Logo Bee Web

4 Langkah Mudah Belajar Accounting untuk Pebisnis Pemula

Siapa bilang belajar accounting itu rumit, buktinya ada cara mudah dan praktis untuk belajar akunting, yang pastinya dapat Anda gunakan.
Penulis: Rininta Oktaviana
Dipublish Tgl: Monday, 4 July 2022

Salah satu hal yang turut mensukseskan bisnis yang sedang Anda bangun saat ini adalah dengan menggunakan sistem akuntansi yang baik. Itu artinya Anda harus belajar accounting, untuk belajar bagaimana cara membaca serta menggunakan akuntansi serta menerapkan sistem akunting yang baik.

Belajar Accounting untuk Pebisnis Pemula

Belajar Accounting

Ilustrasi Belajar Accounting untuk Pebisnis Pemula Photo by Scott Graham on Unsplash 

Pada dasarnya belajar accounting tidak terlalu sulit, yang perlu Anda lakukan hanyalah :

  • Belajar Membaca serta Menganalisis Laporan Keuangan

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah mulai belajar tentang akuntansi itu sendiri. Dimana dalam belajar accounting kali ini, Anda perlu belajar tentang bagaimana cara membaca serta menganalisa 3 laporan keuangan utama, seperti neraca, laporan laba rugi, dan juga laporan arus kas.   

Dalam laporan tersebut akan berisi tentang informasi berharga akan pengeluaran, penghasilan yang didapat, laba dan juga kesehatan keuangan bisnis, secara keseluruhan.

Dengan mengerti 3 laporan tersebut, akan membuat Anda mudah mengetahui seluk beluk keuangan dalam bisnis yang sedang dijalankan. Selain itu, dengan mengerti informasi tersebut, akan memudahkan Anda dalam memberikan informasi tentang proyek serta investasi mana yang sedang Anda kejar, guna meningkatkan bisnis yang sedang dijalankan.

Baca Juga: Ingin Belajar Membuat Akuntansi Laporan Keuangan? Yuk, Intip Caranya!

  • Pilih Metode Pembelajaran

Hal berikutnya yang penting untuk Anda perhatikan adalah memilih metoda pembelajaran. Dimana saat ini ada cukup banyak pilihan tempat untuk belajar akuntansi keuangan, seperti kelas tatap muka, menggunakan buku teks, kursus online, belajar dari saudara yang belajar tentang akuntansi atau yang lainnya.  

Dalam belajar akuntansi keuangan, Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa faktor berikut, antara lain :

a. Anggaran

Perhatikan berapa budget yang Anda miliki untuk belajar tentang dunia akunting. Apabila Anda mempunyai budget lebih, mengikuti kelas atau kursus secara tatap muka tentu tidak masalah. Tapi jika budget yang Anda miliki terbatas, tidak ada salahnya jika belajar dengan cara kursus online, atau bahkan belajar dari aneka tutorial yang ada, baik di video online atau di website.

b. Hasil yang Diinginkan

Anda juga perlu mempertimbangkan hasil pembelajaran seperti apa yang diinginkan. Misalnya saja hanya sebatas mengerti akan 3 laporan keuangan yang ada. Atau ingin mempelajari tentang laporan keuangan lainnya. Jika demikian, Anda perlu mencari guru atau seseorang yang lebih paham tentang akuntansi, salah satunya adalah kursus.  

Salah satu cara untuk belajar akuntansi yang terbilang mudah adalah dengan menggunakan software khusus dan sesuai dengan laporan atau kebutuhan laporan yang diinginkan. Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Beeaccounting, yang akan mudah memudahkan Anda dalam pembuatan pembukuan tanpa perlu menghafal rumus. Tinggal masukkan data saja, 1x klik laporan keuangan akan tersedia.

Dengan adanya layanan seperti ini, sedikit banyak akan memudahkan Anda dalam belajar serta mempelajari laporan keuangan atau sistem keuangan yang memang dibutuhkan untuk bisnis yang sedang dijalankan.

  • Sediakan Waktu untuk Belajar

Waktu Untuk Belajar Accounting

Sediakan Waktu untuk Belajar Accounting Photo by freestocks on Unsplash 

Mengingat kali ini Anda sedang menjalankan sebuah bisnis, ada baiknya jika Anda menyediakan waktu untuk belajar akan akuntansi tersebut, mulai dari membaca dan membuat laporan, setidaknya 3 laporan utama yang disebutkan di atas.

Dalam hal ini, Anda dapat belajar secara langsung, atau mungkin menyediakan waktu khusus, untuk mempelajari tentang akuntansi yang dimaksud. Demikian pula ketika Anda memesan sebuah aplikasi pada penyedia jasa software, misalnya saja Anda memesan aplikasi toko, ada baiknya jika Anda belajar cara menggunakan, dan cara membaca berbagai informasi yang ada di dalamnya.

Dengan mempelajari dan mengenal semua hal tersebut dengan baik, sudah tentu Anda akan mengenal keuangan yang ada pada bisnis tersebut, apakah dalam kondisi baik atau mungkin kurang baik.

  • Menggunakan Ilmu Akuntansi pada Dunia Nyata

Setelah mempelajari dan juga mengerti akan berbagai macam informasi tentang pelajaran tentang sistem keuangan dan juga cara membuat laporan keuangan yang ada. Maka berikutnya Anda perlu mempraktekkannya.

Yang perlu Anda lakukan adalah sering menggunakannya, sesuai dengan kebutuhan bisnis itu sendiri. Misalnya saja menggunakan aplikasi minimarket, membuat laporan keuangan dan yang lainnya. Lambat laun namun pasti, Anda akan mengerti bagaimana cara membuat laporan keuangan dan juga sistem akuntansi lainnya dengan baik.

Baca Juga: 25 Istilah Dasar Akuntansi yang Wajib Dipahami Pemula

Kesimpulan

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan, bahwa pada dasarnya belajar accounting, tidak terlalu sulit. Dengan menemukan tempat belajar yang tepat, dan sering berlatih, lambat laun, Anda akan mengerti akan akuntansi sesuai dengan kapasitas yang memang dibutuhkan.  

Untuk memudahkan Anda dalam perhitungan transaksi keuangan, gunakanlah software akuntansi yang sudah terpercaya dan yang memiliki fitur yang lengkap. Software Akuntansi Beeaccounting satu-satunya software akuntansi dengan 47 plugin sesuai bidang usaha Anda. Sistemnya pun sekali bayar , tanpa terkunci langganan.

Coba gratis Software Akuntansi Beeaccounting sekarang! Klik gambar di bawah ini~

Laporan Akuntansi Pakai Software Akuntansi Beeaccounting

Laporan Akuntansi Pakai Software Akuntansi Beeaccounting

Mengenal Faktur Pembelian dan Kegunaannya
Faktur pembelian adalah salah hal yang punya peran penting dalam transaksi jual beli. Dalam transaksi jual beli pun biasanya ada
Baca Juga
5 Contoh Pembukuan Uang Masuk dan Keluar
Apakah Anda sedang berencana membuat pembukuan uang masuk dan keluar? Jika iya, tentu Anda membutuhkan referensi contoh pembukuan uang masuk
Baca Juga
Jenis Software Akuntansi Apa Saja yang Cocok Untuk UKM?
Software akuntansi apa saja yang cocok dan terbaik untuk pembukuan UKM? Pertanyaan seperti ini banyak diungkap oleh pemilik UKM, terutama
Baca Juga
Liabilitas dalam Dunia Bisnis. Apa Saja?
Dalam dunia bisnis, liabilitas bukan hal asing lagi. Liabilitas adalah salah satu komponen keuangan penting untuk menunjang sebuah perusahaan. Meskipun
Baca Juga
7 Usaha yang Berhubungan dengan Pertanian dan Tipsnya
Menjadi petani juga bisa pebisnis lho, ada banyak usaha yang berhubungan dengan pertanian berpeluang menjanjikan cocok untuk dicoba. Sebab, bisnis
Baca Juga
Jurnal Pengeluaran Kas, Contoh dan Cara Membuatnya
Jurnal pengeluaran kas digunakan untuk mencatat transaksi pengeluaran dalam bentuk kas, khususnya pembayaran uang yang dilakukan secara tunai. Jurnal ini
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu