Logo Bee Web

10 Komponen Komunikasi Penting Dalam Melakukan Promosi

10 komponen komunikasi penting yang perlu dipahami agar proses promsi bisnis Anda bisa berlangsung dengan optimal
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Monday, 15 May 2023

Komponen komunikasi tidak dapat dipisahkan dari jalannya sebuah proses bisnis. Hal tersebut karena apa pun jenis bisnis yang dilakukan selalu berhubungan dengan berbagai pihak lainnya. Komunikasi membantu hubungan antar pihak yang terlibat semakin berjalan baik demi perkembangan bisnis.

Selain itu, masih banyak manfaat yang bisa diperoleh dari penerapan komunikasi dalam menjalankan bisnis. Manfaat yang optimal bisa diperoleh dengan pemahaman dan penerapan berbagai jenis komponen di dalam ilmu komunikasi.

10 Komponen dalam Komunikasi

Komunikasi Bisnis

(Credit: Freepik.com/ @storyset)

Komunikasi memiliki setidaknya 10 komponen yang harus dipenuhi agar proses berkomunikasi antar pihak berjalan lancar. Berikut ini komponen-komponen komunikasi yang harus dipelajari, yaitu:

1. Pengirim Pesan

Komponen pertama yang paling penting dalam memulai suatu komunikasi adalah pengirim atau sumber pesan. Jenis komponen yang satu ini sering disebut juga sebagai komunikator atau sender message. Jika komponen utama ini tidak terlibat, maka komunikasi pun tidak akan terjadi.

Efektivitas proses komunikasi sangat bergantung dari sikap komunikator serta pemilihan kata maupun simbol yang digunakan. Hal tersebut karena komunikator merupakan pihak yang memiliki sumber utama dari pesan yang ingin disampaikan kepada pihak lainnya.

2. Pesan

Selain komunikator, pesan juga merupakan komponen utama yang berperan sebagai isi dari komunikasi. Pesan atau informasi yang disampaikan oleh komunikator kepada pihak lainnya dapat berupa pesan verbal maupun non verbal.

Pesan yang dibuat juga harus disesuaikan dengan latar belakang dari penerima pesan agar lebih mudah dipahami dan tepat sasaran. Oleh karena itu, komunikator harus memahami kebutuhan dan latar belakang profil dari pihak yang akan menerima pesan.

Pesan yang disampaikan juga harus jelas, ringkas, sesuai tujuan dari komunikasi, dan mudah dipahami.

3. Encoding

Komponen selanjutnya yang harus dipenuhi dalam suatu komunikasi adalah encoding. Pesan harus dipersiapkan dengan baik agar informasi yang ada di dalamnya dapat di-encode.

Secara sederhana, encoding dapat diartikan sebagai proses mengambil dan mengirimkan informasi atau pesan oleh encoder.

4. Saluran atau Media Komunikasi

Media atau suluran memiliki peranan penting dalam berlangsungnya komunikasi. Media juga dapat berguna sebagai komponen pendukung komunikasi daring. Jenis media yang dipilih untuk komunikasi tergantung jenis pesan yang ingin disampaikan.

Pesan yang bersifat luas, seperti untuk keperluan pemasaran suatu bisnis dapat disampaikan melalui media massa, seperti televisi. Di era serba digital seperti sekarang, media digital dan media sosial bisa menjadi pilihan tepat untuk menyampaikan pesan pemasaran suatu bisnis.

Baca Juga: Mengenal Media Sosial Sebagai Pasar Pemasaran Baru Era Digital

5. Decoding

Proses decoding dalam komunikasi dapat terjadi pada saat penerima pesan telah menerima pesan atau informasi yang disampaikan oleh komunikator.

6. Penerima Pesan

Komponen yang tidak kalah penting lainnya dalam mendukung proses berjalannya komunikasi adalah penerima pesan atau disebut juga dengan istilah receiver. Tugas utama sebagai penerima pesan adalah menerima pesan, mengartikan atau memahami pesan, dan memberikan makna pada pesan tersebut.

Suatu komunikasi dapat dikatakan berhasil sesuai tujuan ketika penerima pesan mampu memahami makna dari pesan tersebut sesuai maksud dari komunikator.

7. Umpan Balik (Feedback)

Komponen komunikasi data atau pesan selanjutnya berupa umpan balik yang dapat terjadi ketika receiver sudah mampu memahami pesan. Umpan balik atau tanggapan tersebut dapat diberikan secara langsung maupun ditunda dulu selama beberapa saat.

Contoh dari umpan balik dalam komunikasi atau percakapan langsung berupa ekspresi wajah, bahasa tubuh, dan lainnya. Jika komunikasi dilakukan secara tertulis, maka umpan balik yang dimaksud dapat berupa balasan tertulis dari isi pesan tersebut.

8. Konteks Komunikasi

Selanjutnya adalah konteks komunikasi berperan penting dalam membantu komunikator menentukan gaya bahasa maupun cara untuk berkomunikasi. Konteks yang dimaksud dapat berupa lingkungan, waktu latar belakang profil, kondisi sosial budaya, dan lainnya.

9. Gangguan Komunikasi

Komunikasi dapat terganggu dengan adanya beberapa faktor pengganggu. Misalnya, gangguan fisik, semantik, mental, psikologis, maupun gangguan dari lingkungan sekitar. Gangguan ini membuat pesan dalam komunikasi tidak dapat disampaikan secara jelas.

10. Efek Komunikasi

Konsekuensi atau efek dari proses komunikasi dapat berupa tingkah laku maupun sikap dari penerima pesan setelah menerima informasi dari komunikator.

Fungsi Penting Komunikasi dalam Bisnis

Komunikasi tidak dapat dipisahkan dalam dunia bisnis. Hal tersebut karena komunikasi yang efektif dan optimal secara tidak langsung bisa membantu bisnis untuk terus berkembang. Berikut ini beberapa fungsi penting dari komunikasi yang diterapkan dalam bisnis, yaitu:

Baca Juga: Komunikasi Bisnis: Pahami Jenis, Teknik, hingga Tujuannya

  • Membantu proses tercapainya tujuan bisnis
  • Meningkatkan hubungan dengan pelanggan
  • Menambah jumlah pelanggan
  • Mendorong terjadinya kerja sama yang baik dengan berbagai pihak
  • Meningkatkan produktivitas bisnis
  • Meningkatkan leadership para pemimpin atau manajemen bisnis
  • Menjadi media untuk meningkatkan komunikasi dan kerjasama antar departemen dalam bisnis
  • Meningkatkan komunikasi antar karyawan
  • Mengurangi risiko turnover atau karyawan resign
  • Membagikan pengetahuan bisnis
  • Meningkatkan keberhasilan berbagai strategi dalam mengembangkan bisni

Setidaknya terdapat sepuluh komponen komunikasi yang penting dan harus dipenuhi dalam menjalankan bisnis. Komponen yang dimaksud mulai dari pengirim pesan hingga efek komunikasi. Masing-masing komponen membentuk komunikasi yang memiliki peranan penting bagi bisnis.

Artikel Terkait

Cara Menghitung Untung Jualan Dengan Tepat dan Cepat
Cara menghitung untung jualan penting dikuasai para pebisnis. Dengan menghitung keuntungan yang benar, maka bisnis terhindar dari kerugian. Ada berbagai
Baca Juga
5+ Ide Jualan Makanan beserta Tips Strategi Jitunya
Ide jualan pada saat ini ada banyak variasi dan salah satu ide jualan yang menguntungkan saat ini adalah ide jualan
Baca Juga
11 Cara Mengelola Keuangan Usaha yang Baik
Sebagai pengusaha sudah wajib tahu yang namanya cara mengelola keuangan, dimana kemampuan mengelola keuangan menjadi landasan utama bagi keberlangsungan hidup
Baca Juga
9 Tips Buat Label Makanan Keren Sesuai BPOM
Memiliki label makanan pada produk yang makanan yang diproduksi memang menjadi impian bagi semua pebisnis makanan, apalagi saat ini banyak
Baca Juga
10 Teknik Pemasaran Analisa Perilaku Pelanggan dan Contohnya
Dalam dunia marketing memahami teknik pemasaran adalah salah satu hal utama dan wajib dilakukan agar proses pemasaran bisa berjalan lancar
Baca Juga
Tips Menghemat Biaya Operasional Perusahaan yang Efektif
Kebanyakan bisnis kecil dan menengah atau startup memiliki biaya operasional yang terbatas. Maka dari itu, tentunya selalu diperlukan cara yang
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu