Logo Bee Web

Pengertian Sponsor dan Perannya dalam Membangun Awareness

Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Sunday, 26 February 2023

Sponsor dan Sponsorship telah menjadi bagian umum dalam kehidupan sehari-hari, dengan perannya yang kini telah melampaui aspek komersial.

Kegiatan sponsor bahkan turut masuk ke dalam lingkup sosial masyarakat, di mana beberapa perusahaan mengambilnya sebagai bagian dari kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).

Untuk lebih memahaminya, berikut ini penjelasan tentang pengertian sponsor yang bisa Anda pelajari :

Apa itu Sponsor?

Sponsor

Sponsorship atau sponsor adalah sebuah bentuk dukungan yang diberikan oleh suatu pihak kepada peristiwa, kegiatan, atau pihak lainnya. Sponsorship biasanya diberikan dalam bentuk uang, namun juga bisa berupa hibah atau peminjaman aset.

Dalam dunia komersial, sponsor adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan pengiklan yang membayar sebagian atau seluruh biaya kegiatan. Sponsorship bisa menjadi strategi pemasaran yang efektif bagi perusahaan untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan brand awareness.

Baca Juga: Pengertian, Jenis, dan Manfaat dari Brand Awareness

Dalam dunia media, sponsorship juga bisa diartikan sebagai pengiklan di program TV atau radio selama siaran berlangsung. Sponsor dalam bentuk ini dapat menjadi sumber pendapatan bagi stasiun televisi atau radio, sementara perusahaan yang menjadi sponsor dapat memanfaatkan media tersebut untuk memperluas jangkauan pasar dan membangun citra merek mereka.

Sponsor di media ini biasanya ditampilkan dalam bentuk iklan atau penyelipan logo atau produk sponsor dalam siaran tersebut.

Sponsorship juga bisa ditemukan pada kegiatan atau acara tertentu, di mana pihak sponsor menyumbangkan uang untuk mengelola acara tersebut. Sebagai timbal balik, orang atau penonton dalam kegiatan tersebut dapat melihat logo atau mendapatkan merchandise dari si pemberi dukungan.

Jenis-Jenis Sponsor

Sponsorship

Ada beberapa jenis sponsor yang dibedakan berdasarkan medianya (Sumber: Freepik.com)

Berikut ini terdapat 3 jenis sponsorship yang dapat dipilih oleh perusahaan :

1. Event Sponsorship

Event sponsorship merupakan strategi pemasaran dan dukungan yang diberikan pada acara yang dilakukan secara offline. Bentuk yang paling umum adalah dengan membuka stand dan menampilkan spanduk di sekitar area acara.

Contoh acara yang sering menggunakan event sponsorship adalah konser musik, jalan sehat, lomba sepak bola, dan berbagai jenis acara lainnya.

2. Brand Sponsorship

Brand sponsorship adalah salah satu teknik pemasaran yang bertujuan untuk mempromosikan produk atau merek melalui dukungan pada acara besar, penyebaran flyer, atau penayangan iklan di televisi.

Berbeda dengan event sponsorship yang bertujuan untuk mendukung berlangsungnya acara dan melakukan promosi, brand sponsorship merupakan taktik pemasaran yang dilakukan dengan mengadakan acara khusus yang dirancang untuk mempromosikan sesuatu.

3. Online Sponsorship

Online sponsorship adalah salah satu jenis sponsorship yang diberikan pada kegiatan yang dilakukan secara online. Contohnya adalah webinar dan kompetisi online yang semakin banyak diadakan.

Brand yang memberikan dukungan pada acara tersebut biasanya akan ditampilkan dalam acara tersebut, misalnya dengan menyebutkan produk, memperkenalkan merek, atau mengadakan giveaway dengan tetap memperkenalkan merek sponsor.

Manfaat Sponsor bagi Pebisnis

Cash Flow

Ada beberapa keuntungan yang didapatkan pebisnis dalam menjalin sponsorship, salah satunya meningkatnya pendapatan (Sumber: Freepik.com)

Sponsorship memberikan manfaat yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak, baik penerima maupun pemberi dukungan.

Berikut merupakan 4 poin manfaat sponsorship yang dapat diterima oleh perusahaan, di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan Kesadaran Masyarakat akan Brand Perusahaan

Dalam kerja sama sponsorship, pihak penerima biasanya memberikan kesempatan bagi perusahaan pemberi dukungan untuk memasang logo pada poster, banner, atau spanduk acara, bahkan membuka stand di lokasi acara.

Hal ini dapat membantu meningkatkan value brand awareness pada peserta yang hadir serta memudahkan perusahaan dalam mengenalkan produk dan jasa kepada target pasar yang sesuai.

Baca Juga: Strategi Menentukan Target Pasar yang Wajib Anda Ketahui

2. Meningkatkan Citra dan Reputasi Brand Perusahaan

Dengan memberikan sponsorship pada kegiatan positif, citra dan reputasi perusahaan dapat meningkat di mata masyarakat karena cakupan pengenalan produk dan perusahaan semakin luas dan dianggap memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Contoh kegiatan positif tersebut adalah kegiatan kemanusiaan yang dapat meningkatkan opini baik dari masyarakat terhadap perusahaan.

3. Menunjukkan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Terhadap Masyarakat

Dalam masyarakat, sponsorship merupakan salah satu bentuk dukungan perusahaan terhadap berbagai kegiatan yang diadakan. Contohnya, kegiatan bakti sosial, lomba anak-anak, dan pelatihan keahlian untuk umum dan mahasiswa.

Melalui dukungan tersebut, tujuan acara untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas masyarakat dapat tercapai, dan perusahaan dapat berkontribusi dalam pencapaian tujuan kemanusiaan tersebut.

4. Membuka Peluang untuk Meningkatkan Penjualan Produk atau Jasa Perusahaan

Dalam suatu acara, perusahaan dapat mendirikan stand untuk mempromosikan produk atau jasa yang mereka sediakan. Hal ini dapat menjadi peluang untuk meningkatkan penjualan, selain dari media penjualan reguler yang dilakukan setiap bulannya.

Untuk Anda yang bisnisnya sering mendirikan stand di suatu pameran, Anda bisa menggunakan aplikasi kasir ini sebagai sistem pencatatan pendapatan penjualan produk Anda selama pameran.

Pakai Beepos, Bisa Kontrol Kasir, Penjualan, Stok Secara Real Time

Aplikasi kasir Beepos Mobile yang ringkas ini sangat cocok untuk Anda yang bisnisnya mobile dan sering pindah tempat. Karena tidak butuh menyiapkan peralatan yang berat, cukup pakai HP kesayangan, Anda sudah bisa melakukan pencatatan jualan Anda.

Kriteria Memilih Sponsor yang Tepat

Rekonsiliasi Adalah

Ilustrasi Diskusi Sponsorship antara Dua Pihak (Sumber: Freepik.com)

Memilih sponsor yang tepat sangat penting untuk kesuksesan kampanye pemasaran. Ada beberapa kriteria yang harus dipertimbangkan dalam memilih sponsor yang tepat, yaitu kesesuaian nilai dan visi, relevansi target pasar dan audiens, potensi dampak positif bagi bisnis, serta ketersediaan dana dan sumber daya.

1. Kesesuaian Nilai dan Visi dengan Sponsor

Kesesuaian visi ini adalah kriteria utama yang harus dipertimbangkan. Pilihlah sponsor yang memiliki nilai dan visi yang sejalan dengan bisnis kamu agar lebih mudah untuk melakukan promosi dan menghasilkan dampak positif yang besar.

2. Relevansi Target Pasar dan Audiens

Yang kedua adalah relevansi target pasar dengan audienss sangat penting untuk memastikan bahwa sponsor yang dipilih dapat menjangkau audiens yang tepat dan relevan dengan bisnis kamu. Pastikan sponsor memiliki audiens yang sesuai dengan target pasar bisnis kamu agar kampanye pemasaran lebih efektif.

3. Potensi Dampak Positif bagi Bisnis

Selanjutnya adalah potensi dampak positif ke bisnis adalah kriteria yang tak kalah penting. Pilihlah sponsor yang memiliki potensi untuk meningkatkan visibilitas dan citra bisnis kamu.

Sponsor dengan brand yang sudah terkenal dan memiliki reputasi baik dapat membantu meningkatkan kredibilitas dan popularitas bisnis kamu.

4. Ketersediaan Dana dan Sumber Daya

Poin ini juga harus dipertimbangkan dalam memilih sponsor. Pastikan kamu memiliki dana dan sumber daya yang cukup untuk menunjang kerjasama dengan sponsor. Kerjasama yang baik akan membutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit, sehingga kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang.

Dalam memilih sponsor yang tepat, ada baiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu untuk menemukan sponsor yang sesuai dengan kriteria-kriteria di atas. Dengan memilih sponsor yang tepat, bisnis kamu dapat mendapatkan keuntungan yang besar dari kerjasama pemasaran yang dilakukan.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa sponsor merupakan salah satu faktor penting dalam kesuksesan sebuah bisnis. Sponsor dapat memberikan manfaat yang signifikan, mulai dari dukungan finansial hingga exposure yang lebih besar kepada target pasar.

Namun, untuk mendapatkan manfaat tersebut, penting untuk memilih sponsor yang tepat seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Di era digital saat ini, sponsor masih memiliki tantangan dan peluang tersendiri dalam memanfaatkan platform digital. Sebagai contoh, terdapat banyak pilihan platform digital seperti media sosial dan aplikasi mobile yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana promosi.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Marketing adalah Pemasaran, Ini Peran Pentingnya dalam Bisnis
Pernahkah Anda berpikir tentang makna di balik frasa marketing adalah? Dalam dunia yang semakin kompleks ini, konsep marketing memainkan peran
Baca Juga
Campaign Adalah: Meningkatkan Kesadaran Merek dan Penjualan
Campaign adalah sebuah kampanye periklanan yang penting dalam strategi pemasaran suatu produk atau layanan. Melalui campaign, perusahaan dapat mempromosikan merek
Baca Juga
Apa Fungsi Iklan Bagi Bisnis? Ini Penjelasannya
Pernah bertanya-tanya apa fungsi iklan bagi bisnis sebenarnya? Apakah hanya untuk promosi atau ada hal lain yang bisa dicapai dengan
Baca Juga
9 Strategi Pemasaran Online Paling Jitu
Sudah saatnya pebisnis memahami apa saja strategi pemasaran online, guna meningkatkan jumlah penjualan mereka. Sebab, kini berbisnis tidak hanya bisa
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Mengenal Strategi Segmentation Targeting Positioning (STP)
Segmentation targeting positioning atau yang disingkat dengan STP adalah salah satu konsep yang sangat penting untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu