Logo Bee Web

15 Contoh Invoice Pembayaran, Jenis dan Cara Buatnya

Butuh contoh invoice pembayaran sebagai referensi? Dalam artikel ini akan memerikan banyak contoh dari berbagai transaksi hingga cara buatnya
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Wednesday, 3 April 2024

Invoice pembayaran, atau faktur merupakan dokumen penting yang berfungsi sebagai bukti transaksi antara pembeli dan penjual. Di dalamnya tercantum informasi detail mengenai transaksi.

Seperti jenis barang atau jasa yang diperjualbelikan, jumlahnya, harga, total biaya, dan informasi pembayaran.

Selain itu, invoice ini juga menjadi landasan hukum yang sah untuk memastikan kelancaran proses pembayaran dan menghindari perselisihan di kemudian hari, berikut beberapa contohnya untuk Anda!

Fungsi Invoice Pembayaran

Invoice adalah dokumen yang berisi tentang informasi data transaksi, mulai dari nama penjual/pembeli hingga total biaya (Credit: Freepik.com)

Apa saja fungsi invoice pembayaran? Berikut diantaranya:

  • Invoice menjadi bukti transaksi sekaligus bukti formal atas transaksi yang terjadi antara penjual dan pembeli.
  • Berfungsi sebagai alat untuk menagih pembayaran kepada pembeli, dimana di dalam invoice ini tercantum informasi mengenai jumlah penagihan.
  • Menjadi arsip penting untuk pencatatan keuangan baik bagi penjual maupun pembeli, dimana invoice ini bisa digunakan untuk melacak transaksi.
  • Berfungsi sebagai pelaporan pajak, dimana di Indonesia, pengusaha wajib menerbitkan faktur pajak yang sah untuk setiap transaksi yang dilakukan.
  • Penggunaan invoice yang profesional dan sistematis dapat meningkatkan kredibilitas bisnis di mata pembeli.
  • Invoice yang valid dan sah dapat membantu meminimalisir penipuan dalam transaksi jual beli.

Jenis-Jenis Invoice Pembayaran

Menurut Siswosoediro (2008) invoice pembayaran dikelompokkan menjadi 3 jenis yakni, proforma invoice, commercial invoice dan consular invoice.

1. Proforma Invoice (Invoice Proforma)

Secara pengertian, proforma invoice adalah dokumen yang merinci informasi keterangan barang yang dijual lengkap dengan harga dari barang tersebut. Invoice ini juga bersifat sementara sebelum transaksi final.

Biasanya digunakan untuk penawaran kepada calon pembeli, meminta pembayaran di muka, mengurus izin ekspor/impor dan lain sebagainya.

2. Commercial Invoice (Invoice Komersial)

Berikutnya adalah invoice komersial yang merupakan Invoice resmi yang diterbitkan setelah transaksi final. Merinci informasi mengenai nama dan alamat penjual/pembeli, deskripsi barang/jasa, jumlah, satuan, total biaya, hingga syarat pembayaran.

3. Consular Invoice (Invoice Konsuler)

Terakhir ada consular invoice, yakni invoice khusus untuk transaksi internasional yang memerlukan legalisasi dari konsulat negara tujuan. Biasanya digunakan untuk memenuhi persyaratan impor atau transaksi internasional lainnya.

Informasi didalamnya tidak jauh berbeda dengan commercial invoice, dengan tambahan legalisasi dari konsulat negara tujuan dan sertifikasi asal barang.

Komponen Invoice Pembayaran

Salah satu fungsi dari invoice adalah sebagai bukti transaksi, oleh sebab itu informasi didalamnya juga harus lengkap dan kompatibel sebagai bukti.

Berikut adalah beberapa komponen yang umum ada dalam invoice pembayaran:

  • Kop Surat: Berisi nama, logo, dan informasi kontak penjual.
  • Nomor Invoice: Nomor unik untuk mengidentifikasi invoice dan transaksi.
  • Tanggal Invoice: Tanggal invoice dibuat.
  • Detail Pembeli: Nama, alamat, dan informasi kontak pembeli.
  • Detail Barang/Jasa: Deskripsi barang atau jasa yang dijual, termasuk jumlah, harga satuan, dan total biaya.
  • Subtotal: Total biaya sebelum pajak dan diskon.
  • Diskon (opsional): Potongan harga yang diberikan kepada pembeli.
  • Biaya Pengiriman (opsional): Biaya tambahan untuk pengiriman barang.
  • Pajak: Jumlah pajak yang harus dibayarkan pembeli.
  • Total: Jumlah total yang harus dibayarkan pembeli, termasuk pajak dan biaya lainnya.
  • Syarat Pembayaran: Informasi tentang kapan dan bagaimana pembeli harus melakukan pembayaran.
  • Catatan (opsional): Informasi tambahan yang ingin disampaikan penjual kepada pembeli.
  • Tanda Tangan dan Stempel (opsional): Tanda tangan dan stempel penjual untuk memvalidasi invoice.

Cara Membuat Invoice Pembayaran

Berikut langkah-langkah dalam membuat invoice pembayaran:

1. Menyertakan Informasi Perusahaan

Langkah pertama dalam membuat invoice adalah dengan menyertakan informasi kontak lengkap baik dari perusahaan Anda (jika Anda adalah penjual) maupun dari pelanggan Anda (jika Anda adalah pembeli). Informasi yang perlu disertakan antara lain nama perusahaan, alamat, nomor telepon, dan alamat email.

2. Menambahkan Nomor Faktur

Berikutnya adalah menambahkan nomor faktur pada invoice dan setiap invoice harus memiliki nomor faktur yang unik. Nomor ini membantu dalam pelacakan pembayaran dan pencatatan transaksi. Pastikan untuk mengatur sistem penomoran yang konsisten dan mudah dimengerti.

3. Tambahkan Deskripsi Barang/Jasa

Berikutnya, jangan lupa tambahkan deskripsi yang jelas dan lengkap mengenai barang atau jasa yang Anda sediakan. Ini termasuk jumlah, harga per unit, dan total harga untuk setiap item. Jika Anda menyediakan jasa, deskripsikan pekerjaan yang telah dilakukan atau layanan yang diberikan.

4. Jatuh Tempo dan Syarat Pembayaran:

Kemudian, tentukan tanggal jatuh tempo pembayaran serta syarat pembayaran yang berlaku. Apakah pembayaran harus dilakukan dalam waktu 30 hari, 60 hari, atau dengan syarat tertentu lainnya?

Pastikan untuk menyebutkan konsekuensi jika pembayaran tidak dibayarkan tepat waktu, seperti dikenakannya denda atau bunga keterlambatan.

5. Informasi Total Pembayaran

Selanjutnya, hitung total jumlah yang harus dibayarkan oleh pelanggan, termasuk pajak (jika berlaku) dan biaya lainnya seperti ongkos kirim. Sertakan subtotal sebelum pajak dan total akhir yang harus dibayarkan.

6. Tambahkan Informasi Pembayaran

Berikan juga instruksi yang jelas mengenai cara pembayaran. Sertakan detail rekening bank atau informasi pembayaran elektronik lainnya, seperti PayPal atau transfer bank.

Jika Anda menerima pembayaran dengan metode tertentu, sertakan petunjuk atau instruksi untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan pembayaran.

7. Menggunakan Beecloud

Langkah terakhir dan paling sederhana yang bisa Anda lakukan untuk membuat invoice adalah dengan menggunakan aplikasi pembukuan keuangan Beecloud, dimana Anda hanya perlu mengisis data dan invoice akan langsung jadi,

Selain invoice dibuat lebih mudah transaksi juga akan tercatat dalam pembukuan keuangan dan langsung bisa dikirim ke email pelanggan dalam 1x klik. Tertarik? Klik banner di bawah ini untuk informasi selengkapnya!

Desain Dan Cetak Invoice Cantik Sesuai Brand Identity Usaha Dengan Beecloud.

Contoh Invoice Pembayaran dari Berbagai Transaksi

Berikut beberapa contoh invoice dari berbagai transaksi:

1. Contoh Proforma Invoice

pro forma invoice

Contoh proforma invoice (Credit: www.bee.id/blog/)

2. Contoh Invoice Pembayaran

Contoh Invoice Penjar dan Pembayaran (Credit: PT Central Link Wisesa Invenstment)

3. Contoh Invoice Tagihan

Contoh Invoice Tagihan (Credit: Contohsurat.om)

4. Contoh Consular Invoice

Contoh Consular Invoice

Contoh Consular Invoice (Credit: Doku.com)

5. Contoh Invoice Penjualan

Contoh Invoice Penjualan Lama

Contoh Invoice Penjualan (Credit:www.bee.id/blog/)

6. Contoh Invoice Penawaran Harga

Contoh Invoice Penawaran Harga

Contoh Invoice Penawaran Harga (Credit: Scribd.com)

7. Contoh Invoice Barang

Invoice Barang

Contoh Invoice Barang (Credit: Gramedia.com)

8. Contoh Invoice  Toko Online

Contoh <yoastmark class=

9. Contoh Invoice Pembayaran DP (Down Payment)

Invoice Penjualan Dengan Dp

Contoh Invoice Penjualan dengan DP (Credit: www.bee.id/blog/)

10. Contoh Invoice Jasa Travel

Contoh Invoice Travel

Contoh Invoice Travel (Credit: Scribd.com)

11. Contoh Invoice Laundry

contoh nota penjualan laundry

Contoh nota/invoice laundry (Credit: Freepik.com)

12. Contoh Invoice Pembayaran Sekolah

Cotoh Invoice Pembayaran Sekolah

Contoh Invoice Sekolah (Credit: Scribd.com)

13. Contoh Invoice Pembayaran Termin

Contoh invoice pembayaran dengan termin

Contoh invoice pembayaran dengan termin (Credit: Scribd.com)

14. Contoh Invoice Pembayaran Lunas

Contoh Invoice lunas (Credit: gawecv.com)

15. Contoh Invoice Pembayaran Sewa Mobil

Contoh invoice sewa mobil (Credit: Freepik.com)

Penutup

Kesimpulannya, Invoice pembayaran adalah dokumen yang digunakan oleh penjual untuk menagih pembayaran kepada pembeli atas barang atau jasa yang telah dibeli atau digunakan, mencatat detail transaksi seperti jumlah barang atau jasa, harga per unit, total biaya, dan syarat pembayaran.

Dimana invoice berfungsi sebagai bukti pembelian yang sah bagi pembeli dan bukti penjualan yang penting bagi penjual, serta memfasilitasi pelacakan pembayaran, penyesuaian transaksi, dan memastikan kepatuhan terhadap persyaratan hukum dan akuntansi yang berlaku.

13 Rekomendasi Usaha Makanan Ringan Serba 1000
Ingin memulai usaha memang terkadang bingung, mau bagaimana? Produk apa yang harus dijual dengan modal sekian dan masih banyak lagi
Baca Juga
Bagaimana Cara Melakukan Pembukuan Bengkel Motor Mobil?
Untuk bertahan hidup di industri ini, banyak poin harus dipertimbangkan, termasuk pembukuan bengkel motor mobil hingga pengawasannya. Tidak dapat dipungkiri,
Baca Juga
10 Contoh Tanda Terima Berbagai Keperluan Bisnis
Tanda terima merupakan dokumen yang memainkan peran penting dalam berbagai transaksi dan pertukaran barang atau jasa. Dalam konteks bisnis, contoh
Baca Juga
Mengenal FOB (Free On Board) dalam Bisnis Pengiriman Barang
Anda mungkin pernah mendengar istilah "FOB" ketika berurusan dengan bisnis pengiriman barang internasional. FOB adalah singkatan dari "Free On Board",
Baca Juga
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Membahas tentang pembukuan di dalam usaha kecil tentu sangat penting. Selain menjadi media untuk mengatur keuangan usaha Anda juga bisa
Baca Juga
4 Aplikasi untuk Membuat Faktur Penjualan Bisnis
Salah satu teknologi yang sangat diperlukan oleh pebisnis, yaitu aplikasi untuk membuat faktur penjualan yang dapat diakses kapan saja dan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu