Logo Bee Web

Definisi Sistem ERP, Jenis, dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

ERP adalah software yang dapat membantu integrasi antar departemen pada perusahaan sehingga alur bisnis dapat berjalan secara efektif.
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 27 February 2023

Istilah ERP mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang. Sistem ini mengacu pada pengaturan data bisnis yang digunakan oleh perusahaan kecil hingga besar. Secara efektif, sistem kerjanya software bisnis ini mampu bermanfaat untuk mengumpulkan informasi secara efektif.

Perangkat lunak ini bisa mengelola data sehingga sistem operasional perusahaan dapat berjalan secara lebih efisien. Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan jika menggunakan sistem ini. Semua koordinasi bisa dilakukan secara lebih mudah karena semua departemen dapat terhubung.

Apa yang Dimaksud dengan ERP?

ERP adalah sistem yang dirancang khusus untuk dapat menghubungkan beberapa kegiatan teknis dan fungsional yang berjalan pada sebuah perusahaan. Selain itu, software bisnis ini juga dapat memadukan aspek sumber daya manusia dalam sistem kerjanya.

Fungsi utama perangkat lunak ini adalah menyederhanakan, mengintegrasikan proses bisnis, dan memberikan standarisasi terhadap pola kerja yang berjalan.

Apa Yang Dimaksud Erp

ilustrasi operasional sistem ERP (sumber: Unsplash)

Berbagai sumber keuangan, sumber daya manusia, dan distribusinya akan dihubungkan dengan alur bisnis sehingga dapat terkoordinasi secara lebih baik. ERP modular umumnya akan menangani proses inventory, logistik, manufaktur, hingga yang berkaitan dengan sistem akuntansi pada perusahaan.

Baca juga: ERP Adalah Sistem yang Bisa Digunakan untuk Optimalisasi Bisnis

Cara Kerja Sistem ERP (Enterprise Resource Planning)

ERP system berfokus terdapat penggunaan database secara terpusat pada proses bisnis untuk dapat mengurangi tenaga kerja yang perlu dilakukan secara manual serta menyederhanakan alur proses bisnis yang telah ada.

Sistem ERP memiliki dasbor yang memberikan informasi kepada pengguna tentang data yang dikumpulkan dari keseluruhan bisnis secara real-time. Data ini bisa digunakan untuk mengukur profitabilitas dan produktivitas.

Contohnya ketika pesanan diterima, sistem dengan otomatis akan mengirim informasi ke pihak distribusi untuk dapat menyelesaikan pesanan tepat waktu.

Cara Kerja Erp

ilustrasi sistem kerja ERP (sumber: Istockphoto)

Selain itu, sistem ERP juga dapat memberikan informasi tentang waktu pengiriman, level inventaris, dan faktor lain sehingga dapat memilih pusat distribusi yang paling hemat biaya dan produktif untuk menyelesaikan pesanan.

Jika tidak ada sistem ini, umumnya data memiliki akses terbatas sesuai departemen sehingga sulit diakses oleh yang lainnya. Namun dengan sistem ini, semua data bisa langsung dibagikan serta divisualisasikan ke seluruh departemen yang ada pada perusahaan.

Kemudahan akses informasi dapat menyederhanakan proses dan mengurangi waktu pengerjaan karena sebagiannya sudah dilakukan secara otomatis.

Jenis Jenis ERP Menurut Implementasinya

Ada beberapa jenis sistem ERP diantaranya berbasis cloud, penginstalan langsung, maupun kombinasi antara keduanya. Penerapan jenis ERP yang digunakan oleh perusahaan tentu harus disesuaikan dengan kebutuhannya agar data dapat terintegrasi dan bisa diakses secara mudah.

Dengan memilih jenis yang tepat, maka sistem yang bekerja pun dapat berjalan secara lebih efisien. Apa saja jenisnya, simak uraiannya sebagai berikut.

1. ERP On Premise

Jenis sistem ERP ini diinstall secara langsung pada server yang dimiliki oleh perusahaan. Anda perlu bertanggung jawab terhadap pemeliharaan sistem agar data yang dikelola dapat memberikan informasi tepat bagi bisnis.

2. ERP Berbasis Cloud

Sistem kerja berbasis cloud ini mengandalkan koneksi internet untuk mengaksesnya. Melalui halaman web, Anda bisa kapan saja terhubung dan mengakses data pada sistem.

Umumnya vendor yang menangani sistem berbasis cloud akan melakukan pemeliharaan secara berkala. Opsi penerapan sistem berbasis cloud cukup beragam sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

3. ERP Hybrid

Jenis hybrid menawarkan sistem kombinasi dari dua layanan, yaitu diinstall secara langsung dan cloud. Sistem ini tentu memiliki akses yang lebih fleksibel dan mempunyai banyak sekali keunggulan.

Aksesnya yang mudah membuat Anda bisa mengakses data dari mana saja sesuai keinginan. Pemeliharaan sistem dilakukan secara rutin sehingga versi terbaru bisa terus didapatkan.

Dengan menggunakan sistem ini, Anda bisa menghemat uang dan waktu. Sistem kerjanya sangat mudah untuk digunakan dan memiliki banyak manfaat.

Manfaat Sistem ERP untuk Perusahaan

Jika telah memahami apa itu ERP, Anda juga perlu mengetahui apa saja manfaatnya jika digunakan untuk perusahaan. Umumnya, perusahaan yang tidak menggunakan sistem ERP akan menggunakan database secara terpisah.

Setiap unit kerja nantinya akan memiliki database sendiri dan hanya bisa diakses secara tertutup. Yaitu hanya untuk departemen terkait saja. Data dalam database terpisah seringkali mengalami ketidaksesuaian.

Manfaat Sistem Erp

sistem ERP banyak memberi manfaat bagi operasional perusahaan (sumber: Istockphoto)

Selain itu cukup sulit untuk dikelola. Sistem ERP ini bisa menjadi solusi untuk menggantikan sistem terpisah menjadi terintegrasi sehingga datanya dapat diolah secara lebih efisien. Seperti apa manfaat lain yang dapat dirasakan jika menerapkan ERP. Berikut uraiannya.

1. Stabilitas dan Fleksibilitas

Saat tidak menerapkan sistem ERP, koordinasi antara departemen tentu perlu dilakukan secara manual sehingga membutuhkan lebih banyak tenaga dan waktu.

Apabila ingin melakukan pembaruan untuk sektor tertentu, Anda perlu menghubungi pihak terkait dan datang langsung ke kantor. Namun dengan adanya ERP, segala aktivitas bisnis dapat dilakukan secara lebih mudah.

Perusahaan dapat melakukan revolusi visibilitas terhadap alur kerja perusahaan secara lebih efisien. Hanya perlu membuka database, maka seluruh departemen sudah terintegrasi sehingga informasi yang didapatkan lebih detail secara realtime.

2. Manajemen Resiko dan Keamanan Data

Adanya software bisnis ERP dapat secara efektif melindungi perusahaan dari tindak penipuan era digital. Apabila bisnis yang dijalankan perusahaan beroperasi dengan sistem online, maka keamanan perlu ditingkatkan dengan adanya audit secara otomatis.

dikutip dari Sampoerna University, ERP juga memastikan bahwa setiap data dan atribut di dalam sistem digabungkan ke akun dengan benar di buku besar perusahaan sehingga semua biaya dapat terlacak dan konfirmasi data tersebut dengan benar.

Jika perusahaan banyak menangani data sensitif, keamanan tentu menjadi sektor penting yang harus dijaga. Sistem ERP dapat memberikan rasa aman karena mampu menyimpan semua dokumentasi dan komunikasi yang dilakukan. Hal ini juga dapat mengurangi duplikasi data.

3. Analisis Data

Dalam alur bisnis, pengambilan keputusan perlu dilakukan berdasarkan data akurat yang dimiliki. ERP bisa menjadi solusi terbaik untuk menyediakan fasilitas pengumpulan data, pelaporan, dan analitik sehingga Anda bisa menganalisis data secara lebih mudah dan cepat.

Fitur Analisa Bisnis Komplit Dari Beecloud

Data secara real-time dapat langsung diketahui sehingga dapat mendukung pertimbangan keputusan yang akan diambil. Untuk memudahkan dalam menganalisa data, sangat disarankan untuk Anda menggunakan software akuntansi online Beecloud, yang memiliki banyak fitur dalam memudahkan Anda dalam pengambilan keputusan. Coba gratis Beecloud dengan klik gambar di atas.

4. Kolaborasi Lintas Departemen Lebih Mudah

Banyaknya departemen yang ada pada sebuah perusahaan tentu mengharuskan komunikasi yang baik dapat terjalin agar tidak menimbulkan kesalahan.

ERP dapat bermanfaat sebagai alat komunikasi yang mampu mengatur semua dokumen seperti email, teks, rekaman panggilan, dan lainnya. Dengan adanya sistem ERP, komunikasi antar departemen dapat dilakukan secara lebih mudah.

5. Solusi Penjadwalan

Sistem ERP dapat bermanfaat untuk mempermudah penjadwalan yang perlu dilakukan oleh perusahaan. Diantaranya seperti mengatur kapan pemeliharaan perlu dilakukan, kapan inventaris dikirim, hingga mengatur waktu shift kerja karyawan.

6. Bisa Disesuaikan dengan Kebutuhan Perusahaan

Setiap perusahaan tentu memiliki variabel unit yang berbeda untuk kegiatan bisnis yang dilakukan. Untuk memberikan kemudahan bagi perusahaan, SAP ERP dapat digunakan dengan penyesuaian modul terhadap kebutuhan.

SAP merupakan software bisnis yang dapat digunakan untuk menjalankan aktivitas harian perusahaan. Hal ini dapat menjadi solusi untuk perusahaan yang ingin melakukan pemanfaatan sumber daya secara bijak. ERP dapat mengalokasikan keuangan dan SDM sehingga mampu membuat proses kerja berlangsung secara lebih efisien.

Penggunaan software bisnis dapat meningkatkan kolaborasi dan komunikasi antar karyawan karena setiap departemen dapat melakukan pemeriksaan guna membantu dalam pengambilan keputusan. Dengan begitu kebutuhan perusahaan dapat terpenuhi untuk bisa memperoleh keuntungan yang besar.

Artikel Terkait

Cara Buat Akuntansi Sederhana untuk UKM!
Permasalahan paling krusial yang kerap kali terjadi pada bisnis UKM (Usaha, Kecil, dan Menengah) adalah keuangan. Sebab, masih banyak pelaku
Baca Juga
Opini Audit: Definisi dan Fungsi Pentingnya dalam Dunia Bisnis
Opini audit adalah hal yang sangat penting dalam dunia bisnis dan keuangan. Opini ini diberikan oleh auditor setelah melakukan audit
Baca Juga
10 Prinsip Akuntansi untuk Membuat Laporan Keuangan
Seorang pebisnis perlu membuat laporan keuangan secara rutin supaya keuangan perusahaan lebih terstruktur dan meminimalisir kerugian. Nah, pembuatan laporan keuangan
Baca Juga
Kenali 5 Jenis Laporan Keuangan dan Kegunaannya untuk Bisnis
Ada beberapa jenis laporan keuangan yang perlu Anda pahami. Sebagai pengantar, laporan keuangan sendiri merupakan laporan berisi catatan transaksi dan
Baca Juga
Prospek Kerja Akuntansi, Mulai dari Akuntan hingga Manajer
Akuntansi merupakan sebuah bidang studi yang mempelajari metode pencatatan dan penyusunan laporan keuangan. Nah, kedua hal tersebut sangat dibutuhkan untuk
Baca Juga
5 Kode Etik Akuntansi Publik dan Penjelasannya
Apakah Anda pernah mendengar profesi akuntansi publik? Profesi tersebut menyediakan jasa untuk melakukan kegiatan akuntansi yang berbentuk swasta dengan mematuhi
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu