Web Logo Bee
Penulis: Lutfatul Malihah

9+ Rekomendasi Usaha Modal Kecil dan Tips Mengelolanya

Kategori:
Dipublish Tgl: Saturday, 28 January 2023

Apakah Anda sedang berencana untuk menjalankan usaha modal kecil? Jika iya, maka anda berada di tempat yang tepat. Karena dalam artikel ini akan merekomendasikan contoh ide usaha modal kecil untuk Anda. Sebab, tidak semua orang memiliki modal yang cukup untuk memulai usaha besar.

Usaha modal kecil memang menjadi pilihan terbaik bagi mereka yang ingin memulai usahanya tanpa mengeluarkan uang yang banyak. Dengan strategi yang tepat dan usaha keras, usaha dengan modal kecil dapat berkembang menjadi usaha yang besar dan menguntungkan.

Dalam artikel ini akan dibahas berbagai rekomendasi usaha yang dapat dimulai dengan modal kecil yang bisa Anda coba sendiri atau dengan bekerja sama dengan teman Anda.

Rekomendasi Ide Usaha Bermodal Kecil

Usaha Modal Kecil

Ilustrasi Pengusaha Angkringan (Sumber: Freepik.com)

Contoh ide usaha modal kecil atau bermodal sedikit antaranya usaha makanan jajanan, usaha online shop, usaha konsultan bisnis, usaha jasa pengetikan dan masih banyak lagi.

Berikut ini kami uraikan ide usaha modal kecil yang dapat Anda lakukan dengan modal sedikit antara lain:

1. Menjual Produk di Internet

Anda dapat memulai bisnis dengan menjual produk secara online melalui toko online atau media sosial. Anda bahkan dapat memulai bisnis ini dengan modal hanya beberapa ratus ribu saja.

2. Toko Online

Anda dapat membuka toko online yang menjual produk-produk unik yang Anda import dari luar negeri atau produk-produk lokal yang Anda produksi sendiri.

Menjual produk berlabel sendiri: Anda dapat memulai bisnis dengan menjual produk berlabel sendiri, seperti pakaian, aksesoris, atau produk kecantikan.-

3. Menjual Produk Handmade

Jika Anda memiliki keahlian dalam menyulap barang-barang sederhana menjadi produk unik dan bernilai tambah, Anda dapat memulai bisnis dengan menjual produk handmade Anda melalui toko online atau media sosial.

4. Jualan Reseller Produk Online

Ide usaha modal kecil

Bisnis Reseller Bisa Jadi Ide Usaha Modal Kecil (Sumber: Freepik.com)

Anda dapat memulai bisnis dengan menjadi reseller produk-produk ternama yang dijual secara online. Anda hanya perlu membeli produk tersebut dari produsen atau distributor dengan harga yang lebih murah, lalu menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi lewat marketplace.

Baca Juga: Cara Memasarkan Produk Makanan Secara Online

5. Menjual Produk Digital atau Jasa

Jika Anda memiliki keahlian dalam bidang desain grafis, programming, atau audio editing, Anda dapat memulai bisnis dengan menjual produk digital seperti template website, aplikasi mobile, atau musik yang Anda buat sendiri.

6. Bisnis Jasa

Bisnis ini adalah salah satu usaha modal kecil untung besar karena Anda tidak butuh modal terlalu banyak, bahkan bisa gunakan peralatan yang ada di rumah Anda. Anda dapat memulai bisnis jasa seperti jasa kebersihan, jasa perawatan hewan peliharaan, atau jasa servis barang elektronik.

7. Jasa Kebersihan

Anda dapat memulai bisnis dengan menyediakan jasa kebersihan rumah atau kantor. Modal yang dibutuhkan hanya alat-alat kebersihan seperti sikat, pembersih lantai, dan deterjen.

8. Jasa Perawatan Hewan Peliharaan

Dengan menyediakan jasa perawatan hewan peliharaan seperti memberi makan, menyisir bulu, atau memberi obat kepada hewan peliharaan klien Anda.

9. Jasa Servis Barang Elektronik

Jika Anda memiliki keahlian dalam memperbaiki barang elektronik seperti televisi, AC, atau speaker, Anda dapat memulai bisnis dengan menyediakan jasa perbaikan barang elektronik tersebut.

10. Jasa Perawatan dan Perbaikan Mobil

Ide bisnis jasa terakhir adalah jasa perawatan atau servis kendaraan. Anda dapat memulai bisnis dengan menyediakan jasa perawatan mobil seperti ganti oli, perawatan AC mobil, atau perawatan lainnya. Tentunya Anda harus memiliki lahan untuk dijadikan bengkel sebagai tempat bekerja Anda.

Tips Mencari Usaha Belum Banyak Pesaing

Usaha Modal Minim

Membuat Usaha Bisa Sesuai Minat dan Perkembangan Zaman (Sumber: Pixels.com)

Apakah Anda lebih tertarik ke usaha yang belum banyak pesaing? Beberapa tips ini mungkin bisa membantu Anda untuk menemukan ide usaha yang mungkin belum banyak pesaingnya. Berikut beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan :

1. Carilah Celah Pasar

Carilah kebutuhan atau keinginan yang belum terpenuhi oleh bisnis lain, dan pertimbangkan apakah Anda dapat memenuhi kebutuhan tersebut dengan menawarkan produk atau layanan yang unik dan bermanfaat.

2. Berpikirlah Out of The Box

Jangan terlalu terpaku pada ide-ide usaha yang sudah ada, cobalah berpikir dengan cara yang berbeda dan kreatif untuk menemukan ide usaha yang baru dan belum pernah terpikirkan sebelumnya.

3. Carilah Peluang di Bidang yang Sedang Berkembang

Carilah tren terbaru di bidang yang sedang berkembang dan pertimbangkan apakah Anda dapat menjadi pionir di bidang tersebut dengan menawarkan produk atau layanan yang inovatif.

4. Berfokus pada Niche Market

Carilah pasar yang spesifik (niche), misalnya pasar anak muda, pasar orang tua, atau pasar di daerah tertentu, dan pertimbangkan apakah Anda dapat menawarkan produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasar tersebut.

5. Buka usaha di daerah yang belum terjamah

Jika Anda tinggal di daerah pedesaan atau di daerah yang belum banyak terjamah, Anda bisa mempertimbangkan untuk membuka usaha di daerah tersebut yang mungkin belum banyak pesaingnya.

Paling mudah, mulailah dengan memikirkan apa yang Anda sukai (hoby) atau apa yang Anda kuasai, lalu carilah celah pasar yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda. Semoga ini membantu!

Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

Usaha Modal Kecil

Ilustrasi Usaha Produk Lokal (Sumber: Freepik.com)

Usaha yang belum banyak pesaingnya, biasanya termasuk usaha yang masih tergolong baru di pasar atau industri tersebut. Usaha ini memiliki keunggulan karena masih belum banyak pesaingnya.

Jenis usaha ini juga memiliki potensi untuk menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan usaha yang banyak pesaingnya. Namun, usaha ini juga pastinya memiliki risiko tertentu karena masih belum banyak pesaingnya. Salah satu risiko adalah kurangnya kesadaran pasar.

Berikut ini beberapa contoh usaha yang mungkin belum banyak pesaing di pasar :

1. Bisnis Produk-produk Lokal yang Khas

Anda dapat memulai bisnis dengan menjual produk-produk lokal yang unik dan tidak banyak ditemui di pasar, seperti kerajinan tangan, makanan khas daerah, atau obat-obatan tradisional.

  • Kerajinan tangan dari bahan lokal seperti rotan, batu bata, atau bambu
  • Produk makanan khas daerah, seperti keripik pisang, keripik singkong, atau kue tradisional
  • Koleksi pakaian tradisional atau aksesoris yang terbuat dari bahan lokal, seperti batik, tenun, atau sutra
  • Produk obat-obatan tradisional yang terbuat dari bahan alami seperti tanaman herbal atau rempah-rempah
  • Koleksi kerajinan atau aksesoris dari bahan bekas seperti kaleng, kardus, atau kertas
  • Produk perawatan kecantikan yang terbuat dari bahan alami seperti minyak kemiri, madu, atau kunyit
  • Koleksi mainan anak-anak yang terbuat dari bahan alami seperti kayu, kulit, atau bahan-bahan yang mudah didaur ulang.

2. Jualan Produk Impor yang Belum Banyak Dijual di Indonesia

Anda dapat memilih bisnis dengan menjual produk-produk impor yang belum banyak dijual di pasar, seperti produk-produk kecantikan, elektronik, atau peralatan olahraga. Dimana produk tersebut laku keras di pasar internasional.

Anda bisa menjadi pioner penjualan produk tersebut di pasar Indonesia. Ide bagus bukan?

3. Bisnis Jasa yang Kreatif

Anda dapat memulai bisnis dengan menyediakan jasa yang unik, kreatif dan belum banyak ditawarkan oleh pesaing, seperti jasa fotografi drone, jasa perawatan hewan peliharaan exotik, atau jasa desain taman vertikal.

4. Jualan Makanan yang Unik

Usaha Makanan Unik

Ilustrasi Usaha Makanan Unik dan Banyak Diminati (Sumber: Pixels.com)

Anda dapat memulai bisnis dengan menjual makanan yang unik dan belum banyak ditawarkan oleh pesaing, seperti makanan atau minuman asli dari suatu daerah.

Baca juga: Cari Ide Jualan Makanan Kekinian di 2023?

  • Kafe tematik dengan suasana dan makanan yang unik, seperti kafe musik jazz, kafe kelinci, atau kafe taman bergaya taman bambu
  • Kedai makanan yang menyajikan makanan asli dari suatu daerah atau negara, seperti makanan Cina, Jepang, atau Italia
  • Kedai makanan yang menyajikan makanan khas suatu komunitas, seperti makanan vegan, makanan gluten-free, atau makanan yang dibuat tanpa bahan pengawet
  • Kedai makanan yang menyajikan makanan yang terbuat dari bahan-bahan organik atau bahan-bahan yang diperoleh dari peternakan yang bertanggung jawab
  • Kedai makanan yang menyajikan makanan yang terbuat dari bahan-bahan yang diperoleh dari sumber lokal, seperti makanan yang terbuat dari bahan-bahan yang diperoleh dari peternakan lokal, pertanian lokal, atau perikanan lokal
  • Kedai makanan yang menyajikan makanan yang terbuat dari bahan-bahan yang diperoleh dari sumber yang ramah lingkungan, seperti makanan yang terbuat dari bahan-bahan yang diperoleh dari peternakan yang ramah lingkungan, pertanian yang ramah lingkungan, atau perikanan yang ramah lingkungan.

Selain mencari ide unik membuka usaha makanan, Anda bisa melakukan optimalisasi dengan memberikan pelayanan yang cepat, efektif dan efisien dengan menggunakan software kasir online Beepos.

Aplikasi Kasir Cafe Shop

Tidak hanya pelayanan bisa cepat, Anda juga bisa melakukan pembukuan transaksi dan laporan keuangan dengan mudah. Sehingga Anda bisa mengembangkan bisnis dengan lebih maksimal lagi tanpa perlu lagi bingung bagaimana mengelola keuangan usaha makanan yang cukup memusingkan.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, usaha dengan modal kecil memang memiliki risiko yang lebih tinggi dibandingkan dengan usaha dengan modal besar. Namun, dengan bekerja keras dan kreativitas yang tinggi, usaha dengan modal kecil dapat berkembang menjadi usaha yang sukses.

Selain itu, Anda juga harus memahami bahwa mewujudkan ide usaha modal kecil memerlukan waktu yang lebih lama untuk mencapai keuntungan yang diharapkan.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda jangan terlalu fokus pada hasil yang akan diperoleh, tetapi fokus pada proses dan upaya yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Jangan lupa juga untuk selalu belajar dan meningkatkan kemampuan diri agar dapat bersaing dengan usaha lain. Dengan demikian, usaha modal kecil dapat menjadi salah satu pilihan yang menguntungkan bagi Anda yang ingin memulai bisnis.

Cara Memasarkan Produk Online Shop Dengan Tepat
Baik Anda pebisnis online baru atau sudah lama, mempelajari cara memasarkan suatu produk akan sangat berguna. Tanpa strategi pemasaran yang […]
Baca Juga
7 Ide Bisnis Rumahan Lagi Trend di Tahun 2023
Kebutuhan pokok yang makin naik dan gaji yang tak sebanding membuat kebanyakan orang mulai mencoba hal baru, seperti dengan membuka […]
Baca Juga
Tutorial Mudah Cara Pengisian Aplikasi e-SPT PPh 21
Aplikasi e-SPT PPh 21 diciptakan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk memudahkan pembuatan dan pelaporan SPT PPh 21. Sebelum era e-SPT, […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Web Bee Logo
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No. 41B, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2023 Bee.id
magnifiercrossmenu