🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Catatan Atas Laporan Keuangan (CaLK): Definisi, Unsur & Cara

Pengertian Catatan atas Laporan Keuangan (CaLk) di akuntansi akan diulas lengkap di artikel ini beserta fungsi dan caranya.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Monday, 1 August 2022

Angka-angka akuntansi yang disajikan di dalam laporan keuangan umumnya memberikan informasi yang tidak sepenuhnya jelas, maka dari itu perlu adanya Catatan Atas Laporan Keuangan atau disingkat CaLK tujuannya adalah sebagai informasi tambahan dan sekaligus sebagai penjelas. Lalu seperti apa selengkapnya? Di artikel ini akan dibahas tentang pengertian, fungsi, isi beserta caranya.

Pengertian Catatan Atas Laporan Keuangan

Dapat memberikan informasi yang berguna tentang laporan keuangan. Catatan ini mencakup penjelasan tentang kebijakan dan prosedur akuntansi yang digunakan dalam menyusun laporan keuangan, seperti bagaimana penyusutan dihitung. Hal ini membantu investor memahami dasar penyajian laporan keuangan.

Contoh Catatan Atas Laporan Keuangan Ciputra

Contoh CaLK (Sumber: Ciputradevelopment.com)

Selain itu, catatan atas laporan keuangan merupakan komponen integral dari laporan keuangan. Dengan demikian, perlu dipertimbangkan apakah ada ruang yang cukup untuk catatan ini. Jika tidak sesuai dengan format yang disyaratkan, mungkin perlu untuk mengurangi ukuran catatan.

Pengertian Catatan atas laporan keuangan menurut Wikipedia adalah catatan-catatan tambahan yang diberikan pada isi laporan keuangan. Merupakan salah satu bagian isi dari laporan keuangan. Muatan isi dalam catatan atas laporan keuangan meliputi informasi tambahan khususnya yang berhubungan dengan laporan laba rugi dan kinerja keuangan.

Namun demikian, tidak semua informasi yang termasuk dalam catatan ini dimasukkan dalam laporan keuangan. Oleh karena itu, sangat penting bahwa catatan keuangan berisi informasi yang cukup untuk memungkinkan pembaca memahami sepenuhnya laporan keuangan.

Baca Juga: Manfaat Menggunakan Aplikasi Catatan Penjualan Harian

Meskipun fungsinya hanya untuk melengkapi informasi yang terdapat dalam laporan keuangan, catatan atas neraca juga harus disusun sesuai dengan ketentuan Financial Accounting Standard Board (FASB), termasuk ketentuan Interpretasi Pelaporan Keuangan (FSI).

Fungsi Catatan Atas Laporan Keuangan

Jika anda bertanya tanya tentang apa sih manfaatnya, mari kenali berbagai fungsi atau manfaat yang akan anda dapatkan dengan adanya CaLK :

  1. Dapat menjelaskan laporan keuangan dengan Bahasa yang tentunya mudah dipahami oleh public non akuntan.
  2. Dapat memberikan gambaran umum tentang perusahaan dan juga gambaran dari kebijakan fiskal yang diterapkan
  3. Dapat menjelaskan ikhtisar dari ketercapaian kinerja perusahaan melalui target keuangan yang ada

Baca Juga: Manfaat Software Akuntansi yang Wajib Anda Tahu

Dengan begitu pentingnya catatan atas laporan keuangan, tentu anda harus benar-benar teliti dan menghindari kesalahan seminimal mungkin. Namanya saja berhubungan dengan keuangan, salah sedikit tentu anda akan mengalami kerugian.

BeeCloud Laporan Akuntansi Download 03

Unsur-unsur Catatan Laporan Atas Keuangan (CaLK)

Pada bagian ini, catatan laporan keuangan berisi informasi tentang posisi keuangan perusahaan, aktivitas operasi, perubahan ekuitas, arus kas, dan kontrak-kontrak yang signifikan.

  • Unser Umum/paragraft penjelas

Unsur pertama yang harus dicantumkan dalam catatan atas laporan keuangan adalah unsur umum/paragraf penjelas. Paragraf ini berisi informasi tentang perusahaan, operasinya, sejarahnya, dll, dan menjelaskan mengapa penting untuk membaca laporan keuangan.

Paragraf ini diperlukan karena sisa dokumen didasarkan pada laporan keuangan. Tanpa paragraf ini, tidak akan ada dasar untuk memahami laporan keuangan.

  • Unser Kebijakan Akuntansi

Unsur kedua yang harus dicantumkan adalah kebijakan akuntansi yang digunakan. Sebagai asumsi dasar dalam penyusunan laporan keuangan, pengukuran laporan keuangan, multi currency dan lainnya

Bagaimana Cara Membuatnya?

Catatan ini biasanya disiapkan oleh auditor eksternal, akuntan, pengacara, konsultan, dll. Catatan ini memberikan informasi tentang sistem akuntansi yang digunakan oleh entitas yang diaudit. Informasi ini membantu auditor memahami entitas dengan lebih baik dan melakukan pekerjaannya dengan benar. Selain itu, memberikan informasi yang berguna bagi investor dan kreditor entitas.

Audit Laporan Keuangan

Ilustrasi Auditor Laporan Keuangan (Sumber: Freepik.com)

SAK EMKM 2016:43 mensyaratkan bahwa catatan harus memuat hal-hal tertentu seperti:

1. Deskripsi umum entitas;

2. Informasi tentang jenis sistem akuntansi yang diterapkan;

3. Deskripsi kebijakan akuntansi yang diterapkan;

4. Pernyataan singkat tentang estimasi dan asumsi akuntansi yang signifikan;

5. Pernyataan kelemahan material;

Itu dia penjelasan lengkap tentang CaLK, semoga setelah mengetahui artikel ini Anda jadi tahu lebih jauh tentang laporan keuangan untuk usaha.

10 Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa (Lengkap)
Dalam satu periode waktu setiap perusahaan membutuhkan catatan keuangan yang terbagi menjadi beberapa jangka waktu tertentu. Bisa tahunan, bulanan atau
Baca Juga
Neraca Saldo Setelah Penyesuaian, Simak Penjelasannya
Dalam dunia akuntansi dan bisnis neraca merupakan komponen penting yang harus ada dalam laporan keuangan setiap akhir periodenya. Untuk mendapatkan
Baca Juga
Bee.id, Contoh Software Akuntansi yang Recommended dan Efektif
Dewasa ini ramai beredar contoh software akuntansi yang mulai populer khususnya di dunia start-up. Hal ini berbanding lurus dengan perkembangan
Baca Juga
Biaya Langsung Adalah? Ini Jenis dan Perbedaanya
Dalam dunia bisnis, pengelolaan keuangan yang efektif menjadi salah satu faktor kunci dalam mencapai keberhasilan. Salah satu aspek penting dalam
Baca Juga
Cara Membuat Laporan Keuangan Toko Kelontong Excel Sederhana
Di sini akan disajikan cara membuat laporan keuangan toko kelontong Excel secara sederhana yang bisa diaplikasikan pada usaha Anda. Laporan
Baca Juga
Cara Menghitung Depresiasi dan Penjelasannya Dalam Akuntansi
Cara Menghitung Depresiasi - Depresiasi adalah suatu cara dalam menghitung nilai aset dalam sebuah bisnis. Secara umum di dunia akuntansi
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu