🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Laporan Keuangan Menurut Standar Akuntansi Keuangan Indonesia

Laporan keuangan menurut Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan Indonesia (PSAK) adalah penyajian terstruktur dari posisi dan kinerja keuangan
Penulis: Rininta Oktaviana
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 31 August 2022

Kalau ngomongin laporan keuangan apa ya kira-kira yang terlintas di benak Anda? Pasti tidak jauh-jauh dengan uang, keuangan, akuntansi, atau bisnis. Nah kalau kita telisik lebih dalam, laporan keuangan menurut Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan Indonesia (PSAK) adalah penyajian terstruktur dari posisi keuangan dan kinerja keuangan suatu entitas dalam periode tertentu.

Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan posisi keuangan yang dapat disajikan dengan berbagai cara seperti sebagai laporan arus kas atau laporan arus dana, catatan dan laporan lain yang merupakan penjelasan dari laporan keuangan.

Apa Pentingnya Laporan Keuangan?

Perempuan Membaca Laporan Keuangan

Ilustrasi Akuntan Menganalisa Laporan Keuangan

Laporan keuangan bertujuan untuk memberikan informasi mengenai posisi keuangan, kinerja keuangan, dan arus kas yang ditujukan kepada pihak-pihak yang berkepentingan dalam pengambilan keputusan bisnis.

Jadi laporan keuangan sangat penting untuk menilai dan meramalkan apakah perusahaan di waktu sekarang dan di masa depan akan menghasilkan keuntungan atau malah kebangkrutan. Informasi perubahan posisi keuangan perusahaan juga bermanfaat untuk menilai aktivitas investasi, pendanaan dan operasi bisnis dalam periode tertentu.

Baca Juga: 7+ Cara Mudah Menyusun Laporan Keuangan

Penyajian Laporan Keuangan Menurut Standar Akuntansi Keuangan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa laporan keuangan yang lengkap biasanya terdiri dari neraca, laporan laba rugi, laporan posisi keuangan, dll. Menurut Standar Akuntansi Keuangan Indonesia (SAK) komponen laporan keuangan lengkap terdiri dari:

  • Laporan Neraca

Laporan Neraca Staffel

Ilustrasi Laporan Neraca dengan Software Akuntansi Beecloud (Sumber: Bee.id)

Neraca adalah bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi dan menunjukkan posisi keuangan perusahaan pada akhir periode tersebut.

Di laporan neraca informasi yang harus ada di antaranya: kas dan setara kas, piutang usaha dan piutang lainnya, persediaan, properti investasi, aset tetap, aset tidak berwujud, utang usaha dan utang lainnya, aset dan kewajiban pajak, keajiban diestimasi, ekuitas.

  • Laporan Laba Rugi

labarugi

Ilustrasi Laporan Laba Rugi dengan Software Akuntansi Beecloud (Sumber: Bee.id)

Laporan ini menyajikan hubungan antara pendapatan dan beban. Informasi yang harus ada dalam laporan laba rugi di antaranya: pendapatan, beban keuangan, bagian laba atau rugi dari investasi yang menggunakan metode ekuitas, beban pajak, laba atau rugi neto.

  • Laporan Perubahan Modal

Laporan Perubahan Modal

Ilustrasi Laporan Perubahan Modal dengan Software Akuntansi Beecloud (Sumber: Bee.id)

Laporan ini menunjukkan seluruh perubahan dalam ekuitas untuk suatu periode tertentu. Informasi yang harus ada di dalamnya adalah pos pendapatan dan beban yang diakui secara langsung dalam ekuitas untuk periode tersebut, pengaruh perubahan kebijakan akuntansi dan koreksi kesalahan yang diakui dalam periode tersebut.

Perubahan ekuitas selain perubahan yang timbul dari transaksi dengan pemiliki dalam kapasitas sebagai pemiliki termasuk jumlah investasi, penghitungan dividen dan distribusi lain ke pemilik ekuitas selama satu periode.

  • Laporan Arus Kas

Laporan Arus Kas

Ilustrasi Laporan Arus Kas dengan Software Akuntansi Beecloud (Sumber: Bee.id)

Dalam laporan ini informasi yang harus ada di dalamnya adalah perubahan historis atas kas dan setara kas entitas yang menunjukkan secara terpisah perubahan yang terjadi selama satu periode, investasi dan pendanaan.

  • Catatan Atas Laporan Keuangan

Ilustrasi Catatan atas Laporan Keuangan Indofood (Sumber: Idx.co.id)

Di dalamnya berisi ringkasan kebijakan akuntansi dan informasi tambahan yang disajikan dalam laporan keuangan. Catatan atas laporan keuangan memberikan penjelasan naratif atau rincian jumlah yang disajikan dalan laporan keuangan dan informasi yang tidak memenuhi kriteria pengakuan dalam laporan keuangan.

Baca Juga: Template Laporan Keuangan Sederhana Mudah Ditiru!

Kesimpulan

Setelah kita mengetahui apa itu laporan keuangan, pentignya laporan keuangan dan bagaimana penyajikan laporan keuangan yang benar menurut Standar Akuntansi Keuangan (SAK) dapat disimpulkan laporan keuangan yang lengkap terdiri dari laporan neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan.

Dalam praktiknya saat ini masih banyak UMKM yang belum memiliki laporan keuangan atau memiliki laporan keungan namun masih dilakukan secara sederhana dan manual. Untuk membantu memudahkan UMKM membuat laporan keuangan yang akurat software akuntansi bisa menjadi alternatif pilihan untuk Anda.

Software akuntansi Beecloud merupakan software akuntansi berbasis cloud dilengkapi dengan ratusan variasi laporan keuangan yang tersaji cepat dan akurat. Laporan neraca, laba rugi, kas/bank, stok, piutang semuanya tercatat dan memudahkan manajemen dalam pengambilan keputusan.

Software akuntansi Beecloud juga bisa diakses dari perangkat apapun (smartphone, tablet, dan laptop) kapanpun di manapun. Coba gratis Beecloud dengan klik gambar di bawah ini!

Banner Beecloud Laporan Neraca

 

Piutang: Pengertian, Jenis, Ciri, dan Prosedur Pencatatannya
Seperti yang diketahui istilah yang ada di dalam akuntansi cukup banyak, salah satunya adalah piutang termasuk juga jurnal piutang. Istilah
Baca Juga
Mengenal Ayat Jurnal Penyesuaian, Pengertian sampai Jenisnya
Anda masih kesulitan dalam menyusun ayat jurnal penyesuaian (AJP)? Laporan akuntansi sebuah bisnis memang cukup kompleks. Seorang akuntan mesti mencatatnya
Baca Juga
Contoh Jurnal Umum dan Buku Besar Akuntansi Perusahaan
Jurnal umum dalam bidang ilmu akuntansi, sebagai hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari hari dan tentunya wajib diketahui
Baca Juga
4 Langkah Mudah Belajar Accounting untuk Pebisnis Pemula
Salah satu hal yang turut mensukseskan bisnis yang sedang Anda bangun saat ini adalah dengan menggunakan sistem akuntansi yang baik.
Baca Juga
Account Receivable adalah: Pahami Arti, Ciri-Ciri, dan Fungsinya
Account receivable adalah sebutan umum yang mudah ditemui dalam dunia akuntansi. Terutama saat Anda menyusun laporan yang berkaitan dengan utang-piutang.
Baca Juga
Cara Praktis Membuat Laporan Keuangan Online Shop
Laporan keuangan online shop merupakan hal penting yang wajib diperhatikan untuk Anda pebisnis online shop. Pasalnya, banyak pelaku online shop
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu