Logo Bee Web

Jenis dan Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur

Berikut contoh laporan keuangan perusahaan manufaktur lengkap sesuai dengan jenisnya, mulai dari laporan harga pokok produksi sampai laba rugi
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Wednesday, 8 March 2023

Laporan keuangan adalah sebuah informasi yang menyampaikan informasi tentang kondisi keuangan sebuah perusahaan termasuk laporan keuangan perusahaan manufaktur.

Umumnya laporan keuangan ini dibedakan menjadi beberapa jenis sesuai dengan kelompok dan kriteria informasi yang disampaikan, ada laporan neraca, laba rugi, arus kas dan beberapa lainnya.

Adapun informasi yang disampaikan di dalamnya juga berbeda tergantung dengan jenis usaha yang dimiliki, seperti usaha dagang, usaha dibidang jasa. Dan dalam artikel ini akan membahas lebih rinci mengenai laporan keuangan pada bisnis manufaktur.

Baca Juga: Perusahaan Manufaktur Adalah: Ciri, Produk dan Contohnya

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur Berdasarkan Jenisnya

 

Laporan keuangan perusahaan manufaktur

Laporan Keuangan Perusahaan Berdasarkan Jenisnya

Berikut ini contoh laporan keuangan perusahaan manufaktur berdasarkan jenisnya:

1. Laporan Laba Rugi Perusahaan Manufaktur

Pertama adalah laporan laba rugi, untuk jenis laporan ini sudah umum dan diperlukan semua bidang usaha untuk memantau dan mencatat hasil yang diterima oleh perusahaan selama satu periode, termasuk perusahaan manufaktur.

Yang mana pada laporan keuangan ini dicantumkan biaya yang dikeluarkan juga pendapatan yang diperoleh selama satu periode. Jika, dari laporan ini menunjukkan jika pendapatan lebih tinggi dibandingkan pengeluaran maka perusahaan memperoleh laba/ untung dan sebaliknya.

Untuk penyusunan laporan laba rugi ini terdapat dua jenis bentuk, yakni single step (langsung) dan multiple step (bertahap). Berikut Contohnya:

a. Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Manufaktur Single Step

tabel laba rugi

Tabel Laporan Laba Rugi Single Step (Sumber: bee.id)

b. Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Manufaktur Multiple Step

tabel laba rugi

Contoh Laporan Laba Rugi Multiple Step (Sumber: bee.id)

Baca Juga: Jenis dan Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Manufaktur Sederhana

2. Laporan Harga Pokok Produksi Perusahaan Manufaktur

Berikutnya adalah laporan keuangan terkait harga pokok produksi, laporan ini khusus ada di perusahaan manufaktur, yang mana perusahaan manufaktur sendiri dalam aktivitas usahanya mengubah barang mentah menjadi barang jadi yang siap digunakan.

Artinya, perusahaan manufaktur memproduksi sendiri produk mereka baru kemudian disebarkan untuk dijual ke supplier atau konsumen langsung. Oleh sebab itu, laporan harga pokok produksi ini diperlukan oleh perusahaan manufaktur.

Laporan harga pokok produksi ini menyampaikan informasi mengenai jumlah nilai persediaan yang digunakan selama proses produksi, jumlah nilai biaya dan i informasi terkait biaya overhead yang dikeluarkan.

Lalu kemudian dihitung dengan rumusan dan metode khusus sehingga muncul berapa harga produksi produk jadi tersebut yang nantinya akan mempengaruhi nilai jual produk itu sendiri.

Ada beberapa jenis biaya produksi yang mempengaruhi harga pokok produksi, berikut diantaranya:

a. Jenis Jenis Biaya Produksi

  • Biaya Bahan Baku, mengacu pada direct material atau biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk membeli dan mengelola bahan baku menjadi barang jadi,
  • Biaya Tenaga Kerja, mengacu pada biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk membayar upah tenaga kerja, seperti gaji pokok, tunjangan, asuransi dan beberapa hal lainnya.
  • Biaya Overhead, mengacu pada biaya tambahan yang digunakan untuk mendukung proses produksi agar bisa berjalan dengan lancar, seperti perawatan alat, sewa gedung, depresiasi dan sejenisnya.

b. Contoh Laporan Harga Pokok Produksi Perusahaan Manufaktur

Laporan Harga Pokok Produksi

Ilustrasi Laporan Harga Pokok Produksi (Sumber: Roboguru.ruangguru.com)

3. Laporan Neraca

Selanjutnya adalah laporan neraca dimana pada laporan neraca ini disampaikan informasi mengenai posisi keuangan sebuah perusahaan dalam kurun waktu tertentu.

Pada laporan neraca ada dua bagian penting yang harus ada yakni aktiva dan pasiva. Aktiva adalah kekayaan yang dimiliki perusahaan sedangkan pasiva adalah sumber kekayaan dari aset yang dimiliki.

Setiap perusahaan dari berbagai bidang usaha memiliki laporan neraca untuk memantau bagaimana kondisi keuangan bisnis mereka, dan secara garis besar memuat isi yang sama. Berikut contoh laporan neraca perusahaan manufaktur:

Contoh laporan neraca saldo

Contoh Laporan Neraca Perusahaan Manufaktur (Sumber: Bee.id)

4. Laporan Arus Kas

Berikutnya adalah laporan arus kas, sama seperti perusahaan di bidang lainnya, laporan arus kas ini menyajikan informasi keuangan perusahaan khususnya pendapatan, pembayaran kas dari aktivitas utama perusahaan meliputi operasional, investasi dan pendanaan pada satu periode akuntansi.

Berikut contoh laporan arus kas perusahaan manufaktur:

Laporan Arus Kas

Contoh Laporan Arus Kas Perusahaan Manufaktur (Sumber: Bee.id)

5. Laporan Perubahan Modal

Terakhir ada laporan perubahan modal. Pada laporan ini menyampaikan informasi mengenai perubahan ekuitsa setelh perusahaan melakukan sebuah kegiatan dalam kurun waktu tertentu.

Dalam perhitungannya modal dikatakan bertambah jika laba bersih menunjukkan indikasi lebih besar daripada pengambilan prive dan sebaliknya. Berikut contoh laporan perubahan modal perusahaan manufaktur.

Laporan Perubahan Modal

Ilustrasi Laporan Perubahan Modal Perusahaan Manufaktur (Sumber: Roboguru.ruangguru.com)

Manfaat dan Fungsi Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur

Laporan keuangan perusahaan manufaktur ini berfungsi penting pada bisnis, sebab dari laporan keuangan ini Anda akan tahu bagaimana kondisi keuangan perusahaan dan apa yang harus dilakukan di masa yang akan datang.

Berikut penjelasan lebih lengkapnya tentang manfaat dari laporan keuangan bagi perusahaan.

1. Indikasi Performa Perusahaan Manufaktur

Fungsi pertama laporan perusahaan manufaktur adalah sebagai indikator performa perusahaan. Sebab, dari laporan keuangan ini dicantumkan secara rinci keuangan yang mencerminkan bagaimana kondisi keuangan perusahaan yang sebenarnya.

Terutama bagi perusahaan publik yang membutuhkan transparansi kondisi keuangan mereka, sebab secara aktif menjual belikan sebagian aset perusahaannya dalam bentuk saham kepada masyarakat umum.

2. Pembanding dan Evaluasi

Fungsi selanjutnya dari laporan keuangan perusahaan adalah sebagai pembanding dan evaluasi untuk kegiatan operasional perusahaan dimasa depan.

Sebab dari laporan keuangan ini perusahaan bisa menentukan strategi jangka panjang dan jangka pendek yang akan dilakukan perusahaan.

Mulai dari menentukan prioritas, peningkatan biaya sampai pengurangan biaya agar bisa mendapatkan keuntungan yang meningkat setiap periodenya.

3. Monitor Kesehatan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika dalam laporan keuangan menampilkan data keseluruhan bagaimana keuangan perusahaan secara riil yang mencerminkan kondisi 'kesehatan' keuangan bisnis itu sendiri.

Oleh sebab itu, laporan keuangan ini berfungsi sebagai media pemantau kesehatan keuangan lalu kemudian dijadikan sebagai pertimbangan untuk melakukan perbaikan bisnis secara lebih lanjut.

Penutup

Sekian informasi terkait laporan keuangan perusahaan perusahaan manufaktur lengkap dengan contoh berdasarkan jenisnya. Laporan keuangan perusahaan memiliki sifat wajib dimiliki oleh setiap usaha untuk memantau bisnis.

Anda pastinya tidak mau bisnis dijalankan asal-asalan keuangan tidak jelas, bukannya untung malah rugi karena tidak ada catatan yang jelas mengenai alur pengeluaran dan pendapatan perusahaan.

Meskipun dalam penyusunanya perlu ketelitian dan ilmu akuntansi yang mumpuni agar hasilnya akurat dan bisa dijadikan pertimbangan. Karena itu juga beberapa perusahaan stagnan dan tidak bisa berkembang karena masalah internal keuangan mereka yang tidak kunjung selesai.

Software Akuntansi Manufaktur Untuk Produksi Pabrik Beeaccounting

Kini, Anda bisa menyampaikan salam perpisahan dengan kesemrawutan situasi masalah keuangan setelah menggunakan software akuntansi Beeaccounting, software yang akan membantu Anda mengelola keuangan bisnis mudah dan akurat.

Laporan lengkap laba rugi, biaya produksi sampai akuntansi bisa dipantau dengan mudah tidak perlu menghafalkan rumus dan menghitungnya satu persatu lagi. Dapatkan akses seumur hidup dengan sekali daftar secepatnya dan klik informasi selengkapnya di bawah ini:

 

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Cara Membuat Neraca Saldo Setelah Penutupan (Lengkap)
Dalam siklus akuntansi di bagian akhir setelah pembuatan jurnal penutup ada satu step awal sekaligus akhir yakni pembuatan neraca saldo
Baca Juga
Software Keuangan Perusahaan Terbaik untuk Cepat Analisa Bisnis
Software keuangan perusahaan sangat dibutuhkan untuk memudahkan pelaksanaan usaha. Kemajuan teknologi dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk melancarkan operasional perusahaan. Software
Baca Juga
9 Tahapan Siklus Akuntansi Pengertian dan Contohnya
Siklus Akuntansi - Akuntansi memiliki tujuan sebagai penyedia informasi untuk manajemen sebuah perusahaan. Berdasarkan data akuntansi yang dikumpulkan dan diproses
Baca Juga
Finance Adalah: Pengertian, Fungsi Bagi Bisnis
Finance adalah kata dari Bahasa Inggris yang memiliki arti keuangan, jika diartikan secara istilah finance adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari
Baca Juga
Software Akuntansi Perusahaan Kontraktor dan Developer Property
Sebagaimana jenis usaha lain, bidang kontraktor juga memiliki software akuntansi untuk perusahaan kontraktor yang secara khusus menangani pekerjaan tersebut. Perusahaan
Baca Juga
Pengertian Break Even Point (BEP), Fungsi dan Rumusnya
Break Even Point (BEP) salah satu komponen yang ada pada laporan keuangan sebuah perusahaan untuk mengetahui apakah perusahaan sudah menutup
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu