🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Cara Membuat Jurnal Penyesuaian dan Contohnya Lengkap

Simak cara membuat jurnal penyesuaian secara detail dan lengkap dengan contohnya dalam artikel berikut ini
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Tuesday, 21 February 2023

Dalam dunia akuntansi peran jurnal penyesuaian termasuk cukup penting dan termasuk dalam akuntansi dasar yang digunakan sebagai pencatatan perubahan saldo dari akun pada akhir periode, sehingga saldo yang dilampirkan nanti benar-benar saldo riilnya.

Perubahan saldo ini terjadi karena adanya transaksi uang belum dicatat sebelumnya, sehingga perlu adanya penyesuaian. Bagaimana caranya? Simak penjelasan di bawah ini:

Baca Juga: Cara Membuat Jurnal Berdasarkan Jenisnya

Akun Akuntansi yang Perlu Jurnal Penyesuaian

Jurnal Penjualan

Ada beberapa akun yang disesuaikan dengan jurnal penyesuaian (Sumber: Freepik.com)

Sebelum membahas tentang cara membuat jurnal penyesuaian, Anda perlu mengetahui apa saja akun keuangan yang memerlukan jurnal penyesuaian agar data yang ditampilkan benar-benar sesuai dengan realitanya:

1. Akun Beban dan Pendapatan Dibayar di Muka

Pertama adalah akun beban dan pendapatan yang dibayar di muka. Dimana pada akun beban ini perlu disesuaikan karena sudah jatuh tempo.

Sedangkan pada akun pendapatan perlu disesuaikan karena dalam operasionalnya dilakukan selama berlakunya kinerja pelanggan.

2. Aktiva Tetap

Selanjutnya adalah aktiva tetap, dalam hal ini karena aktiva tetap akan terus mengalami penyusutan yang tidak bisa dihentikan dan dikontrol.

3. Akun Pendapatan

Ketiga adalah akun pendapatan, dimana proses pemakaian masih terus dijalankan, sehingga perlu disesuaikan dalam pembukuan sampai akhir periode.

4. Perlengkapan

Terakhir adalah akun perlengkapan, dimana akan selalu ada pemakaian walaupun sudah berada pada akhir periode keuangan.

Cara Membuat Jurnal Penyesuaian dan Contoh Kasusnya

Membuat jurnal penyesuaian

Ilustrasi penyusunan jurnal secara manual (Sumber: Freepik.com)

Pada umumnya, membuat jurnal penyesuaian mengacu pada akun-akun yang dicantumkan dalam neraca saldo, berikut cara pembuatan jurnal penyesuaian berdasarkan akunnya:

1. Beban Bayar di Muka

Pertama adalah beban bayar di muka, dimana dalam hal ini perusahaan harus membayar beberapa hal di awal periode yang akan datang, namun dengan pembayaran menggunakan anggaran pada periode saat ini.

  • CONTOH KASUS

PT Sukses Selalu memiliki saldo asuransi dibayar dimuka sebesar Rp400.000 dan pada akhir periode akuntansi jumlah asuransi telah jatuh tempo adalah dengan nominal Rp200.000 untuk 2 bulan yang akan datang.

Maka:

Akun asuransi yang dibayar di muka dimasukkan dan dicatat sebagai harta. Dan catatan yang disesuaikan adalah jumlahnya yang nantinya akan menjadi beban (sesuai dengan jumlah yang sudah jatuh tempo/ sudah dijalani)

Dengan tabel sebagai berikut:

Beban di Bayar Awal

2. Pendapatan Diterima di Muka

Berikutnya adalah pendapatan yang diterima di uka, artinya pendapatan ini tidak langsung dicatat dalam akun pendapatan secara langsung oleh perusahaan, melainkan di akun utang terlebih dahulu. Sebab, adanya realisasi pendapatan yang masih belum menjadi hak milik perusahaan.

  • CONTOH KASUSNYA

Pada akun pendapatan PT Sukses Selalu, menunjukkan data sejumlah Rp2.000.000.

Dan data pada akhir periode pendapatan sejumlah Rp100.000, kepada sejumlah layanan yang belum selesai dikerjakan.

Maka:

Jumlah pendapatan yang berasal dari pekerjaan yang belum dikerjakan sebesar Rp100.000, yang akan dicatat di bagian sisi debit.

Dan catatlah kembali ke dalam akun pendapatan diterima dimuka di sisi kredit karena dianggap sebagai hutang.

Berikut gambaran tabelnya:

Screenshot At Feb 21 16 05 53

3. Beban Perlengkapan

Selanjutnya adalah beban perlengkapan dalam hal ini mencakup aktiva lancar atau harta lancar. Adapun yang dicatat merupakan nilai perlengkapan yang sudah digunakan.

Untuk mengetahui seberapa banyak nilai yang sudah dipakai menggunakan cara pengurangan saldo awal akun perlengkapan awal dengan saldo akun perlengkapan yang tersisa di akhir periode.

  • CONTOH KASUS

Saldo Akun perlengkapan: Rp2.000.000 - Rp1.000.000 = Rp1.000.000. Dengan model penulisan dalam tabel berikut ini:

4. Biaya Penyusutan

Biaya penyusutan ini bisa disebut juga dengan depresiasi, yang perlu dan penting ditulis dalam jurnal keuangan.

  • CONTOH KASUS

Pada akun peralatan PT Sukses Selalu menunjukan saldo sebesar Rp2.000.000 dan pada akhir periode mengalami penyusutan sebesar 10%.

Maka:

Akumulasi penyusutan ini sebesar Rp200.000 diambil dari 10% dari jumlah awal saldo peralatan yang sebesar Rp2.000.000. Jumlah ini nantinya akan ditulis dalam sisi debit.

Lalu dalam akun penyusutan peralatan akan dicatat sebesar Rp200.000 ke dalam sisi kredit sebagai tempat penampungan daya penyusutan setiap tahunnya. Untuk lebih jelasnya, simak pada artikel di bawah ini:

5. Piutang Pendapatan

Terakhir adalah piutang pendapatan, yang mana pendapatan ini sudah menjadi hak perusahaan namun belum diterima dan nantinya akan dicatat dalam pendapatan periode terkait.

  • CONTOH KASUS

Pendapatan yang sudah selesai bernilai Rp2.000.000, dengan jumlah yang belum masuk kedalam neraca saldo perusahaan sebesar Rp10.000.000 yang menjadi bagian dari piutang pendapatan perusahaan.

Maka:

Jika diakumulasikan secara keseluruhan pendapatan akan bertambah menjadi Rp12.000.000.

Baca Juga: Cara Membuat Jurnal Berdasarkan Jenisnya

Contoh Jurnal Penyesuaian

Berikut contoh laporan jurnal penyesuaian perusahaan dagang secara lengkap:

contoh jurnal penyesuaian

Ilustrasi contoh jurnal penyesuaian (Sumber: bee.id)

Kesimpulan:

Sebagai seorang pengusaha/ pebisnis setidaknya perlu memahami apa itu jurnal penyusutan yang berfungsi untuk membantu mengontrol perusahaan.

Yang mana dalam jurnal penyesuaian ini akan menampilkan data secara riil tentang kondisi perusahaan Anda, sehingga Anda bisa mengetahui apa yang harus dilakukan dimasa depan dengan mengacu pada data tersebut.

Menghitung satu persatu pendapatan laba rugi dan sejenisnya belum lagi disesuaikan memang bukan perkara mudah apalagi yang awam dengan akuntansi. Untuk itu, tidak ada salahnya jika Anda mempercayakan bisnis Anda kepada software akuntansi online Beecloud.

Bisa diakses dimana saja dan kapan saja, Beecloud siap membantu mengelola laporan keuangan dengan lebih mudah, akurat dan lengkap.

Jurnal Penyesuaian

Software Akuntansi Manufaktur; Manfaat dan Fungsi Bee.id
Software akuntansi manufaktur tidak hanya bermanfaat dari segi efektifitas dan efisiensi kerja, namun software tersebut memiliki fungsi dan manfaat yang
Baca Juga
1001 Panduan Mengoperasikan Mesin Kasir Toko Baju
Mesin kasir toko baju merupakan perangkat untuk mencatat jumlah pembayaran dan menangani uang tunai dalam sistem POS ritel. 4 jenis
Baca Juga
Software Akuntansi Perusahaan Kontraktor dan Developer Property
Sebagaimana jenis usaha lain, bidang kontraktor juga memiliki software akuntansi untuk perusahaan kontraktor yang secara khusus menangani pekerjaan tersebut. Perusahaan
Baca Juga
10 Contoh Iklan Produk dan Tips Membuatnya
Iklan produk menjadi salah satu aspek penting dalam pemasaran yang tidak dapat diabaikan. Ada banyak sekali contoh iklan produk yang
Baca Juga
9 Tips Jualan Online untuk Pemula Tersukses
Perkembangan dunia digital menjadikan bisnis jualan online semakin banyak diminati karena dianggap lebih praktis dan mudah dilakukan. Karena semakin banyak
Baca Juga
Cara Membuat Jurnal Umum Mudah Serta Contohnya
Jurnal umum adalah sebuah media yang akan digunakan untuk mencatat setiap bukti transaksi keuangan perusahaan dalam satu periode akuntansi. Tidak
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu