Logo Bee Web

Jurusan Akuntansi Kerja Apa Saja? Ini 15 Paluangnya

Memangnya jurusan akuntansi kerja apa saja? Tentu saja banyak sekali, mulai dari bidang bisnis, pemerintahan, pendidikan hingga pribadi.
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Thursday, 20 July 2023

Memangnya jurusan akuntansi kerja apa saja? Tentu saja banyak sekali. Bidang akuntansi merupakan salah satu bidang yang dibutuhkan segala aspek kehidupan, baik untuk pemerintahan, bisnis hingga untuk keperluan pribadi.

Nah, informasi di bawah ini bisa jadi pertimbangan untuk Anda sebelum mengambil jurusan kuliah atau rekomendasi pekerjaan yang bisa Anda geluti nantinya setelah lulus kuliah. Simak selengkap di bawah ini.

15 Prospek Kerja Jurusan Akuntansi dan Gajinya

Jurusan Akuntansi Kerja Apa Saja

Ini dia beberapa prospek kerja lulusan jurusan akuntansi (Credit: Bee.id)

Berikut ini adalah beberapa prospek karir yang dapat diikuti oleh lulusan akuntansi, beserta penjelasan detail mengenai masing-masing karir tersebut:

1. Akuntan Publik

Lulusan jurusan akuntansi bisa kerja apa yang pertama adalah sebagai akuntan publik, Anda bisa bekerja di sebuah firma akuntansi atau membuka praktik independen.

Tugas utama dari seorang akuntan publik adalah menyediakan layanan jasa akuntansi kepada klien yang dapat meliputi audit, perencanaan pajak, konsultasi keuangan, dan penilaian risiko.

Anda akan bekerja dengan berbagai klien dari berbagai industri. Proses sertifikasi dan lisensi akan diperlukan untuk mempraktikkan akuntansi publik.

Di Indonesia sendiri standar akuntansi menggunakan IFRS (International Financing Reporting Standards) yang juga telah digunakan dalam skala global.

Mengutip dari ppmscool.ac.i gaji seorang akuntan publik biasanya pada angka Rp7.000.000 - Rp10.000.000 per bulan. Semua tergantung pada kebijakan dan bagaimana tipe pekerjaan.

Baca Juga: 4 Standar Akuntansi Keuangan (SAK) Berlaku di Indonesia

2. Manajer Akuntansi

Prospek karir lulusan akuntansi selanjutnya adalah menjadi manajer akuntansi, dimana manajer Akuntansi bertanggung jawab atas pengelolaan departemen akuntansi di sebuah perusahaan.

Adapun tugas dari manajer akuntan meliputi pemantauan dan analisis laporan keuangan, pengawasan dalam penyusunan anggaran, pengendalian biaya, pelaporan keuangan, dan kepatuhan terhadap peraturan perpajakan dan keuangan yang berlaku.

Selain itu, mereka juga berperan dalam mengembangkan kebijakan dan prosedur akuntansi perusahaan serta berkolaborasi dengan manajemen lain dalam pengambilan keputusan strategis.

Mengutip dari ppmschool.ac.id ganji manajer akuntansi bisa mencapai kisaran Rp8.000.000 - Rp15.000.0000 per bulan.

3. Financial Analyst

Selanjutnya ada Financial Analyst, Tugasnya adalah melakukan analisis terhadap data keuangan perusahaan dan membuat rekomendasi kepada manajemen perusahaan atau klien terkait keputusan investasi atau strategi keuangan.

Tidak hanya itu saja, biasanya seorang financial analyst juga melakukan analisis laporan keuangan, proyeksi keuangan, penilaian risiko, identifikasi tren pasar, dan evaluasi kinerja investasi. Financial Analyst juga dapat terlibat dalam penelitian pasar, analisis industri, dan pengembangan model keuangan yang kompleks.

Mayoritas gaji financial analyst diantara Rp2.975.744 - Rp14.114.767, semua tergantung kebijakan perusahaan dan seberapa pengalaman Anda dalam bidang ini.

4. Account Officer

Memahami Kerangka Konseptual Akuntansi

Ilustrasi accounti officer saat kerja di bank (Credit: Freepik.com)

Berikutnya ada Account Officer, biasanya bekerja di bank atau lembaga keuangan lainnya. Tugas mereka adalah menangani hubungan dengan nasabah dan memberikan layanan perbankan yang berkaitan dengan akuntansi.

Seperti, membantu nasabah dalam pembukaan rekening, memberikan informasi mengenai produk dan layanan perbankan, dan mengevaluasi kelayakan kredit bagi nasabah.

Mereka juga dapat melakukan analisis kredit, pemantauan pembayaran, dan memberikan saran terkait manajemen keuangan kepada nasabah.

Rata-rata gaji account officer di Indonesia sekitar Rp4.100.000 per bulannya. Semua kembali lagi pada kebijakan dan pengalaman kerja.

5. Finance Manager

Finance Manager adalah profesional keuangan yang bertanggung jawab atas manajemen keuangan perusahaan secara keseluruhan.

Tugas mereka meliputi perencanaan keuangan, pengelolaan arus kas, pengendalian anggaran, analisis keuangan, pengambilan keputusan investasi, dan pelaporan keuangan kepada manajemen perusahaan dan pihak terkait.

Finance Manager juga dapat terlibat dalam negosiasi pinjaman, manajemen risiko keuangan, dan pengembangan strategi keuangan jangka panjang perusahaan.

Dari tugas ini lulusan jurusan akuntansi tentunya sangat berpeluang besar untuk menggeluti bidang ini.

6. Finance Planner

Selain sebagai finance planner, lulusan jurusan akuntansi juga bisa bekerja sebagai finance planner. Dimana Financial Planner merupakan seorang yang bekerja dengan individu atau keluarga untuk membantu mereka dalam merencanakan dan mengelola keuangan pribadi mereka.

Tugas mereka meliputi analisis keuangan, perencanaan keuangan jangka panjang, pengelolaan investasi, perencanaan pensiun, manajemen risiko asuransi, dan perencanaan pajak. Mereka juga memberikan saran dan rekomendasi kepada klien dalam mencapai tujuan keuangan mereka.

Kisaran gaji seorang Finance Planner antara Rp5.000.000 hingga Rp60.000.000. Tingkatkan pengalaman dan profesionalisme dalam bekerja agar mendapatkan gaji yang optimal.

7. Pegawai Asuransi

Sebagai pegawai asuransi, lulusan akuntansi dapat bekerja di perusahaan asuransi sebagai underwriter, aktuaris, atau pegawai klaim. Underwriter bertanggung jawab untuk mengevaluasi risiko dan menentukan premi asuransi.

Aktuaris melakukan analisis statistik dan matematika untuk menghitung premi, manfaat, dan cadangan yang dibutuhkan oleh perusahaan asuransi. Pegawai klaim mengevaluasi klaim asuransi yang diajukan oleh nasabah dan menentukan jumlah klaim yang dibayarkan berdasarkan kebijakan dan ketentuan asuransi.

8. Konsultan Pajak

Jenis Jenis Konsultan

Ilustrasi proses konsultasi pajak (Credit: Freepik.com)

Prospek kerja jurusan akuntansi selanjutnya adalah menjadi konsultan pajak. Tugas konsultan pajak adalah memberikan pelayanan konsultasi terkait perpajakan kepada klien atau perusahaan.

Anda akan membantu dalam perencanaan pajak, penyusunan laporan pajak, dan memastikan kepatuhan terhadap peraturan perpajakan yang berlaku. Konsultan pajak dapat bekerja di firma konsultan pajak atau departemen pajak internal perusahaan.

Berapa sih gaji konsultan pajak? mengutip dari Quora gaji konsultan pajak di Indonesia biasanya dibedakan berdasarkan pengalamannya.

Untuk gaji konsultan pajak junior yang memiliki pengalaman kurang dari 2 tahun mendapatkan gaji sekitar Rp4.000.000 - Rp6.000.000 per bulan.

Sedangkan untuk middle staff dengan pengalaman 2-5 juta akan mendapatkan gaji sekitar Rp6.000.000 - Rp10.000.000 per bulan.

9. Akuntan Pemerintah

Peluang kerja lulusan akuntansi berikutnya adalah sebagai Akuntan Pemerintah, Anda akan bekerja di lembaga pemerintahan atau badan usaha milik negara (BUMN). Tugas utama Anda adalah memastikan kepatuhan terhadap kebijakan keuangan dan peraturan pemerintah.

Selain itu, seorang akuntan pemerintah juga bertanggung jawab atas pengelolaan dan pelaporan keuangan yang tepat, termasuk penyusunan laporan keuangan, pemantauan anggaran, dan pengawasan terhadap penggunaan dana publik. Termasuk audit internal untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas keuangan dalam instansi pemerintah.

Baca Juga: Pengertian Standar Akuntansi Pemerintahan

10. Business Analyst

Lulusan jurusan akuntansi kerja jadi apa? Bisa jadi Business Analyst, Anda akan menganalisis proses bisnis dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan profitabilitas perusahaan.

Dalam konteks akuntansi, terdapat beberapa tugas yang dilakukan. Berikut diantaranya:

  • Menganalisis laporan keuangan dan melakukan peramalan untuk mendukung perencanaan bisnis dan pengambilan keputusan.
  • Mengidentifikasi dan menganalisis tren dan peluang dalam data keuangan.
  • Mengembangkan dan mengimplementasikan strategi keuangan untuk mencapai tujuan perusahaan.
  • Melakukan analisis biaya dan manfaat untuk membantu dalam evaluasi proyek dan investasi.
  • Menyusun laporan bisnis yang memberikan wawasan keuangan kepada manajemen dan pemangku kepentingan.

11. Aktuaris

Peluang kerja lulusan akuntansi berikutnya adalah sebagai Aktuaris, Anda akan bekerja di industri asuransi, keuangan, atau konsultan. Tugas seorang aktuaris adalah menganalisis risiko keuangan dan membantu perusahaan dalam mengelola risiko.

Biasanya aktuaris akan melakukan beberapa rincian kerja sebagai berikut:

  • Mengumpulkan dan menganalisis data statistik serta keuangan untuk melakukan evaluasi risiko dan menentukan premi asuransi yang sesuai.
  • Mengembangkan model matematika dan statistik untuk memprediksi kemungkinan kejadian risiko dan perkiraan klaim.
  • Melakukan analisis keuangan terkait cadangan keuangan dan kecukupan modal perusahaan asuransi.
  • Menyusun laporan keuangan yang relevan sesuai dengan regulasi keuangan yang berlaku.

12. Sekretaris Perusahaan

Peluang usaha berikutnya adalah sebagai Sekretaris Perusahaan, Anda akan bekerja di perusahaan dan bertanggung jawab atas administrasi perusahaan serta memastikan kepatuhan terhadap peraturan perusahaan. Dalam konteks akuntansi, tugas Anda meliputi:

  • Mengelola dan menyusun laporan tahunan, laporan rapat, dan dokumen-dokumen perusahaan lainnya.
  • Mengoordinasikan rapat direksi, rapat pemegang saham, dan menyimpan catatan serta dokumentasi yang terkait.
  • Memastikan kepatuhan perusahaan terhadap peraturan perundang-undangan dan standar akuntansi yang berlaku.
  • Menangani komunikasi dengan otoritas regulasi dan pemangku kepentingan perusahaan.

13. Auditor

Selanjutnya prospek kerja lulusan akuntansi adalah menjadi auditor, dimana tugas dari auditor adalah untuk untuk memeriksa dan mengevaluasi efektivitas sistem pengendalian internal dan proses bisnis.

Anda akan memastikan kepatuhan terhadap kebijakan perusahaan, mendeteksi potensi kecurangan atau penyimpangan, dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional perusahaan.

Jika Anda seorang fresh graduate Anda sudah bisa mendapatkan gaji berkisar Rp3.000.000 hingga Rp7.000.000 per bulan, semua bergantung pada kebijakan perusahaan masing-masing.

14. Assistant Controller

Lulusan akuntansi kerja apa selanjutnya adalah menjadi assistant controller, bertugas dalam mengelola fungsi keuangan dan akuntansi di sebuah perusahaan. Mulai dari pelaporan keuangan dari proses menyusun laporan keuangan perusahaan secara periodik, seperti laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas.

Kemudian pengawasan dan pengendalian, membantu dalam mengawasi dan mengendalikan kegiatan keuangan perusahaan, perencanaan dan anggaran, analisis keuangan hingga pengembangan kebijakan dan prosedur.

15. Dosen/ Pengajar

Tidak harus selalu berurusan tentang keuangan secara langsung, jurusan akuntansi kerja apa saja, seperti di bidang pedidikan. Jika Anda memiliki minat dalam pendidikan, Anda dapat memilih karir sebagai dosen atau pengajar akuntansi di perguruan tinggi atau lembaga pendidikan.

Dimana Anda akan membimbing dan mengajar mahasiswa tentang konsep dan praktik akuntansi, serta melakukan penelitian akademik dalam bidang akuntansi.

Dalam semua peran tersebut, lulusan akuntansi perlu memiliki pemahaman yang kuat tentang prinsip akuntansi, pengetahuan tentang peraturan perpajakan dan keuangan yang berlaku, kemampuan analitis yang baik, serta keterampilan komunikasi dan kerjasama yang efektif.

Beecloud Terintegrasi Laporan Akuntansi Langsung Jadi

Kini Anda bisa mengoptimalkan tugas Anda dalam mengelola keuangan hingga akuntansi dengan menggunakan software akuntansi online Beecloud. Dengan banyak plugin yang bisa disesuaikan dengan jenis bisnis Anda.

Menganalisa keuangan bisnis juga bisa dilakukan dengan lebih mudah dengan fitur laporan otomatis. Sebagai Akuntan Anda akan jauh lebih dimudahkan dalam bekerja. Cek informasi selengkapnya pada banner di atas.

5 Perbedaan Hutang dan Piutang dalam Keuangan Bisnis
Halo, Pebisnis! Dalam mengelola bisnis, penting bagi Anda untuk memahami konsep keuangan yang mendasar, salah satunya adalah hutang dan piutang.
Baca Juga
5 Format Laporan Keuangan dan Contohnya Lengkap!
Dalam dunia bisnis, laporan keuangan merupakan landasan vital yang memberikan gambaran menyeluruh tentang kesehatan finansial suatu entitas. Format laporan keuangan
Baca Juga
Balance Sheet Adalah: Komponen, Fungsi, dan Cara Membacanya
Nama lain balance sheet adalah laporan neraca, laporan ini menjadi salah satu dokumen kunci yang menjadi sorotan dalam menganalisis kesehatan
Baca Juga
Cara Mudah Buat Pembukuan Keuangan Online Shop dengan Excel
Pembukuan keuangan online shop tidak hanya dibuat oleh perusahaan-perusahaan besar saja. Pelaku usaha menengah dan kecil seperti online shop pun
Baca Juga
Tips Mudah Menyusun Laporan Laba Rugi Bagi Usaha Anda
Selain laporan neraca dan arus kas, laporan laba rugi juga merupakan salah satu laporan keuangan yang penting digunakan untuk melaporkan
Baca Juga
Pengertian dan Perhitungan Nilai Residu Dalam Akuntansi
Setiap barang ataupun aset yang telah digunakan di sebuah perusahaan tentunya akan mengalami penurunan nilai barangnya. Nilai residu merupakan metode
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu