Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Template Laporan Keuangan Sederhana Mudah Ditiru!

Dipublish Tgl: Monday, 13 June 2022

Template laporan keuangan sederhana sangat dibutuhkan pengusaha yang baru memulai atau yang sudah berjalan lama. Karena memang ada beberapa pengusaha yang sudah atau belum memahami mengenai pentingnya laporan keuangan.

Laporan keuangan punya peran penting dalam bisnis manapun sehingga banyak orang memilih untuk mencari template laporan keuangan sederhana untuk digunakan pada bisnis yang mereka jalankan.

Berikut ini akan dibahas mengenai laporan keuangan secara detail mulai dari pengertian, siapa saja yang membutuhkan, komponen laporan keuangan, hingga template yang bisa Anda gunakan.

Apa Itu Laporan Keuangan?

Ilustrasi Laporan Keuangan (Sumber: Freepik.com)

Definisi 'resmi' dari badan pengatur standar akuntansi menyatakan bahwa, laporan keuangan adalah presentasi terstruktur dari posisi keuangan dan kinerja keuangan suatu entitas atau perusahaan.

Tujuan persiapan laporan keuangan ini adalah untuk memberikan informasi tentang:

  • Untuk membantu perusahaan dalam proses pengambilan keputusan. Informasi tentang kondisi keuangan perusahaan dapat membantu perusahaan sebagai evaluasi dan perbandingan dampak keuangan yang terjadi sebagai akibat dari keputusan ekonomi.
  • Membantu perusahaan untuk melakukan penilaian dan memprediksi pertumbuhan bisnis di masa depan. Dengan informasi keuangan, perusahaan dapat menilai bagaimana kondisi perusahaan di masa kini dan memprediksi kondisi perusahaan di masa depan.
  • Untuk menilai kegiatan pendanaan dan operasi perusahaan. Informasi tentang kondisi keuangan juga dapat membantu perusahaan dalam menilai kegiatan investasi dan kemampuan operasional perusahaan dalam periode tertentu.

Informasi ini berguna bagi sebagian besar pengguna laporan dalam membuat keputusan ekonomi.

Laporan keuangan adalah hasil dari akuntabilitas manajemen untuk penggunaan sumber daya yang dipercayakan kepada mereka.

Ungkapan "rumput tetangga lebih hijau" tampaknya digunakan untuk menjelaskan tujuan kompilasi laporan keuangan. Ini berarti bahwa laporan keuangan disiapkan sehingga dapat dibandingkan dengan perusahaan lain atau bidang bisnis lainnya.

Baca Juga: 5 Laporan Keuangan Pengusaha Wajib Punya

Contoh Template Laporan Keuangan Sederhana Bulanan Excel

laporan laba bersih keuangan kedai kopi angkringan

Contoh Laporan Laba Rugi Keuangan Bulanan

Secara umum, pembuatan laporan keuangan ini terdiri dari 3 kegiatan utama, yaitu mengumpulkan, merekam, dan memproses. Jadi apa pun bukti transaksi yang telah dilakukan oleh perusahaan perlu disimpan dan direkam secara kronologis.

Jika Anda ingin mempelajari laporan keuangan maka Anda harus mengetahui tiga hal dalam laporan keuangan: laporan arus kas, laba rugi, dan neraca.

  • Template Laporan Arus Kas

Laporan arus kas melaporkan penerimaan uang tunai entitas dan pencairan selama periode tertentu dari mana uang tunai datang dan bagaimana pengeluarannya. Arus kas menjelaskan penyebab perubahan nilai sisa uang tunai. Informasi ini tidak dapat dipelajari dengan sendirinya dari laporan keuangan lainnya.

Tujuan Arus Kas:

  • Perkirakan arus kas masa depan
  • Mengevaluasi pengambilan keputusan manajemen
  • Menentukan kemampuan perusahaan untuk membayar dividen kepada pemegang saham, pembayaran bunga dan pinjaman pokok kepada investor
  • Menunjukkan hubungan laba bersih dengan perubahan tunai perusahaan.

Tiga jenis kegiatan dalam arus kas, yaitu:

  1. Operasi: Menyebabkan pendapatan dan pengeluaran dari operasi utama perusahaan. Beberapa operasi yang terkait dengan transaksi yang menyebabkan laba yaitu Penagihan piutang dari pelanggan, Penerimaan bunga dan dividen, dan penerimaan kegiatan operasi lainnya
  2. Investasi: Meningkatkan dan mengurangi aset jangka panjang yang digunakan oleh perusahaan
  3. Pendanaan: Kegiatan untuk mendapatkan uang tunai dari investor dan kreditor yang perlu dijalankan
template laporan keuangan sederhana

Contoh Laporan Arus Kas Excel

  • Template Laporan Laba Rugi

Setelah membuat catatan arus kas, langkah selanjutnya adalah membuat laporan laba rugi keuangan.

Laporan ini berisi catatan mengenai pendapatan yang telah diperoleh oleh perusahaan kemudian dikurangi oleh biaya yang dikeluarkan sehingga dengan ini dapat dilihat apakah bisnis Anda rugi atau tidak.

Harap dicatat bahwa untuk membuat laporan laba rugi, perusahaan harus mengeluarkan aset, modal, dan faktor utang. Masukkan elemen depresiasi dalam laporan laba rugi.

Jika Anda ingin menghitung pendapatan, caranya sangat mudah, yaitu dengan menggunakan rumus berikut.

Harga Biaya = Saldo Inventaris Awal + Pembelian - Inventaris Akhir
Laba Kotor = Penjualan - Biaya Pembelian
Laba bersih = laba kotor - biaya

tabel laba rugi

Contoh Tabel Laporan Laba Rugi Single Step

  • Template Laporan Neraca

Neraca penting dibuat setidaknya setahun sekali untuk mengetahui nilai perusahaan dari tahun ke tahun. Pada awal bisnis, neraca biasanya hanya terdiri dari modal awal, utang dan aset yang diperoleh dari hasil pembelian perusahaan.

Aset termasuk aset sementara modal dan utang memasuki pasifa. Tidak selalu aset perusahaan mengalami peningkatan tetapi juga dapat mengalami penyusutan atau dikurangi sebagai akibat dari laba rugi.

Manfaat yang akan diperoleh oleh perusahaan saat menyiapkan neraca adalah sebagai berikut:

  • Memfasilitasi memeriksa kebenaran buku besar yang telah dibuat. Ketika jurnal keuangan buku besar digunakan sebagai dasar untuk persiapan saldo percobaan telah dibuat dengan benar, jumlah total kolom debit dan kredit yang muncul pada saldo percobaan akan menunjukkan jumlah saldo. Dengan demikian neraca dapat dianggap benar.
  • Persiapan neraca juga berguna sebagai sumber (basis) untuk kertas kerja (keseimbangan jalur). Selain itu, neraca juga digunakan sebagai dasar untuk membuat laporan keuangan di perusahaan.

Format Umum Neraca Saldo

Berikut ini adalah contoh format umum dalam laporan keuangan neraca Excel:

  • Akun Kolom Kode (Nomor): Kolom ini berisi berbagai kode dari setiap akun yang terkandung dalam buku besar perusahaan. Nomor akun harus ditulis secara sistematis atau berurutan mulai dari Kode 1 yang menunjukkan akun aset ke Kode 4 yang menunjukkan akun beban.
  • Kolom Nama Akun: Untuk kolom ini berisi berbagai nama akun yang tercantum dalam buku besar perusahaan. Menulis dalam saldo percobaan diurutkan dari kelompok akun, utang, modal, pendapatan dan yang terakhir adalah beban. Nama akun ini ditulis dalam urutan nomor akun (kode) di kolom sebelumnya.
  • Kolom Debit: Kolom debit berisi saldo setiap akun dalam buku besar yang memiliki saldo debit.
  • Kolom kredit: Mirip dengan kolom debit, perbedaannya adalah kolom ini berisi Saaldo dari setiap akun dalam buku besar yang memiliki saldo kredit.
Laporan Keuangan Neraca Excel

Contoh Laporan Keuangan Neraca Excel

Baca Juga: Cara Gampang Menghitung Neraca untuk Laporan Keuangan

Manfaat Membuat Laporan Keuangan Dengan Excel

Memanfaatkan Excel untuk laporan keuangan tentu dapat menjadi solusi bagi Anda pemilik bisnis yang membuat laporan keuangan dari setiap periode.

Tidak hanya itu, ada beberapa manfaat lain menggunakan MS Excel, yaitu:

1. Lebih Mudah

Ini akan lebih mudah karena semua data yang telah disiapkan akan secara otomatis dihitung dengan benar. Sementara rumus yang digunakan benar dan setiap info transaksi dimasukkan dengan benar, dan risiko jumlah yang salah akan lebih kecil.

2. Praktis Saat Ada Perubahan

Dengan fitur Insert Comment Anda tidak perlu melakukan perubahan data secara manual. Hanya dengan MS Excel tanpa harus repot mencari data yang salah.

3. Ramah Lingkungan (Go Green)

Tentunya topik ramah lingkungan akan menjadi keuntungan bagi pemilik bisnis yang memutuskan untuk menggunakan Ms. Excel dalam menyiapkan laporan keuangan.

Karena dengan menggunakan Ms. Excel, Anda meminimalkan penggunaan kertas dan pengeluaran limbah kertas.

Ada banyak keuntungan menggunakan Excel dalam membuat laporan keuangan. Tentu saja untuk pemilik bisnis, membuat laporan keuangan Anda sendiri dengan Excel akan memberikan manfaat juga.

Kesimpulan

Tanpa laporan keuangan, perusahaan tidak dapat mengukur kinerja hingga perkembangan perusahaan selama periode yang diketahui. Sayangnya hal ini tidak disadari oleh beberapa perusahaan yang baru berkembang.

Dengan adanya template laporan keuangan sederhana diharapkan Anda dengan mudah mencontoh dan membuat laporan keuangan untuk usaha Anda.  Jika Anda ingin membuat laporan keuangan secara otomatis dan cepat, Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud.

Membuat laporan keuangan bulanan dengan menggunakan excel memang suatu keharusan bagi setiap instansi, perusahaan, dinas, maupun lembaga organisasi lainnya dengan tujuan untuk menganalisa pengelolaan keuangan di instansi tersebut. Prosesnya yang ribet dan memakan waktu kini sudah ada solusinya. Cobalah gunakan software akuntasi Beecloud untuk merasakan kemudahan dalam mengelola laporan keuangan perusahaan Anda.

Beecloud, Software Akuntansi Online yang Bisa Mengontrol 48 Cabang dari 1 Tempat. Satu-satunya software akuntansi online yang didesain untuk kontrol banyak cabang. Dilengkapi ratusan variasi laporan yang tersaji cepat & akurat. Laporan Laba/Rugi, Neraca, Kas/Bank, Stok, Piutang. Memudahkan manajemen mengambil keputusan bisnis

Banner Beecloud Laporan Neraca

Klik Gambar di Atas untuk Info Selengkapnya Software Akuntansi Online Beecloud

Cara Menggunakan Pemindai Barcode Online Pada Android
Hampir seluruh kemasan produk, jasa pembayaran, dan keperluan lain kini menggunakan pemindai barcode online untuk kemudahan transaksi. Selain karena kegunaannya […]
Baca Juga
Tips Mudah Menyusun Laporan Laba Rugi Bagi Usaha Anda
Selain laporan neraca dan arus kas, laporan laba rugi juga merupakan salah satu laporan keuangan yang penting digunakan untuk melaporkan […]
Baca Juga
Tips dan Ide Jualan Laris Saat Pandemi
Jualan laris saat pandemi sebagai upaya melihat peluang yang punya dampak baik untuk hidup kita kedepannya. Kita harus pandai melihat […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu