Logo Bee Web

Download 3+ Template Catatan Pengeluaran Bulanan

Catatan pengeluaran bulanan tentu tidak lepas dari tujuan untuk mengatur pengeluaran bulanan agar finansial tetap dalam kondisi baik
Penulis: Rininta Oktaviana
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Tuesday, 10 May 2022

Membahas mengenai catatan pengeluaran bulanan tentu tidak lepas dari tujuan untuk mengatur pengeluaran bulanan agar finansial tetap dalam kondisi baik dan stabil. Artikel kali ini akan membahas tuntas mengenai catatan untuk pengeluaran bulanan mulai dari pengertian pembukuan, tujuan, dan cara membuatnya serta dibagikan lengkap link template pembukuan bulanan.

Apa itu Pembukuan Catatan Pengeluaran Bulanan?

Pembukuan Catatan Pengeluaran Bulanan

Ilustrasi Membuta Catatan Pengeluaran Bulanan (Sumber: Freepik.com)

Pembukuan catatan pengeluaran bulanan merupakan sebuah bentuk dokumentasi yang dilakukan secara terjadwal dan terstruktur untuk menghimpun data dan laporan transaksi keuangan terutama dalam hal pengeluaran selama periode satu bulan. Pembukuan catatan pengeluaran bulanan adalah semua yang perlu Anda keluarkan baik untuk kebutuhan primer, sekunder maupun tersier. 

Kebutuhan primer misalnya kebutuhan makan sehari-hari, membayar tagihan listrik dan air, membayar iuran sekolah anak, dan kebutuhan pokok lainnya yang mana kebutuhan ini sangat diprioritaskan dan diutamakan. 

Pentingnya Memiliki Catatan Pengeluaran dan Pemasukan Bulanan

  • Tahu Kondisi Finansial

Dengan memiliki catatan pengeluaran dan pemasukan bulanan Anda bisa lebih mengetahui kondisi finansialmu. Kondisi disini artinya finansial yang stabil atau kurang stabil.  

  • Membantu Penyesuaian Pengeluaran

Catatan pengeluaran dan pemasukan bulanan dapat membantu Anda menyesuaikan pengeluaran dalam setiap bulannya. Anda jadi bisa menyesuaikan dengan pemasukan jumlah tertentu bisa Anda gunakan untuk pengeluaran berapa. 

  • Membantu Membuat Perencanaan Budget

Catatan pengeluaran dan pemasukan bulanan ini juga bisa membantu Anda membuat perencanaan budget. Budget disini tergantung kebutuhan Anda masing-masing. Tentunya yang namanya perencanaan memang harus ditata dengan baik salah satunya diawali dengan membuat catatan bulanan ini.

  • Mengetahui Batasan Kapasitas Tabungan atau Investasi

Dengan memiliki catatan pengeluaran dan pemasukan bulanan Anda bisa mengetahui batasan kapasitas Anda untuk menabung atau investasi. Tentunya Anda menabung atau investasi tanpa mengurangi kebutuhan primer Anda. 

  • Membantu Proses Pengajuan Pinjaman

Ketika Anda memiliki catatan pengeluaran dan pemasukan bulanan tentu ini juga akan memudahkan Anda dalam proses pengajuan pinjaman. Anda bisa menunjukkan rekap finansial Anda setiap bulannya. 

  • Mewujudkan Tujuan Finansial

Anda tentu mempunyai tujuan finansial. Untuk mewujudkan ini tentu Anda perlu mengatur finansialmu agar tetap stabil. Salah satu caranya adalah dengan membuat catatan bulanan ini. 

Tips Membuat Catatan Pengeluaran Bulanan

"Tips

Adapun beberapa tips untuk  membuat catatan keuangan di antaranya: 

1. Buat Spreadsheet

Tips pertama yang Anda lakukan adalah membuat catatan bulanan dengan spreadsheet. Anda bisa menggunakan laptop atau HP yang sudah terinstall spreadsheet. 

2. Tulis Daftar Asset dan Nilainya

Anda bisa membuka spreadsheet dan menulis daftar asset dan nilai yang Anda punya. Hal ini untuk memudahkan Anda melakukan analisa finansial termasuk dalam hal pengeluaran bulanan. 

3. Tulis Daftar Liabilitas

Tips selanjutnya adalah Anda bisa menulis daftar liablitas yang Anda punya. Contohnya jika Anda mempunyai mobil itu artinya Anda menulis mobil dalam liabilitas. 

4. Tentukan Total Net Worth

Selanjutnya Anda bisa menentukan total net worth. Total net worth sendiri merupakan total kekayaan yang Anda punya dari total keseluruhan asset setelah dikurangi nilai kredit dan sewa. 

5. Buat Laporan Arus Kas

Tips terakhir adalah Anda bisa membuat laporan arus kas atau dikenal dengan cash flow. 

Contoh Laporan Pemasukan dan Pengeluaran Bulanan

Setelah Anda mengetahui manfaat dari catatan pengeluaran bulanan dan pemasukannya tentu Anda tidak boleh melewatkan dalam membuat laporan tersebut. Dalam membuat laporan pemasukan dan pengeluaran bulanan ini tidaklah sulit. Buat Anda yang masih bingung, berikut contoh laporan pemasukan dan pengeluaran bulanan. 

contoh laporan penjualan rangkuman

Contoh Laporan Penjualan Rangkuman

Pada dasarnya terdapat dua jenis contoh format laporan keuangan bulanan excel yaitu: 

1. Laporan Arus Kas Pribadi (Personal Cash Flow Statement) 

Laporan arus kas pribadi atau dikenal dengan istilah personal cash flow statement merupakan laporan keuangan yang di dalamnya memuat arus kas dan keluar. Dengan istilah lain laporan arus kas pribadi ini menunjukkan pemasukan dan pengeluaran dalam periode tertentu. Arus kas masuk ini diartikan sebagai sumber penghasilan Anda bisa dari gaji, freelance, maupun investasi dll. 

2. Laporan Neraca Keuangan Pribadi (Personal Balance Sheet) 

Laporan neraca keuangan pribadi atau dikenal dengan sitilah personal balance sheet ini dapat diartikan sebagai gambaran dari keseluruhan dari kekayaan yang Anda miliki dalam suatu periode tertentu. Ada beberapa hal yang terdapat pada laporan neraca keuangan pribadi ini yaitu asset, leabilitas, dan kekayaan bersih. 

Aset sendiri memiliki banyak jenis diantaranya kas dan setara kas, asset berwujud, asset tak berwujud, asset cair, asset pendapatan tetap, dan asset ekuitas. 

Aplikasi Catatan Keuangan Hingga Mudah Bikin Laporan Keuangan untuk Perusahaan

Beeaccounting merupakan salah satu software catatan keuangan yang menggunakan basis desktop. Beeaccounting lebih dikenal sebagai software akuntansi. Software ini memiliki 47 plugin sesuai bidang usaha Anda. Selain itu, software ini juga bersifat powerful dan fleksibel. 

Buat Anda yang memiliki usaha dengan banyak cabang namun Anda tetap ingin mengontrol keuangan semua cabang usahamu dengan hanya 1 tempat maka Beecloud ini bisa menjadi solusi terbaik. Hal ini dikarenakan Software ini mampu mengontrol keuangan 48  cabang hanya dari 1 tempat saja. Tentunya hal ini sangat membantu mengefektifkan waktu Anda dalam manajemen keuangan usaha. 

Beepos ini merupakan salah satu software yang digunakan untuk keamanan dan kecepatan penjualan. Beepos ini sering dikenal dengan software kasir online. Software ini juga sudah didesain oleh seorang kasir yang sudah bekerja selama kurang lebih 11 tahun. Tentunya dengan lama kerja tersebut tingkat pengalaman sudah tidak diragukan lagi. 

Download 3+ Template Catatan Pengeluaran Bulanan Excel Sederhana

Buat Anda yang masih bingung membuat laporan catatan pengeluaran bulanan di excel maka di bawah ini ada beberapa referensi template yang bisa Anda download dan gunakan. 

Button 01

Cara Membuat Jurnal Umum Mudah Serta Contohnya
Jurnal umum adalah sebuah media yang akan digunakan untuk mencatat setiap bukti transaksi keuangan perusahaan dalam satu periode akuntansi. Tidak
Baca Juga
Pelatihan Software Akuntansi beserta Program Aplikasinya
Banyaknya program pelatihan software akuntansi yang ada, baik langsung atau pun secara virtual, adalah bukti nyata ekonomi global sedang berada
Baca Juga
Software Akuntansi Keuangan Itu Penting? Ini Alasannya!
Banyak yang mengatakan bahwa software akuntansi keuangan penting dan setiap perusahaan wajib memilikinya. Benarkah demikian? Ada apa dengan software akuntansi,
Baca Juga
5 Contoh Nota Kontan dan Penjelasannya Lengkap
Nota kontan adalah dokumen yang digunakan untuk mencatat transaksi pembayaran tunai antara penjual dan pembeli. Dalam bisnis, contoh nota kontan
Baca Juga
Accrual Basis Adalah Metode Pencatatan Akuntansi Basis Akrual
Mode pencatatan akuntansi dibedakan menjadi dua jenis yakni accrual basis adalah metode berbasis cash dan accrual basis adalah metode berbasis
Baca Juga
8 Cara Mudah Belajar Pembukuan Keuangan
Salah satu informasi yang wajib Anda ketahui ketika belajar pembukuan keuangan dalam dunia bisnis adalah bagaimana cara membuat pembukuan keuangan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu