🔧Diskon se-Juta khusus Bisnis Bengkel, Sisa 3 Hari
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

SIUP adalah Surat Izin Usaha Perdagangan, Ini Cara Daftarnya

SIUP adalah surat izin usaha izin perdagangan berlaku selama lima tahun guna menunjang legalitas bisnis. Ini fungsi dan cara mendapatkannya
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Friday, 9 June 2023

Dokumen berupa Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP adalah hal yang tidak boleh sampai dilewatkan pemilik bisnis. Surat izin jenis ini merupakan tanda bahwa usaha Anda memang legal secara hukum. Sudah pasti dengan legalitas ini, berbagai kemudahan mengelola usaha bisa diperoleh.

Salah satunya adalah mudah memperoleh suntikan dana untuk modal. Selain itu, banyak fungsi dan benefit lain dari jenis surat izin usaha ini. Lebih lengkapnya, simak ulasan dari definisi sampai prosedur pembuatannya.

Fungsi Penting SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)

Surat Izin Usaha Perdagangan

Salah satu fungsi pentingdar adanya SIUP adalah sebagai tanpa legalnya sebuah bisnis (Credit: Freepik.com)

Adanya SIUP yang dimiliki perusahaan bukanlah tanpa fungsi. Ada beberapa fungsi penting memiliki jenis surat izin usaha ini, diantaranya:

1. Tanda Legalitas Usaha

SIUP adalah singkatan dari Surat Izin Usaha Perdagangan yang resmi dirilis pemerintah. Hal ini menjadi tanda legalitas sebuah bisnis sehingga statusnya diakui pemerintah. Status legal ini memberi banyak manfaat berarti bagi sebuah keberlangsungan usaha.

Salah satunya adalah perlindungan hukum. Adanya perlindungan hukum ini akan membuat tidak sembarang pihak membubarkan bisnis Anda. Contoh ditertibkan Satpol PP atau pihak lain yang berwenang.

2. Mendukung Perdagangan Skala Internasional

Menjangkau pasar internasional merupakan mimpi mayoritas pemilik usaha. Hal tersebut akan jauh lebih mudah jika Anda memiliki legalitas usaha. Jenis surat izin usaha satu ini merupakan pendukung untuk ekspansi ke pasar ekspor.

Semakin mudah langkah Anda untuk ekspansi pasar, tentu keuntungan akan jauh lebih besar. Oleh karena itu, SIUP adalah dokumen yang tidak boleh sampai terlewatkan dalam membangun bisnis.

3. Memenuhi Syarat Memperoleh Bantuan Modal

Memiliki jenis surat izin usaha ini juga akan mempermudah Anda memperoleh suntikan modal. Untuk mengajukan pinjaman, lembaga peminjam biasanya akan menanyakan SIUP. Terlebih jika nominalnya besar, dokumen satu ini sudah pasti dipertanyakan.

Selain memudahkan memperoleh suntikan modal, Anda juga bisa ikut serta di event lelang. Misalnya lelang barang usaha dan sejenisnya yang sudah pasti harganya lebih terjangkau.

4. Lebih Dipercaya

SIUP adalah surat izin usaha yang menandakan bisnis Anda diakui pemerintah. Alhasil, tanda pengakuan ini akan membuat bisnis dinilai lebih terpercaya. Konsumen tidak akan ragu untuk membeli produk/layanan yang Anda keluarkan.

Hal ini tentu bagus untuk memaksimalkan kredibilitas usaha menjadi lebih optimal. Berkat tanda legalitas ini juga, Anda bisa ikut serta di ajang yang diadakan pemerintah. Seperti pameran bisnis, bazar resmi pemerintah, dan sejenisnya.

Syarat Mendapatkan SIUP Bagi Pemilik Usaha

Surat Izin Usaha Perdagangan ini berlaku selama 5 tahun dan wajib diperbaharui. Pengusaha yang ingin mengurus surat izin ini sebenarnya mudah. Siapkan beberapa syarat sesuai dengan jenis usaha yang Anda miliki.

1. SIUP PT

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk milik owner atau direktur utama. Bisa juga milik pengurus yang dikuasakan untuk pembuatan
  • Fotokopi Kartu Keluarga (berlaku jika owner-nya adalah perempuan)
  • Fotokopi NPWP direktur utama atau owner
  • Fotokopi NPWP tempat usaha
  • Surat Izin Tempat Usaha
  • Neraca milik perusahaan tahun terbaru
  • Foto pemilik/penanggungjawab/direktur utama. Ukurannya 4x6 sebanyak 2 lembar
  • Surat perizinan lainnya jika memang diminta

2. SIUP Koperasi

  • Fotokopi KTP DPK (Dewan Pengawas Koperasi)
  • NPWP (Dewan Pengawas Koperasi)
  • Fotokopi Surat Izin Tempat Usaha
  • Neraca terbaru koperasi
  • Foto direktur ukuran 4x6 2 lembar. Bisa juga foto penanggung jawab koperasi
  • Fotokopi akta koperasi

3. SIUP Usaha Perorangan

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk milik owner atau direktur utama. Bisa juga milik pengurus yang dikuasakan untuk pembuatan
  • Surat keterangan domisili tempat usaha dan pemilik
  • Fotokopi NPWP direktur utama atau owner
  • Fotokopi NPWP tempat usaha
  • Surat pernyataan tentang kedudukan usaha
  • Neraca milik perusahaan tahun terbaru
  • Foto pemilik/penanggung jawab/direktur utama. Ukurannya 4x6 sebanyak 2 lembar
  • Surat perizinan lainnya jika memang diminta

Prosedur Pembuatan SIUP yang Wajib Diikuti

Setelah paham arti SIUP dan fungsinya, lanjut ke proses pembuatan. Pembuatan SIUP bisa Anda lakukan dengan dua prosedur yakni daring dan luring. Untuk lebih jelasnya, berikut prosedur baik itu online maupun offline pembuatan jenis surat izin usaha ini.

#Prosedur Membuat SIUP Online 

Saat ini, SIUP adalah dokumen yang tidak hanya bisa diurus secara offline. Menggunakan layanan daring juga bisa dimanfaatkan. Ini dia beberapa prosedur mudah untuk membuat surat izin jenis ini secara daring.

1. Pendaftaran

Langkah pertama untuk mengurus secara online SIUP adalah daftar ke situs resmi OSS. Alamatnya adalah https://oss.go.id yang bisa Anda akses melalui peramban. Masuk ke situs tersebut, setelah itu daftar dengan mengisi kolom yang diminta.

Mulai dari nomor identitas, alamat email, nomor telepon, sampai tanggal lahir. Pastikan pengisian dilakukan secara teliti, lengkap tanpa kesalahan.

2. Verifikasi

Klik tombol Submit untuk konfirmasi pendaftaran secara daring. Setelah itu, tunggu tautan dari sistem OSS untuk keperluan verifikasi. Cek email dan verifikasi dengan klik tautan yang dikirim sistem tersebut.

3. Isi Data Usaha

Lanjut isi data usaha secara lengkap dengan cara masuk memakai password. Isi semua data usaha selengkapnya. Untuk usaha PT, isi datanya dengan cara menyalin AHU Online, sedangkan usaha jenis lain secara manual.

Pilih menu permohonan berusaha, kemudian beralih ke Komitmen Izin Usaha. Pastikan tidak ada langkah yang terlewat dalam pembuatan surat izin ini.

4. Penerbitan NIB

Jika semua langkah di atas Anda lakukan, sistem OSS akan menerbitkan NIB usaha. Dokumen pendaftaran terkait dengan penerbitan ini juga akan diperoleh.

Baca juga: Contoh Surat Izin Usaha: Cara Membuat dan Syarat Membuat

# Prosedur Membuat SIUP Offline

SIUP adalah dokumen yang bisa dengan mudah diurus secara langsung. Prosedur pengurusannya hanya perlu melakukan beberapa tahapan berikut:

1. Dapatkan Formulir Pendaftaran

Pertama-tama, datang ke kantor Dinas Perdagangan domisili tempat usaha Anda. Setelah itu, minta formulir pendaftaran untuk mengurus surat izin usaha. Pastikan datang di waktu kerja agar hasilnya lebih efisien.

2. Isi Formulirnya

Isi formulir pendaftaran pengajuan SIUP secara benar, dan pastikan terisi lengkap. Selain itu, formulir harus mendapat persetujuan pemilik/direktur utama. Owner/direktur utama juga harus tanda tangan di atas materai.

Materai yang digunakan adalah jenis Rp6.000. Setelah itu, fotokopi formulir yang sudah diisi dengan jumlah 2 lembar.

3. Pembayaran

Sebenarnya, tidak ada standar nasional untuk penerbitan surat izin satu ini. Besaran biayanya tergolong relatif, tergantung wilayah Anda berada. Pastikan siapkan dana yang cukup agar pengurusan surat izin ini tidak terkendala.

4. Pengambilan

Serahkan berkas ke kantor Dinas Perdagangan untuk ditindaklanjuti. Untuk jangka waktu kepengurusannya sekitar 2 minggu hari kerja. Pihak dinas tersebut akan menghubungi Anda jika surat izinnya sudah terbit.

Jika direktur atau pemilik memang tidak sempat untuk mengurusnya sendiri, proses bisa diwakilkan. Pastikan ada surat kuasa dari direktur jika ingin mewakilkan kepengurusan dokumen ini.

Jenis-Jenis SIUP yang Bisa Anda Ketahui

Siup Kecil

Contoh Surat Izin Usaha (Credit: cdn.ksprtj.ne)

Surat Izin Usaha Perdagangan ini ternyata bisa dibedakan menjadi beberapa kategori. Kategori ini dibedakan berdasarkan besaran modal yang dimiliki usaha, diantaranya:

1. Mikro (SIUP Mikro)

Surat izin usaha jenis mikro memiliki modal kekayaan bersih tidak terpatok minimal. Akan tetapi, maksimalnya untuk kategori ini adalah Rp50 juta. Jika lebih dari nominal tersebut masuk ke kategori SIUP kecil.

Baca Juga: Cara Membuat SIUP Mikro Online

2. Kecil (SIUP Kecil)

Modal dan kekayaan bersih usaha untuk jenis SIUP ini mulai dari Rp50 juta. Sedangkan maksimalnya untuk kategori ini adalah Rp500 juta.

3. Menengah (SIUP Menengah)

Kategori menengah bisa dilihat dari modal bersih lebih dari Rp500 juta. Sedangkan batasnya untuk masuk kategori ini adalah modal bersih maksimal Rp10 miliar.

4. Besar (SIUP Besar)

Sebuah usaha yang memiliki modal bersih lebih dari Rp10 miliar berarti masuk kategori besar. Oleh karena itu, jenis surat izin ini adalah SIUP besar.

KESIMPULAN

Membuat SIUP adalah perkara yang tidak boleh sampai dilewatkan, terlebih jika usaha Anda skalanya besar. Demi legalitas dan kredibilitas usaha, perizinan memang harus diurus sampai tuntas.

Salah satu syarat untuk mendapatkan izin usaha adalah memiliki laporan neraca, artinya bisnis atau perusahaan Anda membutuhkan laporan keuangan yang harus diiringi dengan manajemen yang baik.

Untuk memudahkan proses ini, Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud, dengan fitur laporan keuangan langsung jadi mulia dari neraca hingga laba rugi.

Beecloud Terintegrasi Laporan Akuntansi Langsung Jadi

Anda hanya perlu memasukkan data transaksi setiap kali pembelian dan penjualan saja, bisa di pantau dan kontrol realtime dimana saja kapan saja.

uat yang hendak membangun bisnis terutama di bidang perdagangan, maka untuk pencatatan keuangan usaha Anda memerlukan software akuntansi. Coba gratis sekarang!

Artikel Terkait

Evaluasi Usaha Adalah: Komponen dan Permasalahan Umumnya
Hampir dalam setiap kiat bisnis topik evaluasi selalu eksis dan jadi tahapan yang wajib dilakukan, lantas apa sebenarnya evaluasi ini?
Baca Juga
Investasi Jangka Pendek: Manfaat, Jenis & Tips Memulainya
Investasi secara sederhana dibedakan menjadi dua jenis yakni investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek. Dalam kesempatan ini akan membahas
Baca Juga
Mengenal Mitra Usaha dalam Bisnis, Manfaat dan Contohnya
Dalam menjalin kerja sama antar dua bisnis, konsep mitra usaha jadi landasan penting untuk menunjang kesuksesannya. Dimana dengan menjalankan mitra
Baca Juga
7 Contoh Persaingan dalam Bisnis dan Tips Menghadapinya
Persaingan dalam bisnis adalah sebuah hal biasa terjadi, ada banyak sekali contoh persaingan bisnis yang bisa Anda temukan sehari-hari. Seperti
Baca Juga
Skala Prioritas Adalah, Faktor dan Cara Menentukannya
Dalam dunia bisnis yang kompetitif, kemampuan untuk mengelola tugas dan proyek dengan efisien adalah kunci keberhasilan. Skala prioritas adalah menjadi
Baca Juga
6 Cara Branding Produk Perkuat Bisnis dengan yang Tepat
Apakah Anda sedang berusaha memulai bisnis baru atau ingin meningkatkan kualitas bisnis yang sudah ada? Salah satu cara yang efektif
Baca Juga

Artikel Populer

Wednesday, 15 March 2023
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Baca Juga
Wednesday, 28 June 2023
7 Contoh Positioning Produk Brand Ternama dan Strateginya
Baca Juga
Wednesday, 7 June 2023
Feedback Artinya: Jenis, Fungsi, beserta Cara Mendapatkannya
Baca Juga
Wednesday, 7 February 2024
4 Tahapan Proses Manajemen Strategi, Fungsi dan Komponennya
Baca Juga
Monday, 31 October 2022
7 Contoh Ekonomi Kreatif di Indonesia Saat Ini
Baca Juga
Saturday, 3 February 2024
Contoh Laporan Kegiatan Usaha dan Cara Membuatnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu