Disc. 11% khusus Ritel & Distributor
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Pengertian, Jenis, dan Manfaat dari Brand Awareness

Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 21 September 2022

Kemampuan konsumen dalam mengingat atau mengenali suatu merek menjadi salah satu hal yang mempengaruhi keputusannya saat akan membeli produk. Nah, hal itulah yang dinamakan manfaat dari brand awareness.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas seputar brand awareness mulai dari pengertian hingga manfaatnya, mengingat hal ini sangat dibutuhkan dalam suatu bisnis barang maupun jasa.

Pengertian Brand Awareness

Pengertian Brand Awareness

Ilustrasi Komputer dengan Tulisan Brand (Sumber: Freepik.com)

Brand awareness atau dikenal juga dengan sebutan kesadaran merek adalah kemampuan konsumen dalam mengingat dan mengenali suatu merek atau brand hanya dengan melihat sesuatu. Baik berupa tagline, logo, warna, image, atau lainnya yang mampu menggambarkan identitas merek.

Tujuan dari brand awareness yakni meningkatkan loyalitas pelanggan melalui berbagai cara. Misalnya, saat melihat pengendara motor yang memakai helm dan jaket hijau, maka yang terlintas adalah platform ojek online.

Contoh lainnya, jika akan membeli air minum, maka yang terlintas dalam pikiran yakni salah satu merek air mineral yang ada di Indonesia.

Jenis-jenis Brand Awareness

  • Pengakuan Merek

Pengakuan merek merupakan kondisi dimana konsumen dapat membedakan dan mengenali suatu merek dari merek lainnya, berdasarkan brand identity milik produk/jasa tertentu.

Jenis brand awareness ini berfokus pada apakah pelanggan mampu mengenali saat ditampilkan atau ditanyai sebuah merek produk barang atau jasa tertentu. Jadi, pengakuan merek tidak mengharuskan konsumen untuk mengingat suatu brand.

  • Brand Recall

Jenis brand awareness yang kedua ini merupakan penarikan konsumen kembali ke dalam suatu brand, melalui cara yang spontan. Misalnya, dari benak atau ingatan pelanggan dengan kategori barang atau jasa tertentu.

Benak pelanggan atau calon pelanggan umumnya dipengaruhi oleh sejumlah faktor, seperti penggunaan, strategi pemasaran yang digunakan perusahaan, hingga tingkat pendidikan.

  • Top-of-mind Awareness

Top-of-mind awareness merupakan pelanggan atau calon pelanggan yang memprioritaskan pada mereka tertentu saat berbelanja atau menggunakan barang/jasa.

Baca Juga: Strategi Promosi Kreatif dan Kekinian Untuk Meningkatkan Omset

Manfaat dari Brand Awareness

Manfaat Dari Brand Awareness

Ilustrasi Manfaat Brand Awareness (Sumber: Freepik.com)

Seiring dikenalnya bisnis, maka manfaat brand awareness akan semakin terasa. Sebab, awareness atau kesadaran yang kuat dapat menunjang tercapainya target yang terdapat dalam rencana bisnis.

Hal itu dikarenakan brand awareness bagaikan ā€˜ujung tombakā€™ dalam pemasaran, sehingga keberhasilannya menyebabkan manfaat yang menguntungkan seperti berikut ini.

  • Meningkatkan Kesadaran dan Eksistensi Brand

Manfaat brand awareness yang pertama yaitu meningkatkan kesadaran masyarakat dan eksistensi terhadap suatu merek atau brand.

Melalui brand awareness, suatu mereka mampu meningkatkan kemampuan konsumen pada hal-hal yang identik pada merek, seperti warna, gambar, logo, tagline, dan lain sebagainya.

Ketika pelanggan atau calon pelanggan menyadari hal tersebut, maka mereka akan cepat dalam mengambil keputusan untuk membeli dan menggunakan produk yang dimaksud.

  • Meningkatkan Kepercayaan

Manfaat dari brand awareness yang kedua yakni mampu membangun kepercayaan konsumen, karena membuat bisnis Anda mempunyai identitas yang khas dan mampu menggambarkan keunggulan yang dimiliki brand.

Selain itu, brand awareness juga mampu menceritakan kisah seputar merek bisnis.

  • Meningkatkan Nilai Jual

Salah satu cara meningkatkan brand awareness adalah melalui branding. Apabila peningkatan brand awareness didukung dengan kualitas produk yang baik, konsumen akan tetap membeli produk milik Anda meskipun harganya telah dinaikkan.

Dengan catatan, kenaikan harga tersebut masih dalam batas yang wajar dan bersaing dengan kompetitor lainnya.

Terdapat banyak cara untuk meningkatkan nilai jual, seperti dengan menjual dalam bundling, menciptakan kemasan yang unik, dan lain sebagainya.

  • Menarik Pelanggan Baru

Apabila dilakukan branding yang dapat meninggalkan kesan yang baik, tidak menutup kemungkinan terdapat banyak pelanggan baru. Apalagi, jika produk milik Anda memiliki kualitas yang baik dan mampu memenuhi keinginan pelanggan.

Hal tersebut didasari pada hukum pemasaran yang menyebutkan bahwa satu pelanggan yang puas dengan brand Anda, akan membuat sepuluh orang disekitarnya untuk menggunakan brand yang sama.

  • Menciptakan Jaringan

Brand awareness mampu menciptakan jaringan seperti komunitas yang dapat dimanfaatkan untuk menyebarkan informasi lebih luas. Nah, jaringan inilah yang mampu meningkatkan kesadaran pelanggan atau calon pelanggan.

Baca Juga: Biaya Admin Tokopedia Seller dan Cara Perhitungannya

Kesimpulan

Manfaat dari brand awareness sangat banyak bukan? Oleh karena itu, jika Anda adalah pengusaha, sangat penting untuk mengatur strategi supaya meningkatkan kesadaran merek di kalangan konsumen atau calon konsumen.

Jika Anda baru memiliki usaha atau brand, sangat wajib untuk membuat strategi promosi. Promosi yang berhasil dapat membuat usaha atau brand Anda terus terpatri di benak khalawak umum. Hal ini juga bisa menjadi faktorĀ uniqnessĀ dibandingkan dengan kompetitor Anda lainnya. Dengan demikian brand atau usaha Anda akan lebih menonjol.

Strategi promosi dilakukan dengan tujuan meningkatkan permintaan, menjangkau konsumen baru, menstimulus pembelian kembali dengan kuantitas lebih banyak dan menciptakanĀ goodwill,Ā memberi pengaruh terhadap keputusan pembelian produk/jasa, menjaga loyalitas konsumen dan strategi bersaing dengan kompetitor.

Untuk mempermudah dalam menyusun promosi, gunakanĀ Software Kasir Online. Jangan mau kalah dengan toko sebelah jaringan nasional yang punya banyak Promo. Promo seperti limit waktu hari/jam tertentu, syarat pembelanjaan, min/max Qty, khusus member, dll. DenganĀ Software Kasir Online BeeposĀ sekarang anda bisa!

Setting promosi semua cabang terpusat! Coba gratis 14 hari denganĀ klik di siniĀ atau klik gambar di bawah ini.

Setting-Promosi-Semua-Cabang-Terpusat-dengan-Beepos

Endorse: Bentuk Promosi dengan Mempengaruhi Orang Lain
Bagi sejumlah orang, endorse adalah sumber penghasilan yang cukup menjanjikan. Bahkan, ada juga orang yang menjadikannya sebagai penghasilan utama. Lantas, […]
Baca Juga
Bisnis Waralaba: Sejarah Singkat, Kelebihan, dan Kelemahannya
Bisnis waralaba (franchise) adalah sebuah perjanjian mengenai metode pendistribusian barang dan jasa kepada konsumen. Berikut ini yang termasuk pihak dalam […]
Baca Juga
Inspirasi Bisnis Online Modal Kecil: Menguntungkan Banget!
Saat ini, bisnis yang menguntungkan tidak selalu dikerjakan secara offline atau luring. Namun, bisnis online modal kecil juga tidak kalah […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright Ā© 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu