Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Ingin Belajar Membuat Akuntansi Laporan Keuangan? Yuk, Intip Caranya!

Dipublish Tgl: Friday, 1 July 2022

Laporan keuangan berperan penting dalam operasional usaha, baik skala besar hingga kecil sekalipun. Selain memudahkan proses administrasi, juga memperlancar keuangan usaha yang dijalankan. Sayangnya, tidak semua pemilik bisnis sudah mengetahui cara membuat laporan yang benar. Lalu, bagaimana caranya? Yuk, simak cara dan seperti apa belajar akuntansi laporan keuangan berikut ini!

Belajar Membuat Akuntansi Laporan Keuangan Sederhana

Belajar Membuat Akuntansi Laporan Keuangan Sederhana

Ilustrasi Belajar Membuat Akuntansi Keuangan Sederhana (Sumber: Freepik.com)

Meskipun pembuatan laporan keuangannya secara sederhana, tetapi harus dibuat dengan urutan yang benar. Seringkali para pemilik usaha tidak ingin kerepotan membuat catatan dari berbagai transaksi yang sudah dilakukan. Padahal dari catatan tersebut, Anda dapat menyusun laporan keuangan dengan lebih mudah. 

Untuk pemula, Anda bisa membuat laporan keuangan secara manual terlebih dahulu. Mencatatnya harus menggunakan buku khusus untuk setiap jenis transaksi. Apabila dirasa sulit, biasa menggunakan aplikasi laporan keuangan secara otomatis. Sebagai contoh, sebagian pemilik usaha juga sudah beralih menggunakan aplikasi toko guna mempermudah pembukuan. Berikut urutan dalam membuat laporan keuangan. 

  • Belajar Membuat Akuntansi Laporan Keuangan dengan Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencatat semua pemasukan dan pengeluaran. Anda bisa membaginya menjadi dua buku, yakni khusus pengeluaran dan pemasukan. Sebaiknya, catatlah pengeluaran sekecil apapun dan akan lebih baik jika sudah memiliki catatan sebelum usaha mulai berjalan. Tujuannya agar memudahkan Anda dalam menyeimbangkan kas pada akhir periode.

Sementara untuk pemasukan juga sebaiknya dicatat apapun bentuk pemasukannya. Hal ini dapat membantu Anda mengawasi keseimbangan usaha yang sedang berjalan. Pasti, Anda juga membutuhkan catatan di akhir bulan, kuartal, hingga akhir tahun. Maka, pastikan semua pemasukan sudah dicatat dan termasuk hutang yang sudah dibayar sekalipun. 

  • Mengumpulkan dan Mencatat Semua Transaksi

Transaksi adalah kegiatan umum yang terjadi, baik transaksi penjualan, pembelian, penyewaan, dan lainnya. Bukti transaksi termasuk hal yang penting, sehingga tidak boleh hilang. Adanya bukti transaksi menjadi dasar pencatatan, seperti nota, kuitansi, faktur, dan masih banyak lagi. Semua transaksi yang berkaitan dengan operasional harus dicatat ke dalam jurnal secara rinci.

  • Memposting Jurnal Ke Buku Besar

Langkah selanjutnya adalah memposting kedalam buku besar. Caranya tidak begitu sulit, Anda hanya perlu memindahkan transaksi yang sudah tercatat di dalam jurnal ke akun-akun yang sudah sesuai dengan rincian. Bagaimana, tidak sulit belajar akuntansi laporan keuangan kan?

Baca Juga: Cara Membuat Buku Besar Beserta Penjelasannya

  • Melakukan Penyusunan Neraca Saldo

Laporan Keuangan Neraca Excel

Ilustrasi Penyusunan Neraca Saldo

Jika sudah selesai membuat buku besar, urutan berikutnya adalah menyusun neraca saldo. Neraca saldo adalah daftar rekening-rekening buku besar yang meliputi saldo debit maupun kredit. Daftar rekening bisa dikelompokkan masing-masing, yakni ke dalam pasiva ataupun aktiva. 

  • Membuat Jurnal Penyesuaian

Beberapa transaksi tidak semua atau belum tercatat pada tahap pembuatan laporan keuangan dan kemungkinan ada yang tidak sesuai di akhir periode, sehingga data dikumpulkan untuk membuat jurnal penyesuaian. Jurnal ini berperan dalam pengukuran performa perusahaan karena menyajikan data keuangan dalam sebuah perusahaan. Dengan begitu, perusahaan dapat memperhitungkan langkah berikutnya. 

  • Menyusun Neraca Lajur

Untuk memudahkan penyusunan laporan, maka harus menyusun neraca lajur dari data neraca saldo dan disesuaikan dengan data yang sudah diperoleh dari jurnal penyusunan. Kemudian, saldo yang telah disesuaikan akan terlihat pada neraca saldo yang sudah disesuaikan. Saldo tersebut akan dilaporkan pada laporan laba rugi maupun neraca. 

Baca Juga: Mengenal Neraca Lajur, Cara Membuat Beserta Contoh

  • Membuat Laporan Keuangan Sederhana

Dalam membuat laporan keuangan, Anda tinggal menulis laporan yang sudah ada di neraca jalur. Tulislah dengan rapid an sesuai standar laporan keuangan. Informasi yang disajikan dalam laporan keuangan sangat penting agar memantau kinerja perusahaan di masa depan. 

  • Membuat Jurnal Penutupan dan Neraca Saldo

Setelah rekening dalam buku besar sudah disesuaikan, saatnya Anda membuat jurnal penutup. Untuk membuatnya memerlukan dokumen laporan rekening nominal atau sementara ke rekening laba rugi, serta memindahkan saldo laba rugi ke dalam rekening laba tidak dibagi. 

Kemudian, untuk memastikan keseimbangan saldo debit dan kredit, Anda harus membuat neraca saldo setelah penutupan yang berisi rekening nyata dan bukan nominal yang sudah ditutup. Dengan demikian, akun yang dimasukkan ke dalam neraca saldo adalah akun nyata. Pastikan, isi dari neraca hanya berupa rekening riil saja dan bukan rekening nominal.

Kira-kira itulah cara belajar akuntansi laporan keuangan. Jika Anda sedang membutuhkan software akuntansi yang dapat mengatur laporan keuangan, Beecloud bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda bisa menganalisa keuangan dengan cepat dan akurat. Dengan begitu, Anda tidak perlu kerepotan untuk membuat laporan keuangan. Yuk, kunjungi Beecloud di sini! Atau klik gambar di bawah ini untuk coba gratis!

Banner Beecloud Laporan Neraca

6 Inspirasi Desain Toko Estetik Bikin Customer Betah Belanja
Tidak sedikit pemilik usaha toko yang mengaku bingung bagaimana menata toko yang baik agar terlihat menarik. Ada juga pemilik toko […]
Baca Juga
Cara Membaca Barcode untuk Software Kasir Bisnis
Cara membaca barcode diperlukan untuk memudahkan penginputan barang pada aplikasi kasir saat melakukan transaksi di sebuah usaha. Biasanya, usaha yang […]
Baca Juga
Bisnis Modal Minim, Inilah Tips Bisnis Kuliner Kecil-kecilan
Tips Bisnis Kuliner - Bisnis kuliner menjadi bisnis yang saat ini paling tepat untuk digeluti. Pasalnya bisnis kuliner menjadi bisnis […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu