Logo Bee Web

3 Contoh Buku Kas Bulanan Beberapa Bidang Usaha

Berikut ini beberapa contoh buku kas bulanan dari beberapa bidang usaha, dan beberapa informasi lainnya dari metode dan komponennya
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Wednesday, 13 December 2023

Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai contoh buku kas bulanan khususnya untuk usaha mikro, kecil dan menengah atau yang serung disebut degan UMKM.

Secara pengertian buku kas bulanan adalah catatan keuangan yang mencatat semua transaksi keuangan yang terkait dengan usaha selama satu bulan. Buku ini berfungsi sebagai alat untuk merekam, melacak, dan menyusun semua pemasukan dan pengeluaran usaha selama periode waktu tertentu.

Dan didalam buku kas bulanan, Anda dapat mencatat setiap transaksi keuangan, termasuk penjualan, pembelian barang atau jasa, biaya operasional, gaji karyawan, dan transaksi keuangan lainnya. Lebih lengkapnya simak artikel di bawah ini.

Komponen Buku Kas Bulanan Bisnis

Format Buku Kas Umum

Ada 4 komponen utama yang ada dalam buku kas bulanan (Credit: Freepik.com)

Beberapa elemen yang umumnya dicatat dalam buku kas bulanan usaha adalah sebagai berikut:

  • Pemasukan: Catat semua pemasukan yang diterima oleh usaha, seperti penjualan produk atau jasa, pendapatan dari investasi, atau sumber pemasukan lainnya.
  • Pengeluaran: Catat semua pengeluaran yang dikeluarkan oleh usaha, termasuk pembelian bahan baku, biaya produksi, biaya operasional, gaji karyawan, dan pembayaran hutang.
  • Transaksi Keuangan: Catat setiap transaksi keuangan, termasuk setiap transaksi yang mempengaruhi rekening bank usaha, seperti setoran, penarikan, dan pembayaran melalui cek atau transfer.
  • Saldo Akhir: Hitung saldo akhir setiap akhir bulan untuk mengetahui keadaan keuangan usaha Anda.

Baca Juga: Download 3+ Template Catatan Pengeluaran Bulanan

Fungsi Buku Kas Bisnis UMKM

Berikut adalah lima fungsi utama buku kas dalam konteks UMKM:

1. Mencatat Transaksi Keuangan

Fungsi buku kas yang pertama untuk UMKM adalah digunakan mencatat setiap transaksi keuangan yang terjadi sehari-hari.

Seperti penjualan, pembelian bahan baku, biaya operasional, dan transaksi keuangan lainnya. Dengan mencatat transaksi ini secara teratur, pemilik usaha dapat memahami dengan jelas arus kas perusahaan.

2. Pemantauan Arus Kas

Selanjutnya adalah membantu dalam pemantauan arus kas harian, mingguan, dan bulanan. Dengan memahami arus kas, pemilik usaha dapat mengidentifikasi periode waktu di mana ada kelebihan atau kekurangan kas. Ini penting untuk menjaga likuiditas dan mengelola keuangan dengan lebih efektif.

3. Perencanaan Keuangan

Dengan informasi yang terdapat dalam buku kas memungkinkan pemilik UMKM untuk membuat perencanaan keuangan yang lebih baik.

Sehingga pebisnis bisa lebih mudah dalam mengetahui pendapatan dan pengeluaran secara rinci, anggaran yang realistis, mengidentifikasi area di mana penghematan dapat dilakukan, dan merencanakan investasi atau ekspansi usaha.

4. Kepatuhan Perpajakan

Berikutnya adalah unuk membantu pemilik bisnis untuk memenuhi kewajiban perpajakan. Dengan mencatat semua transaksi secara akurat.

Melalui data transaksi yang tersimpan dalam buku kas juga akan memudahkan pemilik usaha dalam menyusun laporan keuangan yang diperlukan untuk keperluan perpajakan.

5. Pemantauan Kinerja Keuangan

Fungsi buku kas berikutnya adalah untuk memantau kinerja keuangan usaha, yang mana dari buku kas pemilik usaha diberikan gambaran tentang kinerja keuangan perusahaan.

Tidak hanya itu saja, dari buku kas ini pemilik usaha juga bisa menilai profitabilitas, likuiditas, dan efisiensi operasional. Ini memberikan dasar untuk membuat keputusan strategis dan mengidentifikasi peluang atau masalah potensial.

Baca Juga: Template Laporan Keuangan Sederhana Mudah Ditiru!

Cara Membuat Pembukuan Uang Kas Bulanan UMKM

Buku Kas Folio Satu Halaman

Ilustrasi Buku Kas Folio Satu Halaman (Credit; Freepik.com)

Ada beberapa metode yang bisa digunakan dalam membuat pembukuan uang kas usaha, berikut diantaranya:

1. Folio Dwi Halaman

Metode yang pertama adalah folio dwi halaman, yakni metode yang dilakukan dengan cara membagi catatan keuangan menjadi dua halaman. Pada halaman pertama, catatan transaksi uang yang masuk (debet) dicatat dan halaman kedua digunakan untuk mencatat seluruh transaksi keluar (kredit).

Setelah membagi halaman, sebaiknya tabel dibuat pada masing-masing halaman dengan kolom-kolom yang mencakup waktu transaksi (tanggal, bulan, dan tahun), deskripsi transaksi, nomor urut buku kas, dan jumlah uang masuk atau keluar.

Penggunaan folio dwi halaman memberikan keleluasaan untuk mencatat secara terperinci dan merinci setiap transaksi.

2. Folio Satu Halaman

Cara pembukuan bulann selanjutnya adalah dengan menggunakan metode folio satu halaman, yakni pencatatan seluruh transaksi debet dan kredit dalam satu halaman yang sama.

Dalam metode ini, tabel harus dibuat dengan lima kolom yang mencakup waktu transaksi, keterangan transaksi (dengan penjelasan sumber atau tujuan dana), nomor urut bukti transaksi, jumlah uang masuk (debet), dan jumlah uang keluar (kredit).

Secara garis besar metode ini digunakan oleh pelaku usaha karena kemudahan dalam penyusunan dan pemahaman ringkasan keuangan pada satu halaman.

3. Tabelaris

Metode pencatatan buku kas ketiga adaag tabelaris, cara ini dilakukan dengan menggunakan tabel yang lebih luas dan terpisah untuk mencatat transaksi debet di sebelah kiri dan transaksi kredit di sebelah kanan.

Tabel ini memungkinkan pemisahan transaksi berdasarkan kebutuhan toko. Dalam menciptakan buku kas tabelaris, setiap transaksi debet harus dicatat di sebelah kiri, sementara transaksi kredit dicatat di sebelah kanan.

Dengan demikian metode tabelaris ini memberikan tampilan yang terstruktur dan terorganisir terhadap seluruh transaksi usaha, namun memerlukan lebih banyak ruang dan pengaturan tabel yang cermat.

4. Menggunakan Aplikasi Pembukuan Keuangan

Beecloud Adalah Aplikasi Pembukuan Terintegrasi Untuk Pencatatan, Pengaturan Anggaran, Dan Pelaporan Keuangan Yang Akurat!

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi pembukuan keuangan Beecloud, aplikasi ini memiliki fitur lengkap yang akan membantu Anda dalam melakukan proses pembukuan usaha. Mulai dari pencatatan pembelian, penjualan dan transaksi lainnya.

Tidak hanya itu saja, Beecloud juga memiliki fitur laporan akuntansi otomatis, mudahkan Anda mengelola dan menetapkan strategi keberlanjutan bisnis Anda. Cek banner di atas ini untuk informasi lebih lengkap!

Contoh Buku Kas Bulanan Bisnis UMKM

Berikut beberara contoh buku kas bulanan beberapa bidang usaha:

# Contoh Buku Kas Bulanan Toko Kelontong

Tabel buku kas bulanan toko kelontong (Credit: Bee.id)

# Contoh Buku Kas Bulanan Warung Makan Sederhana

Contoh buku kas bulanan warung makan sederhana (Credit: Bee.id)

# Contoh Buku Kas Bulanan Usaha Jasa

Contoh Tabel Buku Kas Bulanan Usaha Jasa

Contoh Tabel Buku Kas Bulanan Usaha Jasa (Credit: Bee.id)

Dapat disimpulkan jika dalam mengelola keuangan suatu usaha, pencatatan buku kas bulanan memainkan peran penting untuk menjaga keteraturan dan kesehatan keuangan perusahaan.

Melalui contoh-contoh buku kas bulanan pada berbagai jenis usaha diatas, semoga bisa membantu usaha Anda dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

4 Contoh Pembukuan Sederhana untuk UMKM, Dijamin Mudah!
Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana cara menjalankan bisnis dengan lebih teratur dan efisien? Jawabannya mungkin terletak pada praktik sederhana yang dapat
Baca Juga
11 Contoh Komplain Pelanggan dan Cara Mengatasinya
Pelanggan memiliki peran sentral dalam menentukan kesuksesan suatu perusahaan. Meskipun upaya maksimal untuk memberikan produk dan layanan terbaik, tak terelakkan
Baca Juga
Financial Distress Adalah Indikasi Awal Kebangkrutan, Ini Cara Cegahnya
Istilah Financial Distress mungkin menjadi mimpi buruk bagi para pebisnis. Sebab, financial distress adalah indikator awal kebangkrutan, yang merupakan sebuah
Baca Juga
12 Inspirasi Usaha, Modal & 5 Tips Sukses Memulainya
Apakah Anda adalah calon pebisnis yang bingung mau usaha atau memulai bisnis apa? Jika iya, di artikel ini akan dibahas
Baca Juga
Enumerator Adalah: Apa Tugas dan Tanggung Jawabnya?
Enumerator adalah sosok yang memiliki peran vital dalam mengumpulkan data yang akurat dan relevan. Dalam artikel ini, kami akan membahas
Baca Juga
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Contoh pembukuan kas masuk dan keluar - Buku kаѕ mеruраkаn elemen penting dаlаm реnсаtаtаn kеuаngаn. Tіdаk hanya penting bаgі mereka
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu