Disc. 11% khusus Ritel & Distributor
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Invoice Online: Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya

Dipublish Tgl: Saturday, 25 June 2022

Mengirim faktur atau invoice tepat waktu adalah salah satu cara terbaik untuk memastikan bahwa pelanggan segera membayar produk dan layanan yang mereka beli. Salah satu opsi populer untuk bisnis adalah otomatisasi, yang memungkinkan Anda mengirim invoice online.

Mempelajari lebih banyak tentang metode pembukuan ini dapat meningkatkan profesionalisme Anda dengan pelanggan dan meningkatkan profitabilitas Anda.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan kepada Anda apa itu invoice online, termasuk manfaat dan elemen, membahas metode cara membuat invoice online.

Apa itu Invoice Online?

Apa Itu Invoice Online

Ilustrasi Invoice Online (Sumber: Freepik.com)

Faktur atau invoice Online adalah proses penagihan pelanggan online tanpa mencetak dan mengirimkan salinan ke pelanggan.

Invoice online dapat dengan cepat mencapai pelanggan melalui email atau portal online dan menghindari keterlambatan dan gangguan yang terlibat dalam proses penagihan kertas.

Perusahaan yang menggunakan invoice online sebagai metode pengumpulan mereka sering memiliki opsi pembayaran online untuk pelanggan mereka.

Anda dapat membuat invoice online menggunakan berbagai jenis perangkat lunak atau alat invoice.

Situs web pembayaran online memungkinkan Anda untuk mengirim invoice ke klien menggunakan templat penyesuaian yang mudah.

Ini juga membantu Anda dalam melacak pembayaran, menghitung pajak, dan menggunakan fitur pelaporan secara realtime untuk mengukur kemajuan bisnis.

Baca Juga: 4 Aplikasi untuk Membuat Invoice dengan Mudah

Manfaat Invoice Online

Dalam penggunaannya, invoice online umumnya dipergunakan oleh suatu bisnis yang sudah menggunakan metode digitalisasi. Sehingga untuk terhubung dengan pemasok dan client sudah menggunakan metode online.

Selain itu, manfaat dari invoice online dapat Anda simak berikut ini.

1. Pembayaran Lebih Cepat

gambar per payment pembayaran

Ilustrasi Pembayaran dengan Berbagai Dompet Digital

Dengan faktur online, Anda akan mendapatkan kecepatan pembayaran pelanggan melalui invoice online, yang membantu mendapatkan arus kas yang sehat.

Invoice online juga memudahkan klien Anda untuk mengirim pembayaran tanpa merasa tidak nyaman, terutama jika Anda memiliki opsi pembayaran online.

2. Otomatisasi

Invoice online secara otomatis membantu Anda mengirim banyak salinan secara bersamaan atau mengirim invoice berulang untuk memulihkan klien.

Dengan pengaturan yang dimodifikasi, Anda dapat membuat sistem untuk mengirim invoice reguler tepat waktu, kapan saja.

3. Kenyamanan

Invoice online memungkinkan Anda untuk menyesuaikan template sesuai kebutuhan sehingga setiap invoice membutuhkan input baru yang sedikit.

Anda juga dapat mengedit invoice pada tahap apa pun untuk menambah kejelasan atau kepuasan pelanggan per perjanjian.

4. Penghematan Waktu

Invoice online dinilai efisien dan dapat membantu mengurangi biaya tenaga kerja. Tidak seperti invoice tradisional, yang harus dilakukan dengan komputer kantor dan ruang surat, Anda dapat mengirim invoice online dari kejauhan menggunakan ponsel, tablet, atau komputer apa pun yang terhubung.

5. Bukti Digital

nota invoice penjualan

Nota Invoice Penjualan Digital (Sumber: Bee.id)

Invoice online memungkinkan Anda untuk melacak catatan piutang bisnis Anda dengan invoice digital alih -alih pengarsipan tradisional yang rentan terhadap kehilangan atau kerusakan.

Invoice digital juga dapat memberikan konfirmasi tanda terima dan pembayaran tagihan pelanggan.

6. Pengiriman Tanpa Kontak Langsung

Invoice online memungkinkan perusahaan untuk bekerja dengan klien tanpa bertemu mereka secara fisik untuk meminta pembayaran. Invoice online menunjukkan profesionalisme dan kepercayaan dari kedua belah pihak.

Cara Membuat Invoice Online

Anda dapat membuat faktur online menggunakan Microsoft Word, Microsoft Excel atau dengan menggunakan pembuat faktur gratis.

Pertimbangkan mengikuti langkah -langkah dalam metode ini untuk membantu Anda membuat faktur yang sesuai dengan kebutuhan Anda:

Microsoft Word

Contoh Invoice Penjualan Grafik Report

Contoh Invoice Penjualan Grafik Report Manual dengan Ms. Word

Microsoft Word memiliki beberapa templat profesional yang dapat Anda edit dan simpan dengan mudah digunakan nanti.

Sesudah menyesuaikan faktur atau invoice, Anda dapat mengirimkannya segera melalui email ke klien Anda. Anda bisa mengikuti step-step ini untuk membuat faktur melalui Microsoft Word:

  • Buka dokumen Word dan buka "File." Klik "Baru" dan pilih "Template invoice." Anda juga dapat mencari dari menu home.
  • Cari template invoice untuk memilih templat invoice yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Tambahkan informasi bisnis Anda, yaitu nama perusahaan, alamat email, nomor telepon, hingga logo bisnis.
  • Berikan informasi klien juga, biasanya di sisi yang berlawanan atau di bawah alamat Anda. Sertakan informasi klien Anda seperti nama, nomor telepon, dan nomor akun. Hapus bagian yang tidak Anda butuhkan.
  • Word secara otomatis menyertakan nomor invoice, tetapi Anda dapat menyesuaikannya agar sesuai dengan nomor invoice saat ini.
  • Sertakan deskripsi produk atau layanan dan harganya.
  • Hitung total dan tebalkan. Beri informasi mengenai metode pembayaran apa yang diterima dan timeline waktu apa yang diminta untuk pembayaran.
  • Setelah Anda sudah selesai dengan invoice yang Anda buat, unduh dan kirimkan ke klien Anda segera.

Microsoft Excel

contoh nota kontan

Contoh Invoice Penjualan Manual dengan Ms. Excel

Excel memiliki fitur untuk keperluan bisnis yang biasanya menyediakan beberapa templat faktur praktis yang dapat Anda simpan dan kirim ke klien.

Anda bisa mengikuti step berikut ini untuk membuat faktur online menggunakan Microsoft Excel:

  • Buka file kerja baru dari menu "File" dan cari "Faktur" di kotak dialog di sisi kiri halaman awal excel.
  • Pilih templat faktur yang sesuai dengan kebutuhan Anda, dari berbagai templat faktur produk dasar dan templat faktur layanan tertentu.
  • Berikan informasi bisnis Anda, seperti nama, logo, email, nomor telepon, hingga alamat bisnis.
  • Isi kolom pelanggan secara detail, seperti nama dan ID pelanggan, nomor telepon, dan informasi klien lainnya.
  • Tetapkan nomor faktur yang unik ke faktur saat ini.
  • Isi secara detail menyenai layanan dan produk yang terlibat dan harganya.
  • Hitung totalnya. Berikan informasi metode pembayaran yang diterima dan tanggal jatuh tempo.
  • Edit faktur Anda, simpan dan kirim.

Baca Juga: Aplikasi Nota Pembelian, Manfaat dan Langkah Pembuatannya

Apa yang Harus Disertakan dalam Invoice Online

Mengetahui elemen penting dari faktur online dapat mengklarifikasi faktur Anda dan membantu Anda menerima pembayaran tepat waktu.

Ini juga dapat membantu Anda mengelola informasi tentang faktur Anda. Inilah yang harus dimasukkan dalam faktur online:

  • Invoice
  • Nomor Faktur
  • Alamat dan Nama Perusahaan
  • Nama dan Alamat Pelanggan
  • Tanggal Pengiriman
  • Tanggal Faktur
  • Jumlah total untuk barang atau jasa
  • Syarat pembayaran
  • Metode pembayaran yang diterima

Kelebihan Invoice Online

image software akuntansi online bukti nota pembelian

Ilustrasi Invoice Online Beecloud Upload Bukti Nota Pembelian

Faktur online menciptakan sejumlah manfaat untuk usaha kecil, termasuk:

  1. Tanda terima pelanggan praktis. Pelanggan menerima faktur online segera dan dapat membayar dengan cepat, memotong waktu mengirim metode nondigital.
  2. Pembayaran lebih cepat. Menambahkan tautan ke faktur untuk membayarnya secara online tidak hanya nyaman bagi pelanggan, tetapi juga baik untuk arus kas bisnis Anda.
  3. Catatan Akuntansi Sederhana. Banyak opsi perangkat lunak akuntansi yang memiliki fitur faktur online terintegrasi dan mengkonsolidasikan perekaman ke dalam satu lokasi, salah satunya adalah Beecloud.
  4. Waktu yang dihemat. Anda akan menghabiskan lebih sedikit waktu pelacakan faktur mana yang dibayar, menyiapkan yang baru, dan mengirimkannya ke pelanggan.

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap dari faktur atau invoice online yang mungkin dapat Anda pertimbangkan untuk digunakan dalam bisnis yang Anda miliki.

Menggunakan invoice online memang memiliki banyak manfaat dan membuat Anda lebih hemat karena bisnis Anda bisa tanpa kertas, tetapi membantu Anda berkomunikasi terlebih dahulu kepada klien Anda tentang proses faktur dalam bisnis sehingga tidak ada kesalahpahaman di masa yang mendatang.

Dalam membuatĀ invoice untuk bisnis Anda, sangat penting untuk diperhatikan secara khusus agar dapat membantu pembiayaan operasional bisnis, dan utamanya agar tercapai kemajuan pada bisnis Anda.

Anda memerlukan software akuntansi yang memiliki fitur kirim invoice via email yaitu Beecloud. Beecloud dapat membantu dalam aktivitas keuangan dan kemudahan dari bisnis yang lebih besar. Jika Anda tertarik untuk mencoba menggunakan softwareĀ akuntansiĀ online dalam mencatat keuangan dan membuat invoice online, silakan klik di sini.

Selamat mencoba!

Customer Minta Invoice Online Dikirim Via Email Beecloud

Contoh Pembukuan Akuntansi dan Manfaat Menerapkannya Bagi Bisnis
Contoh pembukuan sudah bisa Anda temukan pada banyak platform yang menjelaskan mengenai akuntansi bisnis. Anda juga bisa menemukannya di sini. […]
Baca Juga
7 Tips Jualan Online Laris Pembeli di Tahun 2021
Bagi Anda yang akan memulai atau sudah memulai jualan online, kami akan memberikan tips jualan online untuk membantu memahami bagaimana […]
Baca Juga
Contoh Pembukuan Penjualan untuk Usaha Pemula
Bisnis yang dikelola akan berjalan lancar dan bertahan ketika keuangannya tertata. Oleh karenanya, contoh pembukuan penjualan wajib diterapkan bagi para […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright Ā© 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu