Logo Bee Web

Mengenal Strategi Komunikasi Mudahkan Proses Pemasaran

Strategi Komunikasi bisnis adalah sebuah metode yang digunakan untuk membangun relasi antara penjual dan kembali, simak tipsya berikut ini
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Sunday, 28 May 2023

Dalam dunia bisnis strategi komunikasi merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Dengan strategi komunikasi yang tepat, bisnis dapat memperoleh keuntungan yang besar dan memperkuat citra mereknya di mata konsumen.

Namun, seringkali strategi komunikasi yang dijalankan tidak efektif dan tidak mampu mencapai tujuan yang diinginkan. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas tentang strategi komunikasi yang efektif dalam bisnis.

Simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

Pengertian Strategi Komunikasi

Strategi Komunikasi Bisnis

Salah satu kunci dari suksesnya pemasaran adalah strategi komunikasi yang digunakan (Credit: Freepik.com)

Secara umum, strategi komunikasi adalah rencana yang disusun untuk mencapai tujuan komunikasi tertentu. Hal  ini melibatkan pemilihan dan penggunaan alat, saluran, dan pesan komunikasi yang tepat untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Adapun tujuan dari strategi ini dilakukan untuk mempengaruhi persepsi, sikap, dan perilaku target audiens yang diinginkan, serta membangun hubungan yang baik antara organisasi dengan publiknya. Strategi komunikasi harus disesuaikan dengan konteks, tujuan, dan karakteristik yang unik dari setiap situasi komunikasi.

Penting untuk memahami bahwa strategi komunikasi tidak hanya terbatas pada promosi produk atau jasa. Strategi komunikasi juga mencakup cara berkomunikasi dengan karyawan, mitra bisnis, dan pelanggan. Oleh karena itu, strategi komunikasi yang efektif harus mencakup semua aspek bisnis.

Strategi Komunikasi Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa pengertian strategi komunikasi menurut para ahli:

1. Menurut Kotler dan Keller

Pertama ada Kotler dan Keller, ia menjelaskan jika strategi komunikasi adalah rencana yang mencakup penggunaan berbagai elemen komunikasi seperti periklanan, promosi penjualan, public relations, dan strategi pemasaran lainnya untuk mencapai tujuan pemasaran perusahaan.

2. Menurut Berlo

Hampir sama dengan pendapat ahli sebelumnya, Berlo juga menjelaskan jika teori strategi komunikasi adalah perencanaan komunikasi yang melibatkan pemilihan pesan, saluran komunikasi, serta teknik dan taktik yang digunakan untuk mencapai pemahaman yang efektif antara pengirim dan penerima pesan.

3. Menurut Grunig dan Hunt

Selanjutnya ada Gruning dan Hund, menjelaskan jika strategi komunikasi adalah proses perencanaan yang melibatkan pemilihan strategi dan taktik komunikasi yang tepat untuk mencapai tujuan organisasi dan membangun hubungan yang efektif dengan publik atau stakeholder yang relevan.

Unsur-Unsur dalam Komunikasi Bisnis

Berikut ini beberapa unsur-unsur dalam komunikasi bisnis:

  • Pengirim (Sender): Orang atau organisasi yang mengirim pesan atau informasi dalam komunikasi bisnis.
  • Penerima (Receiver): Orang atau organisasi yang menerima pesan atau informasi dalam komunikasi bisnis.
  • Pesan (Message): Isi atau informasi yang dikomunikasikan dari pengirim ke penerima.
  • Saluran Komunikasi (Communication Channel): Media atau metode yang digunakan untuk mengirim pesan, seperti surat, email, telepon, rapat, atau media sosial.
  • Konteks (Context): Lingkungan atau situasi di mana komunikasi bisnis terjadi, termasuk faktor budaya, sosial, atau organisasional.
  • Umpan Balik (Feedback): Respons atau tanggapan dari penerima yang dikirimkan kembali ke pengirim. Umpan balik dapat membantu dalam memastikan pemahaman yang benar dan efektif dalam komunikasi bisnis.

Baca Juga: Komunikasi Bisnis: Pahami Jenis, Teknik, hingga Tujuannya

Tujuan adanya Komunikasi Bisnis

Adapun tujuan dalam komunikasi bisnis meliputi:

1. Membangun Relasi

Komunikasi bisnis bertujuan untuk membangun dan memelihara hubungan yang baik antara perusahaan, pelanggan, mitra bisnis, dan pihak-pihak terkait lainnya.

2. Memperoleh dan menyampaikan Informasi.

Tujuan dari komunikasi bisnis selanjutnya digunakan untuk mendapatkan dan menyampaikan informasi yang relevan, termasuk pesan tentang produk, layanan, kebijakan, atau keputusan bisnis.

3. Mempengaruhi dan Meyakinkan

Ketiga, komunikasi bisnis digunakan untuk mempengaruhi atau meyakinkan pihak lain, seperti pelanggan, klien, atau pemangku kepentingan, agar mengambil tindakan atau mendukung tujuan bisnis.

4. Memecahkan Masalah.

Dalam komunikasi bisnis dapat digunakan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan mencari solusi atas masalah atau tantangan yang dihadapi dalam konteks bisnis.

5. Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas

Berikutnya, komunikasi yang efektif dapat membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam operasi bisnis, termasuk koordinasi tim, delegasi tugas, dan pemecahan masalah.

6. Membangun Branding

Terakhir, komunikasi bisnis juga bertujuan untuk membangun citra dan merek perusahaan, serta mempromosikan nilai-nilai dan identitas yang diinginkan.

Baca Juga: 10 Komponen Komunikasi Penting Dalam Melakukan Promosi

6 Strategi Komunikasi Bisnis Paling Efektif

Untuk bisa mencapai tujuan di atas, pebisnis perlu memahami strategi apa yang cocok digunakan, berikut diantaranya:

1. Memahami Audience

Langkah paling dasar yang perlu dipahami oleh marketer dalam membangun komunikasi bisnis adalah dengan memahami audience terlebih dahulu. Selain untuk lebih mengenal pemahaman dasar ini juga akan membantu dalam membangun topik pembicaraan yang lebih relevan.

Selain relevan komunikasi yang dibangun juga akan lebih menarik. Hal dasar yang bisa dilakukan untuk lebih mengenal audience adalah dengan melakukan beberapa cara berikut, seperti identifikasi preferensi, kebutuhan, dan karakteristik demografi audiens Anda.

Dengan pemahaman yang baik tentang audiens, Anda dapat mengadopsi gaya komunikasi yang tepat dan menggunakan kata-kata yang efektif untuk mencapai tujuan komunikasi Anda.

2. Pemasaran Konten

Selanjutnya adalah dalam membangun strategi komunikasi yang efektif juga harus mencakup pemasaran konten. Pemasaran konten adalah cara untuk mempromosikan produk atau jasa melalui konten yang berkualitas dan relevan dengan target pasar.

Disisi lain memanfaatkan berbagai saluran komunikasi untuk mencapai audiens yang lebih luas. Pilihlah saluran yang sesuai dengan karakteristik target audiens Anda, seperti email, surat, telepon, media sosial, atau pertemuan langsung.

Dengan pemasaran konten yang tepat, bisnis dapat membangun citra merek yang kuat dan meningkatkan kesadaran merek di mata konsumen.

3. Manfaatkan Teknologi

Berikutnya, Anda bisa mencoba membangun strategi komunikasi dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Teknologi dapat membantu bisnis untuk berkomunikasi dengan lebih efektif dan efisien.

Misalnya, bisnis dapat menggunakan aplikasi chat untuk berkomunikasi dengan karyawan atau pelanggan, atau menggunakan alat analisis data untuk memahami perilaku konsumen.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi kasir online Beepos untuk membangun relasi yang baik dengan konsumen dengan memberikan mereka pelayanan yang baik. Dengan pelayanan yang baik ini Anda bisa lebih mudah melakukan komunikasi baik untuk promosi atau sekedar memberikan informasi saja.

Beepos Software Kasir Online Integrasi Akunting

Beepos sendiri merupakan aplikasi kasir yang sudah terintegrasi dengan akuntansi. Sehingga, selain melakukan program kasir, setting promosi dan sejenisnya Anda bisa memantau keuangan bisnis dengan laporan keuangan langsung jadi.

4. Berikan Testimoni

Keempat adalah berikan testimoni atau ulasan nyata dari para customer, Penggunaan contoh nyata atau cerita dalam komunikasi bisnis dapat membantu memperjelas dan menggambarkan pesan Anda

Dari contoh nyata atau cerita yang relevan dapat membuat pesan lebih menarik dan memudahkan audiens untuk memahami konsep yang Anda sampaikan. Gunakan contoh yang dapat dihubungkan oleh audiens dan mengilustrasikan manfaat atau implikasi dari pesan yang Anda komunikasikan.

5. Dengarkan dan Sederhanakan Pesan

Komunikasi yang baik adalah komunikasi yang memberikan timbal balik, artinya Anda tidak harus selalu memberikan informasi tapi juga harus mendengarkan informasi dari audience sebagai masukkan.

Berikan perhatian penuh pada audiens Anda dan berikan kesempatan kepada mereka untuk berbicara dan berbagi pendapat mereka. Dengarkan dengan penuh perhatian. Berikan umpan balik yang konstruktif, dan berikan respon yang memadai. Mendengarkan dengan aktif akan membantu membangun hubungan yang baik dan memperkuat komunikasi bisnis Anda.

Dengan catatan, Komunikasikan pesan Anda dengan jelas dan sederhana. Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh audiens dan hindari penggunaan jargon atau frasa yang kompleks. Sederhanakan informasi dan fokus pada poin-poin kunci. Sebab pesan yang jelas akan lebih mudah dipahami.

6. Lakukan Evaluasi Secara Berkala

Terakhir, untuk mengetahui seberapa efektif strategi komunikasi yang digunakan lakukan evaluasi secara berkala dan berikan penilaian. Dengan cara ini, bisnis dapat mengetahui apa yang berhasil dan tidak berhasil, dan melakukan perbaikan yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Kesimpulannya, strategi komunikasi yang efektif sangat penting dalam bisnis. Bisnis harus memperhatikan semua aspek komunikasi, termasuk hubungan dengan pelanggan, pemasaran konten, penggunaan teknologi. Dan pengukuran dan evaluasi. Dengan strategi komunikasi yang tepat, bisnis dapat memperoleh keuntungan yang besar dan memperkuat citra mereknya di mata konsumen.

Artikel Terkait

Cara Jualan di Shopee Cepat Dapat Pesanan untuk Pemula
Menjamurnya artikel tentang cara jualan mendorong setiap orang ingin berwirausaha. Menjadi pedagang online salah satu yang banyak dilirik. Tawaran peluang
Baca Juga
9 Tips Buat Label Makanan Keren Sesuai BPOM
Memiliki label makanan pada produk yang makanan yang diproduksi memang menjadi impian bagi semua pebisnis makanan, apalagi saat ini banyak
Baca Juga
6 Strategi Pemasaran Produk Berbagai Bisnis
Strategi Pemasaran Produk - Untuk saat ini memang sudah banyak orang yang menjalankan bisnis baik itu online maupun offline. Segala
Baca Juga
Struktur Laporan Keuangan Perusahaan Menurut PSAK
Struktur laporan keuangan perusahaan merupakan fondasi yang krusial dalam penyajian informasi keuangan yang akurat, transparan, dan terpercaya, sesuai dengan Prinsip
Baca Juga
Cara Menggunakan Pemindai Barcode Online Pada Android
Hampir seluruh kemasan produk, jasa pembayaran, dan keperluan lain kini menggunakan pemindai barcode online untuk kemudahan transaksi. Selain karena kegunaannya
Baca Juga
7+ Cara Mudah Menyusun Laporan Keuangan
Sekilas, menyusun laporan keuangan usaha memang terdengar mudah. Akan tetapi, nyatanya masih banyak perusahaan yang belum benar-benar paham cara membuat
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu