunakan Matriks SWOT dalam bisnis:

1. Membantu dalam Analisa Bisnis Secara Mendalam

Matriks SWOT memungkinkan Anda untuk merenung secara menyeluruh tentang kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang mempengaruhi bisnis Anda. Ini membantu Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang posisi Anda dalam pasar dan lingkungan bisnis.

2. Identifikasi Prioritas

Berikutnya dengan menganalisis Matriks SWOT, Anda dapat mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang perlu diprioritaskan. Anda dapat mengetahui kekuatan apa yang harus ditingkatkan lebih lanjut, kelemahan yang harus diperbaiki, peluang mana yang harus dikejar, dan ancaman apa yang harus diatasi terlebih dahulu.

3. Pengambilan Keputusan yang Terinformasi

Ketiga dapat memberikan dasar yang kuat untuk pengambilan keputusan. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi bisnis Anda, Anda dapat membuat keputusan yang lebih terinformasi tentang strategi, alokasi sumber daya, dan arah bisnis.

4. Perencanaan Strategis yang Efektif

Selanjutnya membantu dalam merumuskan rencana strategis yang efektif. Anda dapat memanfaatkan kekuatan Anda untuk mengambil peluang, meminimalisir kelemahan Anda, mengatasi ancaman, dan menjalankan strategi yang sesuai dengan situasi bisnis Anda.

5. Pengukuran Kemajuan

Setelah Anda merumuskan strategi berdasarkan analisis SWOT, Anda dapat menggunakan alat ini sebagai referensi untuk mengukur kemajuan bisnis Anda. Anda dapat memantau bagaimana kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman berubah seiring waktu, dan mengadaptasi strategi Anda sesuai dengan perubahan tersebut.

Secara keseluruhan, Matriks SWOT membantu organisasi untuk menjadi lebih responsif terhadap perubahan lingkungan bisnis, lebih efektif dalam mengambil keputusan, dan lebih terarah dalam merumuskan strategi yang akan membantu mereka mencapai tujuan mereka.

Yuk, lebih optimalkan bisnis 100 juta kali lagi dengan menggunakan software akuntansi online Beecloud, untuk analisa bisnis berdasarkan laporan keuangan. Selain SWOT bisnis, analisa keuangan dalam bisnis juga diperlukan. Yuk langganan sekarang dan dapatkan gratis trial terbatas, pada banner di bawah ini:

Fitur Analisa Bisnis Komplit Dari Beecloud

Artikel Terkait

21 Macam Frozen Food Paling Laris dan Tips Suksesnya
Makanan frozen food adalah makanan yang telah diolah atau dimasak, kemudian dibekukan untuk menjaga kebersihan, mempermudah pengolahan dan memperpanjang masa
Baca Juga
9 Tips Cara Mengatur Keuangan dalam Bisnis Mudah
Bisnis apa pun yang sedang dijalani pastinya tidak terlepas dari manajemen keuangan. Hal tersebut karena keuangan menjadi bagian yang penting
Baca Juga
Cara Membuat Anggaran Penjualan Agar Bisnis Tidak Rugi
Setiap pebisnis perlu memiliki anggaran penjualan untuk menentukan kemana mereka akan bergerak dalam aktivitas bisnis yang mereka jalankan. Tanpa adanya
Baca Juga
Strategi Produk Adalah: Jenis, Komponen, dan Cara membuatnya
Jika Anda sekarang sedang atau berniat merintis usaha, salah satu hal yang tak boleh Anda lupakan adalah membuat strategi produk.
Baca Juga
Contoh Surat Perjanjian Hutang Piutang dan Formatnya
Hai, sahabat Pebisnis! Pernah tidak merasa bingung atau khawatir saat mengutang atau meminjam uang kepada teman atau bisnis partner? Nah,
Baca Juga
Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan dalam Strategi Marketing
Sebagai pemilik bisnis, Anda tahu bahwa strategi marketing yang sukses adalah kunci kesuksesan Anda. Tetapi apa saja yang boleh dan
Baca Juga

Artikel Populer

Contoh Pasar Oligopoli Potret Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Ragam contoh pasar oligopoli yang Anda ketahui bisa menambah wawasan dalam memahami jenis market ini. pasar jenis ini merupakan salah
Baca Juga
Apa Itu Brand Positioning? Begini Penjelasan Lengkapnya
Salah satu strategi pemasaran yang efektif adalah melakukan brand positioning. Kegiatan ini berkaitan dengan upaya menempatkan brand, agar memiliki tempat
Baca Juga
Pengertian, Format dan Contoh Jurnal Penerimaan Kas
Dalam akuntansi, jurnal penerimaan kas adalah jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi keuangan yang masuk secara tunai. Contoh jurnal penerimaan
Baca Juga
25 Ide Jualan Makanan yang laku Setiap Hari Minim Modal
Bisnis jualan makanan bisa menjadi pilihan menjanjikan untuk dijalankan. Terlebih, dengan permintaan masyarakat yang selalu meningkat terhadap makanan. Namun, untuk
Baca Juga
Fakta Michelin Star dan Resto Indonesia yang Pernah Meraihnya
Michelin Star, atau Bintang Michelin, adalah salah satu penghargaan kuliner paling bergengsi di dunia, yang diberikan oleh Michelin Guide kepada
Baca Juga
10 Tahapan Rebranding Produk dan yang Perlu Dipertimbangkan
Rebranding adalah istilah yang diambil dari Bahasa Inggris, re berarti kembali dan ‘Branding´ bisa diartikan sebagai merek atau sebuah identitas
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu