Logo Bee Web

[DOWNLOAD] Format Dokumen MoU dan Pengertianya Lengkap

MoU adalah nota kesepahaman yang memiliki format tertentu dengan beragam fungsi serta contoh. Simak selengkapnya berikut ini
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Wednesday, 3 May 2023

Salah satu instrumen penting yang harus Anda buat ketika melakukan sebuah kerja sama ialah MoU (Memorandum of Understanding) atau nota kesepahaman. Pada dasarnya, nota kesepahaman ini merupakan sebuah bentuk perjanjian dengan pihak ketiga yang bersifat formal.

Sama halnya dengan dokumen resmi yang lain, nota kesepahaman tidak dapat Anda buat secara sembarangan. Ada aturan penulisan yang wajib Anda pahami dan praktikkan. Anda bisa pelajari fungsi, format, serta contohnya di bawah ini.

Apa itu MoU (Memorandum of Understanding)?

Nota kesepahaman ini mengikat seluruh pihak yang terlibat serta mereka semua harus memenuhi janjinya. Oleh karena itu, sifat dari dokumen ini mengikat secara moral. Ada ciri serta tujuan di bagian pembahasan ini untuk dipelajari terlebih dahulu.

Isi dari nota kesepahaman ini perlu Anda jelaskan secara singkat, ringkas, serta pokok saja. Jangan bertele-tele atau terlalu panjang. Nota kesepahaman ini merupakan perjanjian pra kontrak, biasanya untuk penjelasan lebih detail akan menyusul nanti.

Di dalam penandatangan jenis nota kesepahaman ini, tentu ada tujuan dari semua pihak yang terlibat kerjasama. Tujuan pertama ialah bisa membentuk ikatan yang sementara. Kedua, sebagai bahan pertimbangan.

Pihak-pihak yang masih merasa ragu dalam menjalin kerjasama dapat mempertimbangkan serta memikirkannya dengan lebih matang. Jadi, nota kesepahaman ini dibuat sebelum Anda menandatangani kontrak yang resmi.

Tujuan yang ketiga, memudahkan proses pembatalan kerjasama. Sedangkan tujuan keempat yaitu mendeskripsikan secara garis besar tentang kesepakatan. Hal ini tentunya membantu Anda untuk bisa melihat permasalahan inti yang dilaksanakan pada perjanjian berikutnya.

Fungsi MoU Bagi Bisnis

Membuat nota kesepahaman ini merupakan langkah yang tepat jika Anda ingin menciptakan hubungan usaha dengan baik. Ada beberapa fungsi lain dari instrumen ini.

1. Melakukan Kesepakatan Tujuan secara Bersama-sama

Didalam suatu perjanjian usaha, penting untuk memastikan bila seluruh pihak yang terlibat memahami tujuan apa yang akan diraih dengan persetujuan tersebut. Nota kesepahaman merupakan cara yang efektif untuk memaparkan apa saja ekspektasi yang diinginkan.

2. Mampu Mengurangi Resiko akan Ketidakpastian

Perjanjian usaha sering terasa beresiko serta tidak pasti. Hal ini khususnya di awal perjanjian usaha. Jenis nota kesepahaman ini merupakan dokumen yang dapat Anda buat untuk mengurangi resiko ketidakpastian tentang tujuan serta ekspektasi kesepakatan usaha.

Dengan memastikan seluruh pihak paham tentang nota kesepahaman yang dibuat, hal-hal yang disetujui serta tidak bisa dapat dibicarakan terlebih dahulu. Saat nota tersebut selesai dibuat, telah bisa dipastikan bila seluruh pihak sudah setuju dengan ketentuan didalamnya.

3. Mencatat Perjanjian dalam Negosiasi Awal

Didalam proses negosiasi, tentu ada hal hal yang Anda setujui serta tidak disetujui. Instrumen jenis ini merupakan cara yang tepat untuk mencatat seluruh hal yang disetujui agar tidak ada pihak yang lupa akan kesepakatan yang sudah dibuat.

Meskipun tidak mengikat secara legal, instrumen ini adalah sebuah dokumen yang berguna dalam mencatat apa telah disepakati. Tidak hanya itu, dengan menyusun nota kesepahaman ini, pihak yang terlibat dapat mengkomunikasikan informasi yang bersifat rahasia secara aman.

4. Pembatalan Perjanjian Terasa Lebih Mudah

Seperti yang telah Anda pahami, nota kesepahaman ini merupakan dokumen yang hanya mengikat secara moral, bukan hukum. Oleh sebab itu, selama belum ada kontrak, Anda dapat membatalkannya tanpa harus melewati proses hukum yang sulit.

5. Menjadi Framework Kesepakatan serta Kontrak

Salah satu cara ingin pebisnis merasa percaya sebelum melangkah ke pembuatan kontrak kerja sama yaitu dengan membuat nota kesepahaman. Ini dikarenakan instrumen tersebut merupakan jenis dokumen yang membuat gambaran bagaimana kesepakatan bekerja.

Format Dokumen MoU (Memorandum of Understanding)

Setiap dokumen memiliki format atau anatominya sendiri. Hal ini juga berlaku pada jenis nota kesepahaman ini yang dimulai dari judul hingga bagian tanda tangan para pihak.

1.  Judul Nota Kesepahaman pada Dokumen MoU

Biasanya, judul ditentukan oleh semua pihak. Dari judul ini bisa diketahui tentang semua pihak yang ada di dalam nota kesepahaman tersebut. Antara siapa dengan siapa atau apakah tergolong internasional atau nasional.

Rumus kalimat yang dipakai untuk menulis judul berbeda dari nota kesepahaman satu dengan lainnya. Pada saat menuliskan judul, diharapkan memakai kalimat yang padat, singkat, serta bisa mencerminkan apa yang menjadi kehendak para pihak.

Jika dilihat dari strukturnya, judul berisi instansi para pihak, nomor, tahun, serta nama nota kesepahamannya. Anda perlu menulis semuanya dengan menggunakan huruf kapital dan diposisikan di bagian tengah marjin tanpa harus Anda akhiri dengan tanda baca.

2. Pembukaan Nota Kesepahaman

Pembukaan nota kesepahaman terdiri dari 3 hal. Pertama, pencantuman hari, tanggal, bulan, tahun, serta tempat penandatanganan ketika terjadi nota kesepahaman dibuat.

Kedua, jabatan para pihak. Hal ini menjabarkan kedudukan serta kewenangan bertindak atas nama instansi. Ketiga, konsiderans atau pertimbangan yang berisi penjelasan singkat tentang pokok-pokok pikiran yang sebagai latar belakang serta alasan pembuatan instrumen ini.

3.  Substansi Nota Kesepahaman

Substansi dari Memorandum of Understanding terdiri atas tujuan, realisasi aktivitas, jangka waktu, biaya penyelenggaraan aktivitas, serta aturan peralihan. Lalu, untuk maksud atau tujuan ini mencerminkan kehendak dari para pihak untuk kegiatan yang menguntungkan.

Kemudian, realisasi aktivitas berarti pelaksanaan serta rincian aktivitas usaha dari nota kesepahaman. Jangka waktu menampilkan waktu berlakunya nota kesepahaman. Pada jangka waktu ini bisa diperpanjang tetapi atas kesepakatan semua pihak yang terlibat.

Lalu, untuk biaya penyelenggaraan, beban yang dikeluarkan adalah sebagai dampak dari pelaksanaan aktivitas usaha. Biaya penyelenggaraan ini bisa dibebankan pada pihak lain atau juga kedua belah pihak yang sah serta sesuai dengan kesepakatan bersama.

4. Penutup Nota Kesepahaman

Penutup nota kesepahaman yaitu bagian akhir dari isi nota kesepahaman. Pada bagian ini umumnya dirumuskan ke dalam kalimat yang sangat sederhana.

5. Tanda Tangan dari Seluruh Pihak

Tanda tangan dari semua pihak yang terlibat terletak di bagian bawah penutup nota. Pada bagian ini, semua pihak membubuhkan tanda tangannya serta nama terang. Bagian tanda tangan mencakup keabsahan nota kesepahaman serta penandatanganan nota kesepahaman.

Keabsahan nota kesepahaman ini supaya nota kesepahaman bisa memenuhi syarat hukum yang berlaku. Salah satunya yakni wajib ditandatangani para pihak di atas materai yang sebelumnya ditempelkan.

Lalu, pada penandatangan nota kesepahaman dilaksanakan dengan kedua belah pihak yang ditulis dengan menggunakan huruf kapital. Posisi pihak pertama di kiri bawah dan posisi pihak kedua di kanan bawah dari naskah.

Contoh MoU

Ada banyak contoh dari nota kesepahaman ini. Mulai dari jenis kerjasama, perjanjian komitmen, kerjasama acara, hingga perjanjian kerjasama.

Berikut di bawah ini contoh dari nota kesepahaman. Anda bisa memahami dan mempraktekkan nya jika kesulitan membuat sendiri.

Nota Kesepahaman

Contoh Format MoU (Nota Kesepahaman) (Credit: Scribd)

Format Dokumen Mou

Klik Button untuk Download Gratis

Kesimpulan

MoU atau Memorandum of Understanding adalah salah satu instrumen yang penting bagi bisnis karena sering dipakai dalam sebuah kesepakatan atau kerjasama. Sifat dari nota kesepahaman ini tidak mengikat secara hukum tetapi moral.

Oleh sebab itu, Anda atau pihak lain bisa membatalkannya kapan saja jika masih ada perasaan ragu. Kemudian, di dalam proses pembuatannya ada 5 bagian yang wajib ada yaitu judul, pembukaan nota kesepahaman, substansi, penutup, serta tanda tangan.

Pada bagian tanda tangan ini, semua nama-nama pihak yang terlibat wajib ditulis dengan tepat serta ditandatangani. Hal ini untuk menghindari kesalahan.

21 Des Cta Beeaccounting

Agar bisnis mudah dipercaya bisnis perlu memiliki laporan keungan sebagai bentuk pertanggungjawaban juga analisa evaluasi perkembangan bisnis pada setiap periodenya. Anda bisa menggunakan software akuntansi Beeaccounting mudahkan dalam memantau perkembangan bisnis dengan laporan keuangan langsung jadi.

Artikel Terkait

9 Contoh Promosi Produk Lengkap dengan Tips Penerapannya
Ada banyak sekali contoh promosi yang bisa dilakukan pebisnis agar produknya bisa laku dipasaran. Selain laku, dengan menggunakan system promo
Baca Juga
Mengenal Visual Merchandising, Strategi Meningkatkan Penjualan
Visual merchandising salah satu strategi sekaligus  menyajikan produk secara menarik dan memikat pelanggan agar dapat memperkuat brand hingga meningkatkan penjualan,
Baca Juga
Skala Prioritas Adalah, Faktor dan Cara Menentukannya
Dalam dunia bisnis yang kompetitif, kemampuan untuk mengelola tugas dan proyek dengan efisien adalah kunci keberhasilan. Skala prioritas adalah menjadi
Baca Juga
11 Ide Bisnis Musim Konser Dijamin Menguntungkan
Musim konser di Indonesia sudah dimulai sejak pertengahan tahun 2022 lalu, mulai dari konser artis dalam negeri, beberapa grup KPOP
Baca Juga
Merchant: Pengertian, Jenis, Keunggulan dan Cara Kerjanya
Marketplace yang berperan sebagai wadah bagi para merchant dan menawarkan fasilitas yang lebih mudah untuk dijangkau. Bergabung menjadi merchant tentu
Baca Juga
8 Tips Membangun Teamwork dan Bicara Tentang Team Building
Apa Itu Teamwork? Bisnis tidak bisa dijalankan seorang diri. Bisnis yang besar pasti memiliki kerjasama tim atau teamwork yang baik.
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu