Logo Bee Web

3 Contoh Marketing Plan dan Cara Penyusunannya

Ingin menjalankan strategi pemasaran? Coba cek contoh marketing plan makanan, jasa, dan lainnya di bawah ini supaya pemasaran semakin sukses.
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Monday, 17 April 2023

Bisnis perlu mengenalkan produk kepada masyarakat supaya bisa menghasilkan penjualan, sehingga dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat. Namun menyusun rencana pemasaran atau marketing plan tidaklah mudah. Ada baiknya pemula memahami contoh marketing plan yang sukses.

Memiliki rencana yang tersusun secara sistematis akan memudahkan pelaku usaha dalam mengambil keputusan bisnis. Rencana ini nantinya menjadi arahan untuk mengembangkan bisnis guna mengurangi resiko kerugian atau masalah-masalah lainnya.

Supaya bisa menghasilkan rencana pemasaran yang baik, pelaku usaha terlebih dahulu harus mengetahui konsep rencana pemasaran. Tidak usah ke mana-mana, artikel ini akan membahas lengkap tentang rencana pemasaran, mari cek!

Marketing Plan adalah ...

marketing management

Mengenal lebih dalam bagaimana cara menyusun marketing plan (Credit: Freepik.com)

Rencana pemasaran atau marketing plan merupakan panduan yang digunakan pelaku usaha dalam mencapai sasaran-sasaran usaha. Di dalam panduan tersebut mencakup tentang strategi pemasaran sesuai dengan tujuan bisnis dan karakteristik konsumen.

Memiliki rencana pemasaran dapat membantu pelaku usaha dalam memberikan informasi tentang alasan mengapa rencana pemasaran harus dibuat dan apa aktivitas-aktivitas pemasaran yang harus dimuat di dalamnya.

Selain itu, rencana pemasaran berguna untuk melacak proses yang sudah ditempuh dan menjadi bahan evaluasi sekiranya ada rencana yang harus diperbaiki.

Cara Menyusun Marketing Plan

Marketing plan yang baik terdiri dari beberapa elemen, seperti visi misi bisnis, strategi, target pasar dan masih banyak lagi. Siapkan rencana pemasaran dengan mengikuti panduan cara membuat marketing plan sebagai berikut:

1. Memahami Visi dan Misi Bisnis

Apa visi dan misi yang dimiliki bisnis? Jadikan visi dan misi tersebut sebagai dasar dalam menyusun rencana pemasaran. Nantinya visi dan misi tersebut yang akan dicapai.

2. Identifikasi Kompetitor

Setiap bisnis pastinya mempunyai kompetitor. Lakukan identifikasi untuk mengetahui informasi-informasi terkait kompetitor tersebut. Cara mudahnya yaitu dengan berpura-pura menjadi pembeli. Bisa juga dengan menggali informasi melalui media sosial kompetitor dan ulasan pelanggan.

Baca Juga: Kompetitor Adalah Pesaing, Pahami Arti dan Cara Analisisnya

3. Tentukan Anggaran Pemasaran

Siapkan anggaran serta aplikasinya untuk mempermudah kegiatan pemasaran. Pada contoh marketing plan makanan dan lainnya pasti terdapat rencana anggaran yang membantu meminimalisir pengeluaran-pengeluaran di luar anggaran yang sudah ditentukan.

Anda bisa memantau anggaran pemasaran berdasarkan laporan keuangan tiap periodenya, atau lebih mudah lagi dengan menggunakan software akuntansi online Beecloud. Kontrol stok, keuangan bisnis sampai laporan bisa dipantau dengan lebih mudah dimana saja dan kapan saja.

Pantau Anggaran Real Time Pakai Beecloud

4. Mengetahui Sasaran Pasar

Klasifikasikan sasaran pasar menjadi kelompok-kelompok tertentu guna memudahkan menentukan strategi pemasaran yang efektif.

5. Susun Strategi

Tujuan pemasaran bisa bermacam-macam, ada yang fokusnya untuk menarik perhatian masyarakat terhadap bisnis, mendorong calon konsumen menjadi konsumen aktual, dan lain sebagainya. Memiliki strategi yang tepat membantu supaya memudahkan pencapaian tujuan pemasaran.

6. Pecah Menjadi Tugas-tugas Kecil

Pada dasarnya strategi merupakan langkah besar pemasaran. Strategi tersebut perlu dipecah-pecah menjadi tugas-tugas kecil sehingga lebih mudah dilakukan.

Buatlah daftar tentang aktivitas-aktivitas yang perlu dilakukan sembari berpatok pada strategi pemasaran. Hasilnya kegiatan pemasaran semakin terarah dan terfokus.

7. Optimalkan Aplikasi Pemasaran

Tersedia aplikasi pemasaran yang pas digunakan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi strategi pemasaran. Contohnya, SociaBuzz, Canva, MailChimp, dan masih banyak lagi. Penggunaan alat-alat marketing dapat dipertimbangkan sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Jenis Jenis Pemasaran Beserta Komponennya

Contoh Marketing Plan

Setelah mengetahui langkah-langkah pembuatan marketing plan yang baik dan benar, mari lihat beberapa contoh rencana pemasaran produk baru, barang, dan masih banyak lagi. langsung saja lihat penjelasannya berikut:

1. Contoh Marketing Plan untuk Produk Baru

Contoh berikut bisa digunakan untuk mengenalkan produk baru, seperti produk makanan, produk minuman, dan lain sebagainya.

  • Tipe: Bisnis kuliner hewan laut
  • Visi: Menjadi pilihan masakan hewan laut nomor satu masyarakat
  • Misi: Mendorong masyarakat untuk membeli masakan hewan laut
  • Target pasar: Orang dewasa
  • Strategi konten dan media: Mengunggah video pengolahan makanan laut dan proses penangkapan/budidaya hewan laut ke sosial media
  • KPI: Mendapatkan Instagram Reach hingga 10.000 akun
  • Anggaran Marketing: Rp10.000.000
  • Marketing Tools: Canva, Social Mention

2. Contoh Marketing Plan Perusahaan Barang

Barang-barang seperti pakaian wanita, pakaian anak-anak, sepatu sekolah dan lain sebagainya bisa dipasarkan dengan membuat rencana berikut:

  • Tipe: Bisnis pakaian bayi
  • Visi: Menjadikan bisnis pakaian bayi sebagai andalan orangtua
  • Misi: Mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya dari seluruh Indonesia
  • Target pasar: orangtua
  • Kompetitor: toko baju offline dan online lainnya
  • Strategi konten dan media: membuat iklan kreatif untuk Instagram
  • KPI: Meningkatkan konversi penjualan sampai 50%
  • Anggaran marketing: Rp10.000.000
  • Marketing tools: Google Analytics, Instagram Ads

3. Contoh Action Plan Marketing

Jika ingin mempunyai pemasaran yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan atau konversi calon konsumen menjadi konsumen dapat dilakukan dengan rencana berikut:

  • Tipe: Bisnis jasa make up
  • Visi: Memberikan pelayanan make up terbaik dengan harga terjangkau
  • Misi: Mendapatkan pelanggan selama setiap hari
  • Target pasar: wanita, kelas menengah ke atas
  • Kompetitor: bisnis make up artist lainnya
  • Strategi konten dan media: Mengunggah portofolio make up ke akun sosial media
  • Tujuan AIDA: meningkatkan action calon konsumen
  • KPI: mendapatkan lebih dari 5.000 reach Instagram
  • Anggaran marketing: Rp5.000.000
  • Marketing tools: Google Analytics

Dari beberapa contoh marketing plan di atas bisa diketahui bahwa membuatnya ternyata sangat mudah. Dengan mempunyai rencana yang jelas, kegiatan pemasaran menjadi terarah sehingga tujuan yang ingin dicapai pun lebih mudah terpenuhi.

Cara Cepat Mengembangkan Bisnis F&B
Cara Mengembangkan Bisnis F&B - Bisnis F&B atau food and beverage kini semakin banyak diminati, terutama di kota-kota besar. Karena
Baca Juga
14 Tips Email Marketing Menarik dan Efektif Gaet Pelanggan
Email marketing telah menjadi alat penting bagi bisnis untuk menjangkau pelanggan dan mempromosikan produk atau layanan. Dengan jumlah email yang
Baca Juga
Kenali Keunggulan Produk, Rahasia Sukses Persaingan Bisnis
Apakah Anda tahu bahwa keunggulan produk adalah kunci sukses bagi perusahaan di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat? Dalam artikel
Baca Juga
Cara Menghitung Laba Penjualan yang Bеnаr dalam Berbisnis
Tеntu ѕаjа, реntіng bаgі Andа untuk mengetahui cara menghitung laba penjualan yang benar раdа bisnis. Mengapa bеgіtu? Karena laba penjualan
Baca Juga
Komunikasi Pemasaran: Teori, Tujuan, Bauran dan Strateginya
Dalam dunia pemasaran yang kompetitif, komunikasi pemasaran menjadi salah satu aspek krusial yang dapat menentukan keberhasilan suatu produk atau layanan.
Baca Juga
Endorse: Pengertian, Manfaat, Tips Memilih dan Tarifnya
Endorse menjadi salah satu strategi pemasaran yang populer dan efektif untuk mempromosikan produk atau jasa. Banyak perusahaan atau brand yang
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu