Disc. 11% khusus Ritel & Distributor
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Pentingnya Aplikasi Kas Keuangan untuk Laporan Usaha

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Tuesday, 5 April 2022

Aplikasi kas keuangan di era digital saat ini digunakan baik dari usaha kecil, UMKM, hingga perusahaan skala besar untuk mempercepat proses pengerjaan kas keuangan. Aplikasi laporan kas juga memudahkan pebisnis yang masih merintis usahanya untuk mengelola keuangan perusahaannya.

Apa itu Aplikasi Kas Keuangan?

apa-itu-aplikasi-kas-keuangan

Mengenal Aplikasi Kas Keuangan (Sumber: Freepik.com)

Aplikasi kas keuangan adalah sistem akuntansi online yang mempermudah perusahaan dalam mencatat keuangan arus kas dalam bentuk digital. Biasanya aplikasi laporan kas  menyediakan data berupa laporan grafik arus kas dan laporan keuangan kas. 

Aplikasi laporan kas pastinya sangat dibutuhkan oleh perusahaan supaya perusahaan dapat lebih mudah menyajikan laporan keuangan. Tujuan laporan ini untuk mengetahui informasi penting dan perkembangan keuangan perusahaan. Sehingga, bisa dibuat rencana keuangan perusahaan ke depannya dalam jangka panjang.

Pentingnya Aplikasi Kas Keuangan

Aplikasi laporan kas penting karena akan memudahkan kamu dalam menjalankan perusahaan, memantau keuangan, serta membuat laporan keuangan. Tak hanya itu, dengan aplikasi laporan kas, aktivitas pembukuan lebih efektif dalam mencatat seluruh transaksi, hingga mengelola hutang-piutang. 

Aplikasi laporan kas ini sangat berguna apalagi untuk owner UMKM, pekerja lepas, dan perusahaan berkembang. Terutama, dalam mengelola pendapatan dan pengeluaran yang baik agar memiliki keuangan yang sehat.

Fitur-fitur Aplikasi Kas Keuangan

fitur-fitur-aplikasi-kas-keuangan

Apa Saja Kemudahan yang Ditawarkan Aplikasi Laporan Kas? Photo by Freddie Collins on Unsplash

Aplikasi keuangan memiliki beberapa fitur yang akan memudahkan membantu mengelola keuangan perusahaan kamu. Seperti pencatatan transaksi, biaya pengeluaran, serta pembuatan laporan keuangan. 

Jadi, kamu tidak perlu repot lagi untuk menghitung secara manual dan tentunya  akan lebih menghemat waktu. Fitur-fitur aplikasi laporan kas, di antaranya: 

  • Mudahnya Cetak Laporan Keuangan

Setiap bulan atau secara teratur, perusahaan pasti membuat laporan keuangan untuk pemilik usaha ataupun investor. Dengan aplikasi, membuat laporan keuangan jadi semudah hanya beberapa klik saja. Laporan keuangan per minggu, bulanan, harian, jadi terasa lebih smoothly!

  • Catatan Pengeluaran

Aplikasi kas yang modern juga bisa mencatat semua aktivitas pengeluaran secara lebih terperinci. Misalnya, pembayaran peralatan, sewa gedung, bayar gaji pegawai, biaya tagihan listrik, PDAM, dan sebagainya. 

Dengan pencatatan pengeluaran yang rapi dan sistematis, kamu lebih mudah memantau anggaran yang efisien. 

  • Catatan Pemasukan.

Jika sebelumnya ada fitur catatan pengeluaran, maka fitur catatan pemasukan ini juga wajib ada di aplikasi keuangan. Fitur ini akan membantu pebisnis dalam mencatat transaksi penjualan secara detail dan memenuhi data perincian. Seperti modal pembelian barang, gambar bon, tipe barang dan keperluan transaksi lainnya.

  • Hutang Piutang

Pebisnis juga memerlukan fitur wajib ini di aplikasi laporan kas. Karena, dapat mencatat transaksi utang piutang secara detail. Nantinya, selaku pemilik usaha kamu bisa menekan jumlah utang yang macet dan piutang tak tertagih. Sebab, ada beberapa aplikasi kas yang memiliki fitur kontrol jumlah per pelanggan dan manajemen penagihan hutang-piutang.

Penjualan Naik tapi Kas Keuangan Seret? Analisa dengan Software Akuntansi Beeaccounting

Gimana, tertarik menerapkan aplikasi laporan kas untuk usahamu? Harus itu! BEEACCOUNTING adalah salah satu software akuntansi online yang terpercaya di Indonesia. Lebih dari 30.000 klien yang tersebar se-Nusantara menggunakan BEEACCOUNTING. 

Penjualan naik tapi cashflow seret? Piutang macet tak tertagih? Analisa penyakit bisnis anda berdasarkan angka, tanpa feeling & kira-kira.

Pengelolaan data transaksi keuangan terpusat secara real-time. Jadi, di antaranya kantor cabang dan pusat, data keuangan akan sinkron tanpa ribet rekap ulang. BEEACCOUNTING juga dapat diakses kapanpun dan dimanapun lengkap dengan fitur hak akses yang bisa diatur per karyawan. Yuk, daftar demo GRATIS 14 hari BEEACCOUNTING hari ini dan tingkatkan usahamu ke level berikutnya!

bikin-laporan-cash-flow-gak-ribet-cuma-5-menit

Software Kasir Online: Jualan Makin Cepat & Aman
Software Kasir Online merupakan sebuah teknologi zaman sekarang yang akan sangat memudahkan Anda dalam berjualan terutama yang sedang menjalankan Bisnis […]
Baca Juga
9 Tahapan Siklus Akuntansi Beserta Pengertian Contohnya
Siklus Akuntansi - Akuntansi memiliki tujuan sebagai penyedia informasi untuk manajemen sebuah perusahaan. Berdasarkan data akuntansi yang dikumpulkan dan diproses […]
Baca Juga
Perhitungan Laba Rugi dalam Laporan Keuangan Perusahaan
Dаlаm menjalankan usaha аtаu bіѕnіѕ, diperlukan perhitungan laba rugi dalam laporan keuangan perusahaan untuk mеngеlоlа uѕаhа. Inі tеrmаѕuk kеgіаtаn perusahaan […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu