🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Pentingnya Aplikasi Kas Keuangan untuk Laporan Usaha

Aplikasi kas keuangan digunakan baik dari usaha kecil, UMKM, hingga perusahaan skala besar untuk mempercepat pengerjaan laporam keuangan
Penulis: Rininta Oktaviana
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Tuesday, 5 April 2022

Aplikasi kas keuangan di era digital saat ini digunakan baik dari usaha kecil, UMKM, hingga perusahaan skala besar untuk mempercepat proses pengerjaan kas keuangan. Aplikasi laporan kas juga memudahkan pebisnis yang masih merintis usahanya untuk mengelola keuangan perusahaannya.

Apa itu Aplikasi Kas Keuangan?

apa-itu-aplikasi-kas-keuangan

Mengenal Aplikasi Kas Keuangan (Sumber: Freepik.com)

Aplikasi kas keuangan adalah sistem akuntansi online yang mempermudah perusahaan dalam mencatat keuangan arus kas dalam bentuk digital. Biasanya aplikasi laporan kas  menyediakan data berupa laporan grafik arus kas dan laporan keuangan kas.

Aplikasi laporan kas pastinya sangat dibutuhkan oleh perusahaan supaya perusahaan dapat lebih mudah menyajikan laporan keuangan. Tujuan laporan ini untuk mengetahui informasi penting dan perkembangan keuangan perusahaan. Sehingga, bisa dibuat rencana keuangan perusahaan ke depannya dalam jangka panjang.

Pentingnya Aplikasi Kas Keuangan

Aplikasi laporan kas penting karena akan memudahkan kamu dalam menjalankan perusahaan, memantau keuangan, serta membuat laporan keuangan. Tak hanya itu, dengan aplikasi laporan kas, aktivitas pembukuan lebih efektif dalam mencatat seluruh transaksi, hingga mengelola hutang-piutang.

Aplikasi laporan kas ini sangat berguna apalagi untuk owner UMKM, pekerja lepas, dan perusahaan berkembang. Terutama, dalam mengelola pendapatan dan pengeluaran yang baik agar memiliki keuangan yang sehat.

Fitur-fitur Aplikasi Kas Keuangan

fitur-fitur-aplikasi-kas-keuangan

Apa Saja Kemudahan yang Ditawarkan Aplikasi Laporan Kas? Photo by Freddie Collins on Unsplash

Aplikasi keuangan memiliki beberapa fitur yang akan memudahkan membantu mengelola keuangan perusahaan kamu. Seperti pencatatan transaksi, biaya pengeluaran, serta pembuatan laporan keuangan.

Jadi, kamu tidak perlu repot lagi untuk menghitung secara manual dan tentunya  akan lebih menghemat waktu. Fitur-fitur aplikasi laporan kas, di antaranya:

  • Mudahnya Cetak Laporan Keuangan

Setiap bulan atau secara teratur, perusahaan pasti membuat laporan keuangan untuk pemilik usaha ataupun investor. Dengan aplikasi, membuat laporan keuangan jadi semudah hanya beberapa klik saja. Laporan keuangan per minggu, bulanan, harian, jadi terasa lebih smoothly!

  • Catatan Pengeluaran

Aplikasi kas yang modern juga bisa mencatat semua aktivitas pengeluaran secara lebih terperinci. Misalnya, pembayaran peralatan, sewa gedung, bayar gaji pegawai, biaya tagihan listrik, PDAM, dan sebagainya.

Dengan pencatatan pengeluaran yang rapi dan sistematis, kamu lebih mudah memantau anggaran yang efisien.

  • Catatan Pemasukan.

Jika sebelumnya ada fitur catatan pengeluaran, maka fitur catatan pemasukan ini juga wajib ada di aplikasi keuangan. Fitur ini akan membantu pebisnis dalam mencatat transaksi penjualan secara detail dan memenuhi data perincian. Seperti modal pembelian barang, gambar bon, tipe barang dan keperluan transaksi lainnya.

  • Hutang Piutang

Pebisnis juga memerlukan fitur wajib ini di aplikasi laporan kas. Karena, dapat mencatat transaksi utang piutang secara detail. Nantinya, selaku pemilik usaha kamu bisa menekan jumlah utang yang macet dan piutang tak tertagih. Sebab, ada beberapa aplikasi kas yang memiliki fitur kontrol jumlah per pelanggan dan manajemen penagihan hutang-piutang.

Penjualan Naik tapi Kas Keuangan Seret? Analisa dengan Software Akuntansi Beeaccounting

Gimana, tertarik menerapkan aplikasi laporan kas untuk usahamu? Harus itu! BEEACCOUNTING adalah salah satu software akuntans yang terpercaya di Indonesia. Lebih dari 30.000 klien yang tersebar se-Nusantara menggunakan BEEACCOUNTING.

Penjualan naik tapi cashflow seret? Piutang macet tak tertagih? Analisa penyakit bisnis anda berdasarkan angka, tanpa feeling & kira-kira.

Pengelolaan data transaksi keuangan terpusat secara real-time. Jadi, di antaranya kantor cabang dan pusat, data keuangan akan sinkron tanpa ribet rekap ulang. BEEACCOUNTING juga dapat diakses kapanpun dan dimanapun lengkap dengan fitur hak akses yang bisa diatur per karyawan. Yuk, daftar demo GRATIS  hari ini dan tingkatkan usahamu ke level berikutnya!

Beeaccounting Jual Beli Bayar Laporan Akuntansi Lengkap Jurnal Neraca Laba Rugi Cash Flow

Mengenal Aset Lancar, Pengertian, Jenis, dan Contohnya
Salah satu elemen kunci yang mengukuhkan fondasi keuangan bisnis yang sehat adalah aset lancar. Aset lancar, atau yang lebih dikenal
Baca Juga
Jasa Pembuatan Software Akuntansi Terbaik
Banyak pengusaha, besar maupun kecil merasa penasaran dengan jasa pembuatan software akuntansi. Jenis jasa yang saat ini sedang berkembang pesar
Baca Juga
4 Standar Akuntansi Keuangan (SAK) Berlaku di Indonesia
Seorang akuntan wajib memahami standar akuntansi keuangan (SAK) yang berlaku di indonesia sebagai standar pekerjaannya. Meliputi metode, format laporan sampai
Baca Juga
Apa itu Barang Setengah Jadi? Ini Pengertian dan Contohnya
Anda tahu pasir? Tepung? Itu adalah contoh dariproduk setengah jadi yang sering ditemukan di kehidupan sehari-hari. Lantas apa pengertiannya? Sederhananya
Baca Juga
5 Kesalahan Umum Rekonsiliasi Fiskal yang Harus Dihindari
Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana perusahaan menyelaraskan laporan keuangannya dengan aturan perpajakan yang berlaku? Di artikel ini Anda akan mendapatkan jawabannya!
Baca Juga
Aplikasi Toko Terbaik Harus Memiliki Hal Berikut!
Selera manusia di zaman sekarang dalam memilih sesuatu harus serba terbaik. Sifat ini juga harus dimiliki owner saat memilih aplikasi
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu