🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

17+ Ide Usaha Makanan Kekinian yang Lagi Viral 2024

Usaha makanan kekinian terbilang cukup menjanjikan, karena banyak konsumen yang penasaran ingin mencobanya. berikut listnya untuk Anda!
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 13 February 2024

Dalam era modern yang penuh dengan inovasi kuliner, usaha makanan kekinian menjadi sorotan utama bagi para penggemar kuliner yang selalu mencari pengalaman baru yang unik dan berbeda.

Dengan munculnya tren makanan kreatif dan Instagramable, para pengusaha makanan tidak hanya fokus pada cita rasa yang lezat, tetapi juga pada presentasi yang eye-catching. Ini dia rekomendasinya!

Rekomendasi Ide Usaha Makanan Kekinian

Seblak

Seblak jadi salah satu makanan kekinian banyak penggemar (Credit: media.sukabumiupdate.com)

Berikut beberapa rekomendasi usaha makanan kekinian yang lagi viral 2024:

1. Keripik Pedas

Pertama ada keripik pedas, eksistensi makanan pedas di Indonesia memang tidak termakan waktu, dimana hampir setiap tahunnya keripik pedas masih jadi rekomendasi cemilan keluarga yang gurih dan nagih.

2. Nasi Cokot/ Nasi Gigit

Berikutnya ada nasi cokot atau nasi gigit, konsep unik dalam menikmati nasi. Dimana nasi akan dibungkus berbentuk bulat dan ditengahnya diisi dengan berbagai lauk sesuai selera dan cara makannya tinggal digigit seperti makan burger.

3. Croffle

Selanjutnya ada croffle, kombinasi croissant dan waffle, memberikan sentuhan unik pada dunia kudapan. Memulai usaha ini melibatkan keterampilan dalam pembuatan adonan croissant dan teknik waffle.

4. Boba Drinks

Berikutnya ada boba drinks yang masih terus menjadi tren, Anda bisa menambah variasi rasa minuman ini untuk menciptakan ciri khas yang beda dan tentunya sensasi baru untuk pelanggan Anda.

Baca Juga: 28 Ide Bisnis Minuman Kekinian + Tipsnya

5. Kue Balok Lumer

Kelima ada kue balok lumer, kudapan Indonesia yang terkenal dengan tekstur lembutnya yang meleleh di dalam. Memiliki variasi rasa, seperti coklat, keju, atau pandan. Menjual kue balok lumer dapat menjadi pilihan yang menarik apalagi ketika viral seperti saat ini

6. Dessert Box

Jualan Makanan Dessert Box

Ilustrasi dissert box

Kemudian ada dessert box, makanan manis seperti brownies, cookies, marshmallow, dan berbagai topping lainnya yang dikemas dalam box transparan.

Dengan tren konsumen yang menyukai variasi dan presentasi menarik, menjual Dessert Box dapat menarik perhatian pasar yang mencari pengalaman menyantap kudapan yang berbeda.

7. Roti Bakar dan Toast

Berikutnya ada roti bakar, makanan ini sebenarnya bukan makanan baru namun masih populer hingga saat ini. Roti bakar bisa bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan karena kesederhanaannya dan kemungkinan variasi rasa yang tak terbatas.

8. Pancake dan Waffle

Pancake dan Waffle adalah makanan ringan yang populer dengan tekstur lembut di dalam dan renyah di luar. Menjual Pancake dan Waffle bisa menjadi pilihan usaha yang menguntungkan karena keduanya cocok sebagai sarapan, cemilan, atau dessert.

9. Sushi Roll

Berikutnya ada sushi roll, hidangan Jepang yang terdiri dari nasi, alga nori, dan berbagai isian seperti daging, sayuran, atau seafood. Menjual Sushi Roll dapat menjadi pilihan yang menarik karena tampilannya yang estetis dan instagrammable.

10. Bungeoppang

Bungeoppang (kue Ikan)

Ilustrasi bentuk bungeoppang mini (credit: Freepik.com)

Bungeoppang, kue bentuk ikan dari Korea cukup terkenal dan sering kali muncul di drama-drama korea. Sehingga cocok menjadi usaha yang menarik, khususnya bagi konsumen yang ingin mencoba makanan khas Korea.

11. Taco dan Nachos

Berikutnya ada hidangan asal Meksiko yang terdiri dari kulit tortilla yang diisi dengan daging, sayuran, keju, dan saus. Menjual Taco dan Nachos bisa menjadi pilihan usaha yang menarik karena kombinasi rasa dan visual yang menarik.

12. Tteokbokki

Kembali ke makanan asal negeri ginseng, Tteokbokki, hidangan yang terkenal dengan saus pedas manis yang melapisi tteok (kue beras). Menjual Tteokbokki dapat menjadi pilihan yang menarik karena cita rasanya yang khas dan kepopulerannya di kalangan pecinta masakan Korea.

13. Dimsum

Selanjutnya ada dimsum, sejenis makanan kecil khas Asia yang terdiri dari pangsit, siomay, dan lumpia. Hidangan ini bisa menjadi usaha yang menjanjikan karena kepopulerannya dan keberagaman jenis hidangan.

14. Pizza Mini

Jualanan Jajanan Kekinian Pizza Mini

Ide Jualanan Jajanan Kekinian Pizza Mini (Credit: Freepik.com)

Kemudian ada versi kecil dari pizza dengan berbagai pilihan topping. Menjual Pizza Mini memiliki keunggulan dalam porsi yang sesuai untuk camilan atau makanan ringan.

15. Bakso Mercon

Rekomendasi usaha makanan kekinian selanjutnya ada bakso mercon, bakso super pedas yang disukai sebagian masyarakat Indonesia. Menjual Bakso Mercon dapat menjadi usaha yang menarik karena kepopuleran bakso di Indonesia dan keunikan rasa pedas yang dihadirkan.

16. Crepes

Usaha makanan kekinian selanjutnya adalah crepes, hidangan asal Prancis yang terdiri dari adonan tipis yang dilipat dan diisi dengan berbagai bahan, baik manis maupun gurih.

17. Pisang Nugget

Selanjutnya, pisang nugget, camilan yang terbuat dari pisang yang dipotong, dicampur dengan adonan, dan digoreng hingga berbentuk nugget. Menjual Pisang Nugget dapat menjadi pilihan yang menarik karena kepraktisan konsumsi dan cita rasanya yang unik jadikan pelanggan penasaran..

18. Seblak

Terakhir ada seblak, makanan khas bandung yang begitu populer di Indonesia. Terdiri dari berbagai bahan seperti kerupuk, makaroni, dan sayuran yang dimasak dengan saus khas.

Menjual Seblak dapat menjadi pilihan yang menarik karena cita rasa yang khas dan kepopulerannya sebagai makanan penggugah selera.

Keuntungan Usaha Makanan Kekinian

Ide Jualan Makanan Kekinian

Salah satu keuntungan usaha makanan kekinian adalah banyak dicari pelanggan (Credit: Freepik.com)

Berikut beberapa keuntungan bisnis usaha makanan kekinian:

  • Permintaan pasar tinggi karena popularitasnya menjadikan banyak orang yang penasaran.
  • Membuka keunikan dan keanekaragaman jenis usaha.
  • Memiliki potensi untuk mendapatkan keuntungan yang besar
  • Bisnis makanan kekinian seringkali mendorong inovasi dalam bisnis kuliner
  • Banyak makanan kekinian dikaitkan dengan gaya hidup sehat dan kebugaran, seperti smoothie bowl, salad organik, atau camilan sehat.

Tantangan Usaha Makanan Kekinian

berikut list tantangan umum dalam usaha makanan kekinian:

  • Usaha makanan kekinian umumnya sangat kompetitif dengan banyak pemain yang berlomba-lomba untuk menarik perhatian konsumen.
  • Tren dalam makanan kekinian bisa berubah dengan cepat. Sehingga Bisnis mungkin harus terus menganalisis tren pasar dan beradaptasi dengan cepat agar tetap relevan.
  • Konsumen makanan kekinian seringkali mengharapkan pelayanan yang cepat dan efisien. Untuk hal ini, Anda bisa menggunakan software kasir online Beepos, mempercepat layanan kepada konsumen dan terintegrasi dengan akunting. Bisnis sat set, keuangan aman tercatat. Klik banner di bawah ini untuk informasi selengkapnya!

Pakai Beepos Resto Bisa Bikin Pelayanan 2x Lebih Cepat Bahkan Saat Ramai

5 Hal Penting dalam Mengelola Bisnis Makanan

Ada 5 hal pokok yang wajib diperhatikan dalam mengelola bisnis makanan, yakni:

1. Cita Rasa dan Kualitas

Hal pertama adalah memastikan makanan memiliki cita rasa yang enak, dan berkualitas. Rasa yang lezat dan memuaskan pelanggan dapat menciptakan loyalitas pelanggan dan merekomendasi dari mulut ke mulut.

2. Kebersihan dan Keamanan Pangan

Selanjutnya, menjaga standar kebersihan dan keamanan pangan yang tinggi sangat penting. Pengelolaan risiko kontaminasi dan penyakit melalui kepatuhan terhadap regulasi kesehatan dan praktik kebersihan yang baik akan melindungi pelanggan dan reputasi bisnis.

3. Manajemen Persediaan Bahan Baku

Efisien dalam manajemen persediaan dapat membantu mengurangi pemborosan dan biaya. Memahami siklus hidup produk, mengelola stok dengan bijak, dan memastikan ketersediaan bahan baku yang memadai penting untuk menjaga kelancaran operasional.

4. Pelayanan

Keempat adalah berikan pelayanan pelanggan yang ramah, responsif, dan profesional untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Mendengarkan umpan balik pelanggan dan melakukan perbaikan berdasarkan masukan tersebut akan membantu membangun hubungan positif dengan pelanggan.

5. Pemasaran

Terakhir, bangun  merek yang kuat dan melakukan pemasaran yang efektif adalah kunci kesuksesan. Menyusun strategi pemasaran yang tepat, menggunakan media sosial, dan menciptakan identitas merek yang mengundang minat dapat membantu menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Semoga bermanfaat.

21 Macam Frozen Food Paling Laris dan Tips Suksesnya
Makanan frozen food adalah makanan yang telah diolah atau dimasak, kemudian dibekukan untuk menjaga kebersihan, mempermudah pengolahan dan memperpanjang masa
Baca Juga
28 Ide Bisnis Minuman Kekinian + Tipsnya
Minuman kekinian, fenomena yang tak bisa dihindari dalam dunia kuliner masa kini. Berbicara tentang minuman kekinian seakan membawa kita dalam
Baca Juga
21+ Ide Jualan Makanan 1000an Paling Laris Untung Besar
Mau buka bisnis makanan tapi bingung modal pas pasan? Berikut ide jualan makanan 1000an dan beberapa franchise makanan murah. Ide
Baca Juga
Cara Cepat Mengembangkan Bisnis F&B
Cara Mengembangkan Bisnis F&B - Bisnis F&B atau food and beverage kini semakin banyak diminati, terutama di kota-kota besar. Karena
Baca Juga
11 Ide Bisnis Makanan Kekinian dan Paling Laris 2023
Ingin memulai bisnis dan bingung mau cari ide bisnis makanan apa, simak beberapa rekomendasi di bawah ini. Lengkap dari mulai
Baca Juga
13 Jenis Kopi Laris Cocok untuk Bisnis Kedai Kopi Kekinian
Kebiasaan meminum kopi sebelum beraktivitas memang sudah terkenal sejak zaman dahulu. Membangun bisnis kedai kopi laris bisa Anda lakukan jika
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu