⌛️ Besok Terakhir, Diskon 15% untuk Distributor!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Pengertian Promotion Mix, Komponen dan Manfaatnya bagi Bisnis

Promotion mix adalah langkah strategis yang dilakukan oleh perusahaan untuk dapat menjangkau konsumen yang lebih luas agar penjualan naik.
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 1 June 2023

Berbagai cara dilakukan oleh perusahaan supaya penjualan produknya dapat meningkat dari waktu ke waktu, salah satunya melalui promotion mix. Dalam strategi promosi tersebut, perusahaan akan menerapkan elemen 7P yang terdiri dari 4P dan 3P.

Promotion mix atau marketing mix menjadi langkah strategis yang ditempuh oleh perusahaan untuk melakukan pendekatan agar pasarnya lebih luas. Perusahaan akan mengoptimalkan berbagai cara promosi supaya dapat memperluas target pasar produknya.

Apa Itu Promotion Mix?

Promotion Mix

Komponen dan elemen dari promotion Mix (Credit: electricalworkbook.com)

Pengertian promotion mix adalah langkah strategis perusahaan untuk memperluas pasar produknya melalui penerapan berbagai macam metode pemasaran. Cara marketing seperti ini dikenal juga sebagai bauran pemasaran.

Metode pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan dalam bauran marketing ini terdiri dari 7P, yang merupakan penggabungan 4P dan 3P. Perusahaan harus menggabungkan semua metode tersebut secara tepat supaya bisa memperluas target pasar.

Baca Juga: Contoh Strategi Pemasaran 4P beserta Penjelasannya (Lengkap!)

Promosi dilakukan dengan memadukan berbagai alat, media dan berbagai metode tertentu dengan tujuan memperluas target market, sehingga jumlah produk yang dijual juga meningkat. Dengan cara seperti itu, maka keuntungan yang didapatkan perusahaan juga lebih banyak.

Komponen Promotion Mix

Berikut ini penjelasan tentang 7P dalam komponen dari promotion mix adalah sebagai berikut:

1. Promotion Mix: Products (Produk)

Pengertian produk adalah segala bentuk dari hasil kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan, yang kemudian ditawarkan kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Agar produk dapat dilirik oleh konsumen dan dibeli, perusahaan harus membuatnya berbeda.

Produk yang dapat menarik perhatian konsumen adalah yang memiliki keunikan dan ciri khas yang berbeda dari lainnya. Keunikan dan ciri khas tersebut dapat dituangkan oleh perusahaan melalui dua hal, yaitu visual dan kualitas.

2. Price (Harga)

Komponen pemasaran yang kedua adalah price atau harga produk. Harga merupakan faktor penting yang akan dipertimbangkan oleh konsumen ketika membeli suatu produk. Pengertian harga adalah jumlah uang yang harus dibayarkan oleh pembeli kepada penjual.

Konsumen menginginkan harga yang sepadan dengan produk yang didapatkannya. Konsumen tidak selalu menginginkan harga yang murah tapi kualitasnya buruk. Meskipun harganya mahal tetapi jika kualitas yang didapatkan konsumen sepadan, mereka akan cenderung melakukan pembelian ulang.

3. Promotion Mix: Place (Tempat)

Yang ketiga adalah place atau tempat. Mudahnya, place adalah lokasi atau tempat dimana perusahaan menjual produknya. Jika ingin mendapatkan pasar yang lebih luas, tentu saja produk harus dijual pada lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh masyarakat.

Faktor lain yang harus dipertimbangkan oleh perusahaan saat memilih lokasi menjual produknya adalah siapa yang menjadi target pasarnya. Misalnya, lokasi di dekat area perkantoran sangat cocok bagi produk-produk penunjang aktivitas karyawan seperti restoran, kafe, gym dan sebagainya.

4. Promotion (Promosi)

Komponen yang selanjutnya yaitu promosi atau promotion. Apa yang dimaksud promosi itu? Secara umum, promosi dapat diartikan sebagai serangkaian aktivitas perusahaan untuk memasarkan produk melalui berbagai media.

Promosi dapat dilakukan dengan memberikan diskon misalnya, voucher pembelian produk, iklan dan lain sebagainya. Promosi menjadi ujung tombak dalam marketing supaya masyarakat yang berperan sebagai konsumen lebih mengenal produk yang ditawarkan.

Baca Juga: Strategi Promosi Kreatif dan Kekinian Untuk Meningkatkan Omset

5. Promotion Mix: People (Orang)

Selanjutnya, dalam promotion mix juga harus memperhatikan sumber daya manusia atau SDM yang dimiliki perusahaan. Tidak dapat dipungkiri bahwa sumber daya manusia atau dalam hal ini adalah karyawan menjadi faktor yang sangat berpengaruh pada kemajuan perusahaan.

Kemajuan perusahaan, termasuk dalam menerapkan strategi pemasaran bauran, tidak mungkin bisa tercapai dengan baik jika karyawan pada divisi marketing tidak menguasai strateginya. Artinya, perusahaan harus merekrut karyawan yang memang memiliki keahlian sesuai bidangnya.

Selain mempunyai kompetensi, karyawan hendaknya juga memiliki performa dan attitude yang baik agar konsumen yakin dengan apa yang ditawarkannya. Karyawan juga harus mempunyai tingkat loyalitas yang tinggi untuk meningkatkan kemajuan perusahaan bersama-sama.

6. Promotion Mix: Process (Proses)

Proses adalah seluruh tahapan yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Proses dimulai dari saat konsumen melakukan pemesanan atau order sampai dengan mereka mendapatkan barang atau jasa yang dibutuhkannya.

7. Physical Evidence (Penampilan Fisik)

Hal yang tidak kalah penting dalam bauran pemasaran adalah penampilan fisik tempat usaha. Disadari atau tidak, bagaimana penampilan fisik bangunan tempat usaha atau kantor perusahaan ikut mempengaruhi persepsi konsumen.

Konsumen cenderung lebih percaya untuk membeli produk dari tempat usaha yang memiliki penampilan fisik bagus. Jika jenis usaha Anda berupa kafe, resto, penginapan dan sejenisnya, dapat juga membuat desain bangunan yang unik supaya lebih menarik perhatian konsumen.

Manfaat dari Melakukan Promotion Mix

Sosial Media Campaign

Salah satu manfaat dari promotion mix adalah meningkatkan program campaign (Credit: Freepik.com)

Selain untuk meningkatkan jumlah penjualan dan profit, penerapan promotion atau marketing mix dapat memberikan manfaat sebagai berikut.

1. Promotional Campaign Meningkat

Dengan menerapkan 7P maka pemasaran dapat berjalan lebih efektif dan hemat biaya karena disusun dengan strategi yang tepat. Promosi hanya dilakukan pada tempat, waktu dan target pasar yang sesuai dengan produk yang ditawarkan sehingga pemasaran berjalan lebih efisien.

2. Memudahkan Segmentasi Pasar

Penting bagi sebuah bisnis dan perusahaan untuk mengetahui secara tepat siapa saja target pasar yang sesuai dengan produknya. Promosi campuran ini dapat membantu perusahaan lebih mudah membuat pemetaan segmen pasar yang tepat untuk produk yang akan dijualnya.

3. Membedakan Produk dengan Merek Lainnya

Bagaimana agar konsumen lebih memilih untuk membeli dan menggunakan produk Anda?Salah satunya adalah dengan menerapkan 7P tersebut secara tepat agar produk Anda memiliki ciri khas yang berbeda dengan merek lainnya.

Tips Menerapkan Promotion Mix

Jika Anda adalah pelaku usaha ataupun pemilik bisnis, jangan menunda untuk menerapkan promosi campuran tersebut agar perusahaan menjadi maju. Perusahaan dapat menerapkan metode marketing mix dengan berbagai cara, diantaranya adalah melalui :

1. Cari Jenis Produk yang Dibutuhkan Orang Banyak

Produk Anda akan laris manis jika dibutuhkan oleh orang banyak, tanpa melihat usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, tempat tinggal dan sebagainya. Contoh produk seperti ini misalnya makanan dan minuman.

 2. Berikan Harga Produk yang Masih Bisa Dijangkau Masyarakat

Berada di masa resesi pasca pandemi membuat tingkat penghasilan masyarakat mengalami penurunan, sehingga daya beli juga ikut turun. Jadi, sebaiknya Anda menjual produk-produk yang harganya masih bisa dijangkau oleh masyarakat luas.

3. Cari Tempat Usaha yang Strategis

Bisnis Anda memerlukan lokasi yang strategis supaya mudah diakses oleh konsumen. Perhatikan juga siapa segmen pasar yang dituju ketika memilih lokasi bisnis. Contohnya, kalau membuka usaha fotokopi maka tempat yang tepat adalah di sekitar sekolah, kampus dan kantor.

4. Susun Strategi Pemasaran yang Efektif

Selanjutnya, salah satu tujuan dari promotion mix adalah untuk mendapatkan konsumen sebanyak mungkin, Sehingga Anda harus membuat strategi pemasaran yang efektif. Strategi pemasaran sangat penting untuk membantu bisnis memenangkan kompetisi meraih lebih banyak konsumen.

Jangan lupa kelola dan manajemen keuangan terlebih dulu sebelum menyusun strategi pemasaran yang akan digunakan, dimana keuangan ini akan berperan untuk menganalisa bagaimana promosi ini akan direalisasi dan menghasilkan keuntungan.

Sudah tidak menjadi rahasia umum lagi jika bisnis memang perlu melakukan promosi agar produknya dikenal dan dibeli, sedangkan untuk promosi bisnis membutuhkan biaya. Yuk kelola keuangan bisnis dengan lebih mudah dan menguntungkan dengan sotware akuntansi online Beecloud.

Manajemen dan analisa anggaran bisnis dengan lebih mudah berdasarkan kondisi keuangan bisnis Anda, cek informasi selengkapnya pada banner di bawah ini:

Beecloud Solusi Terbaik Untuk Analisa Data Penjualan Dan Optimasi Promosi Bisnis Anda

Kesimpulannya, Promotion mix adalah salah satu cara yang efektif yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk memperluas target marketnya. Dengan meluasnya target market maka jumlah konsumen yang dapat dijangkau juga akan bertambah, yang akhirnya bisa menambah jumlah keuntungan.

Artikel Terkait

Ekonomi Kreatif: Pengertian, Ciri, Jenis dan Contohnya Lengkap
Ekonomi kreatif adalah hal yang sering dibahas di era digital ini. Dengan konsep bisnis kreatif menjadikan masyarakat tertarik melakukannya dan
Baca Juga
Apa itu Endorse Dalam Promosi Online?
Sejak media sosial dijadikan salah satu sarana promosi, bermunculan berbagai istilah salah satunya endorse. Apa itu endorse? Sejauh mana perannya
Baca Juga
10 Tahapan Rebranding Produk dan yang Perlu Dipertimbangkan
Rebranding adalah istilah yang diambil dari Bahasa Inggris, re berarti kembali dan ‘Branding´ bisa diartikan sebagai merek atau sebuah identitas
Baca Juga
9 Strategi Market Penetration, Pengertian & Manfaatnya
Dalam lanskap bisnis yang kompetitif saat ini, Market Penetration adalah strategi yang penting bagi perusahaan yang ingin memperluas pangsa pasar
Baca Juga
Perilaku Konsumen, Definisi, Teori, Faktor, Hingga Contohnya
Ternyata perilaku konsumen adalah salah satu hal penting yang harus pemilik usaha pelajari. Setiap pembelian barang atau jasa melalui beberapa
Baca Juga
5+ Cara Sukses Strategi SEM (Search Engine Marketing)
SEM adalah singkatan dari search engine marketing, strategi pemasaran yang menggunakan iklan berbayar yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas merek di
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu