Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Tabel Laba Rugi: Pengertian, Bentuk, dan Contohnya

Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 27 May 2022

Di dunia bisnis atau usaha, terutama perusahaan perdagangan, laporan tabel laba rugi perusahaan perdagangan adalah bagian yang sangat penting dari proses akuntansi.

Dalam proses menghitung, menyusun, atau membuatnya, tidak boleh ceroboh karena membutuhkan pengetahuan yang tepat sehingga hasilnya valid. Laporan yang disusun harus dihitung sesuai dengan laporan neraca yang tepat dan arus kas berdasarkan periode akuntansi tertentu.

Lalu, apa yang dimaksud dengan laporan laba rugi perusahaan perdagangan? Artikel ini akan membahas lengkap mengenai tabel laba rugi mulai dari pengertian, bentuk, hingga contoh yang bisa Anda jadikan refrensi.

Apa itu Laporan Tabel Laba Rugi?

Laporan Tabel Laba Rugi

Ilustrasi Akuntan Menganalisa Laporan Tabel Laba Rugi (Sumber: Freepik.com)

Laporan laba rugi yang umumnya juga dikenal sebagai profit and loss statement dan juga income statement adalah salah satu bagian terpenting dari laporan keuangan perusahaan karena berisi catatan pendapatan dan pengeluaran perusahaan.

Dari laporan tersebut, Anda dapat mengetahui tentang kondisi perusahaan, baik dalam kondisi laba rugi. Menggunakan laporan laba rugi yang dibuat dengan software laporan keuangan akan membuatnya lebih mudah untuk membuat keputusan yang terkait dengan strategi untuk mencapai target laba perusahaan.

Tujuan utama membuat laporan laba rugi perusahaan perdagangan adalah untuk menentukan efisiensi dan efektivitas perusahaan berdasarkan nilai dan biaya.

Selain itu, laporan laba rugi juga membantu pemilik bisnis dalam memeriksa laba dan rugi perusahaan dalam periode tertentu untuk digunakan sebagai pedoman untuk evaluasi bisnis.

Laporan laba rugi di perusahaan juga berguna untuk menghitung jumlah pajak yang merupakan kewajiban perusahaan.

Komponen atau Unsur Utama dalam Laporan Tabel Laba Rugi

Laporan Laba Rugi Pendapatan Jasa Dan Penjualan Sparepart

Komponen yang Terdapat di Laporan Laba Rugi dengan Beeaccounting

Dalam proses mempersiapkan dan membuat laporan laba rugi perusahaan perdagangan, ada beberapa elemen yang harus d

inyatakan. Termasuk:

1. Revenue/Income (Pendapatan)

Elemen pertama yang harus ada dalam laporan laba rugi dari perusahaan perdagangan adalah revenue/income atau pendapatan. Penghasilan adalah elemen yang harus ada dalam laporan laba rugi. Elemen ini berisi catatan peningkatan aset perusahaan yang berasal dari kegiatan operasional.

Cara untuk menghitungnya adalah dengan mengurangi total pendapatan kotor dengan diskon (pengembalian, diskon, atau manfaat lainnya). Penghasilan juga dapat berupa dividen, bunga, biaya atau biaya layanan, dan sewa.

2. Cost (Biaya atau Beban)

Beban atau kewajiban adalah penggunaan aset yang harus ditanggung atau dibayar oleh perusahaan dalam melaksanakan kegiatan bisnisnya. Kewajiban ini dapat dalam bentuk biaya produksi, gaji karyawan, sewa, pajak, asuransi, ahli, biaya pemeliharaan atau pemeliharaan, dan lainnya.

3. Profit (Laba)

Profit atau laba adalah keuntungan dari pendapatan yang diperoleh dari hasil penjualan bersih yang telah dikurangi dengan biaya seperti pajak, operasional, dan biaya utama penjualan. Oleh karena itu, laba ini sering juga disebut laba bersih.

4. Loss (Kerugian)

Kondisi di mana perusahaan mendapat lebih sedikit keuntungan daripada biaya yang ditanggung oleh perusahaan, yang disebut kerugian.

Bentuk dan Format Tabel Laba Rugi

Ilustrasi Bentuk dan Format Tabel Laba Rugi

Dalam persiapan laporan laba rugi perusahaan perdagangan, ada 2 format berbeda yang paling sering digunakan. Di antaranya adalah laporan pendapatan satu langkah dan laporan pendapatan beberapa langkah.

Simak pembahasan berikut ini untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

1. Single Step Income Statement

Dalam format ini, semua keuntungan dan pendapatan dicatat pada awal laporan, kemudian melanjutkan dengan mencatat semua kerugian dan beban perusahaan. Perbedaan antara laba, pendapatan, kerugian, dan pengeluaran akan menghasilkan laba kotor.

Sementara itu, perbedaan antara pajak penghasilan (PPH) dan laba kotor akan menghasilkan laba bersih.

2. Multiple Step Income Statement

Untuk format laporan laba rugi yang satu ini, setiap transaksi operasional perusahaan yang terjadi akan diklasifikasikan atau dipisahkan dengan transaksi non-operasional. Maka beban perusahaan dan pendapatan yang saling terkait akan dibandingkan.

Ketika laba operasional diproduksi, akan ada perbedaan antara kegiatan bisnis biasa dan yang tidak biasa.

Dalam laporan laba rugi format multiple step, ada beberapa elemen yang harus Anda perhatikan. Diantaranya:

  1. Penjualan bersih (Pendapatan)
    Penjualan bersih adalah pendapatan yang diperoleh perusahaan yang berasal dari semua kegiatan operasional.Cara untuk menghitung total pendapatan ini adalah dengan pendapatan kotor dikurangi dengan pengeluaran seperti diskon atau diskon, pengembalian, dan manfaat.
  2. Biaya penjualan (HPP)
    HPP adalah biaya atau jumlah pengeluaran, secara langsung atau tidak langsung, yang harus dihabiskan perusahaan untuk menghasilkan produk atau layanan.
  3. Laba kotor (Gross Profit)
    Laba kotor adalah hasil dari penjualan bersih setelah mengurangi HPP. Dengan kata lain, laba kotor adalah pendapatan perusahaan yang berasal dari penjualan sebelum mengurangi biaya seperti biaya overhead, gaji karyawan, pajak, dan bunga.Akun ini biasanya digunakan sebagai pertimbangan untuk memutuskan apakah perusahaan akan mengurangi atau meningkatkan biaya HPP.
  4. Biaya operasional
    Dalam format laporan laba rugi multi -langkah, elemen -elemen biaya operasional diklasifikasikan menjadi dua jenis, termasuk biaya administrasi dan biaya penjualan.Biaya administrasi adalah biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan untuk memenuhi kebutuhan manajemen bisnis. Misalnya, gaji manajemen, biaya inventaris, biaya asuransi, peralatan kantor, dan sebagainya.

    Sementara itu, biaya penjualan adalah biaya yang digunakan untuk tujuan pemasaran dan penjualan. Misalnya gaji dan komisi pemasaran, biaya perjalanan, sewa, iklan, dan lainnya.

  5. Pendapatan operasional
    Elemen ini adalah hasil dari jumlah laba kotor dikurangi biaya operasional. Penghasilan operasional menunjukkan total pendapatan yang diperoleh langsung dari kegiatan operasional utama perusahaan.
  6. Laba bersih (laba bersih)
    Laba bersih adalah jumlah laba atau kelebihan pendapatan dari kegiatan penjualan yang dilakukan oleh perusahaan dalam periode tertentu. Secara umum, laba bersih dihitung dari laba kotor yang dikurangi oleh biaya operasional, baik biaya operasional dan non-operasional.

Format Laporan Laba Rugi

Untuk format pembuatan laba rugi hampir sama dengan persiapan laporan lain, yaitu header identitas perusahaan, jenis laporan keuangan yang disajikan, dan periode tahun laporan.

Komponen utama yang terkandung dalam laporan laba rugi adalah total pendapatan, total biaya, dan laba rugi Total komponen pendapatan dan total biaya diperoleh dari kolom laba/rugi pada saldo percobaan (kertas kerja).

Komponen laba rugi adalah selisih antara total pendapatan dan total biaya. Jika pendapatan lebih besar dari biaya, itu diakui sebagai laba. Dan jika sebaliknya adalah jika pendapatan lebih kecil dari total biaya yang diakui sebagai kerugian.

Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa ada dua jenis laporan laba rugi perusahaan perdagangan, yaitu single step dan multiple step.

Berikut ini adalah contoh dari setiap format yang dapat Anda jadikan referensi dalam menyiapkan laporan laba rugi:

1. Contoh Laporan Tabel Laba Rugi Single Step

tabel laba rugi

Contoh Tabel Laporan Laba Rugi Single Step

2. Contoh Laporan Tabel Laba Rugi Multiple Step

tabel laba rugi

Contoh Tabel Laporan Laba Rugi Multiple Step

Solusi, 5 Menit Bikin Laporan Laba Rugi

Untuk Anda yang mengalami kesulitan dalam menyusun laporan keuangan maka jangan khawatir karena kami disini punya rekomendasi terbaik untuk Anda.

Banner Beeaccounting Software untuk Mempermudah Laporan Akuntansi

Pakai Software Akuntansi

Beberapa keuntungan jika Anda menggunakan software Akuntansi:

  • Gak harus jago Akunting
  • Revisi mudah gak harus revisi satu-satu
  • Gampang diaudit
  • Bisa dibutuhkan kapan saja dan realtime

Kesimpulan

Tabel laporan laba rugi sangat dibutuhkan untuk dijadikan sebagai alat analisa kondisi keuangan perusahaan. Melalui artikel ini, diharap Anda bisa mulai menyusun laporan laba rugi karena perannya yang sangat penting untuk bisnis.

Atau Anda juga bisa menggunakan aplikasi akuntansi untuk memudahkan Anda menyusun laporan laba rugi perusahaan.

Contoh Laporan Keuangan Usaha Jasa Lengkap
Setiap perusahaan atau usaha apapun pasti memiliki laporan keuangan. Karena laporan keuangan bisa diidentifikasikan secara jelas informasi yang ada di […]
Baca Juga
Cara Menentukan HPP Terbaik Biar Nggak Rugi!
Menentukan HPP adalah sebuah hal penting yang harus dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh harga terbaik untuk kegiatan jual beli. HPP […]
Baca Juga
Software Akuntansi Untuk Developer Perumahan
Adanya software akuntansi untuk developer perumahan menjadi bukti bahwa digitalisasi kini adalah keniscayaan. Segala sendi kehidupan manusia perlahan mulai terjamah […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu