Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Pengertian Kode Etik Akuntansi Indonesia dan Tujuannya

Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 25 August 2022

Indonesia memiliki IAI atau Ikatan Akuntansi Indonesia yang mengatur profesi akuntan di seluruh Indonesia. IAI ini memiliki kode etik akuntansi Indonesia yang berguna sebagai aturan dan memandu segala praktik profesi akuntan di Indonesia. 

Kode etik akuntansi Indonesia hingga saat ini masih dipergunakan untuk menjaga anggotanya agar memenuhi tanggung jawab dan tetap profesional. Mau tau apa saja informasi selengkapnya? Yuk simak artikel mengenai kode etik dalam akuntansi Indonesia berikut ini: 

Pengertian Kode Etik Akuntansi

Kode Etik Akuntansi

Ilustrasi Berkas-berkas Akuntan (Sumber: Pexels.com)

Kode etik ini terdiri dari dua kata, yaitu kode dan etik. Kode sendiri adalah sebuah tanda yang telah disetujui oleh sekelompok orang dengan maksud tertentu. Sedangkan etik berasal dari bahasa Yunani, ethos yang berarti adab, watak atau cara hidup. 

Kode etik sendiri memiliki arti sebagai pedoman norma dalam menjaga landasan perilaku dari suatu kelompok tertentu. Dengan begitu, dapat diartikan juga bahwa kode etik akuntansi adalah pedoman yang digunakan untuk menjaga dan melandasi segala perilaku profesi akuntan dalam hubungannya menjalankan tugas dan juga dalam hubungan masyarakat. 

Tujuan Adanya Kode Etik

Dari pengertian kode etik di atas, dibuatnya kode etik akuntansi Indonesia tentu memiliki tujuan tersendiri. Berikut ini adalah tujuan dari kode etik akuntansi di Indonesia: 

  • Agar bisa profesional dalam memberikan pelayanan jasa akuntansi kepada klien. 
  • Melindungi seorang akuntan dari perbuatan-perbuatan yang jauh dari kata tidak profesionalitas. 
  • Agar mutu pengabdian dalam profesi akuntansi bisa lebih meningkat. 
  • Agar lingkungan profesi akuntan di Indonesia lebih kondusif. 

Baca Juga: 5 Kode Etik Akuntansi Publik dan Penjelasannya

Kode Etik Akuntansi Indonesia

Kode Etik Akuntansi Indonesia

Ilustrasi Akuntan Menulis Catatan Penting Photo by Sarah Elizabeth on Unsplash 

Ada beberapa kode etik akuntansi di Indonesia yang harus dijaga dan dilaksanakan oleh seluruh anggotanya yang berprofesi sebagai akuntan. Berikut ini adalah kode etik tersebut: 

  • Tanggung Jawab

Sebagai seorang akuntan, harus memiliki rasa tanggung jawab untuk menjaga profesionalitas dalam menjalankan tugasnya. Selain itu, seorang akuntan juga memiliki tanggung jawab dalam mengembangkan profesi akuntansi serta untuk memelihara kepercayaan dari masyarakat. 

  • Kepentingan Publik

Selanjutnya, seorang akuntan juga harus bertindak dalam rangka pelayanan publik, menghormati kepercayaan dari publik serta menunjukkan rasa komitmen dalam profesionalitasnya bekerja. Semua anggota harus memiliki rasa untuk mengikat dirinya agar bisa menghormati kepercayaan yang diberikan oleh public dan bertanggungjawab dengan sepenuhnya. 

  • Integritas

Integritas

Ilsutrasi Kepercayaan Integritas dengan Pihak Lain (Sumber: Freepik.com)

Salah satu norma yang harus dimiliki oleh seorang akuntan adalah integritas. Norma yang masuk dalam kode etik ini maksudnya adalah seorang akuntan harus mampu memelihara serta meningkatkan kepercayaan dari publik bekerja dengan integritas yang penuh. 

Artinya, seorang akuntan harus bekerja dengan memiliki rasa yang jujur dan berterus terang sehingga tidak akn mengecewakan kepercayaan yang telah diberikan. Seorang akuntan juga harus mampu menjaga rahasia yang dimiliki oleh pemberi jasa dan tidak terikat oleh keuntungan pribadi. 

  • Objektivitas

Seorang akuntan juga harus bebas dari kepentingan apapun, baik kepentingan diri sendiri ataupun kepentingan pihak lain yang dapat merugikan klien atau pemberi jasa. Kode etik akuntansi Indonesia satu ini mengharuskan anggotanya untuk tidak menerima atau menawarkan hadiah kepada klien yang dikenalnya agar penilaiannya dalam akuntansi tidak bias. 

  • Kompetensi dan Kehati-hatian Profesional

Seorang akuntan juga harus memiliki kompetensi dan pengetahuan yang terkini. Selain itu, seorang akuntan juga harus memastikan bahwa pemberi jasa nantinya dapat memperoleh manfaat dari jasa yang telah dilaksanakan. 

  • Kerahasiaan

Setiap anggota yang berprofesi sebagai akuntan harus mampu menjaga segala rahasia informasi yang diperoleh selama memberikan layanan jasa kepada klien dan tidak boleh mengungkapkan rahasia tersebut dengan alasan apapun tanpa ada persetujuan. 

Seorang akuntan hanya boleh memberikan informasi tersebut jika ada hak dan kewajiban atau hukum yang mengharuskan untuk diungkapkan. 

  • Perilaku Profesional

Kode Etik Akuntansi Profesional

Ilustrasi Kode Etik Akuntansi Profesional Photo by Hunters Race on Unsplash 

Kode etik selanjutnya adalah perilaku profesional. Seorang akuntan harus konsisten dan menjaga reputasi profesi agar tetap baik di mata masyarakat. 

  • Standar Teknis

Setiap anggota dari IAI harus bekerja melayani klien dengan standar teknis serta standar profesional yang sesuai dengan keahliannya dan relevan. Untuk itu, seluruh anggota harus berhati-hati dalam menjalankan tugasnya dengan prinsip objektifitas dan integritas yang penuh tanggung jawab. 

Baca Juga: Pengertian Etika Profesi Akuntansi yang Perlu Anda Ketahui

Kesimpulan

Dengan adanya kode etik akuntansi Indonesia di atas, diharapkan bahwa seluruh anggotanya yang berprofesi sebagai akuntan dapat bekerja dengan rasa tanggung jawab yang tinggi serta profesionalitas. 

Pembahasan di atas merupakan awal proses dalam akuntansi yang bisa Anda pelajari untuk bisnis Anda agar lebih maju kedepannya. Pecantatan transaksi keuangan salah satu hal yang wajib di perhatikan dalam bisnis agar tidak terjadinya kerugian.

Oleh sebab itu, Anda harus memeriksa dengan jelas catatan keuangan dalam bisnis Anda secara detail dan lebih terperinci. Agar terhindar dari fraud karyawan dan kesalahan dalam perhitungan.

Untuk memudahkan Anda dalam perhitungan transaksi keuangan, gunakanlah software akuntansi yang sudah terpercaya dan yang memiliki fitur yang lengkap.

Software Akuntansi Beeaccounting satu-satunya software akuntansi dengan 47 plugin sesuai bidang usaha Anda. Sistemnya pun sekali bayar , tanpa terkunci langganan.

Coba gratis Software Akuntansi Beeaccounting sekarang! Klik gambar di bawah ini~

Laporan Akuntansi-Pakai-Software-Akuntansi-Beeaccounting

Mengenal Pembukuan Kas Sederhana dan Cara Membuatnya
Pembukuan kas sederhana sering kita dengar dalam istilah akuntansi. Pebisnis seperti Anda tentu sudah tidak asing dengan istilah ini. Namun, […]
Baca Juga
Cara Memasarkan Produk untuk Pebisnis Pemula
Menyusun cara memasarkan produk adalah salah satu poin paling penting yang harus dilakukan. Pasalnya suatu produk tidak akan bisa terjual […]
Baca Juga
[DOWNLOAD] Contoh Purchase Order dan Tips Mudah Membuatnya
PO adalah singkatan dari Purchase Order. Artinya kita melakukan pemesanan barang kepada penjual namun pengiriman barang akan dikirim ke pembeli […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu