Web Logo Bee
Penulis: Rizal Arisona

5 Tugas & Tanggung Jawab Manajer Akuntansi

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Thursday, 23 June 2022

Sudahkah Anda tahu tentang apa saja tugas yang menjadi tanggung jawab dari seorang manajer akuntansi di Indonesia? Jika Anda belum tahu dan ingin segera mengetahuinya, maka Anda bisa menyimak isi artikel ini sampai akhir.

Sebab, artikel ini akan membahas tentang tugas dari seorang manager keuangan dan akuntansi yang profesional. Jadi, tak ada salahnya untuk membaca artikel ini dengan serinci mungkin.

5 Tugas dan Tanggung Jawab Manager Akuntansi Profesional

Manajer Akuntansi Cantik

Wanita Manajer Akuntansi (Sumber: Pexels.com)

Pada dasarnya, manajer akuntansi adalah suatu pihak yang bertugas untuk mengelola pencatatan akuntansi, menetapkan biaya standar dan produksi, menyiapkan laporan keuangan secara tepat, melakukan analisa data keuangan dan memelihara sistem akuntansi secara tepat, dan lain-lainnya.

Hanya dengan melihat dari pengertian di atas, Anda pasti sudah tahu apa jenis-jenis tugas yang akan menjadi tanggung jawab dari seorang manager keuangan tersebut. Namun, untuk lebih jelasnya Anda bisa menyimak penjelasan yang ada di bawah ini, yaitu:

1. Mengelola Pencatatan Transaksi

Tugas manajer akuntansi yang paling utama adalah mengelola pencatatan transaksi, dan kemudian mereka juga akan mengevaluasi serta mengelola risiko yang dapat dialami oleh suatu perusahaan yang bersangkutan tertentu.

1. Lakukan Pencatatan scaled

Manajer Mengelola Pencatatan (Sumber: Pexels.com)

Dengan melihat fakta tersebut, bisa dipastikan bahwa profesi ini tidak akan memiliki tanggung jawab yang dapat mudah dipenuhi dengan baik. Sehingga, ada beberapa persyaratan tertentu yang harus dipenuhi oleh setiap orang yang ingin berkecimpung di dunia ini.

Baca Juga: 4 Aplikasi Pencatatan Keuangan Praktis untuk Bisnis

Dengan demikian, bisa dipastikan bahwa tidak sembarang orang bisa terjun ke dunia ini tanpa adanya persiapan yang matang untuk memenuhi persyaratan yang ada tersebut. Jadi, tidak mengherankan jika profesi ini termasuk sulit untuk digapai oleh masyarakat umum.

2. Mempersiapkan Laporan Keuangan

Untuk tugas kedua dari manager keuangan seperti ini adalah mempersiapkan laporan keuangan bulanan maupun biaya dan kinerja manajemen yang tepat dari suatu perusahaan tertentu. Nantinya, pihak ini akan bertanggung jawab dalam mempersiapkan proyeksi kas dan manajemen kas.

Jadi, manager keuangan seperti ini juga harus memiliki kemampuan yang handal dalam menangani masalah yang terjadi pada manajemen kas perusahaan tertentu. Selain itu, laporan keuangan bulanan ini juga akan mampu membantu proyeksi kas berjalan secara lebih sesuai rencana.

Tentu dengan begitu sistem yang berjalan di dalam perusahaan bisa semakin berkembang ke arah yang lebih baik lagi, tanpa harus mengalami suatu kendala yang sulit untuk diatasi. Sebab, laporan keuangan dalam suatu perusahaan dapat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis itu sendiri.

3. Manager Akuntansi Jago Menganalisa Data Keuangan

Di setiap perusahaan berpengalaman, di dalamnya pasti akan didukung dengan manager keuangan yang profesional. Sebab, dengan adanya manager keuangan yang profesional seperti ini, data keuangan di dalam perusahaan tersebut jadi bisa dianalisa secara lebih tepat.

Pencatatan laporan keuangan

Manajer Harus Jago Analisa Laporan (Sumber: Pexels.com)

Nantinya, manajer akuntansi dalam sebuah perusahaan juga akan bertanggung jawab dalam memantau pengeluaran yang sudah terjadi di sistemnya. Dengan begitu, segala jenis pengeluaran yang sudah terjadi tersebut bisa dianalisa lagi di kemudian hari dengan tepat.

4. Mengawasi Kegiatan Operasional Harian

Ada beberapa jenis kegiatan operasional harian dalam sebuah perusahaan, yang harus diawasi dengan baik oleh para manager keuangan. Dalam hal ini, beberapa contoh di antaranya adalah faktur, manajemen kredit, pembayaran pemasokan, gaji dan upah, serta jenis-jenis transaksi lainnya.

Baca Juga: Pentingnya Standar Operasional Prosedur Perusahaan

Tidak hanya itu, seorang manager keuangan dalam sebuah perusahaan tertentu juga akan bertanggung jawab dalam memelihara sistem akuntansi yang memadai, sehingga sistem operasional yang ada di dalam perusahaan tersebut bisa selalu berjalan dengan baik.

5. Memastikan Kepatuhan Standar Akuntansi

Tentu saja tugas dari seorang manager keuangan dalam perusahaan akan sangat berkaitan dengan dunia akuntansi seperti ini. Dalam hal ini, tidak mengherankan jika salah satu tugas dari manager keuangan adalah memastikan kepatuhan standar akuntansi sudah sesuai dengan undang-undang.

Jadi, standar akuntansi yang diterapkan oleh suatu perusahaan tertentu harus relevan dengan undang-undang yang ada. Jika tidak, maka hal ini akan berpengaruh terhadap sistem manajemen usaha yang berlangsung di dalam perusahaan tersebut.

Beecloud Program Akuntansi Online Mengontrol 48 Cabang dari 1 Tempat

Gelar aplikasi akuntansi online terbaik di Indonesia masih dipegang oleh Beecloud atau software akuntansi online dari Bee. Bagi para manajer akuntansi di Indonesia, Anda bisa mencoba menggunakan aplikasi ini kapanpun Anda membutuhkannya.

8 Keunggulan Menggunakan Program Akuntansi Komputer
Program akuntansi komputer adalah topik hangat saat ini. Teknologi dapat segera membuat profesional keuangan lebih efisien dari sebelumnya, atau bahkan […]
Baca Juga
Cara Mudah Buat Pembukuan Keuangan Online Shop dengan Excel
Pembukuan keuangan online shop tidak hanya dibuat oleh perusahaan-perusahaan besar saja. Pelaku usaha menengah dan kecil seperti online shop pun […]
Baca Juga
Cara Menghitung Untung Jualan Dengan Tepat dan Cepat
Cara menghitung untung jualan penting dikuasai para pebisnis. Dengan menghitung keuntungan yang benar, maka bisnis terhindar dari kerugian. Ada berbagai […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu