Web Logo Bee
Penulis: Feni Purwantini

4 Strategi Pemasaran Yang Jitu di Era Digital

Dipublish Tgl: Tuesday, 8 September 2020

Strategi Pemasaran yang jitu di era digital seperti saat ini sangat dibutuhkan oleh para pebisnis. Hanya dengan startegi pemasaran yang baiklah bisnis Anda bisa tetap mengudara dikancah persaingan bisnis yang semakin hari semakin keras.

Bisnis di zaman sekarang ini mengharuskan kita untuk memutar otak, dibutuhkan ide-ide kreatif dalam mencetuskan teknik marketing yang tepat sasaran dan kemudian menghasilkan pundi-pundi profit.

Memang sudah banyak artikel yang memuat bagaimana tips marketing yang baik. Tapi apakah artikel yang memberikan cara marketing yang baik itu sudah relevan dengan bisnis Anda?

Karena itu Anda harus pandai-pandai memilah tips pemasaran, mana yang sesuai dengan bisnis Anda jalankan.

Nah jika Anda sedang mencari startegi untuk bisnis yang tentunya relevan dimasa sekarang dan pas untuk bisnis Anda. Baca artikel ini sampai selesai ya.

Namun sebelum saya membahas bagaiamana cara menentukan marketing strategy yang jitu di era digital ini, alangkah baiknya jika tahu dulu apa itu arti startegi pemasaran.

Apa itu Strategi Pemasaran ?

Strategi pemasaran secara mudah adalah cara seseorang atau suatu perusahaan melakukan sesuatu tindakan agar produk mereka yang berupa barang maupun jasa diterima, bahkan dibeli dan digunakan oleh masyarakat luas.

Fungsi Strategi Pemasaran

  1. Meningkatkan penjualan dalam jangka pendek
  2. Memperluas kerjasama
  3. Memperkenalkan perusahaan kepada khalayak luas atau istilah sekarang adalah Branding

Dari ketiga fungsi di atas bisa disimpulkan jika pada dasarnya fungsi dari strategi pemasaran adalah bagaimanapun prosesnya tujuan akhirnya adalah terjadinya transaksi jual beli.

4 Strategi Pemasaran Yang Jitu

4 Strategi Pemasaran yang Jitu

Strategi Marketing (Sumber: Freepik.com)

Untuk membantu Anda dalam mengembangkan bisnis, berikut Ada 4 strategi pemasaran yang saya jamin jitu jika dilakukan dengan baik dan benar ;

1. Kenali Target Market / Customer Anda

Mengenali target market Anda merupakan pondasi yang harus Anda kuasai, agar strategi pemasaran yang Anda buat bisa sukses. Riset menjadi pilihan terbaik agar Anda tidak salah sasaran target market.

Contohnya  jika produk yang Anda jual baju kerja wanita maka target market Anda tentu saja harus wanita dengan rentan usia  18-45 tahun.

3. Promosi

Setelah menentukan target market hal selanjutnya yaitu melakukan promosi. Pemasaran digital ini ada 2 macam :

  • Promosi Berbayar, Contohnya facebook ads, google ads, Ig ads, endorse, iklan di TV, iklan di youtube dll.
  • Promosi Gratis. Contohnya posting beberapa produk yang Anda tawarkan ke sosial media yang Anda miliki.
Ilustrasi Promosi Online Marketing

Pemasaran Secara Online (Sumber: Freepik.com)

Dalam perkembangannya teknologi saat ini media untuk melakukan promosi sangatlah banyak. Jadi Anda harus rajin-rajin mencoba agar tahu media promosi mana yang efektif dan efisien untuk bisnis Anda.

3. Menjalin Hubungan Yang Baik dengan Customer

Menjalin hubungan yang baik dengan customer adalah salah satu pemasaran efektif menurut saya. Karena dengan begitu customer akan selalu membeli produk Anda.

Bahkan jika barang Anda mungkin lebih mahal dibandingkan kompetitor. Namun jika memiliki hubungan baik maka itu semua tidak akan mempengaruhinya.

Dan bagusnya lagi jika customer puas bertransaksi mereka tidak akan segan-segan merekomendasikan kepada rekan, teman dan keluarga mereka untuk ikut membeli produk Anda.

Mereka juga bisa menjadi media promosi Anda yang efisien dan efektif ditambah gratis lagi.

4. Fokus dan Konsisten

Fokus dan konsisten terhadap apa yang Anda sedang kerjakan adalah kunci keberhasilan. Jika gagal cari cara lain, coba lagi dan lagi. Jangan pernah menyerah.

Untuk mendapatkan satu keberhasilan Anda harus melewati beberapa kegagalan agar Anda bisa belajar dari sana.

Kesimpulan

Sebagus apapun startegi marketing yang Anda sudah buat namun jika tidak dipraketkkan tidak akan membuat bisnis berkembang. Jadi praktekan jika gagal coba lagi dan cari cara lain.

Jika startegi pemasaran produk sudah bisa berjalan dengan baik otomatis omset juga naik. PR Anda selanjutnya adalah bagaimana caranya mengelola keuangan yang baik dan benar.

Mengelola keuangan tidak mudah bagi Anda yang tidak memiliki pengetahuan dasarnya. Merekrut karyawan baru sebagai admin juga harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Untuk itu lebih baik Anda menggunakan software untuk mencatat keuangan.

Dan software keuangan yang sekali klik semua laporan keuangan jadi plus harganya sangat terjangkua yaitu Beepos. Dan amazingnya lagi Beepos juga menyediakan berbagai fitur promosi yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan omset bisnis Anda.

software toko

Fitur promosi apa saja yang dimiliki Beepos? Langsung saja Anda bisa kontak customer servicenya di sini atau juga bisa langsung coba gratis softwarenya di sini.

Jika dari artikel tentang 4 strategi pemasaran yang jitu di era digital ini ada yang ingin Anda tanyakan. Silahkan koment di bawah ya, dan saya akan sangat senang sekali jika bisa membantu bisnis Anda. Sampai jumpa.

Pahami Nota Kontan: Fungsi, Cara Membuat dan Contohnya
Nota kontan adalah istilah transaksi dalam dunua keuangan, yang mana metode pembayarannya menggunakan uang tunai. Metode ini kerap digunakan untuk […]
Baca Juga
Kesalahan yang Wajib Dihindari Dalam Branding Produk
Merek Anda adalah janji dan komitmen Anda kepada pelanggan. Jadi penting bagi Anda untuk membangunnya dengan hati-hati. Sebuah merek tidak […]
Baca Juga
Cara Membuat Jurnal Umum Mudah Serta Contohnya
Jurnal umum adalah sebuah media yang akan digunakan untuk mencatat setiap bukti transaksi keuangan perusahaan dalam satu periode akuntansi. Tidak […]
Baca Juga
Annual Report: Fungsi Bagi Bisnis dan Contohnya
Annual Report atau laporan tahunan lebih dikenal salah satu dokumen yang paling diinginkan oleh para pemegang saham. Laporan ini biasanya […]
Baca Juga
Aplikasi Kasir Untuk PC Penting Bagi Bisnis Anda
Berbicara mengenai kasir, pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan mereka yang menggunakan aplikasi kasir untuk PC. Kasir merupakan seseorang […]
Baca Juga
Cara Memilih Aplikasi untuk Kasir Minimarket Gratis yang Terbaik
Aplikasi untuk kasir minimarket atau lebih dikenal dengan istilah Point of Sale (POS) merupakan salah satu inovasi dari teknologi yang dapat […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Web Bee Logo
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No. 41B, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2023 Bee.id
magnifiercrossmenu