🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Perusahaan Manufaktur Adalah: Ciri, Produk dan Contohnya

Perusahaan manufaktur adalah jenis perusahaan yang memulai bisnisnya dari mengolah bahan mentah hingga menjadi produk jadi dan siap digunakan
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 31 January 2023

Perusahaan manufaktur adalah jenis perusahaan yang memulai bisnisnya dari mengolah bahan mentah hingga menjadi produk jadi dan siap digunakan.

Keberadaan bisnis perusahaan manufaktur tidak bisa diremehkan di Indonesia karena cukup mempengaruhi tingkat ekonomi. Yuk pelajari selengkapnya di bawah ini:

Apa itu Perusahaan Manufaktur?

Pabrik Manufaktur Kayu

Ilustrasi Pabrik Manufaktur Kayu (Sumber: Pixels.com)

Langkah awal dalam mempelajari perusahaan manufaktur adalah memahami pengetiannnya terlebih dahulu sebelum melangkah lebih dalam mengenali apa itu perusahaan manufaktur.

Berdasarkan pendapat The Balance, istilah manufaktur diartikan sebagai proses pembuatan produk dengan mengandalkan bahan mentah dalam proses produksinya.

Perusahaan manufaktur tidak harus dilaksanakan di sebuah gedung besar dan sejenisnya. Karena perusahaan manufaktur bisa dijalankan di rumah asalkan proses produksinya berawal dari bahan mentah kemudian diolah menjadi produk solid.

Tidak hanya itu, proses manufaktur juga bisa terjadi di rumah. Syaratnya, tetap ada produk yang tercipta dari hasil bahan mentah yang ada.

Meski begitu, proses manufaktur berbeda dengan proses produksi. Manufaktur mengacu pada proses pengubahan bahan mentah menjadi produk solid. Sementara itu, proses produksi tidak terpaku pada produk solid.

Sederhananya, bisnis/ perusahaan manufaktur adalah badan usaha yang berkutat pada proses merubah barang mentah menjadi barang jadi.

Ciri-Ciri Perusahaan Manufaktur Adalah ...

Ada beberapa ciri-ciri khas yang mewakili sebuah bisnis termasuk dalam industri manufaktur, diantaranya:

  • Proses produksi dimulai dari bahan mentah hingga produk jadi
  • Menjadikan hasil penjualan menjadi pendapatan utama
  • Bisnis/ perusahaan memiliki inventaris berbentuk fisik
  • Biaya produksi terdiri dari biaya perawatan, biaya material, biaya overhead dan sejenisnya.
  • Memiliki analisis performa yang terstruktur baik bisnis maupun produk.

Contoh Produk dan Perusahaan Manufaktur di Indonesia

Perusahaan Manufaktur

Produksi Pakaian Menjadi Contoh Perusahaan Manufaktur (Sumber: Pixels.com)

Berikut deretan produk yang biasa dihasilkan dan dikelola oleh perusahaan manufaktur:

Baca juga: Contoh Perusahaan Manufaktur yang Beroperasi di Indonesia

1. Produk Pakaian

Produk manufaktur pertama yang paling sering di temukan di Indonesia adalah pakaian. Atau secara istilahnya industri ini termasuk industri tekstil dan garmen.

Pada industri ini perusahaan akan mengelola bahan baku kain, seperti kapas dan beberapa bahan pendukung lain menjadi benang, kemudian dibentuk menjadi lembaran kain.

Proses produksi bisa berhenti sampai benang atau dikembangkan kembali menjadi produk pakaian siap digunakan. Karena semua produk yang dihasilkan masih termasuk dalam bisnis manufaktur.

Contoh perusahaan manufaktur yang menggeluti bisnis ini di Indonesia adalah PT Argo Pantes Tbk, PT Trisula Textile Industries Tbk, PT. Century Textile Industry Tbk, dst

2. Produk Elektronik

Berikutnya ada Produk Elektronik, di era sekarang produk elektronik menjadi produk yang paling digemari semua kalangan. Dimana hampir semua kalangan membutuhkan keberadaan produk elektronik.

Mulai dari keperluan rumah tangga sampai kehidupan sehari-hari. Perusahaan manufaktur penghasil produk elektronik biasanya sudah memiliki gedung dan pengelolaan yang canggih dan mungkin sangat jarang dikelola secara rumahan.

Perusahaan elektronik populer di Indonesia diantaranya ada Polytron, Maspion, Cosmos, Samsung, Sharp, dan masih banyak lagi lainnya.

3. Produk Pertanian

Ilustrasi Bisnis Manufaktur Peternakan Ayam (Sumber: Pixels.com)

Makna dari pertanian cukup luas, seperti sektor perikanan, perkebunan, peternakan hingga kehutanan. Contoh hasil dari produk manufaktur pertanian adalah bibit, pakan, pelet ikan dan masih banyak lagi.

Selain memproduksi produk, industri manufaktur di bidang pertanian juga bisa dikaitkan dengan peternakan, mulai dari budidaya ikan, lobster, kepiting dan masih banyak lagi.

4. Produk Kerajinan

Selanjutnya ada produk kerajinan, produk manufaktur kali ini bisa dikelola dari skala kecil hingga besar. Proses pengembangannya bisa menggunakan serat alam, kulit hewan, lilin dan sampah.

Jika produk olahannya memiliki kualitas yang terjamin tidak menutup kemungkinan pengrajin akan mendapatkan keuntungan yang besar, sebab produknya bisa dijual dengan harga mahal.

5. Produk Farmasi

Produk yang dihasilkan dari usaha manufaktur selanjutnya adalah produk farmasi. Pada pengelolaannya produk farmasi tidak bisa dibuat sembarang dan harus memenuhi standar yang sudah ditetapkan.

Indonesia termasuk pangsa pasar farmasi terbesar se-ASEAN dengan jumlah prosentase 73% dengan perusahaan lokal yang mendominasi. Contoh perusahaan farmasi di Indonesia ada Kimia Farma.

6. Produk Minuman

Selanjutnya produk perusahaan manufaktur adalah produk minuman. Bisa minuman botolan, gelas dan lainnya. Untuk jenis produk ini ada banyak sekali ragam dan jenisnya.

Mulai dari minuman teh kemasan, air dan olahan lainnya. Contoh perusahaan manufaktur populer di Indonesia diantaranya ada PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, PT. Mayora Indah Tbk, dan masih banyak lagi lainnya.

7. Produk Makanan

Berikutnya hampir sama seperti produk minuman, produk ini juga memiliki ratusan ragam. Bisa dikelola dalam skala besar atau rumahan asalkan memenuhi standar dari bisnis manufaktur untuk bisa dinyatakan sebagai perusahaan manufaktur.

Proses Bisnis Perusahaan Manufaktur

Ilustrasi Proses Produksi Produk Minuman (Sumber: Pixels.com)

Sebuah perusahaan manufaktur biasa akan melewati 6 proses bisnis, berikut diantaranya:

1. Procurement

Proses pertama dalam menjalankan bisnis manufaktur adalah procurement, seperti perawatan mesin-mesin produksi, ketersediaan bahan mentah, kebutuhan karyawan dan beberapa keperluan lain yang berkaitan dengan proses produksi dan keberlangsungan bisnis

2. In-out inventory

Selanjutnya adalah proses in-out inventory di dalam badan usaha manufaktur. Hal ini termasuk hal wajib yang harus dimiliki perusahaan manufaktur karena perusahaan perlu memiliki tempat penyimpanan untuk bahan baku mentah mereka.

3. Production

Kemudian proses produksi, dimana perusahaan akan mulai mengelola bahan mentah mereka menjadi produk solid yang siap dipasarkan di masyarakat.

Ada beberapa divisi khusus yang bertugas untuk mengelola produksi, salah satunya divisi PPIC (Production Planning and Inventory Control).

Baca juga: Cara Hitung Biaya Produksi untuk Perusahaan Manufaktur

4. Sales and marketing

Setelah proses produksi selesai, langkah selanjutnya adalah tugas dari sales dan marketing. Mereka bertugas untuk memasarkan produk agar mulai dikenal dan terjadi transaksi jual beli.

Mereka bertugas untuk melakukan analisis pemasaran hingga proses penjualan dan pembelian.

5. Administration and general

Selanjutnya dalam perusahaan manufaktur adalah proses administrasi dan general. Orang yang bertanggung jawab dalam bidang ini bertugas untuk menentukan kebijakan perusahaan.

Biasanya ini termasuk dalam departemen administrasi bertanggung jawab atas peraturan yang berlaku bagi karyawan, serta segala urusan umum perusahaan.

6. Accounting and finance

Bagian penting dari perusahaan manufaktur berikutnya adalah divisi yang bertugas dalam mengatur dan mengelola keuangan perusahaan. Mulai dari keuangan produksi, gaji, utang piutang perusahaan dan lain sebagainya.

Untuk memudahkan proses pengelolaan keuangan juga membentuk kinerja yang efektif dan efisien adalah dengan menggunakan bantuan dari software.

Software Akuntansi Manufaktur Untuk Produksi Pabrik Beeaccounting

Salah satunya software akuntansi Beeaccounting, bisa diakses secara offline dengan berbagai fitur yang akan memudahkan Anda mengelola bisnis manufaktur.

Beeaccounting dilengkapi dengan 47 plugin, Anda hanya tinggal memilih mana yang paling sesuai dengan bisnis Anda. Gabung sekali di Beeaccounting dan dapatkan akses gratis seumur hidup.

11 Contoh Produksi Massal, Karakteristik dan Jenisnya
Istilah massal identik dengan suatu hal yang besar, ramai dan melibatkan banyak orang. Sedangkan produksi merupakan kegiatan yang bertujuan untuk
Baca Juga
Ini Dia Rincian Biaya Produksi dan Tips Optimasinya
Tidak peduli seberapa mengesankan permintaan untuk produk Anda, jika rincian biaya produksi tidak efisien, Anda tidak akan mendapat untung maksimal
Baca Juga
Cycle Time Adalah Strategi Efisiensi Produksi, Ini Caranya!
Dalam bahasa Indonesia cycle time adalah waktu siklus, sebuah metrik penting yang mengukur durasi rata-rata untuk menyelesaikan satu siklus dalam
Baca Juga
Tekstil Adalah : Pengertian, Jenis, dan Ide Bisnisnya, Lengkap!
Sudah tahu tentang bahan tekstil? Bahan tekstil adalah jenis kerajinan yang berasal dari Indonesia dan banyak digemari sampai mancanegara yang
Baca Juga
Harga Pokok Produksi: Unsur, Metode, dan Cara Membuatnya
Untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) menentukan harga pokok produksi sangat penting di mana salah satu manfaatnya yaitu untuk menentukan harga
Baca Juga
Pahami Jenis Perusahaan Manufaktur dan Contoh Laporannya
Mengutip dari The Balance manufaktur diartikan sebagai proses pembuatan produk yang berorientasi pada bahan mentah. Sehingga, dapat disimpulkan jika perusahaan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu