Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Mengenal Pembukuan Kas Sederhana dan Cara Membuatnya

Dipublish Tgl: Wednesday, 15 June 2022

Pembukuan kas sederhana sering kita dengar dalam istilah akuntansi. Pebisnis seperti Anda tentu sudah tidak asing dengan istilah ini. Namun, mungkin dalam mengimplementasikannya ke dalam bisnis masih banyak yang belum memahaminya.

Alasannya cukup beragam, mulai dari ribet melakukan pencatatan harian, hingga tidak tahu cara membuatnya. Sepertinya Anda perlu mengetahui manfaat dari membuat pembukuan kas sederhana bagi bisnis Anda. Ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda peroleh dengan menggunakan buku kas.

Tentu saja hal ini berhubungan dengan finansial bisnis Anda. Siapa sih yang tidak mau urusan finansialnya rapi dan akurat. Semua pebisnis pasti menginginkan hal tersebut. Oleh karena itu, mencatat setiap transaksi dalam pembukuan kas sederhana merupakan hal yang wajib untuk membantu Anda juga dalam menganalisis finansial bisnis.

Apa itu Pembukuan Kas Sederhana?

Cara Buat Buku Kas Mudah dan Sederhana scaled

Cara Buat Buku Kas Mudah dan Sederhana

Setiap bisnis memiliki berbagai catatan transaksi yang menyimpan informasi penting bagi suatu bisnis. Nah, catatan transaksi tersebut perlu dicatat dalam buku, salah satunya adalah buku kas.

Pembukuan kas sederhana adalah media pencatatan yang digunakan untuk mencatat berbagai transaksi keuangan dana bisnis atau perusahaan. Setiap transaksi yang berhubungan dengan penerimaan dan pengeluaran bisnis harus langsung dicatat dalam buku kas.

Kalau pembukuan sudah Anda lakukan secara rutin, maka di masa depan Anda akan lebih mudah dalam membuat laporan keuangan, pelaporan pajak, dan pengambilan keputusan bisnis.

Oh iya, pencatatan kas ini termasuk dalam jenis pembukuan akuntansi.

Pembukuan adalah suatu proses pencatatan yang dilakukan secara teratur untuk mengumpulkan data dan informasi keuangan yang meliputi harta, kewajiban, modal, penghasilan, dan biaya, serta jumlah harga perolehan dan penyerahan barang atau jasa, yang ditutup dengan menyusun laba rugi untuk periode Tahun Pajak tersebut. - UU No. 28 Tahun 2007.

Dari situ sudah jelas ya, kalau pembukuan, termasuk semua jenisnya wajib dimiliki oleh setiap bisnis untuk mengetahui kondisi keuangan bisnis tersebut. Karena, kondisi keuangan suatu bisnis ini sangat krusial untuk dijadikan analisis dan pengambilan keputusan.

Bayangkan saja kalau dari awal bisnis Anda sudah menerapkan buku kas secara rapi, bisa dipastikan analisis keuangan dan berbagai pengambilan keputusan terhadap bisnis akan lebih mudah dilakukan. Tentu saja rencana keuangan di tahun atau periode berikutnya akan semakin lancar.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Pembukuan Sederhana

Jenis-Jenis Buku Kas

Aplikasi Pembukuan Sederhana yang Cocok untuk Bisnis Anda

Ilustrasi Jenis Buku Kas

Ada beberapa jenis buku kas, baik yang pemasukan maupun pengeluaran. Berikut merupakan 4 jenis pembukuan kas sederhana yang bisa Anda implementasikan terhadap bisnis Anda.

  • Buku Kas Umum

Buku kas umum ini digunakan untuk mencatat transaksi kas masuk dan keluar. Hal ini akan memudahkan Anda dalam memantau uang masuk dan keluar perusahaan. Sehingga, Anda bisa lebih mudah dalam mengontrol, menganalisis, dan membuat keputusan bisnis.

  • Buku Pembantu Bank

Jenis selanjutnya adalah buku pembantu bank atau bank book. Buku kas ini digunakan untuk mencatat kas masuk dan keluar, tapi khusus transaksi yang melalui ATM dan teller bank.

  • Buku Kas Pembantu Pajak

Buku pembantu pajak atau the tax book digunakan untuk mencatat berbagai transaksi yang berhubungan dengan pajak. Misalnya catatan pemungutan pajak, lapor pajak, atau PPh.

  • Buku Pembantu Panjar

Istilah lainnya dari buku pembantu panjar atau imprest book. Buku ini digunakan untuk mencatat berbagai transaksi yang berhubungan dengan pihak luar atau eksternal. Misalnya Anda melakukan transaksi dengan pihak lain yang sesuai dengan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah).

Penggunaan buku pembantu panjar ini juga ada aturannya dalam peraturan khusus oleh Kementerian Dalam Negeri Indonesia.

Keempat jenis pembukuan kas sederhana di atas merupakan bagian penting dalam akuntansi bisnis Anda, khususnya dalam pencatatan pemasukan dan pengeluaran.

Cara Membuat Pembukuan Kas Sederhana

Lalu, bagaimana cara membuat pembukuan kas sederhana? Cara pembuatan buku kas sebenarnya bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan dan kebutuhan masing-masing. Namun, Anda bisa mengikuti cara-cara di bawah ini sebagai acuan dalam pembuatan buku kas bagi perusahaan Anda. Berikut ini cara-caranya.

  • Menggunakan Folio Satu Halaman

Buku Kas Folio Satu Halaman

Buku Kas Folio Satu Halaman (Sumber: Pexels.com)

Cara pertama yaitu menggunakan folio satu halaman. Cara ini biasanya digunakan oleh perusahaan kecil atau pebisnis yang baru merintis. Format yang perlu ada dalam folio ini yaitu:

  • Tanggal transaksi berlangsung.
  • Keterangan masuk atau keluarnya arus kas.
  • Nomor kas.
  • Saldo kas.
  • Jumlah pengeluaran dana kas.

Nah, dilihat dari formatnya saja sudah jelas kalau cara folio satu halaman ini memang diperuntukkan bagi usaha kecil. Karena, dianggap lebih praktis, tidak membutuhkan waktu lama, dan data yang banyak.

  • Menggunakan Folio Dwi Halaman (Skontro)

Cara yang satu ini menggunakan dua halaman folio, yaitu untuk debit dan kredit. Di mana halaman debit untuk mencatat transaksi yang masuk. Sedangkan, halaman kredit digunakan untuk mencatat transaksi keluar. Formatnya juga sama seperti pada folio satu halaman.

  • Pembukuan Kas Sederhana Menggunakan Tabel

Cara selanjutnya dari pembuatan pembukuan kas sederhana yaitu menggunakan tabel berupa baris dan kolom. Jika perusahaan Anda semakin berkembang, maka Anda bisa menggunakan cara yang satu ini, karena akan ada banyak data yang perlu dicatat. Anda bisa menggunakan Excel atau software akuntansi yang banyak disediakan berbagai platform.

Baca Juga: 6 Jenis Pembukuan Usaha Wajib Dimiliki Perusahaan

Mau Pembukuan Lebih Mudah? Gunakan Software Akuntansi Online!

22 Feb

Buat Pembukuan Kas Anti Pusing dengan Beecloud

Sedang mencari rekomendasi software akuntansi online? Excel memang cukup membantu Anda dalam melakukan pencatatan. Namun, Excel masih dirasa ketinggalan, karena sistemnya tidak terintegrasi secara otomatis dengan sistem akuntansi dan pembuatan laporan keuangan. Tapi, Anda tidak perlu khawatir, karena saat ini Anda bisa menggunakan software akuntansi online, yaitu Beecloud yang membantu Anda dalam melakukan pencatatan transaksi terintegrasi hingga analisis keuangan bisnis.

Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud jika Anda ingin lebih mudah dalam membuat pembukuan. Software akuntansi online Beecloud akan mempermudah Anda dalam membuat dan menyusun pembukuan bahkan hanya sekali klik saja segala laporan pembukuan sudah tersaji secara lengkap. Kabar baiknya, Anda bisa menggunakan Beecloud hanya dengan menggunakan smartphone saja.

Fitur lengkap yang dimiliki Beecloud bisa membantu mengatasi masalah seperti manajemen keuangan, pengontrolan stok, pemantauan hutang dan piutang, dan dapat dilihat di mana saja dan kapan saja secara realtime karena telah berbasis cloud. Berminat? Yuk coba gratis selama 14 hari klik di sini.

Tips Memilih Aplikasi Kasir Online Terbaik untuk Bisnis
Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini teknologi sudah bisa membantu segala pekerjaan supaya lebih mudah untuk dilakukan. Seperti halnya menjalankan […]
Baca Juga
5 Tips Mudah Memulai Usaha Rental Tanpa Modal
Beberapa tahun belakangan ini, bisnis rental mobil di Indonesia lebih sering diminati oleh banyak orang. Hal ini bisa dilihat dari […]
Baca Juga
Contoh Laporan Keuangan Usaha Dagang
Laporan keuangan adalah sumber informasi utama yang paling penting bagi setiap pemilik usaha maupun investor individu. Untuk perusahaan yang sudah […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu