Buku besar akuntansi menjadi sebuah tempat pencatatan penting dari kumpulan seluruh laporan keuangan, mulai dari jurnal penjualan, jurnal pembelian hingga pengeluaran. Dalam artikel ini akan membahas tentang apa itu buku besar hingga contoh buku besar akuntansi.
Dalam penyusunannya seorang akuntan perlu ketelitian karena sedikit saja kesalahan akan mempengaruhi hasil kedepannya. Lantas bagaimana untuk yang tidak jago akuntansi? apakah ada solusi? Berikut deretan penjelasan lengkap di bawah ini:
Apakah Buat Buku Besar Harus Jago Akuntansi?
Buku besar akuntansi merupakan salah satu alat akuntansi yang digunakan untuk mencatat transaksi keuangan perusahaan secara terperinci. Selain itu, buku ini juga termasuk dalam salah satu dari tiga buku utama yang digunakan oleh seorang akuntan untuk mencatat transaksi bisnis. Buku besar merupakan registrasi detail dari setiap transaksi yang dilakukan perusahaan.
Isi dari buku besar terdiri dari beberapa jurnal, yaitu jurnal umum, jurnal penjualan, jurnal pembelian, dan jurnal pengeluaran. Dengan setiap transaksi yang tercatat dalam buku besar diklasifikasikan sebagai akun tertentu, dan setiap akun diklasifikasikan sebagai aset, utang, ekuitas pemegang saham, pendapatan atau biaya.
Hasil akhir dari akuntansi buku besar adalah laporan laba rugi dan laporan posisi keuangan yang menggambarkan kondisi keuangan perusahaan pada suatu saat.
Baca Juga: Pengertian Buku Besar, Fungsi, Manfaat dan Bentuknya
Secara singkat, buku besar akuntansi membantu mengukur kinerja perusahaan, membantu mengontrol keuangan, menghitung laba bersih, menghitung kas bersih, dan memperkirakan pendapatan masa depan.
Format Buku Besar Akuntansi Terdiri dari Jurnal Penjualan, Pembelian, dst (Sumber: Freepik.com)
Isi dari buku besar akuntansi tergantung dari jurnal yang digunakan oleh perusahaan. Namun secara umum, buku besar akuntansi akan mencakup informasi seperti:
Dalam membuat buku besar, ada 3 bentuk yang perlu Anda ketahui. Berikut penjelasannya ketiganya :
Proses Pembuatan Buku Besar Dilakukan dengan Melakukan Pencatatan Transaksi (Sumber: Freepik.com)
Membuat buku besar akuntansi merupakan proses yang penting untuk mencatat semua transaksi keuangan perusahaan. Membuat buku besar akuntansi bisa sangat membantu Anda dalam mencatat dan mengelola keuangan perusahaan.
Namun, proses membuat buku besar ini tidak semudah yang Anda pikirkan. Proses membuat buku besar membutuhkan pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang akuntansi.
Pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang akuntansi akan membantu Anda dalam mencatat semua transaksi keuangan dengan benar dan tepat sasaran. Dengan membuat buku besar secara tepat, Anda akan mampu menyusun laporan laba rugi dan laporan posisi keuangan yang akurat.
Jadi, jika Anda ingin membuat buku besar akuntansi, pastikan Anda memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang akuntansi. Setelah itu, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat buku besar akuntansi.
Ilustrasi Pencatatan Transaksi (Sumber: Freepik.com)
Buku besar akuntansi terdiri dari beberapa jurnal, yaitu:
Baca Juga: Pencatatan Jurnal Pembelian, Pengertian, Jenis dan Contohnya
Selain jurnal-jurnal tersebut, buku besar juga dapat mencakup jurnal-jurnal lain yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan perusahaan, seperti jurnal piutang, jurnal persediaan, dan jurnal aset tetap.
Contoh isi buku besar akuntansi adalah sebagai berikut:
Ilustrasi Buku Besar Akuntansi (Sumber: Bee.id)
Dari contoh di atas, dapat dilihat bahwa pada tanggal 1 Januari tercatat saldo awal persediaan sebesar Rp. 1.000.000. Pada tanggal 2 Januari terjadi pembelian bahan baku sejumlah Rp. 500.000. Dan di tanggal 3 Januari terjadi penjualan tunai Rp. 100.000. Sehingga saldo akhir Buku Besar Persediaan sebesar Rp. 1.400.000
Lalu di Buku Besar Piutang Usaha, pada tanggal 4 Januari terjadi penjualan kredit sejumlah Rp. 300.000. Pada tanggal 8 Januari terjadi pelunasan piutang, sehingga total saldo akhirnya adalah Rp. 0 alias lunas.
Contoh Buku Besar Akuntansi di Excel
Format buku akuntansi Excel adalah format pencatatan transaksi yang sangat populer di kalangan akuntan dan profesional keuangan. Format buku akuntansi Excel terdiri dari beberapa tabel berikut diantaranya:
Dengan format buku akuntansi Excel dapat membantu Anda dalam mencatat transaksi keuangan secara terperinci dan efisien.
Ingin buat laporan buku besar akuntansi langsung jadi, tanpa perlu pusing mikirin sana-sini Anda bisa mendapatkan dengan menggunakan Software Akuntansi Beeacounting.
Anda tidak perlu lagi pusing catat sana sini, takut ada yang keselip, hilang dan sebagainya karena dengan menggunakan Beeaccounting Anda bisa mencatat semua transaksi dengan mudah, merekam data secara otomatis, digunaan offline dan dicustom sesuai keinginan.
Informasi selengkapnya bisa cek banner di bawah ini. Segera ada Gratis Trial untuk Anda pengguna pertama: