Logo Bee Web

4 Strategi Pemasaran Yang Jitu di Era Digital

Strategi pemasaran ada tonggak yang akan membuat bisnis Anda berkembang. Cara marketing yang baik dan benar akan menjadikan kesuksesan suatu bisnis
Penulis: Feni Purwantini
Dipublish Tgl: Tuesday, 8 September 2020

Strategi Pemasaran yang jitu di era digital seperti saat ini sangat dibutuhkan oleh para pebisnis. Hanya dengan startegi pemasaran yang baiklah bisnis Anda bisa tetap mengudara dikancah persaingan bisnis yang semakin hari semakin keras.

Bisnis di zaman sekarang ini mengharuskan kita untuk memutar otak, dibutuhkan ide-ide kreatif dalam mencetuskan teknik marketing yang tepat sasaran dan kemudian menghasilkan pundi-pundi profit.

Nah jika Anda sedang mencari startegi untuk bisnis yang tentunya relevan dimasa sekarang dan pas untuk bisnis Anda. Baca artikel ini sampai selesai ya. Namun sebelum saya membahas bagaiamana cara menentukan marketing strategy yang jitu di era digital ini, alangkah baiknya jika tahu dulu apa itu arti startegi pemasaran.

Apa itu Strategi Pemasaran ?

Strategi pemasaran adalah suatu rencana yang terencana dan terorganisir yang digunakan oleh perusahaan atau organisasi untuk mencapai tujuan pemasaran mereka. Pada dasarnya, strategi ini melibatkan langkah-langkah seperti pemilihan sasaran pasar yang sesuai, pengembangan produk atau layanan yang memenuhi kebutuhan pelanggan, penetapan harga yang strategis, serta pilihan saluran distribusi dan promosi yang efektif.

Proses ini dimulai dengan pemahaman yang mendalam terhadap pasar dan pelanggan yang dituju, yang kemudian membantu perusahaan merancang produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan tersebut. Penetapan harga yang cermat kemudian diperlukan untuk mencapai keseimbangan antara nilai produk dan biaya produksi.

Selain itu, promosi yang tepat, termasuk pemasaran digital, berperan penting dalam meningkatkan kesadaran dan minat pelanggan. Distribusi produk juga menjadi fokus, dengan pemilihan saluran distribusi yang efisien agar produk dapat sampai kepada pelanggan dengan cepat dan efektif.

Terakhir, analisis terus-menerus terhadap kinerja strategi pemasaran diperlukan, menggunakan data dan feedback untuk memastikan bahwa strategi tersebut dapat beradaptasi dengan perubahan pasar dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dengan demikian, strategi pemasaran adalah suatu pendekatan terpadu yang mencakup sejumlah elemen kunci untuk mengarahkan usaha pemasaran menuju keberhasilan.

Fungsi Strategi Pemasaran

Berikut adalah fungsi strategi pemasaran dalam mengoptimalkan penjualan:

1. Meningkatkan Penjualan Jangka Pendek

Salah satu fungsu strategi pemasaran adalah untuk meningkatkan penjualan dalam jangka pendek. Melalui penentuan harga yang tepat, promosi yang efektif, dan strategi penjualan yang agresif, perusahaan dapat menciptakan dorongan untuk meningkatkan volume penjualan produk atau layanan.

Seperti menerapkan diskon khusus, penawaran bundel, atau program loyalitas pelanggan adalah contoh taktik yang dapat diimplementasikan untuk mendorong pembelian segera.

2. Memperluas Kerjasama

Berikutnya adalah membangun dan memperluas kerjasama dengan pihak-pihak yang dapat mendukung peningkatan penjualan. Ini dapat melibatkan mitra distribusi, agen penjualan, atau kemitraan strategis dengan perusahaan lain.

Dengan bekerja sama dengan mitra yang tepat, perusahaan dapat mengakses pasar baru, mencapai audiens yang lebih luas, dan meningkatkan keberadaan mereka di berbagai saluran distribusi.

3. Branding Produk

Tidak hanya itu saja, fungsi strategi pemasaran selanjutnya adalah membangun citra merek atau branding yang kuat. Ini melibatkan upaya untuk memperkenalkan perusahaan dan produknya kepada khalayak luas.

Melalui kampanye branding yang efektif, perusahaan dapat menciptakan kesan positif di antara konsumen, membedakan diri dari pesaing, dan membangun loyalitas pelanggan jangka panjang. Strategi pemasaran ini mencakup aspek desain logo, pesan merek, dan pengelolaan citra merek secara keseluruhan.

4. Langkah Identifikasi Pasar

Strategi pemasaran juga berfungsi sebagai alat untuk mengidentifikasi dan menyesuaikan diri dengan perubahan dalam lingkungan pasar. Melalui pemantauan tren pasar, analisis pesaing, dan umpan balik pelanggan.

Selain itu, perusahaan dapat mengadaptasi strategi pemasaran mereka untuk memenuhi perubahan kebutuhan dan preferensi pelanggan. Fleksibilitas dalam strategi pemasaran memungkinkan perusahaan untuk tetap relevan dan bersaing di pasar yang dinamis.

5. Optimasi Proses Distribusi

Strategi pemasaran juga melibatkan pemilihan dan pengoptimalkan saluran distribusi yang efisien. Dengan memastikan produk atau layanan dapat diakses dengan mudah oleh pelanggan target, perusahaan dapat meningkatkan peluang penjualan.

Ini melibatkan pemilihan saluran distribusi yang sesuai dengan karakteristik produk, preferensi pelanggan, dan kondisi pasar. Mengoptimalkan saluran distribusi membantu perusahaan mencapai efisiensi operasional dan meningkatkan ketersediaan produk di pasar.

Dari kelima fungsi di atas bisa disimpulkan jika pada dasarnya fungsi dari strategi pemasaran adalah bagaimanapun prosesnya tujuan akhirnya adalah terjadinya transaksi jual beli.

4 Strategi Pemasaran Yang Jitu

Untuk membantu Anda dalam mengembangkan bisnis, berikut Ada 4 strategi pemasaran yang saya jamin jitu jika dilakukan dengan baik dan benar ;

1. Kenali Target Market / Customer Anda

Mengenali target market Anda merupakan pondasi yang harus Anda kuasai, agar strategi pemasaran yang Anda buat bisa sukses. Riset menjadi pilihan terbaik agar Anda tidak salah sasaran target market.

Contohnya  jika produk yang Anda jual baju kerja wanita maka target market Anda tentu saja harus wanita dengan rentan usia  18-45 tahun.

3. Promosi

Setelah menentukan target market hal selanjutnya yaitu melakukan promosi. Pemasaran digital ini ada 2 macam :

  • Promosi Berbayar, Contohnya facebook ads, google ads, Ig ads, endorse, iklan di TV, iklan di youtube dll.
  • Promosi Gratis. Contohnya posting beberapa produk yang Anda tawarkan ke sosial media yang Anda miliki.

Dalam perkembangannya teknologi saat ini media untuk melakukan promosi sangatlah banyak. Jadi Anda harus rajin-rajin mencoba agar tahu media promosi mana yang efektif dan efisien untuk bisnis Anda.

3. Menjalin Hubungan Yang Baik dengan Customer

Menjalin hubungan yang baik dengan customer adalah salah satu pemasaran efektif menurut saya. Karena dengan begitu customer akan selalu membeli produk Anda.

Bahkan jika barang Anda mungkin lebih mahal dibandingkan kompetitor. Namun jika memiliki hubungan baik maka itu semua tidak akan mempengaruhinya.

Dan bagusnya lagi jika customer puas bertransaksi mereka tidak akan segan-segan merekomendasikan kepada rekan, teman dan keluarga mereka untuk ikut membeli produk Anda.

Mereka juga bisa menjadi media promosi Anda yang efisien dan efektif ditambah gratis lagi.

4. Fokus dan Konsisten

Fokus dan konsisten terhadap apa yang Anda sedang kerjakan adalah kunci keberhasilan. Jika gagal cari cara lain, coba lagi dan lagi. Jangan pernah menyerah.

Untuk mendapatkan satu keberhasilan Anda harus melewati beberapa kegagalan agar Anda bisa belajar dari sana.

Kesimpulan

Sebagus apapun startegi marketing yang Anda sudah buat namun jika tidak dipraketkkan tidak akan membuat bisnis berkembang. Jadi praktekan jika gagal coba lagi dan cari cara lain.

Jika startegi pemasaran produk sudah bisa berjalan dengan baik otomatis omset juga naik. PR Anda selanjutnya adalah bagaimana caranya mengelola keuangan yang baik dan benar.

Mengelola keuangan tidak mudah bagi Anda yang tidak memiliki pengetahuan dasarnya. Merekrut karyawan baru sebagai admin juga harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Untuk itu lebih baik Anda menggunakan software untuk mencatat keuangan.

Dan software keuangan yang sekali klik semua laporan keuangan jadi plus harganya sangat terjangkua yaitu Beepos. Dan amazingnya lagi Beepos juga menyediakan berbagai fitur promosi yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan omset bisnis Anda.

software toko

Fitur promosi apa saja yang dimiliki Beepos? Langsung saja Anda bisa kontak customer servicenya di sini atau juga bisa langsung coba gratis softwarenya di sini.

Jika dari artikel tentang 4 strategi pemasaran yang jitu di era digital ini ada yang ingin Anda tanyakan. Silahkan koment di bawah ya, dan saya akan sangat senang sekali jika bisa membantu bisnis Anda. Sampai jumpa.

12 Franchise Makanan untuk Pemula Modal Kecil
Ada Franchise makanan kekinian dapat menjadi pilihan yang menarik bagi seseorang yang ingin memulai bisnis makanan namun tidak memiliki pengalaman
Baca Juga
9 Ide Bisnis Menjanjikan di Era Digital 2023
Di era digital seperti saat ini, jika Anda ingin memiliki bisnis menjanjikan yang sukses, Anda harus melakukannya berbasis digital juga.
Baca Juga
Cari Tahu Peluang Usaha 2023 Paling Menguntungkan
Peluang Usaha tahun 2023 saat ini sangat beragam dan menguntungkan. Apabila dijalani dengan serius, maka bisnis bisa berkembang menjadi industri
Baca Juga
Cara Membuat Anggaran Tahunan untuk Bisnis dan Contohnya
Cara membuat anggaran tahunan bisnis pertama-tama harus direncanakan dengan teliti untuk mengetahui kondisi keuangan usaha. Dengan membuat anggaran tahunan, Anda
Baca Juga
Apa itu Supervisor, Tugas, Fungsi, dan Tanggung Jawabnya
Mungkin banyak yang sudah familiar dengan istilah apa itu supervisor? Secara umum tugasnya adalah menjembatani antara manajer atau pemilik perusahaan
Baca Juga
Usaha Bengkel untuk Pemula Mulai Persiapan Hingga Cuan
Apakah Anda termasuk pelaku usaha bengkel pemula ? Atau mempunyai niatan untuk membuka usaha bengkel? Anda sebelum membangun usaha ini
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu