Software Akuntansi Online Bisnis, Berikut Penjelasan Manfaatnya

Monday, 30 August 2021
Rininta Oktaviana
Rininta Oktaviana
software-akuntansi-online-bisnis

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
software-akuntansi-bisnis-online

Software Akuntansi Bisnis Online (Sumber: Freepik.com)

Sekarang, dunia bisnis tak lagi sama dengan zaman dahulu. Secara perlahan, bisnis konvensional mulai bergerak menuju era digital. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya berbagai jenis software akuntansi bisnis online yang punya segudang manfaat untuk mendukung kegiatan bisnis yang Anda punya.

Software akuntansi bisnis online atau juga dikenal dengan sebutan aplikasi keuangan, merupakan perangkat lunak yang sengaja di desain untuk menggantikan pekerjaan manusia dalam hal mengelola keuangan. Cukup dengan satu aplikasi, Anda bisa mengelola pembukuan, utang piutang, buku besar, pembagian gaji karyawan dan sejumlah pekerjaan lainnya dengan cepat dan mudah.

Bukan hanya mampu menggantikan pekerjaan manusia dalam mengelola kuangan, software akuntansi bisnis online juga mampu meningkatkan efisiensi perusahaan, lho! Bahkan, ada banyak manfaat lain yang menarik untuk kita simak. Bersama ulasan ini, secara khusus kami merangkum manfaat dan juga macam-macam software akuntansi  online untuk menunjang perkembangan bisnis yang Anda kelola.

Manfaat Software Akuntansi Online Bagi Perkembangan Perusahaan

manfaat-software-akuntansi-online-bagi-perusahaan

Manfaat Software Akuntansi Online Bagi Perusahaan (Sumber: Pexels.com)

Sebagai seorang akuntan, ada banyak pekerjaan yang perlu kita selesaikan. Mulai dari penyusunan buku besar, membuat catatan utang piutang, menghitung aset perusahaan, dan sejumlah kegiatan lain yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan. Pekerjaan ini menuntut ketelitian yang sangat tinggi. Jika keliru, resikonya tak main-main. Bahkan dapat menggiring perusahaan kepada kerugian besar sampai dengan gulung tikar.

Untuk mengelola keuangan perusahaan besar, tenaga manusia saja tidaklah cukup. Perlu adanya sebuah sistem komputer yang mampu bekerja dengan cepat dan akurat sehingga dapat meningkatkan efisiensi perusahaan sekaligus meringankan pekerjaan seorang akuntan.

software-akuntansi-online-membantu-kegiatan-akuntan

Software Akuntansi Online Membantu Kegiatan Akuntan (Sumber: Pexels.com)

Berdasarkan permasalahan inilah, kemudian hadir software akuntansi online yang banyak jenisnya untuk menunjang perkembangan bisnis yang Anda kelola. Diantara banyaknya software akuntansi online yang ada, ada 3 yang menjadi rekomendasi terbaik. Yakni Bee Accouting software akuntansi berbasis desktop offline, Bee Cloud software akuntansi berbasis cloud online, dan juga Bee Pos software kasir online.

Masing-masing memiliki fungsi, manfaat dan sasaran penggunaan yang berbeda. Secara garis besar, manfaat danfungsi software akuntansi online bagi perusahaan adalah sebagai berikut :

1.      Memastikan Adanya Financial Control yang Baik

Ada banyak faktor yang mempengaruhi masa depan perusahaan, salah satunya adalah bagaimana keuangannya dikelola. Manajemen yang baik akan membawa perusahaan pada pertumbuhan yang baik pula. Maka dari itu, perlu adanya pengawasan yang ketat terhadap manajemen keuangan, terlebih bagi perusahaan dengan skala besar.

software-akuntansi-bisnis-online-beecloud

Software Akuntansi Online Beecloud (Sumber: Bee.id)

Salah satu manfaat dari software akuntansi online adalah menyediakan pengawasan yang ketat terhadap manajemen keuangan suatu perusahaan.Bee Accounting merupakan software akuntansi online berbasis dekstop offline dengan desain interface yang sangat user friendly.

Dengan aplikasi ini, Anda bisa melakukan pengawasan dengan mudah dan juga dapat menerima laporan keuangan secara otomatis. Tampilan aplikasi yang user friendly memungkinkan siapa saja dapat menggunakan Bee Accounting dengan baik sekalipun bukan seorang ahli akuntansi. Sehingga aplikasi keuangan ini cocok untuk bisnis rumahan, UMKM dan bisnis besar sekalipun.

2.      Kerangka Kerja Akuntansi yang Lebih Efisien

kerangka-kerja-akuntansi-yang-lebih-efisien

Buat Laporan Keuangan Jadi Lebih Efisien (Sumber: Freepik.com)

Bukan hanya memudahkan dalam proses pengawasan keuangan, software akuntansi online juga memungkinkan segala pekerjaan jadi lebih efisien. Misalkan saja dalam hal pembuatan laporan keuangan tahunan. Dalam kerangka kerja konvensional, dalam pembuatan laporan tahunan butuh waktu yang tidak sebentar.

Sebab seorang akuntan perlu mengumpulkan data transaksi dalam satu tahun terakhir, dan mengolahnya sedemikian rupa sehingga menjadi laporan yang baik dan terperinci. Dengan adanya software akuntansi, pekerjaan ini jauh lebih efisien. Laporan tahunan bisa Anda selesaikan secepat menjentikkan jari ke udara. Tak hanya cepat, aplikasi ini juga memastikan perhitungan yang akurat sehingga resiko sekecil apapun bisa Anda minimalisir.

3.      Hemat Biaya dan Hemat Waktu

software-akuntansi-hemat-biaya-dan-waktu

Software Akuntansi Hemat Biaya dan Waktu (Freepik.com)

Salah satu tujuan adanya aplikasi keuangan adalah memudahkan bahkan menggantikan pekerjaan manusia dalam urusan pengelolaan keuangan. Hal ini memungkinkan bagi Anda sebagai pemilik bisnis untuk mengelola keuangan secara langsung, dan tidak lagi memerlukan jasa orang lain. Lebih hemat biaya bukan?

Salah satu aplikasi akuntansi online yang layak Anda jajal adalah Bee Cloud, satu-satunya aplikasi yang mampu melakukan pengawasan terhadap 48 cabang perusahaan dengan lokasi yang berbeda. Sistemnya yang online menjadikan pengawasan jauh lebih mudah. Selain itu, dengan teknologi cloud sistem invetory jauh lebih rapi, akurat dan tertata. Mustahil ada barang keluar yang terlewat dari catatan aplikasi.

Uniknya lagi, Bee Cloud dapat Anda pasang akses melalui smartphone android. Lebih fleksibel dan juga bersahabat dengan mobilitas yang padat. Bukan hanya hemat biaya, tetapi juga hemat waktu, kan?

4.      Manajemen yang Lebih Baik Untuk Utang Piutang

manajemen-utang-dan-piutang-perusahaan

Manajemen Utang dan Piutang Perusahaan Lebih Baik (Sumber: Freepik.com)

Manfaat lain dari software akuntansi online adalah tidak mengizinkan adanya utang dan piutang yang terlewat dari pembukuan. Tak peduli berapapun lamanya, catatan utang dan piutang akan tetap tersimpan dengan rapi, dan mudah Anda dapatkan kembali sewaktu-waktu.

Apabila Anda bandingkan dengan cara lama, mencatat manual menggunakan buku catatan, jauh lebih efektif bukan? Menggunakan cara lama, besar kemungkinan kita akan lupa bahwa pernah ada catatan hutang pada tanggal sekian. Sekalipun ingat, cukup sulit menemukan kembali catatan tersebut karena sudah tertimbun oleh banyaknya catatan yang lain.

Bukan cuma manajemen utang piutang, aplikasi kasir online juga memastikan semua transaksi terekam dengan baik pada sebuah sistem. Dengan begini, mustahil stok barang hilang tanpa ketahuan. Salah satu aplikasi kasir online yang menjadi rekomendasi sebagai aplikasi kasir terbaik adalah Bee Pos.

Aplikasi ini menawarkan banyak keunggulan. Diantaranya, bisa diakses secara offline, sangat mudah untuk dioperasikan, punya fitur super lengkap, dan juga memberikan kemudahan dalam pengawasan jarak jauh.

5.      Memudahkan dalam Pengambilan Keputusan

software-akuntansi-memudahkan-dalam-pengambilan-keputusan

Software Akuntansi Memudahkan Dalam Pengambilan Keputusan (Sumber: Pexels.com)

Sistem yang canggih juga berperan sebagai nasihat keuangan yang baik untuk Anda. Keunggulan yang tak terbantahkan dari aplikasi keuangan adalah kemampuan mereka dalam memahami kondisi keuangan secara rinci. Berdasarkan pemahaman ini, sewaktu-waktu sistem akan mengirimkan sinyal atau pemberitahuan untuk melakukan pemotongan pengeluaran yang punya resiko bagi perusahaan.

Bukan hanya permintaan untuk memotong pengeluaran, sistem yang baik juga akan mengarahkan Anda untuk menentukan strategi keuangan masa depan.

6.      Mengurangi Kesalahan Teknis dalam Pencatatan Transaksi

mengurangi-kesalahan-dalam-pencatatan-transaksi

Mengurangi Kesalahan Dalam Pencatatan Transaksi (Sumber: Freepik.com)

Mustahil apabila seorang manusia tidak pernah melakukan kesalahan. Teliti bagaimanapun, kesalahan teknis dalam pencatatan transaksi tidak terhindarkan. Misalkan saja kesalahan dalam penulisan angka pada invoice, atau juga kesalahan dalam menginput tanggal transaksi.

Segala bentuk kesalahan teknis ini dapat Anda minimalisir menggunakan software akuntansi bisnis online dari Bee ini tadi. Jika ada data yang salah, sistem akan menampilkan pesan peringatan atau pemberitahuan untuk melakukan pengecekan data kembali. Fungsi ini akan sangat berguna ketika Anda harus mengelola data transaksi yang jumlahnya tidak sedikit.

Mulai sekarang, hentikan keraguan Anda dan segeralah beralih menggunakan satu dari berbagai jenis software akuntansi bisnis online tadi. Ada Bee Accounting aplikasi kasir online, Bee Cloud aplikasi software akuntansi bisnis online, dan juga Bee Pos aplikasi kasir online. Masing-masing punya sasaran fungsi yang berbeda, pastinya akan memberikan manfaat yang baik untuk perusahaan.

Software-Akuntansi-Online-Murah-Cocok-Untuk-UKM

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :