Web Logo Bee
Penulis: Lutfatul Malihah

Apa Fungsi Iklan Bagi Bisnis? Ini Penjelasannya

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Friday, 30 December 2022

Pernah bertanya-tanya apa fungsi iklan bagi bisnis sebenarnya? Apakah hanya untuk promosi atau ada hal lain yang bisa dicapai dengan menggunakan iklan? Jawabannya sederhana Iya.

Sebagai seorang pebisnis sudah selayaknya paham apa fungsi iklan bagi bisnis, karena dengan memahaminya pebisnis akan lebih mudah mengembangkan bisnis dengan menggunakan iklan. Apa saja fungsi iklan bagi bisnis?

Simak informasi selengkapnya pada artikel di bawah ini:

Apa Fungsi Iklan Bagi Bisnis dan Perkembangannya?

Apa Fungsi Iklan

Ilustrasi Fungsi Iklan bagi Bisnis yang Ingin Berkembang (Sumber: Freepik.com)

Sebenarnya ada banyak sekali fungsi iklan bagi sebuah bisnis baik secara sadar maupun tidak sadar, berikut rangkungan sederhana fungsi dari iklan bagi perkembangan bisnis:

1. Memberikan Informasi

Fungsi iklan pertama bagi bisnis adalah memberikan informasi kepada audience atau seorang calon konsumen tentang adanya sebuah produk yang bisa membantu dan memenuhi kebutuhan mereka.

Karena, pada dasarnya iklan merupakan sebuah informasi yang ditujukan kepada khalayak umum agar mereka mengetahui hal baru yang akan disampaikan. Sama halnya bagi bisnis iklan bisa membantu sebuah perusahaan mempromosikan informasi produk mereka.

2. Fungsi Iklan Sebagai Ajakan Kepada Konsumen

Contoh Iklan Ajakan

Contoh Iklan Ajakan (Sumber: Broonet.com)

Selain menjadikan ajang perkenalan produk, iklan yang menarik juga bisa menjadikan konsumen terasa diajak untuk menggunakan atau membeli produk yang diiklankan.

Sehingga dari hal ini bisa dikatakan jika iklan bisa menjadi media ajakan kepada konsumen untuk segera menggunakan produk. Karena pada dasarnya seorang konsumen akan mengenali terlebih dahulu produk yang akan dibeli oleh mereka.

Dengan efek visual yang kuat dan iklan yang menarik setidaknya mampu memberikan efek pada ingatan mereka tentang produk yang sedang ditawarkan.

Iklan yang sukses mengajak audience-nya biasanya merupakan sebuah iklan yang kreatif dengan kombinasi pesan dan visual yang mencolok namun masih nyaman dipandang.

3. Mengikuti dan Menaikkan Tren

Perkembangan dunia digital menjadikan banyak sekai tren yang tiba-tiba muncul dan menghilang. Sehingga sebagai seorang pebisnis yang ingin mengenalkan produk sebaiknya memiliki minat untuk mengikuti tren atau menaikan sebuah tran khusus.

Untuk mengikuti tren, bisa dengan membuat sebuah konten kekinian namun tidak berlebihan. Dengan mengikuti tren perusahaan juga bisa menjadi lebih dekat dengan konsumen dan hal ini bisa menjadi sebuah peluang untuk rasa percaya seorang konsumen kepada perusahaan.

Sedangkan jika sebuah perusahaan ingin mencoba menaikkan tren bisa dengan menggunakan iklan dengan tagar tertentu yang bisa diikuti masyarakat umum. Seperti pada perusahaan Aqua dengan tagarnya '#Aquadulu' menjadi sebuah tren yang banyak diikuti secara online.

Baca Juga: Mengenal Strategi Pemasaran Online dan Manfaatnya Bagi Bisnis

4. Memperkenalkan Produk yang Akan Dijual

Fungsi Iklan Bagi Bisnis

Ilustrasi Iklan Sebagai Ajang Memperkenalkan Produk (Sumber: Freepik.com)

Fungsi iklan bagi bisnis lainnya adalah sebagai media memperkenalkan produk yang dijual atau ditawarkan. Produk ini bisa berupa produk barang maupun jasa.

Bentuk perkenalan produk ini bisa berupa banner yang memuat informasi tentang sebuah produk, bisa dipasang di secara online maupun offline dengan dicetak menjadi selembaran atau billboard besar.

Dengan menyebarkan informasi ini orang akan tahu jika sebuah perusahaan tertentu memiliki produk A atau produk baru, sehingga bisa menjadi salah satu rangsangan kepada audience untuk menjadi calon konsumen.

Selain itu, peletakkan iklan juga menjadi faktor penting agar produk semakin dikenal oleh masyarakat umum, oleh sebab itu iklan biasanya diletakkan di lokasi yang berpeluang dijangkau banyak orang.

5. Membangun Brand Awareness

Contoh Iklan Brand Awareness

Contoh Iklan Brand Awareness (Sumber: instagram @yakult_indonesia)

Dengan memanfaatkan sebuah iklan produk akan semakin dikenal sehingga bisa menjadi sebuah langkah untuk membangun sebuah brand awareness bagi perusahaan.

Brand awarenes sendiri merupakan sebuah kesadaran merek seorang konsumen tentang apa yang mereka beli. Artinya seorang konsumen itu sudah benar-benar tahu tentang kualitas sebuah merek yang mereka gunakan.

Dengan meningkatnya brand awareness juga akan membantu meningkatkan penjualan sebuah produk. Ada beberapa tingkatan brand awareness yang bisa dilakukan oleh sebuah perusahaan karena dalam proses membangunnya tidak bisa dilakukan secara instan.

Baca juga: Brand Awareness adalah Kesadaran, Begini Penjelasannya

6. Memberikan Solusi Kepada Audience

Apa fungsi iklan bagi bisnis berikutnya? yakni memberikan solusi kepada audience atau calon konsumen. Solusi ini bisa disampaikan dalam iklan tentang sebuah produk yang ditawarkan.

Sehingga dalam iklan yang disampaikan sebaiknya menyampaikan informasi tentang kegunaan dan manfaat dari produk, sehingga berpeluang menjadi sebuah solusi bagi seseorang.

Karena tidak sedikit pada calon konsumen membeli sebuah produk berdasarkan manfaat yang ada karena mereka merasa produk yang disebutkan bisa menjadi solusi dari masalah mereka.

7. Menarik Target Konsumen Baru

Contoh Iklan Menarik Konsumen Baru

Contoh Iklan Menarik Konsumen Baru (Sumber: Detik.com)

Dengan menggunakan iklan seorang pebisnis bisa menggaet target konsumen baru, karena iklan dipasang di tempat umum dan menarik perhatian sangat tidak menutup kemungkinan akan ada konsumen baru yang datang untuk membeli sebuah produk.

Oleh sebab itu juga, pebisnis harus benar-benar memahami apa fungsi iklan, sehingga pada iklan yang akan dipasang sebagai ajang promosi nantinya dibuat dan dirancang secara maksimal sehingga bisa dimanfaatkan dengan maksimal juga.

8. Membangun Citra Perusahaan

Dengan adanya iklan, sebuah perusahaan juga bisa membangun citra mereka sesuai apa yang diinginkan. Bagaimana iklan bentuk dari iklan yang disampaikan biasanya akan mencerminkan citra dari perusahaan tersebut.

Contohnya, iklan yang kekinian bisa membuat perusahaan memiliki kesan anak muda dan sejenisnya. Namun, untuk melakukan itu, sebuah perusahaan harus melakukannya secara konsisten.

9. Menawarkan Harga Kompetitif

Fungsi iklan berikutnya adalah memberitahukan kepada masyarakat umum tentang harga yang ditetapkan pada sebuah produk. Upayakan harga yang ditetapkan masih bisa bersaing dengan kompetitor.

Artinya harga produk tidak berlebihan juga tidak menjadikan rugi. Jika pakai Beeaccounting, Anda bisa memastikan harga yang Anda jual tidak akan lebih rendah dari HPP. Dengan cara menggunakan fitur Bulk Harga Jual. Anda bisa menentukan % margin harga jual dari HPP.

Menghitung HPP yang tepat ini masih menjadi masalah bagi beberapa seorang pebisnis. Untuk mengatasi permasalahan ini Anda bisa menggunakan Software Akuntansi Beeaccounting.

Banner Beeaccounting Atur Harga Jual

Anda hanya perlu memasukkan data stok dan beberapa data pendukung lainnya maka HPP akan langsung muncul secara otomatis, yang tentunya akan sangat membantu Anda mengelola bisnis.

Ciri-Ciri Umum Iklan

  • Menyampaikan informasi yang jelas, efektif dan tidak bertele-tele
  • Informatif, memberikan informasi secara terang mengenai produk dan jasa yang ditawarkan
  • Menggunakan bahasa yang mudah dipahami, Bahasa yang digunakan juga biasanya menggunakan bahasa lokal sesuai dengan lokasi penempatan iklan.
  • Iklan dikemas secara unik dan menarik, sehingga mampu mencuri perhatian audience yang melihatnya.
  • Iklan memiliki sifat mengajak dan menarik simpati siapa saja yang melihatnya.

Sekian informasi tentang apa fungsi iklan bagi bisnis, semoga bermanfaat dan bisa membantu mengatasi permasalahan Anda.

Mau atur HPP instan tanpa pikir panjang? check video di bawah ini:

Cara Mudah Bikin Laporan Cash Flow Cukup 5 Menit Saja
Apakah mungkin nih bikin laporan cash flow hanya dengan 5 menit saja? Sangat mungkin dong, tetapi sebelum saya berbagi kepada […]
Baca Juga
Cara Praktis Membuat Laporan Keuangan Online Shop
Laporan keuangan online shop merupakan hal penting yang wajib diperhatikan untuk Anda pebisnis online shop. Pasalnya, banyak pelaku online shop […]
Baca Juga
Pentingnya Pembukuan Sederhana Untuk Bisnis Kecil / UMKM
Pembukuan sederhana untuk bisnis kecil atau UKM itu sangatlah penting. Namun banyak orang yang sering melupakannya. Dan masih banyak pebisnis […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No. 41B, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2023 Bee.id
magnifiercrossmenu