Logo Bee Web

Pengertian Buku Besar, Fungsi, Manfaat dan Bentuknya

Buku besar adalah salah satu hal yang harus Anda ketahui dalam laporan akuntansi dan manajemen keuangan akan jadi lebih mudah.
Penulis: Rininta Oktaviana
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Tuesday, 27 September 2022

Buku besar adalah salah satu aspek yang cukup penting dalam kegiatan akuntansi. Penggunaannya untuk memudahkan akuntan untuk meringkas transaksi menjadi lebih mudah untuk dilaporkan dan dibaca.

Di sisi lain, general ledger dibuat pada tahap terakhir dalam laporan akuntansi. Data di dalamnya juga sangat berguna untuk sebuah bisnis atau organisasi dalam mengatur keuangan yang mereka miliki.

Apa itu Buku Besar?

Apa Itu Buku Besar

Ilustrasi Membuat General Ledger (Sumber: Freepik.com)

Buku besar merupakan sistem pencatatan dari data keuangan sebuah perusahaan atau organisasi dengan adanya akun debit dan kredit di dalamnya yang telah divalidasi melalui neraca saldo. Setiap catatan transaksi keuangan yang terjadi tercatat di dalamnya.

Dalam sistem laporan keuangan atau akuntansi di suatu perusahaan atau organisasi sangat penting karena didalamnya tercantum ringkasan seluruh transaksi. Oleh karena itu, pembuatannya harus rapi dan jelas akan mudah untuk dibaca dan sesuai dengan bukti yang ada.

Setiap perusahaan atau organisasi memiliki jumlah general ledger yang berbeda. Tentu saja hal ini karena adanya beberapa faktor, seperti kondisi dari keuangan, volume transaksi, informasi yang dibutuhkan perusahaan, hingga aktivitas yang telah dijalankan perusahaan.

Fungsi Buku Besar

Secara garis besar, fungsi utama general ledger adalah meringkas semua data transaksi yang tertulis dalam jurnal umum. Selain itu, ada juga fungsi lain yang akan diuraikan berikut ini:

  • Digunakan sebagai penggolongan dasar transaksi yang tercatat pada jurnal umum.
  • Digunakan sebagai alat menggolongkan data finansial.
  • Digunakan sebagai media untuk klasifikasi dan pencatatan kode pada data transaksi yang berasal dari akun-akun perusahaan.
  • Digunakan sebagai bahan dan sumber informasi untuk menyusun data dari laporan keuangan yang dimiliki.
  • Digunakan sebagai bukti dari semua data yang dikumpulkan.
  • Digunakan sebagai catatan penyesuaian pada akun-akun perusahaan.
  • Dapat digunakan untuk pembaharuan pada akun umum serta berkas dari data transaksi.

Manfaat Buku Besar

"Pentingnya

Ada juga manfaat dari general ledger yang dijelaskan berikut ini:

  • Untuk memposting semua transaksi yang ada berdasarkan akun-akun perusahaan.
  • Menyeimbangkan akun debit dan kredit pada akun perusahaan.
  • Mencatat transaksi keuangan dalam periode akuntansi tertentu.
  • Membuat jurnal penyesuaian lebih mudah dari data transaksi yang cukup akurat.

Baca Juga: Cara Membuat Buku Besar Beserta Penjelasannya

Macam-Macam Buku Besar

1. Buku Besar Umum

Buku besar umum adalah general ledger yang merangkum semua perkiraan data keuangan sendiri selama periode tertentu. Yang masuk di dalamnya adalah modal, kas, persediaan hutang dan piutang.

Dalam prakteknya, general ledger memiliki pengaruh yang cukup besar untuk perubahan transaksi pada aktiva, kewajiban atau beban dan modal perusahaan.

2. Buku Besar Pembantu

contoh jurnal umum dan buku besar 1

Contoh jurnal umum dan general ledger

Sama dengan namanya, buku besar pembantu digunakan untuk membantu atau menambah dalam merangkum berbagai data rekening yang mencatat piutang dan utang usaha secara detail. Ada dua jenis yang masuk dalam buku besar pembantu, yaitu sebagai berikut:

  • Pembantu Piutang Usaha

Dikenal juga dengan sebutan buku piutang khusus. Didalamnya terdapat rangkuman yang berisi transaksi langganan kredit, jumlah transaksi, lokasi hingga siapa saja yang melakukan transaksi penjualan kredit dengan perusahaan.

  • Pembantu Utang

Dikenal dengan buku utang khusus digunakan untuk mencatat setiap transaksi utang secara detail, yaitu pinjaman kredit hingga jumlah utang yang dimiliki.

Baca Juga: Buku Besar Pembantu: Kenapa Buku Ini Penting?

3. Buku Besar Kreditur

Selanjutnya, ada juga buku besar kredit yang digunakan untuk mengumpulkan informasi hanya dari satu jurnal, yaitu jurnal pembelian. Pembuatannya untuk memberikan beberapa informasi kepada pemasok mengenai jumlah utang yang dimiliki oleh perusahaan.

4. Buku Besar Debitur

Buku besar debitur dibuat untuk digunakan sebagai informasi mengenai pelanggan mana saja yang berhutang dan berapa jumlah utang yang mereka miliki.

Bentuk-Bentuk Buku Besar

Rev1

Ilustrasi General Ledger Hutang Usaha

Berikut ini adalah penjelasan mengenai bentuk-bentuk dari buku besar:

  • Bentuk T

Bentuk ini menjadi bentuk yang sederhana dan paling sering digunakan. General ledger dengan bentuk T ini digunakan untuk keperluan dalam menganalisa transaksi serta mekanisme penggunaan akun yang dijelaskan.

  • Bentuk Skontro

Jika menurut Anda buku besar bentuk T kurang lengkap maka bisa membuat dengan bentuk skontro. Skontro terdiri dari dua kolom yang memiliki versi lebih lengkap dibandingkan dengan bentuk T.

  • Bentuk Staffel

Selanjutnya, ada juga bentuk staffel. Staffel memiliki halaman dan mempunyai lajur saldo dan dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Bentuk staffel dengan kolom saldo tunggal terdiri dari 3 kolom dengan menggunakan lajur saldo tunggal.
  • Bentuk staffel dengan kolom saldo tunggal terdiri dari 4 kolom dengan menggunakan lajur saldo tunggal.

Cara Membuat Buku Besar di Excel

"Contoh

Membuat general ledger dapat menggunakan beberapa cara, mulai dari manual atau bahkan cara yang lebih modern. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk membuat dengan mudah dan cepat adalah melalui Microsoft Excel. Berikut ini adalah tahapan pembuatannya:

  • Tahapan Persiapan

Dalam tahapan proses persiapan ini, Anda dapat mengumpulkan seluruh data transaksi keuangan yang telah dilakukan, mulai dari transaksi penjualan, pembelian, pengeluaran dan penerimaan kas yang tercatat dalam buku jurnal.

  • Tahapan Pembuatan di Microsoft Excel

Jika tahapan persiapan sudah selesai, Anda bisa langsung membuat form general ledger di Excel dengan berisikan tanggal, keterangan pos, debit, kredit dan saldo. Setelah itu, Anda bisa membuat list yang tersedia dengan langkah berikut ini:

  • Buku Microsoft Excel kemudian pilih pada menu Data.
  • Lalu pilih opsi Data Validation.
  • Kemudian pilih menu Setting.
  • Setelah itu, pilih di Validation Criteria.
  • Kemudian tekan Allow dan pilih List.
  • Selanjutnya, Anda bisa pilih Source lalu ambil data yang ada dari daftar rekening yang telah dibuat sebelumnya pada sheet yang lain.

Dapat disimpulkan bahwa buku besar adalah buku yang berisi rangkuman seluruh transaksi keuangan yang berguna untuk mempermudah manajemen keuangan dan sebagai salah satu faktor penting dalam membuat keputusan. 

Manfaat Menggunakan Software Akuntansi untuk Membuat Buku Besar

Laporan Akuntansi Pakai Software Akuntansi Beeaccounting

Laporan Akuntansi Pakai Software Akuntansi Beeaccounting (Sumber: Bee.id)

  • Mencatat Semua Transaksi
  • Memudahkan Akuntan
  • Merekam Data Seacara Otomatis
  • Bisa Digunakan Offline
  • Dapat Dicustom Sesuai Kebutuhan

Jika Anda masih merasa kesulitan dalam membuat general ledger perusahaan dagang atau buku besar secara manual. Software akuntansi Beeaccounting dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran. Selain itu dengan menggunakan software general leder kita juga dapat menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisnis diproses dengan baik.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

5 Contoh Pembukuan Uang Masuk dan Keluar
Apakah Anda sedang berencana membuat pembukuan uang masuk dan keluar? Jika iya, tentu Anda membutuhkan referensi contoh pembukuan uang masuk
Baca Juga
Account Receivable adalah: Pahami Arti, Ciri-Ciri, dan Fungsinya
Account receivable adalah sebutan umum yang mudah ditemui dalam dunia akuntansi. Terutama saat Anda menyusun laporan yang berkaitan dengan utang-piutang.
Baca Juga
Mengenal Rasio Aktivitas, Jenis dan Rumusnya
Dalam dunia bisnis, pemilik usaha selalu mencari cara untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas mereka. Salah satu metode yang digunakan adalah
Baca Juga
5 Manfaat Belajar Akuntansi Perusahaan dengan Baik dan Benar
Sebelum membahas tentang manfaat belajar akuntansi perusahaan yang baik dan benar, mari kita bahas terlebih dahulu tentang apa yang dimaksud
Baca Juga
15 Jenis Investasi yang Aman dan Menguntungkan
Ketika kita memasuki dunia keuangan, salah satu konsep yang tidak dapat dihindari adalah jenis investasi. Mengetahui berbagai opsi investasi menjadi
Baca Juga
Likuiditas Adalah: Pengertian, Jenis dan Cara Menghitungnya
Likuiditas adalah kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban keuangannya pada saat jatuh tempo. Indikator likuiditas yang paling umum digunakan adalah rasio
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu