🌙 Beerkah Ramadhan Disc. upto 20% dan Cashback 15%
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Software Kasir dan Akuntansi Restoran Cafe Terbaik

Software akuntansi restoran menjadi andalan para pengusaha rumah makan untuk melancarkan jalannya bisnis mereka. Khususnya bagian kasir.......
Penulis: Rininta Oktaviana
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Saturday, 14 August 2021

Software akuntansi restoran menjadi andalan para pengusaha rumah makan untuk melancarkan jalannya bisnis mereka. Khususnya bagian kasir yang memiliki peranan cukup vital dalam kelangsungan suatu unit usaha bidang kuliner. Kini pun keberadaan aplikasi akuntansi menjadi penting karena mempermudah mobilitas kerja. Alhasil, produktivitas bisa meningkat, begitu pun dengan besaran penghasilan yang didapat.

software-akuntansi-restoran-terbaik

Memilih Software Akuntansi Restoran Terbaik (Sumber: Freepik.com)

Ketangkasan meja kasir dalam melayani pembayaran pelanggan menjadi penentu seberapa efisien strategi pembayaran yang dilakukan. Teknis pembayaran manual mungkin tepat namun sering kali melahirkan antrean yang panjang maka tidak heran banyak pelaku usaha yang kini mengandalkan software kasir guna memudahkan transaksi jual beli.

Namun bukan aplikasi kasir saja, ada beberapa software lainnya yang bisa membantu dalam pengelolaan kafe, restoran atau rumah makan semacamnya. Semuanya memiliki satu kesamaan, yakni pencatatan. Data. Rekam jejak yang bisa menjadi evaluasi bulanan tentang produktivitas kerja unit usaha.

Aplikasi Inventaris

aplikasi-inventaris-restoran

Kontrol Stok Restoran Secara Manual (Sumber: Freepik.com)

Inventaris menjadi aspek penting dalam laju perkembangan bisnis. Inventaris bukan saja ada pada perpustakaan, namun juga dalam aspek apa saja yang memerlukan pendataan yang akurat termasuk dunia usaha. Data yang rinci akan sangat membantu dalam banyak hal. Baik ketika melakukan pembelian barang modal, kegiatan produksi hingga melakukan transaksi penjualan produk.

Restoran juga memerlukan inventaris yang baik. Ketersediaan bahan baku adalah prioritas karena tanpa data ketersediaan yang cakap, laju produksi bisa terhambat. Pun dengan inventaris, Anda bisa melakukan manajemen produksi dengan baik. Sampai kapan bahan baku itu kedaluwarsa, kapan melakukan restock bahan baku, kapan membeli alat-alat yang rusak dan kapan-kapan yang lainnya.

Adanya software akuntansi restoran seperti inventaris akan memudahkan pendataan sekaligus efisiensi kerja. Mengupdate manual ketersediaan bahan baku akan sangat melelahkan pun boros waktu maka kehadiran software inventaris sudah sepatutnya menjadi jalan keluar dari permasalahan tersebut.

software-akuntansi-restoran-untuk-kelola-inventory

Software Akuntansi Memudahkan Pendanaan Inventory Restoran (Sumber: Pexels.com)

Fitur real time yang ada semakin memudahkan pendataan. Barang yang terpakai atau terjual akan secara langsung tercatat sehingga ketika melakukan restock produk bisa lebih awal untuk meminimalisir penyusutan jumlah barang. Kejadian seperti kehabisan stok produk bisa dicegah lebih dini sehingga laju roda ekonomi bisa terus berjalan.

Apabila Anda mendapati banyak produk yang terjual tidak sesuai dengan besaran laba yang dihasilkan, Anda bisa melakukan crosscheck ulang dengan melihat laporan keuangan yang ada. Anda juga bisa lebih jernih dalam menentukan solusi dengan data konkret yang Anda punya.

Anda bisa mengecek data yang ada tanpa harus menanti laporan keuangan bulanan. Fluktuasi untung dan rugi bisa Anda pantau setiap harinya. Bukan saja transaksi penjualan, pengeluaran teknis lainnya seperti biaya listrik atau air juga bisa Anda lihat dalam catatan inventaris.

Baca Juga: Ingin Punya Restoran Ramai Pengunjung? Inilah 5 Tipsnya

Software Invoice

software-akuntansi-memudahkan-pembuatan-invoice

Membuat Invoice dengan Software Lebih Cepat dan Rapi (Sumber: Freepik.com)

Invoice bukan saja untuk merekap data gaji karyawan namun kuantitas barang terjual juga bisa melalui invoice. Produk yang terjual ke reseller, misalnya. Memerlukan data mengenai berapa banyaknya produk terjual sehingga tagihan bisa jelas.Transparansi antara kasir dan pembeli wajib terwujud demi integritas unit usaha.

Jika umumnya, invoice harus manual dan kurir akan mengirimkannya, tidak demikian halnya jika Anda menggunakan software invoice. Metode invoice manual yang memeras keringat dan biaya menjadi lebih efektif dan efisien. Software akuntansi restoran seperti invoice ini akan meringkaskan sistematika kerja sehingga laju produksi bisa meningkat.

Tentu Anda sudah jamak mendapatkan struk pembelian dari petugas kasir. Nah, struk itu juga termasuk invoice. Hal semacam itulah yang mempermudah transaksi. Jika saja pendataan invoice masih manual, tentu memakan waktu yang lebih lama. Apalagi jika sedang ramai pelanggan, bisa kewalahan sendiri kalau masih menghitung manual.

antrian-konsumen-menunggu-di-kasir

Antrian Konsumen Akan Membuat Kewalahan Jika Masih Menggunakan Invoice Manual (Sumber: Unsplash.com)

Belum lagi fenomena panic buying yang belakangan menjalar. Strategi pelayanan yang kurang tepat bisa-bisa membuat pembeli lari dan pindah langganan. Akibatnya, besaran laba pun dapat menurun secara drastis. Dampak buruknya, jika Anda seorang kasir, Anda bisa-bisa kehilangan pekerjaan Anda. Oleh karenanya, penting sekali untuk menjaga efektivitas kerja.

Berbeda dengan software akuntansi restoran lainnya, invoice ini bisa menjadi andalan dalam menarik perhatian pelanggan. Anda bisa membuatnya tampak menarik dengan menampilkan desain yang unik sekaligus identik dengan restoran Anda. Lebih jelasnya, tampilan unik inilah yang juga turut menjadi produk. Sebagaimana halnya, “BTS Meal” yang sempat ramai beberapa waktu lalu.

Jika Anda memerhatikan lebih cermat, sebenarnya produk makanannya cukup umum namun nama besar boyband BTS-lah yang turut menjual produk ini menjadi ramai pembeli bahkan bungkusnya pun menjadi koleksi tersendiri bagi pembelinya.

bts-meal

BTS Meal yang Sempat Menggegerkan Indonesia (Sumber: Liputan6.com)

Inilah bukti kecermatan seorang pebisnis dalam meraup untung dengan waktu yang singkat. Prinsip ekonomi? Jelas, itu sudah terpampang di mana-mana semenjak kabar tersebut naik daun.

Demikian halnya dengan struk invoice, bisa Anda kreasikan sedemikian rupa guna menarik hati pelanggan. Bukan tidak mungkin nantinya ada pelanggan yang membeli makanan di restoran Anda hanya  karena penasaran atau sekadar suka dengan struk invoicenya.

Baca Juga: Alternatif Software Resto, untuk Resto Ramai & Banyak Meja

Beepos Resto

software-kasir-dan-akuntansi-beepos-resto

Software Kasir dan Akuntansi Beepos Resto (Sumber: Bee.id)

Pilihan selanjutnya ada Beepos. Beepos merupakan salah satu software kasir online yang populer. Di dalam menu satu ini memiliki beberapa opsi produk yang cukup variatif. Di dalamnya ada dua opsi, yakni Mobile dan Desktop. Nah, masing-masingnya juga memiliki tiga level, yaitu Lite, Gold dan Platinum. Jadi, total ada enam opsi layanan produk dalam Beepos.

Setiap pilihan menawarkan kriteria pelayanan yang berbeda, tergantung korelasi dengan kebutuhan Anda. Kesesuaian bidang usaha dan tarif menjadi faktor utama yan menentukan pilihan mana yang akan Anda pilih nantinya. Beepos adalah software kasir yang cukup efektif dan protektif dalam teknis praktiknya.

Selain itu ada juga Beepos Resto. Anda sudah bisa menebak dari namanya. Opsi ini bergerak fokus pada pelayanan restoran atau rumah makan semacamnya. Hal ini karena software akuntansi restoran satu ini memang memiliki special design untuk meladeni efektivitas pelayanan sehingga cocok untuk usaha rumah makan yang membutuhkan kecepatan pelayanan meladeni pelanggan.

software-restoran-cafe-multi-pembayaran-ovo-gojek

Software Restoran Cafe Multi Pembayaran

Kemajuan zaman melahirkan banyak perubahan. Kreasi dan inovasi menjadi ledakan besar peradaban manusia. Sudah sepantasnya hal tersebut tetap dalam jangkauan positif kontrol pengaruh. Kecanggihan yang ada harusnya menjadi alternatif dalam menciptakan kemudahan yang manfaat. Seperti halnya, software akuntasi adalah opsi upaya dalam mengembangkan usaha.

Seharusnya itu menjadi contoh yang baik dengan pemberdayaan yang benar pula. Beei.id adalah bukti anak bangsa bisa berkarya dan menghasilkan sebuah inovasi yang manfaat bagi banyak orang. Boleh jadi, ikut membantu menggerakkan laju ekonomi bangsa ini terlebih di situasi yang semakin menyebalkan seperti pandemi saat ini.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak, Anda bisa berkunjung langsung ke laman Bee.id. Software akuntansi restoran yang terpercaya dan efisien. Ada banyak opsi yang bisa Anda pilih sesuai dengan keperluan Anda. Jika ragu, Anda juga bisa menghubungi kontak yang tertera untuk berkonsultasi atau melakukan komplain.

Software-Akuntansi-Restoran-Terbaik

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Pembukuan Online Shop, Penting? Ternyata Ini 3 Manfaatnya
Pembukuan Online Shop – Mungkin ini merupakan bisnis yang kecil namun tetap butuh manajemen keuangan yang baik agar bisa berkembang.
Baca Juga
Pahami Nota Kontan: Fungsi, Cara Membuat dan Contohnya
Nota kontan adalah istilah transaksi dalam dunua keuangan, yang mana metode pembayarannya menggunakan uang tunai. Metode ini kerap digunakan untuk
Baca Juga
Software Akuntansi Sederhana dan Mudah Digunakan Tahun 2021
Akuntasi sangat penting sekali untuk sebuah perusahaan atau koperasi. Maka dari itu, seorang akuntan sangat krusial dalam sebuah perusahaan. Namun,
Baca Juga
Rumus Persamaan Dasar Akuntansi, Pengertian dan Contohnya
Rumus persamaan dasar akuntansi merupakan konsep dasar dalam akuntansi yang digunakan untuk menggambarkan hubungan antara aset, liabilitas, dan ekuitas suatu
Baca Juga
Pengertian Chief Financial Officer dan Tugasnya
Mungkin nama jabatan Chief Financial Officer atau CFO masih terdengar jarang di kalangan awam, sebab memang kerjanya cenderung dilakukan di
Baca Juga
Jual Software Kasir Paling Bagus Bee.id
  Bagi Anda yang ingin akan membeli software kasir, jangan sampai sembarangan memilih toko jual software kasir. Sebagaimana membeli produk-produk
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu