🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Apa itu Akuntansi? Ini Hal Wajib yang Harus Anda Dipahami

Apa itu akuntansi? proses pencatatan, pengumpulan dan pengolahan transaksi keuangan perusahaan untuk membantu membuat keputusan.
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 24 February 2023

Masih banyak yang salah pemahaman tentang apa itu akuntansi. selain pencatatan keuangan, ada fungsi lain yang membuat akuntansi harus dilakukan. Contohnya seperti sebagai alasan hukum dan tujuan pajak.

Biasanya perusahaan akan menyerahkan masalah ini kepada akuntan profesional. Namun mengetahui dasar-dasar akuntansi adalah salah satu hal yang harus Anda pahami sebagai pengusaha. Dengan begitu semakin mudah bagi Anda untuk mendapatkan rincian keuangan yang dibutuhkan.

Mulai dari pengertian dasar, pengertian menurut ahli, prosedur akuntansi, jenis-jenis hingga manfaat akuntansi bagi bisnis, semuanya akan dibahas di bawah ini. Simak perlahan-perlahan agar tidak salah paham!

Apa itu Akuntansi? Akuntansi Adalah ...

Akuntansi Adalah pencatatan keuangan

ilustrasi pencatatan keuangan (sumber: Unsplash)

Keuangan selalu menjadi topik yang sensitif untuk dibahas. Namun masalah ini tidak boleh diremehkan oleh siapa saja, mengingat ada sangkut-paut yang erat terhadap performa bisnis. Salah satu untuk mengendalikan dan mengelola pencatatan keuangan adalah melalui akuntansi.

Ilmu akuntansi merupakan ilmu yang membahas tentang sistem hitung-menghitung uang yang masuk dan keluar, perhitungan pajak dan lain sebagainya. Intinya, akuntansi bukanlah sesuatu yang sederhana.

Dikutip dari Gramedia, Akuntansi yang benar dan tepat memungkinkan manajemen perusahaan menjadi lebih memahami keuangan bisnisnya

Penerapannya sangat luas di dalam kegiatan bisnis. Mengetahuinya akan membantu Anda dalam memahami keuangan bisnis, merencanakan pengeluaran yang lebih bijaksana serta mengembangkan bisnis untuk menghasilkan keuntungan yang optimal.

Pengertian Akuntansi Menurut Ahli

Untuk mendapatkan pandangan yang lebih luas, pastikan pahami pendapat ahli tentang pengertian akuntansi di bawah ini:

1. Suparwoto L (1990)

Akuntansi mengartikan akuntansi sebagai teknik mengatur keuangan sehingga mudah diinformasikan kepada pihak-pihak perusahaan yang membutuhkan.

2. Winarno (2006)

Akuntansi berarti proses mengolah dan mencatat transaksi sebelum menyajikannya kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

3. Warren dkk (2005)

Warren berpendapat bahwa akuntansi adalah sistem yang membuat laporan tentang kegiatan keuangan dan keadaan perusahaan untuk pihak-pihak yang berhak.

4. Paul Grady

Akuntansi artinya badan dari ilmu pengetahuan dalam memproses, menganalisis, dan mengartikan semua transaksi selama operasional akuntansi sehingga menghasilkan informasi yang digunakan oleh manajemen sebagai pertanggungjawaban.

Proses dan Prosedur Akuntansi

Rumusan persamaan dasar akuntansi adalah salah satu rumus yang perlu dipahami. Namun disarankan menguasai dasar-dasar prosedur akuntansi terlebih dulu, harapannya memudahkan Anda dalam melakukan perhitungan dan pencatatan keuangan. Berikut adalah beberapa rangkaian prosesnya:

1. Mencatat

Tahapannya dimulai dengan melakukan pencatatan atas semua transaksi perusahaan, baik pengeluaran atau pemasukan. Nama lain proses ini adalah pembukuan akuntansi sederhana.

Akuntan terlebih dulu mengidentifikasi transaksi, baru mencatatnya ke dalam jurnal yang tepat. Catatan tersebut akan digunakan untuk membuat laporan penutupan periode akuntansi.

2. Meringkas

Data mentah yang diterima oleh akuntan perlu dikelola secara lebih lanjut. Tujuan peringkasan adalah agar memudahkan pebisnis dalam mengambil keputusan berdasarkan laporan keuangan.

Akuntan bertanggung jawab melakukan segmentasi data, lalu menerjemahkan data-data tersebut sehingga dapat dipakai sebagai acuan yang akurat dan valid.

3. Melaporkan

Proses selanjutnya yaitu melaporkan data-data yang sudah rapi kepada penanggung jawab. Setiap bisnis mempunyai penanggung jawabnya masing-masing. Pastikan Anda mengetahui bagaimana bisnis atau perusahaan mengelola keuangannya.

Laporan harus dibuat setiap akhir bulan dan dikirimkan kepada pemilik perusahaan. Akuntan juga perlu membuat laporan tahunan yang menjelaskan performa perusahaan selama periode tertentu.

4. Menganalisa

Setelah berhasil membuat ringkasan dan rekaman keuangan perusahaan, akuntan akan diminta untuk menarik kesimpulan dari laporan tersebut. Ilmu akuntansi mengenal konsep perbandingan, yang memungkinkan Anda untuk melakukan komparasi terhadap laba rugi, ekuitas, penjualan dan lain sebagainya sehingga memudahkan analisis kinerja dan pengambilan keputusan.

Agar memudahkan Anda dalam melakukan analisa bisnis, Anda membutuhkan software akuntansi online yang mudah dan akurat. Salah satu software keuangan terbaik adalah Beecloud, menawarkan berbagai fitur yang diluar dugaan Anda. Aplikasi yang berbasis cloud ini memungkinkan Anda mengelola bisnis dalam genggaman Anda.

Fitur Analisa Bisnis Komplit Dari Beecloud

Selain itu, Beecloud telah memiliki aplikasi sendiri yang memungkinkan Anda sebagai business owner melakukan pengecekkan menyeluruh pada bisnis Anda dalam satu tampilan dashboard. Segala informasi yang Anda butuhkan sudah tersaji secara otomatis dan real time.

Baca juga: Software Keuangan Perusahaan Terbaik untuk Cepat Analisa Bisnis

Tujuan Akuntansi

Selain memahami apa itu akuntansi, tak lupa kenali beberapa tujuan adanya proses hitung-menghitung ini. Berdasarkan penerapannya, ada tiga tujuan akuntansi. Agar semakin menguasai ilmu ini, lihat daftar di bawah ini:

1. Tujuan Akuntansi Secara Khusus

Apabila dijelaskan dengan spesifik, kegunaan akuntansi yaitu untuk membuat laporan berisi tentang informasi keuangan, perubahan posisi keuangan, hasil usaha dan lain sebagainya. laporan dibuat dengan mengikuti Generally Accepted Accounting Principles (GAAP).

2. Tujuan Akuntansi Secara Umum

Sedangkan jika dilihat dari garis besar, akuntansi mempunyai sejumlah tujuan umum, di antaranya:

  • Menyediakan informasi keuangan perusahaan secara detail dan akurat.
  • Membuat kesimpulan atas informasi keuangan perusahaan yang bisa dijadikan acuan pimpinan dalam memaksimalkan keuntungan.
  • Menghadirkan informasi-informasi perihal perubahan yang terjadi pada seluruh sumber ekonomi perusahaan.
  • Menjelaskan informasi keuangan terkait perubahan pada aset, utang, sumber ekonomi, dan modal perusahaan.
  • Memudahkan para pengguna laporan keuangan dalam memahami berbagai informasi yang terdapat di dalamnya.

3. Tujuan Akuntansi Secara Kualitatif

Berdasarkan segi kualitatif, akuntansi memiliki beberapa tujuan utama, yaitu:

  • Menyampaikan informasi mengenai keuangan perusahaan yang sudah teruji validitas dan kebenarannya.
  • Membuat informasi keuangan perusahaan sesuai standar Prinsip Akuntansi Berterima Umum (PABU).
  • Menunjukkan laporan keuangan perusahaan untuk para pihak yang membutuhkannya.
  • Menyuguhkan informasi transaksi dengan cepat dan secara real time.
  • Menyederhanakan informasi keuangan sehingga mudah dipahami oleh pihak-pihak yang berkepentingan.

Jenis Spesialisasi Akuntansi

Jenis Jenis Akuntansi atau pencatatan keuangan

ilustrasi jenis akuntansi )(sumber: Unsplash)

Untuk memudahkan pekerjaan akuntan, proses akuntansi memiliki beberapa fokus spesialisasi yang berbeda. Mengetahuinya akan memudahkan Anda dalam menentukan mana spesialisasi yang dibutuhkan. Adapun berikut adalah penjelasannya:

1. Akuntansi Keuangan

Objek yang menjadi perhitungan akuntansi ini yaitu segala transaksi yang dilakukan oleh perusahaan. Transaksi tersebut mencakup transaksi yang sudah terjadi yang berkaitan dengan kewajiban perusahaan, perubahan aktiva serta nilai ekuitas.

2. Akuntansi Manajemen

Memiliki tugas utama yaitu melakukan manajemen terhadap kegiatan yang bersangkutan dengan akuntansi. Seperti kegiatan pendataan dan pengolahan data historis (transaksi yang sudah terjadi) dan data taksiran.

3. Akuntansi Perpajakan

Jenis spesialisasi akuntansi ini memiliki pekerjaan yang berhubungan dalam penentuan dan perhitungan objek pajak yang dibebankan kepada perusahaan.

4. Akuntansi Pemeriksaan

Tugas utamanya adalah melakukan pemeriksaan terhadap catatan keuangan yang telah dibuat. Bidang akuntansi ini bertujuan untuk menguji kebenaran, kelayakan dan validitas laporan keuangan perusahaan.

5. Akuntansi Biaya

Spesialisasi akuntansi ini mengurus berbagai transaksi keuangan yang berkaitan dengan biaya, seperti biaya pengolahan bahan baku menjadi produk siap jual.

6. Akuntansi Pemerintahan

Fungsinya jauh lebih luas karena spesialisasi ini bekerja dalam memeriksa keuangan negara, makanya nama lain dari bidang ini yaitu administrasi keuangan negara.

7. Akuntansi Anggaran

Di dalam pengertian apa itu akuntansi, bidang selanjutnya yang juga diakui adalah akuntansi anggaran. Tugas utama dari bidang ini adalah melakukan pengumpulan dan pengolahan data historis dan data taksiran.

Dengan begitu memudahkan perusahaan dalam menetapkan rencana keuangan pada periode tertentu.

Manfaat Akuntansi Bagi Bisnis

Peran akuntansi tidak bisa digantikan oleh bidang lainnya. Itu yang membuatnya sangat vital dalam keberlangsungan bisnis. Akuntan membantu memberikan informasi terkait kinerja keuangan perusahaan. Di samping itu, inilah manfaat akuntansi bagi bisnis:

1. Informasi Keuangan

Akuntan dipertanggungjawabkan untuk membuat laporan keuangan yang nantinya diberikan kepada para pihak yang berkepentingan. Laporan tersebut bertujuan untuk memberikan informasi terkait aliran penggunaan dan pemasukan keuangan perusahaan.

2. Bahan Evaluasi

Melalui laporan yang dibuat oleh akuntan, para pimpinan perusahaan bisa mendapatkan informasi terkait kinerja keuangan. Apabila terdapat tanda-tanda yang menunjukkan keuangan perusahaan menurun, Anda bisa segera mengambil strategi yang tepat untuk mengatasinya.

3. Bukti Keuangan yang Valid

Segala transaksi yang keluar dan masuk harus bisa dipertanggungjawabkan. Akuntansi akan mencatat dengan detail terkait seluruh transaksi, mulai dari pemasukan, hingga utang yang belum dibayar. Dengan begitu laporan menjadi bukti keuangan yang valid kebenarannya.

Tak usah bingung lagi ketika dihadapkan dengan pertanyaan apa itu akuntansi. Proses pencatatan transaksi ini dibutuhkan dalam bisnis untuk menginformasikan performa keuangan kepada pihak-pihak tertentu dan menjadi bahan evaluasi.

Contoh Jurnal Umum dan Buku Besar Akuntansi Perusahaan
Jurnal umum dalam bidang ilmu akuntansi, sebagai hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari hari dan tentunya wajib diketahui
Baca Juga
Software Kasir Percetakan yang Detail dan Lengkap
Banyak orang yang berkeinginan memiliki usaha sendiri. Namun, tidak sedikit yang bingung menentukan jenis usaha apa yang akan mereka bangun.
Baca Juga
Apa itu Catatan Atas Laporan Keuangan?
Pada urusan akuntansi perusahaan, Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK) menjadi salah satu laporan yang penting. Laporan keuangan umumnya terdiri dari
Baca Juga
Contoh Laporan Keuangan Usaha Jasa Lengkap
Setiap perusahaan atau usaha apapun pasti memiliki laporan keuangan, termasuk untuk jenis laporan keuangan perusahaan jasa. Karena laporan keuangan bisa
Baca Juga
Cek 4 Keuntungan Pakai Software Faktur Penjualan
Software faktur penjualan merupakan salah satu bagian penting yang tidak boleh diabaikan dalam bisnis usaha barang dan jasa. Oleh karena
Baca Juga
Faktur Pembelian dan Perbedaannya dengan Nota Pembelian
Sebagai seorang akuntan, faktur pembelian sangatlah penting karena digunakan sebagai salah satu bukti transaksi yang sah sehingga laporan keuangan yang
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu