Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Jenis dan Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Manufaktur Sederhana

Dipublish Tgl: Friday, 4 November 2022

Dalam sebuah perusahaan, laporan laba rugi adalah hal yang penting untuk disusun, begitu juga untuk perusahaan manufaktur. Di berbagai contoh laporan laba rugi perusahaan manufaktur, informasi berapa profit dan juga kerugian perusahaan menjadi acuan untuk langkah perusahaan di masa depan.

Selain itu, dengan adanya laporan laba rugi, perusahaan manufaktur pun dapat melihat perkembangan perusahaannya dari tahun ke tahun. Laporan dengan jumlah keuntungan yang lebih besar tentu mengindikasikan jika perusahaan itu berkembang dengan baik.

Jenis Laporan Laba Rugi Perusahaan Manufaktur

Laporan Laba Rugi Manufaktur

Ilustrasi Manufaktur Baju (Sumber: Freepik.com)

Di dalam contoh laporan laba rugi perusahaan, ada beberapa jenis laporan yang dilampirkan oleh akuntan. Laporan tersebut ialah laporan laba kotor, laba operasi, dan laba bersih.

  • Laba Kotor

Laporan laba kotor perusahaan manufaktur merupakan selisih dari pendapatan perusahaan yang telah dikurangi biaya barang terjual. Dalam biaya tersebut juga termasuk semua biaya yang telah dikeluarkan perusahaan mulai dari bahan baku masuk pabrik hingga penjualan barang jadi.

  • Laba Operasi

Sedangkan laba operasi dalam perusahaan manufaktur adalah selisih dari laba kotor dikurangi biaya operasional perusahaan. Biaya operasional yang dimaksud seperti gaji karyawan, biaya penyusutan, dan biaya administrasi.

  • Laba Bersih

Sementara itu, laba bersih merupakan selisih antara pendapatan yang telah dikurangi dengan semua pengeluaran mulai dari biaya operasional sampai biaya produksi.

Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Manufaktur Sederhana

Dalam sebuah laporan laba rugi perusahaan manufaktur sederhana, biasanya laporan-laporan berikut disertakan dalam berbagai laporan keuangan. Apa saja laporan yang dimaksud?

  • Laporan Harga Pokok Produksi

Bc Harga Pokok Produksi 1x Klik

Ilustrasi Detail Produksi Software Akuntansi Beecloud (Sumber: Bee.id)

Laporan harga pokok produksi menjadi laporan pertama yang akan ada di dalam laporan keuangan sebuah perusahaan. Dalam laporan ini akan terlihat nilai ketersediaan yang digunakan dalam proses produksi.

Laporan tersebut juga mencantumkan jumlah nilai biaya yang telah digunakan dan nilai biaya overhead yang keluar untuk melakukan sebuah proses produksi. Karena hal ini, perusahaan pun dapat menentukan berapa nilai harga pokok untuk produknya.

Penghitungan nilai harga pokok nantinya sangat berpengaruh pada nilai jual produk tersebut. Penghitungan harga pokok produksi tentu akan membantu perusahaan agar tidak salah menentukan harga jual sehingga dapat menghindari kerugian.

Beberapa macam biaya produksi yang dihitung dalam laporan ini seperti biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik. Biaya overhead pabrik sendiri mencakup biaya bahan penolong, biaya kerja tidak langsung, dan biaya penyusutan pabrik.

Baca Juga: Cara Hitung Biaya Produksi untuk Perusahaan Manufaktur

  • Laporan Laba Rugi

software akuntansi laporan akuntansi laba rugi

Ilustrasi Laporan Laba Rugi dengan Software Akuntansi Beeaccounting (Sumber: Bee.id)

Di dalam contoh laporan laba rugi perusahaan manufaktur, akan tercantum nilai pendapatan dan beban yang menentukan nilai laba atau rugi. Terdapat empat komponen utama yang ada di dalam sebuah laporan laba rugi.

  • Pendapatan atau Revenues

Nilai pendapatan dihitung dari hasil penjualan produk yang telah dipasarkan. Pendapatan tidak dapat dikatakan sebagai keuntungan karena nilai ini belum dikurangi dengan berbagai pengeluaran terkait.

  • Beban atau Expenses

Yang dimaksud dengan beban ialah pengeluaran yang terjadi dalam melakukan semua proses produksi hingga penjualan.

  • Keuntungan atau Profit

Keuntungan adalah hasil selisih dari pendapatan yang telah dikurangi oleh beban atau biaya. Suatu nilai dapat dikatakan sebagai keuntungan apabila pendapatan hasil penjualan melebihi biaya yang telah dikeluarkan.

  • Kerugian atau Loss

Komponen terakhir dalam laporan laba rugi ialah kerugian. Ini merupakan kebalikan dari keuntungan yaitu nilai penjualan lebih kecil dibandingkan dengan semua biaya atau beban yang telah terjadi.

  • Laporan Neraca

Contoh laporan neraca saldo

Ilustrasi Laporan Neraca dengan Software Akuntansi Beeaccounting (Sumber: Bee.id)

Laporan neraca sebuah perusahaan manufaktur pun sama seperti perusahaan lainnya. Terdapat dua bagian penting yang wajib ada di dalam laporan neraca yaitu pasiva dan aktiva.

Aktiva adalah sumber utama pendapatan perusahaan seperti asset perusahaan dan aktiva lancar seperti bank, piutang, persediaan, kas, dan lainnya. Sedangkan pasiva sendiri merupakan kewajiban atau hutang dan juga modal perusahaan.

  • Laporan Perubahan Modal

Laporan Perubahan Modal

Ilustrasi Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal di perusahaan manufaktur tidak memiliki perbedaan dengan laporan perusahaan lain. Laporan ini berupa nilai modal awal dan perubahan modal yang terjadi.

Baca Juga: Wajib Tahu! Software Akuntansi Manufaktur Punya Banyak Kelebihan

Kesimpulan

Ternyata, dalam contoh laporan laba rugi perusahaan manufaktur tidak jauh berbeda dengan perusahaan lain. Satu hal yang membedakan ialah adanya laporan pokok produksi untuk menentukan harga jual barang. 

Membuat laporan keuangan bisa lebih cepat menggunakan software akuntansi manufaktur. Proses menyusun laporan keuangan adalah pekerjaan yang rumit karena membutuhkan ketelitian dan kejelian agar mendapatkan hasil yang akurat.

Namun, jika Anda  menggunakan software akuntansi, maka proses membuat laporan keuangan tidak menjadi rumit karena semua data transaksi sudah tercatat. Dengan demikian, pembukuan perusahaan manufaktur menjadi lebih mudah dan cepat.

 

 

Strategi Akuntansi Bisnis Minimarket Yang Efektif
Pembukuan akuntansi adalah prosedur bisnis penting yang harus dijalankan dengan tepat oleh pengusaha. Hal ini membantu Anda dalam mengatur ke […]
Baca Juga
Buku Besar Pembantu: Kenapa Buku Ini Penting?
Untuk mencatat laporan keuangan usaha, dibutuhkan sebuah dokumen yang disebut buku besar. Di dalam buku tersebut akan berisikan data catatan […]
Baca Juga
Software Akuntansi Sederhana dan Mudah Digunakan Tahun 2021
Akuntasi sangat penting sekali untuk sebuah perusahaan atau koperasi. Maka dari itu, seorang akuntan sangat krusial dalam sebuah perusahaan. Namun, […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu