Web Logo Bee
Penulis: Dhea Forekha

Yuk! Kenali Pengertian Akuntan Publik dan Tugasnya

Dipublish Tgl: Monday, 4 July 2022

Akuntan publik merupakan salah satu profesi yang dimiliki para profesional yang berhasil memiliki izin dari negara untuk membuka praktik akuntan swasta secara independen. Secara garis besar, mereka bertugas untuk menganalisis laporan keuangan, melakukan audit laporan keuangan, audit pajak dan lain sebagainya. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih banyak tentang profesi tersebut, pastikan untuk menyimak ulasan yang berhasil kami rangkum di bawah ini!

Jenis-jenis Bidang Jasa Akuntan Publik

Akuntan Publik

Kenali Bidang Jasa Akuntan Publik (Sumber: Freepik.com)

Jika diklasifikasikan, bidang jasa profesi ini dibagi menjadi 2 macam yaitu akuntansi jasa atestasi dan jasa non atestasi. Berikut penjelasannya bagi Anda yang membutuhkan.

  • Jasa Atestasi

Ini merupakan semua jenis layanan jasa yang meliputi audit umum laporan keuangan, pemeriksaan laporan keuangan prospektif maupun pemeriksaan laporan keuangan proforma dan review laporan keuangan. Selain beberapa jenis jasa yang sudah disebutkan tersebut, masih ada beberapa jasa atestasi lainnya yang biasanya ditawarkan kantor akuntan publik seperti audit laporan keuangan misalnya.

  • Jasa Non Atestasi

Ada pula jasa non atestasi yang merupakan setiap layanan yang berkaitan dengan manajemen, keuangan, akuntansi, konsultasi, kompilasi maupun urusan perpajakan. Saat ini ada banyak penyedia jasa yang menawarkan semua layanan tersebut. 

Secara umum, tugas akuntan publik ialah memeriksa laporan keuangan perusahaan yang sebelumnya sudah dibuat oleh akuntan perusahaan tersebut. Mereka akan memeriksa apakah ada kesalahan atau tidak dalam laporan tersebut.

Tidak sembarang dibuat dan diperiksa, semua dilakukan dengan mempertimbangkan dan menyesuaikan standar akuntansi keuangan Indonesia.

Baca Juga: 5 Tugas & Tanggung Jawab Manager Akuntansi

Profesi Akuntan Publik

Kenali Jenis Jasa Akuntan Publik (Sumber: Freepik.com)

Selain itu, pemilik profesi ini juga bertugas untuk membantu suatu perusahaan dalam membuat laporan pajak agar bebas dari kekeliruan seperti SPT tahunan yang tidak valid maupun tas amnesty. Sebagian akuntan publik profesional juga siap membantu perusahaan untuk membayar pajak lebih sedikit dan tetap sesuatu ketentuan UU perpajakan. 

Seorang akuntan publik wajib menyampaikan informasi keuangan perusahaan secara transparant kepada publik dan siap memberikan solusi kepada perusahaan apabila terjadi inflasi. 

Kini semakin mudah melakukan analisa keuangan seperti jasa yang diberikan akuntan publik,  karena telah hadir software akuntansi & kasir terbaik di Indonesia. 

BEE siap memudahkan akuntan dan pemilik bisnis untuk membuat dan menganalisa keuangan dengan cepat, tepat, akurat dan mudah. 

Dengan pengalaman sejak 2010 silam, BEE telah dipercaya para pengusaha Indonesia yang kesulitan membuat laporan keuangan dan kesulitan mencapai keakuratan penjualan di minimarket. 

Bagi Anda para akuntan publik atau pemilik minimarket yang ingin mendapatkan semua kemudahan tersebut, kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan berkonsultasi dengan tim terbaik BEE.

Kenali Jenis-jenis Jasa Akuntan Publik 

Tidak hanya memiliki tugas yang beragam akuntan publik juga memiliki beberapa jenis jasa yang lazim ditawarkan, antara lain sebagai berikut:

  • Jasa Pembukuan

Jasa yang satu ini berfungsi untuk membantu perusahaan mempersiapkan laporan keuangan, dari persiapan jurnal umum hingga buku besar semuanya akan dilakukan oleh akuntan. Dengan begini Anda bisa mendapatkan laporan keuangan yang akurat dan bisa dipertanggungjawabkan.

  • Jasa Perpajakan

Tidak hanya menyediakan layanan jasa pembukuan, tapi juga menyediakan layanan pembuatan laporan perpajakan hingga PPh karyawan. Dan hal ini wajib diketahui oleh Anda yang kerap menanyakan apa itu akuntan publik dan apa saja jasanya.

software akuntansi software kasir beepos

software akuntansi software kasir beepos

  • Jasa Konsultasi Manajemen

Berikutnya memberikan jasa konsultasi manajemen bagi setiap perusahaan yang membutuhkan. Dengan begini perusahaan bisa mendapatkan laporan keuangan yang lebih baik dan hasil audit yang jauh lebih akurat pula.

Apakah Anda tertarik menjadi akuntan publik? Ada sejumlah persyaratan yang wajib dipenuhi jika Anda ingin menjadi akuntan publik dan persyaratan ini juga telah tersebut dengan jelas dalam UU No. 5 Tahun 2011 Pasal 5 ayat 1. 

Di mana Anda harus memiliki sertifikat tanda lulus sah dari IAPI atau perguruan tinggi yang memiliki akreditasi profesi yang sama, wajib menyerahkan bukti mengikuti PPL, memiliki pengalaman praktik selama 5 tahun yang dikeluarkan ketua kantor KAP dan lain sebagainya.

Itulah ulasan ringkas seputar akuntan publik dan macam jenis tugasnya, semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda yang membutuhkan ya!

Pengertian Jurnal Pembelian & Jurnal Penjualan Beserta Contohnya
Jurnal pembelian dan jurnal penjualan - Secara umum, kegiatan utama dalam sebuah perusahaan adalah melakukan penjualan dan pembelian secara terus […]
Baca Juga
Komputer untuk Kasir dan Macam-macam Perangkatnya
Jenis komputer untuk kasir adalah perangkat yang secara luas dipertanyakan oleh orang-orang baru yang akan memulai bisnis mereka. Nah, komputer […]
Baca Juga
Contoh Laporan Perubahan Modal
Apa yang dimaksud laporan perubahan modal? Bagaimana cara membuatnya dan seperti apa contoh laporan perubahan modal? Sebagai pelaku bisnis, tentu […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu