Logo Bee Web

Endorse: Pengertian, Manfaat, Tips Memilih dan Tarifnya

Endorse adalah strategi pemasaran sebuah bisnis denga menggaet sejumlah publik figur agar bisnisnya mudah dilirik oleh calon konsumen
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 28 February 2023

Endorse menjadi salah satu strategi pemasaran yang populer dan efektif untuk mempromosikan produk atau jasa. Banyak perusahaan atau brand yang menggunakan endorsement sebagai salah satu cara untuk meningkatkan awareness dan kepercayaan konsumen terhadap produk yang mereka tawarkan.

Namun, meskipun endorsement dapat memberikan banyak keuntungan, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu tentang apa itu endorsement dan bagaimana cara kerjanya.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap mengenai pengertian endorse, manfaatnya, serta tips dalam memilih public figure untuk endorsement.

Pengertian Endorse

Endorse Adalah

Potret Seorang Influencer Sedang Melakukan Endorse (Credit: Freepik.com)

Endorse adalah istilah dalam bahasa Inggris yang merujuk pada tindakan memberikan dukungan atau rekomendasi terhadap seseorang atau sesuatu. Dalam konteks promosi produk atau jasa, endorse dapat diartikan sebagai tindakan memperkenalkan produk atau jasa kepada masyarakat luas melalui rekomendasi atau testimoni dari selebriti atau tokoh terkenal.

Secara sederhana, endorse adalah dapat diibaratkan sebagai memberikan tanda setuju atau persetujuan terhadap suatu hal.

Misalnya, jika seseorang mengatakan "Saya endorse film ini, sangat bagus dan patut ditonton!", maka artinya orang tersebut merekomendasikan film tersebut kepada orang lain karena menurutnya film tersebut bagus dan layak ditonton.

Dalam dunia media sosial, endorse seringkali dilakukan oleh para influencer atau selebriti dengan membagikan foto atau video dengan menggunakan produk tertentu atau dengan memberikan ulasan positif terhadap produk tersebut.

Dengan begitu, endorse dapat membantu meningkatkan popularitas dan penjualan produk atau jasa tersebut.

Baca Juga: Apa itu Endorse Dalam Promosi Online?

Manfaat Endorsement

Dalam dunia pemasaran, endorsement atau endorse adalah dukungan dari selebriti atau tokoh terkenal sering kali digunakan untuk memperkenalkan produk atau jasa kepada masyarakat luas. Dengan endorsement, produk atau jasa dapat mendapatkan rekomendasi dari orang-orang yang dihormati dan memiliki pengaruh di bidangnya.

Berikut manfaat endorsement lebih detail, antaranya:

Revenue

Salah Satu Keuntungan Menggunakan Jasa Endorse Adalah Pendapatan Meningkat (Credit: Freepik.com)

1. Endorse Dapat Menciptakan Brand-Awareness

Endorsement dapat membantu menciptakan brand awareness atau kesadaran merek bagi produk atau jasa tertentu.

Ketika produk atau jasa direkomendasikan oleh seseorang yang terkenal atau dihormati, hal ini dapat meningkatkan kesadaran merek dan membuat orang lebih tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang produk atau jasa tersebut.

2. Endorse Dapat Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Endorsement juga dapat membantu menjangkau pasar yang lebih luas. Ketika produk atau jasa direkomendasikan oleh seseorang yang memiliki banyak pengikut atau fans di media sosial, hal ini dapat membantu memperluas jangkauan produk atau jasa tersebut kepada orang-orang yang sebelumnya tidak mengetahuinya.

3. Meningkatkan Penjualan

Endorsement dapat memberikan dampak positif pada penjualan produk atau jasa. Ketika produk atau jasa direkomendasikan oleh seseorang yang dihormati atau terkenal, hal ini dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dan memotivasi mereka untuk membeli produk atau jasa tersebut.

4. Meningkatkan Kredibilitas

Endorsement juga dapat membantu meningkatkan kredibilitas produk atau jasa. Ketika produk atau jasa direkomendasikan oleh seseorang yang memiliki pengaruh atau otoritas di bidangnya, hal ini dapat memberikan kepercayaan tambahan pada produk atau jasa tersebut dan meningkatkan kredibilitas merek.

5. Menghasilkan Word of Mouth

Endorsement dapat menghasilkan word of mouth atau rekomendasi dari mulut ke mulut. Ketika produk atau jasa direkomendasikan oleh seseorang yang memiliki pengaruh atau otoritas, orang lain dapat lebih cenderung untuk berbicara tentang produk atau jasa tersebut dengan orang lain dan merekomendasikannya kepada mereka.

Hal ini dapat membantu meningkatkan popularitas dan penjualan produk atau jasa secara organik.

Tips Penting Sebelum Memilih Public Figure Untuk Endorsement

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Public Figure untuk Endorsement
Sebelum melakukan endorsement, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih public figure yang tepat agar kampanye promosi dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih public figure untuk endorsement.

Instagram

Contoh Salah Satu Public Figure dengan Follower Terbanyak (Credit: Instagram @Selenagomez)

1. Jumlah Follower

Saat memilih public figure untuk endorsement, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah jumlah follower atau pengikut yang dimiliki. Semakin banyak jumlah follower, semakin luas jangkauan endorsement dan semakin banyak orang yang akan terpapar dengan produk atau jasa yang dipromosikan.

2. Engagement Rate

Selain jumlah follower, engagement rate atau tingkat keterlibatan juga penting untuk diperhatikan. Engagement rate mengukur seberapa aktif pengikut public figure dalam berinteraksi dengan konten yang dibagikan. Jika engagement rate tinggi, maka endorsement akan lebih efektif dalam menarik perhatian dan menjangkau target pasar.

3. Persona

Persona atau citra publik public figure juga perlu diperhatikan. Pastikan persona public figure sesuai dengan merek atau produk yang ingin dipromosikan. Jangan sampai citra publik public figure berlawanan dengan citra merek atau produk yang ingin dipromosikan.

4. Harga

Harga endorsement yang ditawarkan public figure juga perlu diperhatikan. Pastikan harga yang ditawarkan sesuai dengan anggaran yang dimiliki dan sesuai dengan tingkat popularitas dan keterlibatan public figure.

5. Kesesuaian dengan Brand

Terakhir, pastikan public figure yang dipilih sesuai dengan merek atau produk yang ingin dipromosikan. Public figure harus dapat mewakili merek atau produk dengan baik dan sesuai dengan nilai dan tujuan merek atau produk tersebut.

Hal ini akan memastikan endorsement efektif dalam meningkatkan kesadaran merek dan penjualan.

Tarif Jasa Endorse

Tarif jasa endorse di Instagram dapat berbeda-beda tergantung pada popularitas dan pengaruh dari public figure atau selebriti yang digunakan untuk endorsement. Berikut ini perkiraan atau estimasi tarif jasa endorse di Instagram dikutip dari kompas.com:

1. Upload Foto Instagram

Berikut adalah tarif jasa endorse untuk unggahan foto influencer di Instagram, yang dibedakan ke dalam 8 kategori berdasarkan jumlah views dan pengaruh. Kategori tersebut meliputi:

  • Micro I (dengan views sekitar 1.659 dan tarif rata-rata Rp 1.321.454)
  • Micro II (dengan views sekitar 3.651 dan tarif Rp 1.850.630)
  • Micro III (dengan views sekitar 7.277 dan tarif Rp 2.557.654),
  • Macro I (dengan views sekitar 15.587 dan tarif Rp 4.522.451)
  • Macro II (dengan views sekitar 35.933 dan tarif Rp 7.220.000)
  • Premium I (dengan views sekitar 62.029 dan tarif Rp 9.500.000)
  • Premium II (dengan views sekitar 87.986 dan tarif Rp 9.900.000)
  • dan Celebrity (dengan views sekitar 345.020 dan tarif Rp 16.702.703). Perlu diingat bahwa tarif jasa endorse bisa berbeda-beda tergantung pada banyak faktor seperti durasi promosi, kesesuaian dengan brand, dan lain-lain.

2. Upload Video Instagram

Berikut adalah kategori, rata-rata views, dan tarif untuk unggahan video influencer di Instagram:

Baca Juga: 7 Tips Promosi di Instagram Untuk Pemula

  • Kategori Micro I dengan views sekitar 1.596 tarif rata-rata Rp 2.760.526
  • Kategori Micro II dengan views sekitar 3.650 tarifnya Rp 4.188.690
  • Kategori Micro III dengan views sekitar 7.461 tarifnya Rp 547.059
  • Kategori Macro I dengan views sekitar 15.804 tarifnya Rp 7.749.419
  • Kategori Macro II dengan views sekitar 35.722 tarifnya Rp 12.331.132
  • Premium I dengan views sekitar 61.023 tarifnya Rp 13.107.143
  • Premium II dengan views sekitar 86.742 tarifnya Rp 18.970.588
  • Celebrity dengan views sekitar 357.758 tarifnya Rp 27.718.750.

Inilah tarif yang umumnya dikenakan untuk berbagai kategori influencer yang berbeda di Instagram, dengan harga yang bervariasi tergantung pada jumlah views dan popularitas dari masing-masing kategori.

3. Upload Stories Instagram

Di bawah ini adalah kategori, rata-rata views, dan harga untuk unggahan video influencer di Instagram:

  • Kategori Micro I dengan views sekitar 1.596 dan harga rata-rata Rp 2.760.526
  • Kategori Micro II dengan views sekitar 3.650 dan harga Rp 4.188.690
  • Kategori Micro III dengan views sekitar 7.461 dan harga Rp 547.059
  • Kategori Macro I dengan views sekitar 15.804 dan harga Rp 7.749.419
  • Kategori Macro II dengan views sekitar 35.722 dan harga Rp 12.331.132
  • Premium I dengan views sekitar 61.023 dan harga Rp 13.107.143
  • Premium II dengan views sekitar 86.742 dan harga Rp 18.970.588
  • Celebrity dengan views sekitar 357.758 dan harga Rp 27.718.750

Itulah harga yang biasanya diterapkan untuk berbagai kategori influencer yang memposting video di Instagram, dan harga bisa berbeda tergantung pada jumlah views dan popularitas dari setiap kategori. Ingat endorse adalah promosi sehingga butuh biaya dalam melakukannya.

Sudah saatnya bisnis Anda berkembang dan scale up secara berkala. Jangan terpaku sama urusan keuangan yang tak kunjung usai karena banyak yang rancu, banyak yang tidak klop. Cara sederhanya, Anda bisa menggunakan software akuntansi Beeaccounting. Tinggal klik-klik laporan keuangan langsung jadi.

Beeaccounting Catat Jual Beli Bayar Langsung Jadi Laporan Keuangan

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Iklan Penawaran: Tujuan, Cara, dan Contohnya
Iklan penawaran merupakan salah satu strategi pemasaran yang cukup populer untuk iklan promosi produk atau jasa. Iklan penawaran biasanya digunakan
Baca Juga
Perilaku Konsumen, Definisi, Teori, Faktor, Hingga Contohnya
Ternyata perilaku konsumen adalah salah satu hal penting yang harus pemilik usaha pelajari. Setiap pembelian barang atau jasa melalui beberapa
Baca Juga
Product Branding: Pengertian, Manfaat dan Strateginya
Hampir semua snack di Indonesia ini disebut dengan nama “ciki”, meskipun mereknya bukan itu. Ini adalah suatu bukti bahwa merek
Baca Juga
9 Strategi Market Penetration, Pengertian & Manfaatnya
Dalam lanskap bisnis yang kompetitif saat ini, Market Penetration adalah strategi yang penting bagi perusahaan yang ingin memperluas pangsa pasar
Baca Juga
10 Tips Membuat Booklet yang Efektif untuk Bisnis
Apakah Anda tahu apa itu booklet? Dalam era digital yang semakin maju seperti saat ini, banyak bisnis yang mengandalkan strategi
Baca Juga
11 Strategi Digital Marketing Untuk Brand Awareness
Akhir-akhir ini, banyak perusahaan yang memakai pemasaran online dengan beberapa strategi digital marketing. Konsep pemasaran ini tujuannya menaikkan penjualan produk
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu